Yuk Bun, Ajakin Si Kecil Liburan Ke 12 Wisata Edukasi di Blitar


Fida  October 31, 2022  0 Comment

Blitar merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang dikenal menawarkan cukup banyak tempat wisata. Salah satu destinasi wisata yang populer di Blitar adalah kawasan Makam Bung Karno, sang Proklamator. Tidak hanya itu, Blitar juga memiliki banyak destinasi wisata edukasi lainnya yang cocok dipilih sebagai liburan keluarga. Saat ingin berlibur bersama keluarga dan anak anak, wisata edukasi menjadi tujuan yang tepat untuk didatangi. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, inilah daftar 12 rekomendasi tempat wisata edukasi di Blitar yang bisa kamu datangi. 

1. Agrowisata Karangsari

agrowisata karangsari
tempatwisata.pro

Agrowisata Karangsari dikenal sebagai salah satu tempat rekreasi sekaligus wisata edukasi di Blitar yang bisa kamu datangi. Di Agrowisata Karangsari, pengunjung akan dimanjakan dengan luasnya kebun belimbing. Tempat wisata yang satu ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga maupun anak anak. 

Terdapat banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan saat berada di Agrowisata Karangsari. Salah satu aktivitas menarik adalah pengunjung yang datang dapat bebas memetik buah belimbing maupun mengkonsumsinya. Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat membawa pulang buah belimbing sebagai oleh oleh. Bagi kamu yang hobi menanam, Agrowisata Karangsari juga menjual bibit belimbing yang laris terjual di kalangan wisatawan. 

Sembari menyusuri kebun belimbing, kamu dapat mengenakan caping dan membawa keranjang yang telah disediakan. Sebelum memasuki kawasan Agrowisata Karangsari, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk yang terbilang cukup terjangkau yakni Rp 15.000,- per orang. Selama menyusuri kebun belimbing, wisatawan akan didampingi oleh pemandu. 

Agrowisata Karangsari dapat kamu datangi di Jalan Jeruk, Karangsari, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar. Lokasinya yang strategis dan tidak jauh dari pusat Kota Blitar menjadikan destinasi wisata yang satu ini sayang untuk kamu lewatkan. Saat bingung menentukuan tujuan wisata edukasi di Blitar, Agrowisata Karangsari menjadi tempat yang cocok untuk kamu datangi. 

Gotravelly

Blitar Park : Wisata Viral Yang Worth It Buat Dikunjungi!

Gua Maria Sendangrejo, Wisata Rohani Dari Blitar

2. Kampung Coklat

kampung coklat
smesta.kemenkopukm.go.id

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan wisata Kampung Coklat bukan? Kampung Coklat merupakan salah satu tempat wisata yang populer di Blitar. Wisata yang satu ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, terlebih saat hari libur tiba. Kampung Coklat juga banyak didatangi oleh rombongan sekolah sebagai sarana dan wisata edukasi di Blitar. 

Sesuai dengan namanya, wisata Kampung Coklat menyuguhkan edukasi mengenai cokelat. Pengunjung yang datang dapat mencoba menyusuri kebun cokelat hingga belajar mengolah cokelat. Tidak hanya itu, kamu juga dapat mencoba untuk mengkonsumsi berbagai jenis cokelat hingga membelinya sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang. 

Destinasi wisata yang satu ini dapat kamu datangi di Jalan Banteng – Blorok No. 18, Desa Plosorejo, Kademangan, Kabupaten Blitar. Harga tiket masuk yang ditawarkan yakni berkisar Rp 20.000,- per orang. Dengan begitu, kamu dapat menyusuri luasnya wisata Kampung Coklat. 

Kamu tidak perlu khawatir bosan jika mengunjungi Kampung Coklat karena pengunjung akan disediakan banyak permainan. Terdapat minuman khas dan otentik yakni minuman coklat yang segar dan wajib kamu coba. Selain tempatnya yang luas dan menyuguhkan bangunan unik, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan indah serta udara sejuk saat datang ke Kampung Cokelat. 

3. Makam Bung Karno

makam bung karno
jatim.antaranews.com

Pecinta wisata sejarah, Makam Bung Karno dapat menjadi tujuan wisata kamu untuk menghabiskan waktu berlibur. Makan Bung Karno dikenal sebagai salah satu wisata edukasi di Blitar yang dapat kamu kunjungi di tengah kota. Tidak hanya dapat datang dan berziarah, kamu juga dapat mengenang sekaligus mengetahui sejarah sang Proklamator. 

Adanya museum serta perpustakaan Bung Karno juga menjadikan kawasan ini sebagai salah satu wisata edukasi yang sayang untuk dilewatkan. Tidak hanya masyarakat lokal, kawasan Makam Bung Karno juga kerap dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Tempat yang satu ini juga kerap didatangi oleh rombongan sekolah. 

Kamu dapat mengunjungi Makam Bung Karno di Jalan Ir. Soekarno No 152, Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar. Untuk masuk ke kawasan makam, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk yang cukup terjangkau yakni Rp 3.000,- per orang. Cukup terjangkau bukan?

Sepulang dari kawasan wisata edukasi di Blitar ini, kamu dapat membawa pulang oleh oleh. Terdapat banyak toko oleh oleh dan souvenir di kawasan Makam Bung Karno. Datang dan menghabiskan waktu bersama keluarga maupun kerabat di tempat wisata ini tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba saat datang ke Blitar. 

4. Istana Gebang

istana gebang
idntimes.com

Tidak hanya kawasan Makam Bung Karno, kamu juga dapat mengunjungi Istana Gebang sebagai salah satu wisata edukasi di Blitar. Istana Gebang merupakan sebutan dari bangunan yang dulunya merupakan tempat tinggal Bung Karno. Alamat dari Istana Gebang berada di Jalan Sultan Agung No. 69, Kota Blitar. 

Bangunan ini dikenal sangat bersejarah karena menjadi tempat tinggal Bung Karno sejak kecil. Tidak hanya itu, Istana Gebang juga menjadi tempat tinggal kedua orang tua sang proklamator, Ir. Soekarno. 

Istana Gebang memiliki arsitektur bagunan khas Jawa Belanda. Pengunjung akan dibawa ke masa kolonialisme dengan bentuk bangunan yang ada. Tidak sedikit wisatawan yang menyempatkan berfoto dengan arsitektur bangunan yang unik dan menarik di Istana Gebang. Di kawasan istana ini, kamu juga dapat menjumpai barang barang antik milik Ir. Soekarno. 

Saat berkesempatan menghabiskan waktu berlibur di Blitar, tidak ada salahnya jika kamu mengunjungi destinasi wisata bersejarah yang satu ini. Kamu tentu akan merasakan sensasi liburan yang mengesankan serta mengetahui banyak hal baru dengan datang ke Istana Gebang. 

5. Kampung Bubur

kampung bubur
travel.okezone.com

Tidak hanya Kampung Coklat, Kampung Bubur juga menjadi salah satu wisata edukasi di Blitar yang populer dan bisa kamu datangi. Wisata yang satu ini terletak di Jalan Dusun Gulungan, Jimbe, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar. Lokasinya yang sangat strategis dan mudah dicari menjadikan Kampung Bubur sayang untuk tidak kamu datangi. 

Destinasi wisata yang satu ini menawarkan udara yang sejuk serta banyaknya permainan. Datang dan berkunjung ke Kampung Bubur bersama keluarga maupun anak anak tentu menjadi pilihan tepat yang bisa kamu coba. 

Sesuai dengan namanya, di Kampung Bubur kamu dapat mencoba bubur ayam. Bubur ayam yang ditawarkan dikenal memiliki cita rasa lezat. Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat menikmati berbagai fasilitas seperti adanya kolam renang, tempat beristirahat, penginapan, hingga area outbound. Lengkap sekali bukan? 

Tidak perlu mengeluarkan biaya mahal, pengunjung hanya dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000,- untuk orang dewasa dan Rp 5.000,- untuk anak anak. Jika ingin menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga dan anak anak, tidak ada salahnya jika kamu datang ke wisata edukasi di Blitar yang satu ini. 

6. Kesambi Tree’s Park

kesambi trees park
localguidesconnect.com

Rekomendasi tempat wisata edukasi di Blitar berikutnya yang sayang untuk kamu lewatkan adalah Kesambi Tree’s Park. Destinasi wisata yang satu ini dapat kamu datangi di kawasan Jatianom, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar. Kesambi Tree’s Park dapat dikunjungi mulai pukul 8 pagi setiap harinya. 

Kesambi Tree’s Park menyuguhkan indahnya pemandangan alam serta suasana yang sejuk. Pengunjung yang datang juga dapat melihat langsung adanya hewan rusa di wisata ini. Tidak hanya melihat, pengunjung juga diperbolehkan untuk berinteraksi langsung dengan hewan rusa. Kesambi Tree’s Park sangat cocok dikunjungi sebagai sarana edukasi bagi anak anak. 

Untuk menyusuri wisata ini, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk yang cukup terjangkau yakni Rp 12.000,- per orang. Tersedia berbagai fasilitas yang ditawarkan seperti adanya kamar mandi, musholla, hingga camping ground. Pengunjung tidak hanya dapat memberi makan rusa, tetapi juga dapat mencoba sensasi outbound di Kesambi Tree’s Park. Menarik sekali bukan? 

7. Wisata Gurami Seduri

wisata gurami seduri
kompasiana.com

Pernah mendengar sebutan Wisata Gurami Seduri? Wisata Gurami Seduri merupakan salah satu wisata edukasi di Blitar yang cocok kamu kunjungi bersama keluarga maupun kerabat. Di tempat ini, pengunjung dapat melihat langsung proses pembudidayaan ikan gurami mulai dari pembibitan hingga panen. Asik sekali bukan? 

Tidak hanya mendapat ilmu mengenai pembudidayaan gurami, pengunjung juga dapat mencoba lezatnya berbagai olahan menu yang dibuat menggunakan bahan dasar ikan gurami. Berbagai menu yang ditawarkan memiliki harga yang cukup terjangkau. Kamu dapat menikmati indahnya kawasan wisata, memperoleh wawasan atau edukasi, serta mencoba kuliner lezat di Wisata Gurami Seduri. 

Bagi pecinta foto, tempat yang satu ini juga sangat menarik untuk dikunjungi karena menawarkan banyak spot menarik dan instagramable. Jika penasaran dan ingin mengunjunginya, kamu dapat datang ke Dusun Seduri, Kecamatan Wonodadi, Kabupaten Blitar. Wisata Gurami Seduri dapat didatangi mulai pukul 9 pagi hingga pukul 9 malam setiap harinya. 

8. Penangkaran Rusa Maliran

Wisata Edukasi di Blitar
dakatour.com

Selanjutnya, Penangkaran Rusa Maliran juga menjadi salah satu tujuan wisata edukasi di Blitar yang menarik untuk kamu datangi. Wisata yang satu ini menyuguhkan penangkaran rusa yang lengkap dengan pemandangan indah serta udara yang sejuk. Tidak sedikit wisatawan yang menyempatkan mampir dan berkunjung ke Penangkaran Rusa Maliran saat datang ke Blitar. 

Untuk menyusuri kawasan wisata ini, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 12.000,- per orang. Pengunjung juga dapat membeli sayur untuk memberi makan rusa dengan harga Rp 2.000,- per ikat. Jika tidak ingin membeli, kamu juga dapat membawa sayur dari rumah. 

Penangkaran Rusa Maliran menawarkan berbagai fasilitas seperti adanya musholla, toilet, tempat makan, hingga area outbound. Bagi pecinta foto, Penangkaran Rusa Maliran juga menawarkan banyak spot menarik dan instagramable. Bagi kamu yang ingin menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga maupun anak anak, wisata edukasi di Blitar ini tentu sayang untuk kamu lewatkan. 

9. Kampung Batok Coco Art

kampung batok
jelangwismanrejo-kec-sukorejo.blitarkota.go.id

Ingin menikmati liburan dengan mengasah kreativitas? Tidak ada salahnya jika kamu datang ke salah satu wisata edukasi di Blitar yakni Kampung Batok. Sesuai dengan namanya, Kampung Batok merupakan kawasan dimana kamu dapat menjumpai banyaknya kerajinan yang dibuat menggunakan bahan utama batok atau tempurung kelapa. 

Tidak jarang wisata ini dipilih sebagai tujuan berlibur bagi para pelajar. Pengunjung tidak hanya dapat melihat cara membuat kerajinan, tetapi juga dapat mencoba membuat sendiri kerajinan berbahan batok kelapa ini. 

Di Kampung Batok Coco Art, tempurung kelapa diolah menjadi berbagai barang bermanfaat seperti tas, hiasan, dan masih banyak lagi. Kamu dapat membeli berbagai kerajinan batok sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang. Kampung Batok ini berlokasi di Jalan Kali Glagah, Tanjungsari, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar. 

10. Candi Penataran

candi penataran
kompas.com

Ingin menghabiskan waktu berlibur dengan mengunjungi salah satu wisata edukasi di Blitar? Candi Penataran menjadi rekomendasi tujuan yang tepat. Candi yang satu ini sudah sangat populer baik di kalangan masyarakat lokal maupun wisatawan. Kamu dapat mengunjung Candi Penataran di Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar.

Di kawasan ini, pengunjung akan disuguhkan dengan megahnya bangunan candi serta pemandangan indah di sekelilingnya. Kamu juga dapat mengetahui banyak hal baru saat datang ke tempat wisata bersejarah yang satu ini. Untuk menyusuri kawasan candi, pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk alias gratis. 

Terdapat berbagai fasilitas di kawasan wisata ini seperti adanya toilet, tempat beristirahat, musholla, hingga banyaknya spot foto menarik. Mengunjungi wisata edukasi di Blitar bersama keluarga maupun teman tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. 

11. Lembah Gogoniti Farm

lembah gogoniti farm
suryamalang.tribunnews.com

Saat berencana menghabiskan waktu berlibur dengan mengunjungi salah satu wisata edukasi di Blitar, kamu dapat datang ke Lembah Gogoniti Farm. Destinasi wisata yang satu ini sangat cocok dikunjungi bersama anak anak. Pengunjung akan diajarkan cara merawat tanaman dengan baik. Tidak hanya tanaman hias, kamu juga akan dimanjakan dengan pohon berbuah lebat. 

Lembah Gogoniti Farm juga menawarkan fasilitas berupa kolam renang, tempat makan, toilet, gazebo, hingga musholla. Untuk menyusuri kawasan wisata Lembah Gogoniti Farm, pengunjung hanya dikenakan biaya tiket masuk Rp 5.000,- saja per orang. Wisata edukasi ini juga menyuguhkan adanya peternakan. Lengkap sekali bukan? 

Destinasi wisata yang satu ini sangat cocok untuk kamu datangi bersama keluarga maupun anak anak. Udaranya yang sejuk dan segar juga akan membuatmu betah dan enggan pulang. 

12. Keboen Kopi Karanganjar

keboen kopi karanganjar
travel.tempo.co

Satu lagi rekomendasi wisata edukasi di Blitar yang sayang untuk kamu lewatkan yakni Keboen Kopi Karanganjar. Destinasi wisata yang satu ini berlokasi di kawasan Karanganjar Timur, Nglegok, Blitar. 

Sesuai dengan namanya, pengunjung yang datang akan dimanjakan dengan adanya kebun kopi. Tidak hanya itu, Keboen Kopi Karanganjar juga memperlihatkan adanya peninggalan jaman dulu berupa mesin giling kopi hingga truk kuno. Pengunjung dapat mencoba lezatnya kopi sekaligus menikmati wisata sejarah dengan menyusuri museum. 

Keboen Kopi Karanganjar menawarkan fasilitas yang cukup lengkap seperti adanya musholla, taman bermain, cafe, tempat beristirahat, hingga persewaan kostum ala Belanda. Untuk datang dan menikmati berbagai fasilitas yang ada, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 15.000,- per orang. Cukup terjangkau bukan? 

Nah, itulah daftar 12 rekomendasi wisata edukasi di Blitar yang bisa kamu datangi. Mengunjungi wisata edukasi bersama keluarga dan anak anak tentu menjadi pilihan tepat yang bisa kamu coba. Saat berkesempatan menghabiskan waktu berlibur di Blitar, wisata manakah yang ingin kamu datangi?  



Leave a Reply