Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

Jenis-Jenis Kuliner Khas Belarus Bagi Pecinta Wisata Kuliner


sisil angelin  July 18, 2019  0 Comment

Apakah Anda termasuk orang yang sangat suka akan wisata kuliner? Jika iya tentu Anda akan terus menerus untuk melakukan update mengenai makanan mana yang harus Anda coba. Namun perlu Anda ketahui bahwa di Belarus Anda akan bisa menemukan berbagai macam jenis makanan yang bisa Anda coba. Di daerah ini ada banyak sekali jenis makanan atau kuliner khas Belarus yang dijamin akan bisa membuat lidah Anda merasa nyaman dalam mengkonsumsi nya.

Pecinta Wisata Kuliner Wajib Mencoba Jenis Jenis Kuliner Khas Belarus Ini

Perlu Anda ketahui bahwa salah satu hasil pertanian yang bisa ditemukan di Belarus ini adalah kentang. Anda akan bisa menemukan berbagai macam jenis makanan Belarus yang menggunakan kentang sebagai bahan dasarnya. Bahkan saking banyaknya kentang yang dihasilkan di sini maka orang orang hidup di Belarus akan bisa hidup di dunia ini walaupun hanya ada kentang saja.

Walaupun demikian Anda tidak akan hanya menemukan makanan yang menggunakan kentang sebagai bahan dasarnya namun Anda juga akan bisa menemukan makanan yang menggunakan jenis bahan yang lainnya.

Nah untuk lebih jelasnya lagi Anda bisa menyimak penjelasan berikut ini. Dimana di bawah ini akan di bahas mengenai jenis kuliner khas Belarus yang sangat terkenal dan juga populer.

1. Draniki

Kuliner Khas Belarus
image credit : @m_recepty


Jenis kuliner khas Belarus yang pertama adalah Anda bisa menemukan makanan yang namanya draniki. Dimana draniki ini merupakan makanan yang paling populer di Belarus. Secara umum makanan ini bisa dikatakan sebagai pancake kentang namun akan mempunyai tekstur yang agak berminyak. Sebab di dalam proses pembuatannya akan dilakukan proses penggorengan yang akan membuatnya sedikit berminyak.
Untuk bahan bahan yang digunakan di dalam membuat olahan makanan ini biasanya akan menggunakan kentang sebagai bahan dasarnya, selain itu bisa juga ditambahkan dengan menggunakan bawang Bombay, sedikit penyedap seperti garam dan terakhir bisa ditambahkan minyak untuk menggoreng.
Makanan yang satu ini mulai populer pada awal abad ke 19. Dimana makanan ini dibuat untuk dijadikan sebagai menu sarapan yang penuh akan nutrisi dan tentu dengan memberikan rasa yang sangat lezat. Makanan ini juga sangat populer dengan beberapa tambahan yakni krim asam segar.

2. Babka

Kuliner Khas Belarus
image credit : @theboywhobakes


Kuliner khas Belarus yang kedua ada yang namanya babka. Sama seperti sebelumnya dimana makanan ini merupakan jenis kuliner yang menggunakan kentang sebagai bahan dasarnya. Makanan babka ini bisa dikatakan sebagai makanan yang sejenis dengan pie kentang sehingga bahan dasar yang digunakan adalah kentang.
Tidak hanya kentang saja yang digunakan untuk membuatnya. Namun juga ada bahan bahan tambahan yang lain yang juga ditambahkan dalam proses pembuatan makanan ini. Dimana akan menggunakan telur, sosis, bacon, dan juga tidak ketinggalan bawang Bombay untuk membuat rasanya semakin lezat.
Cara memasak makanan ini juga sangat unik, dimana makanan ini akan dipanggang dengan menggunakan tembikar. Untuk penyajiannya akan menggunakan krim saus asam dan juga bisa menggunakan pork flitch. Untuk tekstur dari makanan babka ini Anda bisa menemukan dua jenis tekstur. Yakni Anda bisa menemukan pie kentang kering dan juga puding kentang yang basah.

3. Blinis

Kuliner Khas Belarus
image credit : @blai9poblesec


Hidangan yang selanjutnya yang menjadi kuliner khas Belarus adalah blinis atau bisa juga disebut dengan blini. Makanan jenis ini adalah jenis makanan yang berasal dari Rusia. Akan tetapi untuk populernya adalah di Belarus.
Tentu hal ini bukanlah hal yang aneh menurut Anda. Sebab seperti yang sudah Kita ketahui bahwa Belarus ini merupakan bagian dari uni soviet dulunya. Sehingga dengan demikian akan bisa membuat kuliner yang ada di kedua negara ini tidak akan jauh berbeda. Blini ini adalah makanan yang sejenis dengan pancake, dimana yang pada awal proses pembuatannya adalah dengan menggunakan tepung gandum.
Namun seiring dengan perkembangan zaman kini Anda juga sudah bisa menemukan blini yang terbuat dari tepung soba. Dan untuk penyajiannya adalah dengan menggunakan krim asam, butter, quark, dan juga kaviar serta yang tidak boleh ketinggalan adalah garnis.

4. Holodnik

Kuliner Khas Belarus


Kuliner khas Belarus yang selanjutnya ada holodnik dimana makanan ini merupakan jenis hidangan yang sejenis dengan sup dinging. Dimana bahan dasar untuk membuatnya adalah dengan menggunakan buah beet.
Jenis makanan ini akan paling cocok untuk disajikan ketika musim panas. Holodnik ini akan mempunyai warna yang sangat cantik. Buah beet yang digunakan akan memberikan kesan warna yang sangat menari. Tidak hanya menggunakan beet saja, namun holodnik ini akan disajikan dengan menggunakan telus, mentimun, dan untuk menambah kesegarannya akan ditambahkan es atau bisa juga air dingin sebagai penggantinya.

5. Kutya

Kuliner Khas Belarus
image credit : boisdejasmin.com


Yang selanjutnya kuliner khas Belarus yang kelima ada yang namanya kutya. Makanan kutya ini merupakan kuliner khas Belarus yang bisa berupa bubur. Yang mana terbuat dari campuran antara soba, garam, dan juga mentega.
Walaupun makanan ini dikatakan sebagai bubur namun tekstur yang bisa Anda dapatkan dari makanan ini akan bisa membuatnya mirip dengan makanan sereal. Untuk penyajiannya biasanya makanan ini akan disajikan pada saat perayaan natal. Makanan ini cocok untuk dimakan kapan saja baik itu sebelum atau pun sesudah makan malam.
Makanan ini menjadi suatu simbol yang mana bisa menandakan bahwa panen sudah sukses dilakukan dan juga harapan untuk bisa mendapatkan cuaca yang sangat cerah untuk tahun berikutnya.
Perlu Anda ketahui juga bahwa makanan kutya ini tidak hanya akan bisa Anda dapatkan di Belarus saja, namun Anda juga akan bisa menemukannya di negara lain misalkan saja seperti Rusia, Ukraina dan juga Polandia.

6. Machanka

Kuliner Khas Belarus
image credit : @ditrib.in


Makanan atau kuliner khas Belarus yang selanjutnya ada machanka. Macahanka ini merupakan jenis makanan tradisional Belarus dimana ditemukan di negara Ukraina. Machankan ini bisa dibilang seperti saus sehingga akan disajikan dengan jenis makanan yang lainnya. Salah satu makanan yang pas disajikan bersama machanka ini adalah darniki.
Pada umumnya jenis kuliner ini akan terbuat dari krim asam, bawang Bombay, bir, serta untuk dagingnya bisa digunakan daging atau bisa diganti dengan menggunakan sosis.

7. Vereshchaka

Kuliner Khas Belarus
image credit : @littlefinger_s


Dan yang terakhir mengenai kuliner khas Belarus adalah Vereshchaka. Dimana jenis kuliner yang satu ini merupakan salah satu varian dari macahka yang mana sudah sangat terkenal untuk kalangan kuliner yang ada di Belarus.
Saus jenis in mulai dikenal pada pertengahan abad ke 18. Kuliner Vereshchaka ini ditemukan oleh salah satu royal chef yang mempunyai nama sesuai dengan makanan yang diciptakannya, yakni Vereshchaka. Hingga pada abad ke 19 Vereshchaka sudah mulai populer.
Makanan jenis ini akan bisa dinikmati dengan blinis atau bisa juga dengan mengguankan crepes yang lain. Untuk resep dan cara pembuatannya maka akan mirip dengan pembuatan makanan machanka. Akan tetapi yang membedakan di sini adalah Vereshchaka mempunyai cita rasa yang sedikit lebih pedas dari machanka.



Leave a Reply