5 Wisata Bahari di Gorontalo Bikin Enggan Pulang


prita  July 31, 2021  0 Comment

Gorontalo memang menjadi salah satu provinsi yang masih baru di Pulau Sulawesi, meskipun begitu ternyata Gorontalo memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, terutama wisata bahari. Provinsi yang mendapat julukan sebagai Serambi Madinah ini menawarkan sederet wisata bahari yang sayang sekali untuk kamu lewatkan, terutama jika kamu adalah pecinta pantai dan laut. Nah, jika kamu tertarik berkunjung, ini dia 5 Wisata bahari di Gorontalo

1. Pulo Cinta

Pulo Cinta
trip.com

Jika berbicara sola wisata bahari di Gorontalo, rasanya belum pas jika tidak membahas soal wisata yang satu ini. Pulo Cinta pastinya sudah tidak asing lagi di telinga para wisatawan karena terkenal memiliki pemandangan yang sangat indah. Pulau ini diberi nama Pulo Cinta karena terdapat gundukan pasir putih yang berbentuk hati di tengah-tengah pulaunya.

Pulo Cinta juga mendapat julukan sebagai Maldives-nya Indonesia karena pulau ini sangat memukau dan pemandangannya luar biasa cantik. Hal ini dikarenakan pulau ini memiliki hotel terapung yang bisa kamu gunakan untuk menginap yang mirip dengan yang ada di Maldives. Harga yang harus dibayar untuk menginap di hotel terapung ini memang cukup mahal, namun hal tersebut sungguh sebanding dengan apa yang kamu dapatkan saat menginap disana.

Pulau romantis ini menawarkan pemandangan laut dan darat yang sangat indah. Kamu akan disuguhi dengan hamparan laut yang jernih dan bersih lengkap dengan hembusan angin lautnya yang sejuk. Ditambah lagi dengan pasir di pulau ini yang berwarna putih dan sangat lembut. Tak hanya pemandangan permukaan lautnya saja yang indah, pemandangan bawah laut di pulau ini juga sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja. Tak heran jika Pulo Cinta selalu menjadi destinasi wisata di Gorontalo yang utama.

paket wisata murah

Menjelajah Sulawesi Bagian Utara, Wajib Banget Ke Danau Linow

Wisata Pemandian Laut Dan Panorama Matahari Terbenam Di Katobengke Cliffs

2. Pulau Saronde

Pulau Saronde
backpackerjakarta.com

Tak hanya Pulo Cinta yang menawarkan wisata di Gorontalo yang mirip dengan Maldives, Pulau Saronde pun menawarkan pemandangan yang menyerupai Maldives, lho. Pulau Saronde ini berlokasi di Kecamatan Ponelo, Kabupaten Gorontalo Utara.

Pulau Saronde ini memang menjadi wisata bahari di Gorontalo yang cukup legendaris karena telah cukup dikenal sejak tahun 90an. Disini kamu bisa menikmati indahnya pantai dengan pasir berwarna putih bersih dan air laut berwarna biru yang jernih. Hal ini membuat Pulau Saronde seolah menjadi surga di bumi yang sangat menakjubkan. Kamu bisa menikmati indahnya pantai ini dengan berjalan diatas jembatan kayu yang membentang diatas perairan indah ini. Terlebih lagi jika kamu menikmati indahnya pulau ini saat sore hari menjelang matahari terbenam.

Tak hanya bisa menjelajahi pulau cantik ini dari atas permukaannya saja, kamu pun juga bisa menjelajah keindahan bawah lautnya dengan cara snorkeling di beberapa titik di pulau ini untuk melihat terumbu karang dan biota lautnya. Jika kamu ingin menikmati pulau ini lebih lama, kamu pun bisa menginap dengan cara berkemah atau menginap di cottage yang telah disediakan. Jika kamu suka dengan aktivitas berkemah, kamu bisa membawa tenda dan mendirikannya di tepi pantai. Atau jika kamu tidak ingin ribet dan memiliki budget lebih, kamu bisa menginap di cottage yang ada di pulau ini.

3. Taman Laut Olele

Taman Laut Olele
inews.id

Wisata bahari di Gorontalo selanjutnya adalah Taman Laut Olele atau Olele Marine Park. Taman Laut Olele ini berlokasi di Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Wisata ini berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat kota Gorontalo dan membutuhkan sekitar tiga puluh sampai empat puluh menit untuk tiba disana.

Taman Laut Olele menjadi salah satu wisata bahari di Gorontalo yang menjadi favorit banyak penyelam profesional karena menawarkan keindahan alam bawah laut yang sangat indah dengan adanya terumbu karang dan ragam biota laut yang beraneka ragam. Terumbu karang berwarna-warni akan menyambutmu yang ingin menikmati indahnya bawah laut ini dengan cara snorkeling.  Perairan disini cukup tenang sehingga cukup aman untuk snorkeling, bahkan dalam kedalaman 2 meter saja kamu sudah bisa untuk menikmati indahnya hamparan koral dengan jelas.

Tak hanya snorkeling, kamu pun bisa menjelajah keindahan Taman Laut Olele ini dengan cara menyelam. Banyak sekali spot penyelaman denga karakteristik yang berbeda Antara satu dengan lainnya. Seperti Jinn Cave, Honeycomb, Muck Dive dan Traffic Circle, namun yang menjadi favoeir para penyelam adalah Jinn Cave. Selain itu, di taman laut ini terdapat sponge coral endemic yang tidak ditemukan di perairan lainnya, yaitu Salvador Dali dan keberadaannya sangat dicari-cari oleh para penyelam mancanegara.

4. Pantai Biluhu

Pantai Biluhu
wisatagorontalo.com

Apabila kamu adalah penyuka suasana pantai yang tenang, wisata bahari di Gorontalo yang satu ini tentu bisa jadi pilihan. Pantai Biluhu ini berada di Desa Biluhu Timur yang mana lokasinya berhadapat langsung dengan Teluk Tomini. Untuk mencapai ke pantai ini kamu harus menempuh jarak sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota Gorontalo.

Sama halnya dengan wisata bahari di Gorontalo lainnya, Pntai Biluhu ini juga menawarkan keindahan pemandangan diatas permukaan dan dibawah lautnya. Uniknya, pantai ini memiliki tebing setinggi 100 meter yang berlokasi sekitar 200 meter dari bibir pantai. Pantai ini terlihat semakin cantik dengan adanya jejeran pohon kelapa yang berdiri tegak diatas pasir putih yang bersih.

Pantai Biluhu ini memiliki ombak yang relative tenang dan pastinya menggoda siapapun untuk menceburkan diri ke dalamnya. Keindahan bawah laut pantai ini pastinya juga tak boleh kamu lewatkan. Kamu bisa melihat indahnya terumbu karang dengan berbagai bentuk dan warna yang menjadi tempat tinggal ragam biota laut yang cantik. Untuk melakukan snorkeling atau diving, kamu bisa melakukannya pada bulan-bulan tertentu dimana ombak Teluk Tomini tidak terlalu tinggi. Selain itu, pemandangan matahari terbenam di pantai ini memang sangat cantik dan menghadirkan suasana yang romantis.

5. Pantai Bolihutuo

Wisata bahari di Gorontalo
pantainesia.com

Wisata bahari di Gorontalo yang terakhir adalah Pantai Bolihutuo. Pantai yang berlokasi di Kabupaten Boalemo, Gorontalo ini memang belum banyak dikenal orang karena lokasinya yag cukup tersembunyi. Tak heran jika Pantai Bolihutuo ini menjadi salah satu hidden paradise di Gorontalo yang wajib untuk kamu singgahi.

Pantai Bolihutuo ini memiliki keunikan yang membuatnya cukup menarik untuk dikunjungi. Pantai ini memiliki keindahan pohon pinus yang sangat rindah dan teduh sehingga membuat pantai ini terasa cukup nyaman untuk dijadikan tempat bersantai sambil menikmati indahnya laut.

Tak hanya bisa bersantai, disini kamu juga bisa berkeliling pantai dengan mengendarai perahu yang bisa kamu sewa dengan harga yang cukup terjangkau. Dengan menggunakan perahu ini kamu bisa menikmati air laut dari dekat. Selain itu, kamu juga bisa menciba snorkeling atau diving untuk menikmati indahnya pemandangan bawah laut Pantai Bolihutuo ini.

Demikianlah 5 wisata bahari di Gorontalo yang bisa kamu kunjungi. Tertarik untuk berkunjung kesana?



Leave a Reply