10 Makanan Khas Tibet : Hidangan yang Tidak Bisa Anda Lewatkan


sisil angelin  January 28, 2019  0 Comment

Apakah anda suka bepergian dan mencicipi makanan dari daerah atau negara yang anda kunjungi? Maka anda akan menyukai posting ini: panduan makanan khas Tibet. Apakah anda tahu seperti apa masakan Tibet itu? Saya akan memberi tahu anda sedikit tentang apa yang dapat anda makan ketika berkunjung ke Tibet.

Referensi Makanan Khas Tibet ini sungguh menggugah Selera

Momos: Mari Kita Mulai Dengan Yang Klasik

Momos
cooking.nytimes.com

Hidangan Tibet yang paling terkenal di dunia adalah momos. Ini adalah hidangan yang sangat fleksibel yang bisa dimakan sebagai makan siang, makan malam, atau camilan. Momo terdiri dari lapisan pasta yang sangat tebal yang diisi dengan daging, sayuran, atau keju. Anda bisa memesannya dengan digoreng atau dikukus.

Skyu Atau Bola – Bola Tepung

Di Tibet ada hidangan sederhana yang disebut skyu,  ini adalah makanan yang unik di daerah Ladakh. Makanan ini terdiri dari bola-bola tepung yang dimasak dengan api sedang di dalam kari. Atau biasa disebut dengan sup tepung. Makanan ini terbuat dari pasta yang sama dengan momos. Ini adalah hidangan untuk makan berat, dan sangat cocok dibawa saat sedang bepergian. Makanan ini juga mudah ditemukan di beberapa restoran.

Teh Mentega

Teh Mentega khas Tibet
blog.misteraladin.com

Apa itu teh mentega? Sebenarnya ini hanya teh hitam, tetapi mereka menambahkan mentega ke dalamnya, bukan gula. Untuk menambah cita rasa, mereka juga menambahkan garam. Untuk sebagian orang mungkin teh ini akan terlihat menjijikkan. Membayangkannya saja mungkin sudah membuat anda tidak ingin meminumnya. Ya, ini hanya untuk orang-orang yang berani mencicipi rasa yang tidak biasa. Tetapi, seperti yang kebanyakan orang katakan, dibalik setiap kebiasaan budaya, selalu ada alasan. Secara historis, orang Tibet biasa menambahkan mentega sebagai sumber kalori ekstra sederhana.  

Baca juga :  10 Makanan Khas Bangka Recommended Memiliki Keunikan Rasa

Di sebagian besar rumah teh anda tidak akan melihat turis, karena mereka tidak memiliki menu dengan bahasa Inggris, tetapi anda akan melihat seluruh meja dengan termos. Rumah teh di Tibet biasa menyajikannya di dalam botol. Bahkan meskipun anda dating sendirian.

Ini dikarenakan kebiasaan orang Tibet yang suka menghabiskan waktu di rumah teh untuk mengobrol, bergosip, atau melepas lelah sepulang kerja. Dan karena mereka menghabiskan waktu cukup lama di sana, maka tempat ini selalu menyajikan teh dalam botol.

Thenktuk: Seperti Thukpa Tetapi Dengan Tepung

Thenktuk khas Tibet
againstthecompass.com

Thenktu sangat mirip dengan Thukpa, tetapi yang dimasukkan ke dalamnya adalah tepung, bukannya mie. Kaldunya juga bisa bervariasi. Dan biasanya rasanya jauh lebih pedas.

Tingmos: Pasta Diisi Dengan Pasta

Tingmos
healthfooddesivideshi.com

Makanan khas Tibet yang satu ini cukup sulit untuk ditemukan, tetapi jika anda beruntung, anda bisa mendapatkannya di salah satu tempat makan di pinggir jalan. Makanan ini terlihat seperti roti yang diisi dengan daging atau sayuran, padahal bukan. Tingmos dibuat dari pasta yang sama dengan momos dan diisi dengan lebih banyak pasta. Makanan ini pada dasarnya adalah gumpalan bola pasta. Tingmos biasa disajikan dengan sayuran dan saus dingin, yang dapat anda siramkan di atasnya.

Roti: Khambir Dan Balep Korkun

Khambir
Pinterest.com

Di Tibet, roti itu penting, dan mereka membuatnya dengan sangat bagus. Selain roti khas India seperti chapati dan paratha, mereka juga membuat roti khas Tibet yang disebut khambir dan balep korkun . Keduanya sangat mirip, tetapi yang satu disiapkan dalam oven, sementara yang lain dikukus dalam panci. Biasanya orang-orang Tibet memakannya dengan telur sebagai sarapan.

Zanba

Zanba
en..kangbatv.com

Ini adalah sejenis adonan yang dibuat dari tepung gandum panggang yang dibumbui dengan mentega dan ditambah air. Orang-orang Tibet memakannya dengan memasukkan mentega ke dalam mangkuk, menuangkan air mendidih ke dalamnya, kemudian memasukkan tepung yang sudah dipanggang ke dalam air, dan mencampurnya dengan satu tangan. Dan selanjutnya dicampur dengan teh.

Baca juga :  11 Makanan Khas Garut Terkenal Enak+Rekomendasi Oleh-oleh

Setelah mencampur semua tepung, teh, dan mentega panggang sampai mengental, orang-orang Tibet akan menguleni adonan menjadi bola dan memakannya. Orang Tibet tidak akan memakannya dengan sumpit atau sendok, mereka akan menggunakan tangan mereka . Kebiasaan ini sedikit mirip dengan kebiasaan orang India, yang juga menggunakan tangan ketika makan nasi. Zanba adalah makanan sederhana yang mengenyangkan. Ketika orang-orang Tibet bepergian untuk waktu yang lama, mereka selalu membawa Zanba sebagai bekal.

Tsampa

Tsampa
tibetdiscovery.com

Tanaman yang paling penting di Tibet adalah gandum. Tsampa adalah adonan yang terbuat dari gandum dan merupakan makanan pokok dari Tibet. Adonan tsampa panggang adalah makanan Tibet paling sederhana yang tidak hanya dimakan saat perjalanan tetapi juga sebagai sarapan atau sebagai makanan ringan. Tergantung pada preferensi, bola pasta dibentuk dari tsampa atau dimakan sebagai bubur. Tsampa juga dapat digulung menjadi pasta atau dimasak di atas tepung seperti ravioli yang terbuat dari momo. Makanan ini sering disajikan dengan saus daging atau digoreng sebagai kothay.

Tsampa adalah makanan gandum panggang yang menjadi dasar makanan, terutama di bagian tengah Tibet. Di beberapa daerah, Tsampa juga dibuat dari tepung dari gandum, beras, atau kacang polong. Tsampa dimakan dalam bentuk kering, diuleni dengan mentega ke dalam adonan atau dimasukkan ke dalam teh. Misalnya, teh dicampur dengan tsampa di piring dan diuleni menjadi bola adonan kering. Kemudian dipanggang dan disajikan dengan keju bubuk dan mentega.

Makanan Khas Tibet Untuk Pesta

Dresi (hidangan nasi manis dengan mentega dan kismis), Droma (nasi dengan kentang kecil) dan Kapse (hidangan manis goreng dalam berbagai ukuran dan bentuk), adalah menu utama yang disajikan orang Tibet saat pesta, yang ditambah dengan daging, roti, teh mentega, dan tsampa.

Baca juga :  26 Makanan Khas Sumatera Barat Paling Enak Bikin Lidah Goyang

Dan saat Malam Tahun Baru atau yang disebut guthor, kue-kue tradisional khusus dengan nama guthuk akan disajikan. Menu ini terdiri dari sembilan bahan, termasuk keju dan biji-bijian kering.

Chang

Chang
tibetdiscovery.com

Bir tradisional di Tibet adalah chang . Chang terbuat dari gandum yang enak, sedikit asam, dengan persentase alkohol yang biasanya sekitar 5%. Selain itu, ada juga Pilsener dan Lhasa Beer yang sering diseduh di Tibet. Tetapi kebanyakan orang asing lebih suka bir Cina (Tsingtao adalah yang terbaik) atau merek seperti Heineken dan Carlsberg. Anggur semakin banyak diminum di Cina, dan juga di Tibet. Seperti anggur berkualitas yang diimpor dari Perancis, Chili atau Australia yang yang relatif mahal.

Makanan Khas Lainnya dari Tibet

makanan khas Tibet
savoredjourneys.com

Di daerah Tibet, mie dan yogurt Tibet juga merupakan makanan populer. Mie Tibet adalah sarapan khas setempat dan camilan tradisional. Mie dibuat dari gandum di dataran tinggi dan dimakan saat dingin dengan sup daging. Sebagai sarapan lezat , mie Tibet disajikan dengan sendok makan saus lada, panekuk daging di samping, dan secangkir teh manis.

Yogurt sangat penting dalam kehidupan sehari-hari orang Tibet selama lebih dari seribu tahun. Shoton Festival, salah satu festival tradisional paling penting di Tibet yang dinamai Yogurt, yang menunjukkan festival ini adalah waktu untuk makan yogurt. Yoghurt Tibet terbuat dari susu alami dan kental tanpa bahan tambahan.

Anda dapat menemukan makanan-makanan tersebut di beberapa restoran lokal seperti di kota Lhasa. Di Lhasa, ada beberapa restoran yang menyajikan makanan khas Tibet, restoran Cina dan restoran Nepal. Bahkan ada restoran yang dijalankan oleh orang-orang Belanda, dimana anda bisa mendapatkan hidangan Tibet dan internasional yang sangat enak dan juga bir Belanda yang lezat.



Leave a Reply