7 Festival Paling Seru di Sulawesi Menarik Wisatawan Mancanegara


prita  October 22, 2021  0 Comment

Indonesia adalah sebuah Negara kepulauan yang sangat kaya akan budaya dan keindahan wisata alam. Budaya di Indonesia yang beragam tentu menjadi daya Tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berlibur di Indonesia. Setiap kawasan tentu memiliki budayanya masing-masing yang cukup menarik, salah satunya adalah Pulau Sulawesi. Pulau cantik ini memang sangat kaya akan ragam budaya yang kerap ditampilkan dalam ragam festival. Tak jarang jika festival-festival tersebut juga menarik perhatian wisatawan lokal dan macanegara untuk datang ke Sulawesi. Nah, bila kamu suka berwisata budaya dan ingin mengenal lebih jauh seputar budaya di Sulawesi, kamu bisa datang ke Festival Paling Seru di Sulawesi

1. Festival Pesona Bunaken

Festival Pesona Bunaken
redaksisulut.com

Festival di Sulawesi yang pertama adalah Festival Pesona Bunaken. Taman Nasional Bunaken memang menjadi salah satu tempat wisata di Pulau Sulawesi yang cukup banyak menarik perhatian wisatawan, tak hanya wisatawan lokal tapi juga wisatawan mancanegara.

Festival Pesona Bunaken ini diselenggarakan untuk melestarikan sumber daya alam bawah laut juga seni budaya di kawasan Bunaken ini. Tak hanya itu, festival ini juga bisa meningkatkan kunjungan wisatawan ke Bunaken. Festival ini di meriahkan dengan ragam sajian budaya dan berbagai atraksi, mulai dari lomba karnaval mudaya, lomba kesenian daerah hingga lomba perahu hias. Tak hanya bisa menikmati festival, wisatawan juga bisa menikmati indahnya alam bawah laut Bunaken.

Kuah Kental Coto May Tora Bikin Ngiler

Berteduh Dan Menikmati Semilir Angin Di Pantai Jodoh Buton Selatan

Baca juga :  Spektakuler dan Meriah, Nih 10 Festival Musim Panas di Dunia

2. Festival Pesona Selat Lembeh

Festival  di Sulawesi
foto.kompas.com

Festival di Sulawesi yang tak boleh untuk dilewatkan selanjutnya adalah Festival Pesona Selat Lembeh. Festival ini juga tak kalah menarik untuk dikunjungi karena dimeriahkan dengan ragam aktivitas dan berbagai perlombaan, mulai dari lomba kapal hias hingga lari 10 kilometer.

Tak hanya dimeriahkan dengan berbagai perlombaan, Festival Pesona Selat Lembeh juga dimeriahkan dengan penanaman koral, atraksi Jet Ski dan pentas seni budaya. Biasanya pada puncak acaranya dimeriahkan dengan sailing pass yang diikuti oleh ratusan perahu. Selain itu, kamu yang suka kulineran, kamu juga bisa mencicipi sashimi tuna khas Bitung, yaitu olahan ikan tuna mentah yang telah dipotong tipis kemudian dicelupkan dalam bumbu kecap yang diberi daun serai. Kuliner lain yang banyak ditemukan saat festival ini adalah Pisang Goroho rebus atau singkong goreng khas Sulawesi Utara.

Di kawasan sekitar lokasi festival ini wisatawan juga bisa mengunjungi ekowisata Pasir Panjang Pantai Kahona dan Hutan Mangrove Pintu Kota. Kalau kamu menyukai diving, disini kamu bisa menyelam di beberapa titik selam untuk menikmati koral yang indah. Saat sore hari, Selat Lembeh ini juga menjadi spot favorit untuk menikmati indahnya matahari terbenam.

3. Festival Manado Fiesta

Festival Paling Seru di Sulawesi
mediaindonesia.com

Festival Manado Fiesta juga menjadi salah satu festival di Sulawesi yang paling ditunggu tak hanya oleh masyarakat setempat, tapi juga wisatawan. Manado memang terkenal sebagai salah satu kota di Indonesia yang sangat tinggi toleransi karena ragam suku, agama dan budaya yang hidup berdampingan. Nah, Festival Manado Fiesta ini sebagai bentuk toleransi kota Manado yang tetap menjaga kerukunan yang ada.

Festival Manado Fiesta ini diisi dengan ragam kegiatan, mulai dari pameran pariwisata, perdagangan, investasi, produk UMKM, pameran lukisan, pameran taman hias, workshop, talkshow, lomba melukis anak dan pentas seni. Sebagai acara penutup festival biasanya diadakan thanksgiving atau ucapan syukur yang dirayakan di seluruh penjuru kota.

Baca juga :  Nekad, 7 Traveller Buktikan Travelling Dengan Sepeda Bisa Keliling Dunia

4. Festival Teluk Tomini

Festival Teluk Tomini
sibukliburan.id

Festival di Sulawesi yang satu ini juga tak kalah menarik untuk dikunjungi, yaitu Festival Teluk Tomini. Festival ini masuk dalam kategori wisata bahari dan budaya yang memiliki banyak aktivitas seru dan menyenangkan.

Saat festival berlangsung, wisatawan tak hanya bisa bersantai sambil menikmati keindahan pantai, namun wisatawan juga bisa melakukan diving, snorkeling, memancing bahkan surfing di pantai-pantai tertentu. Tingginya antusias masyarakat setempat dan wisatawan pada Festival Teluk Tomini ini akhirnya pemerintah setempat menjadikannya sebagai acara tahunan. Di tahun 2015, eksistensi festival ini semakin mendunia dan menjadi kegiatan berskala internasional yang dikenal dengan nama Sail Tomini.

5. Festival Pinisi

Festival Pinisi
beritagar.id

Pernah mendengar soal Kapal Pinisi? Kapal Pinisi merupakan sebuah kapal tradisional Bugis yang telah mendunia. Jika kamu tertarik untuk melihat kapal ini secara langsung, kamu bisa datang ke Festival Pinisi yang juga menjadi salah satu festival di Sulawesi yang paling dinantikan.

Festival Pinisi merupakan festival tahunan yang digelar untuk memperkenalkan Kapal Pinisi ke mata dunia karena melalui festival ini pengunjung yang datang bisa melihat secara langsung proses pembuatan kapal, keahlian hingga ragam upacara adat dan ritual yang menyertai proses pembuatan dan peluncurannya.

Tak hanya itu, pengunjung juga akan disuguhi dengan ragam kegiatan dan atraksi seru yang pastinya sayang sekali untuk dilewatkan. Seperti pementasan cerita dan legenda masyarakat, pertunjukan tarian Pabbitte Passapu hingga ritual adat yang dilakukan sebelum pembuatan kapal pinisi dan ritual adat yang dilakukan saat melepas kapal pinisi. Ditambah lagi, wisatawan yang datang akan disuguhi dengan indahnya pemandangan Tanjung Bira yang memang menjadi primadona Provinsi Sulawesi Selatan.

6. Tomohon International Flower Festival

Tomohon International Flower Festival
authentic-indonesia.com

Tomohon International Flower Festival juga menjadi salah satu festival di Sulawesi yang cukup populer. Pada festival ini biasanya diadakan parade bunga dan menampilkan kendaraan hias yang didekorasi menggunakan ragam bunga khas Tomohon dan sekitarnya.

Baca juga :  10 Tradisi Ramadhan di Maroko Yang Beragam dan Unik

Bunga-bunga tersebut biasanya dihias dan ditampilkan dalam berbagai bentuk sesuai dengan karakteristik masing-masing peserta. Kendaraan yang telah dihias tersebut kemudian akan dinilai oleh juri yang kompeten dalam bidang florikultura. Berkat keindahan parade bunga inilah yang membuat Tomohon International Flower Festival ini sangat menarik perhatian wisatawan lokal hingga mancanegara.

7. Toraja International Festival

Toraja International Festival
genpi.co

Festival di Sulawesi yang terakhir adalah Toraja International Festival. Festival yang dihelat di Rantepao ini juga menjadi salah satu festival di Sulawesi yang cukup populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Toraja International Festival ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memperkenalkan Toraja kepada dunia. Seperti yang kita ketahui, Tana Roraja memang terkenal memiliki ragam budaya yang menarik dan unik. Pemilihan tempat untuk menyelenggarakan festival ini pun bukan tanpa alasan, kawasan di sekitar Rantepao dikenal memiliki segudang wisata yang menawan, salah satunya adalah Ke’te Kesu yang merupakan desa yang kental dengan adat istiadatnya.

Toraja International Festival ini biasanya berlangsung selama 3 hari dan dimeriahkan dengan serangkaian acara yang menarik, mulai dari pengenalan budaya tradisional Toraja hingga Toraja World Music Camp and Festival yang merupakan pergelaran music dengan menampilkan banyak musisi dari berbagai Negara, termasuk musisi Indonesia.

Nah, itu dia 7 festival di Sulawesi yang bisa kamu nikmati saat berlibur ke Sulawesi. Jangan lupa dicatat ya. Selamat berlibur!



Leave a Reply