Pecinta Anggur, Yuk Kunjungi 10 Festival Wine Internasional di Dunia


prita  December 13, 2021  0 Comment

Hai Pecinta Anggur, pernahkah kamu berkeinginan untuk menghadiri salah satu festival wine Internasional paling meriah di dunia dan bertemu dengan penggemar anggur lainnya? Di dunia ini banyak sekali festival anggur yang diselenggarakan setiap musim panen dimana pada saat festival ini berlangsung, pengunjung akan dimanjakan dengan ragam pertunjukan seru dan pastinya ragam anggur nikmat. Nah, buat kamu yang ingin menghadiri festival anggur, Berikut ini adalah daftar Festival wine internasional yang paling meriah di dunia

1. The Fetes des Vendanges, Perancis

The Fetes des Vendanges
fete-des-vendanges.ch

Wine festival pertama yang wajib untuk kamu kunjungi adalah The Fetes des Vendanges atau yang juga dikenal dengan nama Grape Harvest Festival. Festival anggur yang diselenggarakan di kota Paris, Perancis ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1934 dan selalu menarik perhatian banyak orang.

Perayaan ini untuk menandai musim panen di Vignes du Clos Montmartre, yaitu sebuah kebun anggur kecil di kawasan Montmarte. Kebun anggur ini mampu menghasilkan hingga 1.500 botol Gamay dan Pinot Noir setiap tahunnya yang mana sebagian besar dijual sebagai barang kolektor atau dilelang untuk badan amal setempat. Selama perayaan, ribuan pengunjung akan memenuhi jalanan Montmartre untuk melihat pameran, parade, mencicipi anggur, berbelanja di pasar pengrajin hingga menonton konser.

Gotravelly

Pencinta bakso di Kota Surabaya wajib banget nih cobain Bakso Pak Djo yang rasanya wenak poll!

Rukopi, Tempat Nongkrong Nyaman Dengan Sajian Kopi Nikmat

Baca juga :  9 Tradisi Lebaran di Eropa, Tukar Hadiah Hingga Dirumah Saja!

2. Vinitaly, Italia

Vinitaly
vinitaly.com

Selain Perancis, Italia juga menjadi tempat diselenggarakannya salah satu wine festival yang cukup terkenal, yaitu Vinitaly. Vinitaly ini diselenggarakan di kota Verona, Italia pada setiap bulan April setiap tahunnya.

Vinitaly telah berjalan sejak tahun 1967 dan menampilkan sejumlah kelas master, kompetisi dan pameran yang menarik untuk dikunjungi. Disini kamu tak hanya bisa mencicipi dan membeli anggur, namun kamu juga bisa merasakan budaya dan pengalaman dengan penduduk lokal saat menikmati wine.

3. La Batalla Del Vino, Spanyol

La Batalla Del Vino
lariojasinbarreras.org

Masih di Benua Eropa, wine festival yang bisa kamu kunjungi selanjutnya adalah La Batalla Del Vino yang diselenggarakan di kota Rioja, Spanyol. Kota ini memang terkenal sebagai penghasil anggur yang nikmat dan banyak digemari.

La Batalla Del Vino diselenggarakan di jantung kota Rioja dan menjadi festoval anggur yang cocok jika kamu menyukai anggur Rioja ini. Secara harfiah, La Batalla Del Vino memiliki arti pertempuran anggur. Disebut demikian karena pengunjung bisa mengonsumsi anggur dalam berbagai cara, bahkan ada yang meminumnya menggunakan pistol air. Saat festival ini berlangsung, kamu akan melihat truk yang dipenuhi anggur berbaris di jalanan dan siap untuk dinikmati oleh semua pengunjung.

4. Sulafest, India

Sulafest India
themusicessentials.com

Wine festival yang patut untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Sulafest. Sulafest merupakan sebuah festival anggur dan pesta musik yang dihelat di kota Nashik, India.

Festival yang telah berusia lebih dari satu dekade ini dikenal sebagai salah satu festival anggur paling meriah di dunia. Festival ini diselenggarakan di pusat kebun anggur yang rimbun dan kamu bisa menikmati indahnya pemandangan disana. Tak hanya itu, saat menghadiri festival ini kamu juga bisa mencicipi anggur yang nikmat sambil mendengar alunan musik dari musisi berbakat yang berasal dari berbagai Negara.

Baca juga :  Sekali Seumur Hidup,Saksikan 10 Festival Paling Meriah di Dunia

5. International Pinot Noir Celebration, Amerika Serikat

International Pinot Noir Celebration Amerika Serikat
forbes.com

Amerika Serikat juga memiliki salah satu wine festival yang menarik untuk dikunjungi, yaitu International Pinot Noir Celebration. Festival ini diadakan di McMinnville, Oregon yang terkenal dangat indah.

Festival anggur ini diadakan setiap akhir pekan di bulan Juli dan menampilkan banyak anggur merah yang cukup populer di kawasan ini. Tak hanya itu, di festival ini juga menghadirkan lebih dari 70 kilang anggur dari seluruh dunia. Saat menghadiri festival ini, kamu bisa mencicipi anggur, mengikuti seminar, tur keliling kebun anggur hingga melihat salmon liar yang dipanggang diatas api besar.

6. Napa Valley Harvest, Amerika Serikat

Napa Valley Harvest Amerika Serikat
napavalleyregister.com

Masih di Amerika Serikat, tepatnya di kawasan California Utara yaitu di Lembah Napa, kamu bisa menemukan salah satu wine festival yang cukup terkenal di dunia, yaitu Napa Valley Harvest.

Festival ini berlangsung saat musim panen di Lembah Napa dan diselenggarakan serangkaian acara meriah di seluruh kawasan tersebut. Kamu bisa mengunjungi salah satu kilang anggur dari banyaknya kilang anggur yang berada di Lembah Napa. Selama musim panen tersebut, pengunjung bisa melihat proses pembuatan anggur, tur berkeliling perkebunan anggur hingga mencicipi nikmatnya anggur yang ada disana. Bahkan kamu bisa merasakan pengalaman memeras dan menginjak anggur matang untuk menjadikannya jus yang siap di fermentasi menjadi wine.

7. Toast Martinborough, Selandia Baru

 Toast Martinborough Selandia Baru
toastmartinborough.co.nz

Kalau kamu ingin menghadiri salah satu wine festival internasional yang agak sedikit unik, kamu bisa mencoba datang ke Toast Martinborough yang diselenggarakan di Selandia Baru. Festival ini berlangsung pada setiap hari Minggu ketiga pada bulan November di Desa Martinborough yang berada sekitar 90 menit dari ibukota Selandia Baru, Wellington.

Festival ini mengundang pengunjung untuk berjalan atau mengendarai bus dengan gratis untuk menyusuri delapan sampai sepuluh kebun anggur dan kilang anggur di seluruh kota. Tentunya di setiap perhentian kamu bisa mencicipi anggur mereka, aneka makanan ringan dari food truck setempat juga live music yang menjadi hiburannya.

Baca juga :  10 Tradisi Unik Lebaran Di Sumatera Yang Disambut Riang Gembira

8. Melbourne Food & Wine Festival, Australia

Melbourne Food & Wine Festival Australia
melbournefoodandwine.com.au

Wine festival yang satu ini bisa kamu kunjungi di kota Melbourne, Australia. Melbourne Food & Wine Festival ini tak hanya diselenggarakan di kota Melbourne saja, melainkan di seluruh Negara bagian Victoria.

Festival yang berlangsung pada pertengahan Maret ini berfokus pada kegiatan gastronomi, termasuk makan siang, piknik pembuatan anggur, membuat kerajinan tangan lokal dan masih banyak lagi kegiatan seru lainnya pada festival ini. Melbourne Food & Wine Festival ini menjadi salah satu festival anggur paling meriah di dunia yang menarik banyak perhatian wisatawan dari berbagai negara.

9. Niagara Ice Wine Festival, Kanada

Niagara Ice Wine Festival Kanada
westjetmagazine.com

Jika kamu ingin menikmati wine festival saat musim dingin, baiknya kamu berkunjung ke Kanada untuk menghadiri Niagara Ice Wine Festival. Festival yang dihelat di Ontario setiap bulan Januari ini bertujuan untuk menghormati musim panen anggur pada musim dingin.

Niagara Ice Wine Festival ini diselenggarakan selama tiga minggu dimana pengunjung bisa langsung mencicipi anggur dan menikmati acara lainnya yang meriah, seperti festival jalanan dan Festival Gala yang elegan. Sama halnya dengan festival anggur lainnya, disini kamu juga bisa berkunjung ke puluhan kebun anggur lokal yang telah memproduksi anggur dalam skala besar, seperti Jackson Triggs dan Peller Estates.

10. Okanagan Wine Festivals, Kanada

Wine Festival Terkenal di Dunia
summerlandresorthotel.com

Wine festival menarik yang terakhir adalah Okanagan Wine Festival yang juga diselenggarakan di Kanada. Festival ini dikenal dengan nama Okanaga Wine Festivals karena lokasinya berada di Lembah Okanagan, British Columbia.

Lembah Okanagan ini merupakan rumah bagi lebih dari 200 kebun anggur. Festival yang berlangsung pada awal Oktober ini merupakan festival anggur terbesar di kawasan tersebut karena bertepatan dengan puncak musim panen. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan saat festival ini berlangsung, seperti mencicipi anggur, seminar pendidikan, kompetisi kuliner hingga pesta menginjak anggur.



Leave a Reply