10 Kue Khas Gorontalo Kelezatannya Bikin Melongo


Fida  July 19, 2022  0 Comment

Gorontalo dikenal sebagai salah satu daerah di Indonesia yang menawarkan banyaknya pilihan wisata serta kuliner lezat. Tidak hanya itu, Gorontalo juga menawarkan berbagai jajanan seperti kue yang menarik untuk kamu coba. Bentuk serta cita rasa kue khas Gorontalo juga sangat beragam. Inilah daftar 10 rekomendasi kue khas Gorontalo yang dapat kamu coba.

Kue Khas Gorontalo :

1. Kue Popaco

kue popaco
travel.kompas.com

Salah satu rekomendasi kue khas Gorontalo yang menarik untuk kamu coba adalah kue popaco. Kue yang satu ini dikenal dengan ciri khasnya yakni menawarkan cita rasa manis dan gurih. dibuat dengan menggunakan beberapa bahan diantaranya parutan gula merah, tepung terigu, telur, gula pasir, dan juga tambahan vanili.

Kue popaco juga disajikan dengan tekstur yang khas yakni kenyal. Hidangan yang satu ini juga memiliki wadah khusus dan disajikan dengan tampilan yang mirip dengan perahu. Unik sekali ya? Kamu dapat menjumpai kue popaco di berbagai pasar tradisional di Gorontalo. Karena cara pembuatan kue ini terbilang cukup mudah dan bahan yang dibutuhkan juga mudah dijumpai, maka kamu dapat membuat kue popaco sendiri di rumah.

Gotravelly

Pallubasa Serigala: Kuliner Khas Makassar Yang Pake Daging Serigala?

Kasoami Dan Hugu-Hugu Khas Buton, Olahan Singkong Penunda Lapar

2. Kue Kolombengi

kue kolombengi
tokopedia.com

Rekomendasi kue khas Gorontalo selanjutnya yang tidak kalah menarik untuk dicoba adalah kue kolombengi. Kue yang satu ini merupakan kue kering yang wajib ada dalam acara walima di Gorontalo. Kue kolombengi akan disusun dengan bentuk khas yakni menyerupai menara. Dalam acara tersebut, kue kolombengi akan dibagikan kepada warga yang hadir dalam acara.

Baca juga :  7 Minuman Khas Gorontalo Segar Dari Bahan Tradisional

Selain dalam acara, kamu juga dapat mencoba untuk membuat kue kering ini sendiri di rumah. Bahan utama pembuatan kue kolombengi adalah tepung terigu. Sedangkan beberapa bahan tambahan yang dibutuhkan untuk membuat kue kolombengi diantaranya baking powder, telur, gula pasir, vanili, dan juga air.

3. Kue Tutulu

kue tutulu
kumparan.com

menjadi salah satu rekomendasi kue khas Gorontalo yang wajib kamu coba. Kue yang satu ini juga kerap disebut dengan kue cucur khas Gorontalo. Kue tutulu tidak pernah ketinggalan disajikan sebagai hidangan dalam acara adat. Meskipun sudah ada sejak lama dan termasuk ke dalam hidangan kue tradisional, tetapi kue tutulu masih banyak diminati dan diburu hingga saat ini.

Kamu tentu juga dapat mencoba untuk membuat kue tutulu sendiri di rumah. Bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue ini diantaranya tepung terigu, tepung beras, gula merah, dan kacang. Cita rasa lezat dan unik yang ditawarkan tentu menjadikan kue ini tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Gorontalo.

4. Kue Karawo

kue karawo
bukalapak.com

Pernah mendengar sebutan kue karawo? Kue karawo merupakan salah satu kue khas Gorontalo yang dikenal memiliki motif yang unik dan menggugah selera. dibuat dengan tampilan yang terinspirasi dari kain karawo, yakni kerajinan tekstil khas Gorontalo.

Kue karawo menyajikan lezatnya butter cookies putih dan cokelat yang dilapisi dengan icing sugar. Selain menambah rasa manis, kue yang satu ini juga tampak semakin menggugah selera karena adanya motif dan gambar yang dibuat. Karena dikenal lezat dan memiliki tampilan yang cantik, kue karawo biasa dijual dengan harga berkisar Rp 300.000,- per toples.

5. Pia Saronde

pia saronde
shopee.co.id

Kue khas Gorontalo berikutnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah pia saronde. Kue yang satu ini termasuk kue kekinian di Gorontalo. Tidak hanya menjadi favorit masyarakat lokal, pia saronde juga banyak diburu oleh wisatawan yang datang ke Gorontalo.

Baca juga :  7 Rekomendasi Tempat Makan Mie Ongklok Enak di Wonosobo

Pia saronde juga tidak jarang dipilih sebagai oleh oleh bagi para wisatawan. Cita rasanya yang lezat serta kemasannya yang praktis menjadikan kue yang satu ini sayang untuk tidak kamu coba.

6. Popolulu

popolulu
yummy.co.id

Kamu tentu sudah tidak asing dengan bola ubi, bukan? Saat berkunjung ke Gorontalo, tidak ada salahnya jika kamu mencoba bola ubi khas Gorontalo atau yang biasa disebut dengan popolulu. Popolulu dikenal sebagai salah satu dari banyaknya kue khas Gorontalo yang menarik untuk kamu coba. Kue yang satu ini dibuat menggunakan bahan ubi merah.

Popolulu diolah dengan cara digoreng. Sebelum digoreng, popolulu terlebih dahulu dilapisi dengan adonan tepung beras yang sudah dibumbui dengan sedikit garam. Saat berkunjung ke Gorontalo, kamu dapat membeli kue yang satu ini di pasar tradisional maupun di toko kue. Tertarik untuk mencoba lezatnya bola ubi khas Gorontalo yang satu ini?

7. Sabongi

Kue Khas Gorontalo
cookpad.com

Ada banyak pilihan kue khas Gorontalo yang sayang untuk kamu lewatkan, salah satunya adalah sabongi. Sabongi merupakan jajanan tradisional di Gorontalo yang masih memiliki banyak peminat hingga saat ini. Kue sabongi dibuat menggunakan pisang dan singkong sebagai bahan utamanya.

Konon katanya, kue sabongi merupakan kue favorit raja raja di Gorontalo, lho. Proses pembuatan kue sabongi yang terbilang mudah menjadikan kue ini dapat kamu buat sendiri di rumah. langkah pertama pembuatan kue ini adalah dengan cara memarut singkong kemudian dicampur dengan bawang putih halus dan juga gula pasir. Setelah adonan selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah mengambil sedikit adonan untuk digunakan sebagai lapisan pisang raja. Setelah itu, adonan berisi pisang kemudian digoreng hingga matang dan siap dihidangkan. Tertarik untuk mencobanya?

Baca juga :  10 Tempat Makan Enak Dan Murah Di Singapura Dijamin Perut Hepi

8. Apang Colo

apang colo
libur.co

Apang colo merupakan salah satu kue khas Gorontalo yang dikenal memiliki bentuk mirip dengan serabi. Kue yang satu ini dibuat dengan menggunakan beberapa bahan diantaranya tepung terigu, garam, gula, ragi, serta campuran santan. Saat berada di Gorontalo, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan untuk mencoba lezatnya apang colo.

9. Kue Cara Isi

kue cara isi
tokopedia.com

Ada banyak pilihan kue khas Gorontalo yang menarik untuk kamu coba, salah satunya adalah kue cara isi. Kue cara isi merupakan kue basah yang dibuat dengan menggunakan bahan utama tepung terigu. Bahan bahan lain yang dibutuhkan untuk membuat kue ini diantaranya gula pasir, santan, serta telur ayam. Kue ini juga memiliki isian yakni ikan tongkol yang sudah dikukus. Kamu tentu akan dibuat ketagihan setelah mencoba lezatnya kue yang satu ini.

10. Wapili

wapili
kumparan.com

Nah, satu lagi nih rekomendasi kue khas Gorontalo yang wajib kamu coba yakni wapili. Kalau dilihat dari tampilannya, kue yang satu ini mirip dengan waffle ya? Tidak sedikit yang menyebut kue ini dengan sebuatn waffle khas Gorontalo. Cita rasanya yang lezat dan teksturnya yang khas menjadikan kue ini sayang untuk tidak kamu coba.

Nah, itulah daftar 10 rekomendasi kue khas Gorontalo yang pupoler dan menarik untuk kamu coba. Dari 10 rekomendasi di atas, kue manakah yang tampak paling menggugah selera?



Leave a Reply