7 Kuliner Khas Indonesia dari Olahan Keong, Rasanya Nampol Banget


sisil angelin  October 31, 2021  0 Comment

Indonesia memang terkenal sekali dengan kulinernnya yang beragam, dan kuliner juga menjadi salah satu daya tarik wisatawan lokal ataupun mancanegara untuk menjelajahi berapa pulau yang ada di Indonesia. Tidak asing lagi Indonesia memang memiliki kekayaan dalam kuliner nusantara beranekaragam, dan bahan yang digunakan untuk mengolah menjadi makanan khas Nusantara juga bermacam-macam. salah satu bahan yang diolah terbilang nyeleneh adalah Keong, siput, atau bekicot bagi sebagian orang menjadi salah satu makanan yang menjijikan. Namun kalian tau gak sih jika keong ini memiliki manfaat yang banyak loh untuk tubuh diantaranya tinggi protein baik untuk otot, tinggi zat besi mencegah anemia, mengandung b12 baik untuk sistem saraf, memperkuat tulang, menjaga detak jantung, menyembuhkan luka, dan baik untuk kulit. Gimana keong ini memiliki manfaat yang banyak, dan bikin kagetkan guys? Nah untuk kalian yang belum pernah cobain olahan keong wajib banget nih simak artikel GoTravelly kali ini yang akan bahas makanan khas indonesia dari olahan Keong rasanya nampol banget!

1. Sate Bekicot

Sate Bekicot
wikipedia.com

Sekilas tampilan dari Sate Bekicot ini memang tidak disangka terbuat dari bekicot. Karena Sate Bekicot ini disulap menjadi sate yang super lezat. Jadi daging bekicot yang sudah dibersihkan akan ditusuk, dan akan diberi bumbu lalu dibakar selanjutnya Sate Bekicot yang sudah matang akan diguyur dengan sambal kacang yang diberi irisan bawang merah seperti sate madura pada umumnya. Namun Sate Bekicot ini menjadi salah satu kuliner khas Jawa Timur yang bisa kalian temukan di Kota Kediri. Untuk rasa dari Sate Bekicot ini gurih, asin, manis, dan tidak amis sama sekali jika memasak Sate Bekicotnya dengan benar.

Gotravelly

Jajanan Jadul Kue Puthu Pak Sawal Yang Langka Ada Di Kota Blitar Loh!

Menikmati Hangatnya 1 Mangkuk Ronde Pak Jakim Saat Udara Dingin Di Blitar Emang Paling Mantep!

2. Sayur Kraca

Sayur Kraca
cookpad.com

Meskipun namanya sayur hidangan khas Banyumas yang satu ini tidak menggunakan sayur sama sekali, melainkan menggunakn keong sawah yang menjadi bahan utamanya, dan keong sawah ini akan dimasak dengan bumbu yang sedap. Beberapa bahan yang biasanya digunakan untuk mengolah Sayur Kraca adalah keong sawah, cabe merah, bawang putih, bawang merah, jahe, lengkuas, kunyit, dan sereh. Sehingga saat direbus smua bahan ini akan mengeluarkan warna kuning yang pekat, dan bau amis dari keong sawah ini akan tergantikan dengan aroma bumbu yang sedap pada Sayur Kraca. Jadi untuk menemukan Sayur Kraca ini kalian bisa mampir ke Banyumas guys! harganya juga terjangkau, dan cocok untuk dijadikan lauk dengan nasi hangat.

3. Pais Siput Gonggong

Pais Siput Gonggong
pesonaindonesia.kompas.com

Kuliner Khas Indonesia dari Olahan Keong selanjutnya, Pais Siput Gonggong ini menjadi salah satu kuliner khas Kampung Melayu yang menjadi salah satu kuliner tradisional dari Kepulauan Riau, dan makanan ini menjadi salah satu kesukaan bagi masyarakat lokal. Karena rasanya memang gurih, dan daging dari siput disini memang sangat kenyal sehingga sekilas rasanya mirip dengan cumi guys! Nah untuk mengolah Pais Siput Gonggong ini tidak sembarangan, karena jika memasak Pais Siput Gonggong ini salah maka rasanya akan amis, dan tidak sedap. Jadi pastikan kalian mencari penjual yang mengolah Pais Siput Gonggong dengan baik ya… Untuk rasa dari Pais Siput Gonggong ini gurih, teksturnya kenyal, dan kalian bisa memakannya langsung tanpa menggunakan nasi.

4. Gonggong Rebus

Gonggong Rebus
idntimes.com

Gonggong Rebus ini memang terlihat sederhana… Namun Gonggong Rebus ini memiliki rasa yang sangat luar biasa, karena Gonggong yang di rebus ini akan mengeluarkan rasa yang gurih, kenyal, sedap, dan sangat nikmat jika dicocol dengan saus sambal khas Batam yang berada di Kepulauan Riau. Ohya untuk memakan Gonggong Rebus ini kalian bisa mengambilnya dengan tusuk giig, dan biasanya Gonggong Rebus ini dimakan langsung seperti makanan ringan dengan saus yang pedas. Sehingga saat makan Gonggong Rebus ini tidak berhenti-henti saking lezatnya! Nah untuk kalian yang suka dengan hidangan siput wajib banget cobain Gonggong Rebus yang menjadi salah satu kuliner khasa Batam di Kepulauan Riau. Untuk menemuknan Gonggong Rebus ini kalian bisa mencarinya dipenjual pinggir jalan atau didepot yang menjual makanan laut.

5. Keripik Bekicot

 Keripik Bekicot
travelingyuk.com

Jika dipusat oleh-oleh kalian menemukan Keripik Bakicot maka kalian wajib membelinya, karena Keripik Bakicot ini memiliki manfaat yang baik untuk tubuh diantaranya mengobati gatal, meredakan batuk, dan meredakan nyeri otot. Ohya Keripik Bakicot ini diolah dengan proses yang cukup lama karena Bakicot akan dibersihkan dicampur dengan garam, rempah-rempah, dan bawang putih sehingga Keripik Bakicot ini saat dikeringkan akan menciptakan rasa yang garing! Jadi untuk kalian yang ingin mencicipi gurihnya Keripik Bakicot ini bisa menemukannya dibeberapa daerah yang ada di Indonesia terutama Jawa Timur. Ohya Keripik Bakicot ini juga bisa jadi camilan sehat untuk kamu, dan keluarga. Untuk rasa memang tidak perlu diragukan lagi Keripik Bakicot ini sangat sempurna.

6. Gulai Cipuik

Gulai Cipuik
sumber.com

Gulai Cipuik ini juga menjadi salah satu ikon hidangan khas Tanjung Pinang Kepulauan Riau. Jadi Gulai Cipuik ini akan dimasak menggunakan rempah yang melimpah sehingga menciptakan rasa yang sedap! Beberapa bahan yang digunakan ada serai, daun salam, gula, garam, lada bubuk, lengkuas, kunir, jahe, daun jeruk, dan keong sawah yang sudah dibersihkan akan dicampur dengan bumbu yang melimpah ini. Sehingga saat matang Gulai Cipuik ini memiliki aroma yang sedap, dan rasanya memang manis, asin, gurih, serta tektur keong yang lembut membuat siapa aja ketagihan untuk memakannya! Nah untuk kalian yang berkunjung ke Tanjung Pinang wajib banget cobain Gulai Cipuik ini, dan harganya juga masih bersahabat dikantong loh! Jadi tungggu apalagi yuk berburu Gulai Cipuik di Tanjung Pinang.

7. Oseng-Oseng Mercon Keong Sawah

Oseng-Oseng Mercon Keong Sawah
cookpad.com

Kuliner yang meggunakan bahan dasar keong yang akan kita bahas terakhir ini adalah Oseng-Oseng Mercon Keong Sawah. Jadi kuliner yang satu ini berasal dari Jawa Timur, dan sesuai dengan namanya Oseng-Oseng Mercon Keong Sawah ini memang memiliki rasa yang pedas. Jadi Oseng-Oseng Mercon Keong Sawah ini menggunakan beberapa bumbu yaitu bawang putih, bawang merah, cabai besar, cabai rawit, kemiri, jahe, tomat, kecap, gula, garam, dan keong sawah yang sudah bersih akan dioseng dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Setelah matang Oseng-Oseng Mercon Keong Sawah ini akan dimakan dengan nasi hangat! Untuk rasa memang Oseng-Oseng Mercon Keong Sawah ini sangat lezat, dan bikin siapa aja ketagihan dengan rasanya yang uenak poll!

Gimana guys 7 makanan khas Indonesia dari olahan Keong, Rasanya nampol banget ini bikin ngilern kan? Nah kalian pengen cobain yang mana? kalian bisa jawab dikolom komentar yang ada dibawah ya! Selamat mencoba!



Leave a Reply