11 Pemandangan Pantai Baron Jogja Wonosari + Rute dan Tiket Masuk


sisil angelin  June 7, 2018  0 Comment

Hallo para traveller. Kemanakah rencana liburan anda? Ada sebuah rekomendasi tempat yang bisa digunakan untuk menghabiskan liburan anda. Yogyakarta merupakan salah satu tempat yang bagus untuk berwisata.

Yogyakarta menjadi salah satu surga untuk para wisatawan domestik maupun asing. Provinsi yang merupakan daerah istimewa tersebut sangat dikemal menyimpan berbagai macam pesona wisata yang sangat luar biasa. Maka tidak heran apabila kota yang dijuluki dengan kota gudeg ini banyak diincar bagi para traveler. Ada berbagai macam wisata yang ditawarkan oleh kota ini adalah wisata budaya, sejarah, wisata alam, dan kulinernya.

Dari beberapa jenis wisata yang ditawarkan, objek wisata baron merupakan salah satu iobjek wisata yang banyak diminati. Jika anda mengunjungi kota Yogyakarta, maka anda harus menyempatkan untuk mengunjungi pantai baron. Pantai ini memiliki berbagai macam keindahan dan sangat eksotis sekali. Jika anda penasaran mengenai pantai satu ini, anda harus membaca berbagai penjelasan seperti berikut ini.

Dimana letak pantai Baron?

pantai Baron

Secara administratif, Pantai Baron terletak di daerah Gunung kidul. Pantai ini berada di Desa Kemandang, Kecamtan Tanjungsarui, Gunungkidul Yogyakarta. Jika anda mulai perjalanan anda dari kota Yogyakarta, anda akan menempuh sekitar jarak 63 kilometer atau kira – kira kurang lebih dua jam perjalanan dari kota Yogyakarta. Lokasi pantai ini tidak jauh dari pantai – pantai indah yang lainya yang berada [pada pesisir pantai Yogyakarta misalnya saja Pantai Kukup, Pantai Sundak, dan Pantai Krakal.

Untuk bisa mencapai area pantai ini, jalan utama yang menjadi akses untuk menuju area tersebut cukup sudah bisa dibilang sudah rumayan cukup bagus karena sudah dilengkapi dengan jalan yang sudah beraspal. Namun meskipun demikian, anda juga harus berhati – hati karena kondisi jalanya berkelok – kelok dan sempit. Di sepanjang jalan, anda akan disuguhkan pemandangan yang indah yang berupa perbukitan yang siap memanjakan mata. Setealh sampai disini, anda akan disuguhkan pemandangan laut yang luas.

Pesona Pantai Baron

letak pantai Baron

Memang sudah tidak bisa dipungkiri lagi, Kabupaten Gunung Kidul memang terkenal dengan pantainya menyimpan berbagai macam pantai yang unik dan eksotis. Kondisi dari Pantai Baraon ini menyerupai teluk kecil yang diapit oleh dua bukit pada bagian sisi kanan dan pada sisi kiri. Perbukitan ini berupa karang yang mana banyak ditumbuhi oleh tumbuhan – tumbuhan hijau.

Tempat wisata ini mempunyai pantai yang berpasir coklat yang terhampar di sepanjang bibir pantai. Tak seperti pantai yang lainya yang berpasir putih, Pantai Baron ini mempunyai pasir berwarna coklat sehingga akan menambah eksotis dan sangat indah. Di pantai ini anda bisa sembari menikmati lautan yang luas yang sangat terpangpang indah di depan mata.

Air laut Pantai Baron tergolong sangat jernih dengan warna yang biru biruan yang sangat menawan. Selain itu, ombaknya tidak terlalu besar dan tenang. Hal dikarenakan adanya perbukitan karang yang seolah – olah melindungi ini dari gempuran ombak yang besar. Sehingga aman untuk digunakan berenang dan bermain air. Namun sangat disarnakan untuk tidak melanggar batas aman yang ditentukan oleh pengelola pantai.

Salah satu yang menjadi magnet wisatawan di Pantai Baron ini adalah untuk pertemuan antara air laut air dan air sungai yang sangat langkah dan tidak pernah ditemui di pantai manapun. Sungai ini berada di bawah laut tepatnya pada sisi barat Pantai Baron dan selain itu airnya cukup jernih dan bersih. Sehingga menjadi tempat favorit para pengunjung.

Selain itu, ada juga mitos yang dipercayai oleh sebagian orang bahwa pertemuan air tawar dan air laut ini konon pasangan yang mengunjungi area ini akan dipersatukan meski dari golongan dan status.

Mercusuar DI Pantai Baron

mercusuar pantai Baron

alaMasEdy.com

Jika anda berkunjung ke Pantai Baron, anda harus mendatangi mercusuar Pantai Baron. Mercusuar ini berada di tebing karang yang menjulang tinggi dan di atsnya terdapat sebuah kompleks mercusuar tanjung baron. Dari sini anda bisa melihat pemandangan lepas Pantai Baron dengan sangat leluasa. Tinggi dari bangunan mercusuar ini adalah sekitar 40 meter dan fungsi utamanya adalah sebagai petunjuk arah untuk membantu kapal ketika melintasi kawasan pantai tersebut. Namun sekarang sudah mulai dibuka untuk umum sebagai tempat wisata di Pantai Baron.

Mercusuar ini terdiri dari 9 lantai yang mana dilengapi tangga spiral pada setiap lantainya. Anda sangat disarankan untuk berhati – hati ketika menaiki tangga tersebut karena rumayan licin. Jika tidak berhati – hati bisa terpeleset dan jatuh.

Selain bisa menikmati pemandangan Pantai, anda juga bisa menikmati hembusan angin sepoi – sepoi yang akan memikat hati anda untuk berlama – lama berada di tempat tersebut.

Fasilitas di Pantai Baron

fasilitas pantai Baron

travelingyuk.com

Pantai dengan air bening menyediakan berbagai fasilitas yang bisa dibilang sangat lengkap sekali. Di tempat tersebut sudah ada toilet umum dan lahan parkir yang sangat luas. Tidak ketinggalan lagi, tempat ini juga terdapat mushola dan balai pertemuan. Selain itu, tidak jauh dari tempat parkir, ada pasar kecil yang menjual berbagai macam masakan olahan laut dan berbagai aksesoris.

Bagi wisatam yang inin bermalam, di sekitar Pantai juga sudah banyak penginapan atau homestay dengan latar pemandangan yang mengagumkan. Selain itu harganya murah terjangkau kok. Pengelolanya juga biasanya menyediakan pemancingan, camping ground dan sebagainya.

Apa saja yang bisa dilakukan di Pantai Baron?

Karena Pnatai Baron sudah sangat lengkap fasilitasnya, maka anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas di tempat ini misalnya saja seperti berikut ini.

a. Menikmati keindahan pantai

apa saja yang bisa dilakukan pantai Baron

bisnisjakarta.co.id

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Jogja namun tidak m,enikmatio keindahan pantainya. Memang jogja dikenal memiliki pantai – pantai yang indah dan bersih. Salah satunya adalah Pantai Baron. Pantai ini memiliki panorama yang kluar biasa cantiknya. Anda bisa menikmati deburan ombak yang tenang dan pasirnya yang kecoklatan. Selain itu, anda juga akan disugguhkan berbagai panorama perbukuitan karang yang menjulang.

b. Wisata kuliner

nadialim.com

Di area pantai, banyak terdapat restauran yang menyajikan berbagai macam masakan laut. Anda bisa menyatapnya sambil menikmati pemandangan pantai. Harganya juga nmurah terjangkau loh.

c. Hunting foto

datawisata.com

Pantai dengan pemandangan keren memang ,menjadi incaran para fotograper. Jika anda mengeluti hobi ini, sebaiknyta datang ke Pantai Baron. Di sini pemandangan sangat foto-able.

d. Camping dan memancing

sebelas.co

Di Pantai dengan sunset kece ini ada banyak spot camping dan memancing yang sangat indah.

Tiket masuk Pantai Baron

Untuk bisa masuk le area Pantai Baron, anda akan cukup membayar uang sebesar Rp. 10.000 rupiah saja untuk wisatawan dom,estik atau mancanegara. Biaya tersebut sudah termasuk parkir dan perawatan. Jika anda ingin naik ke Mercesuar, anda cukup membayar 5000 saja kepada petugas yang berjaga di area tersebut.

Pokoknya wajib hukumnya untuk berkunjung ke Pantai Baron dan menjadikanya sebagai destinasi wisata saat berlibur ke Yogyakarta.



Leave a Reply