10 Festival Unik Paling Menyeramkan di Dunia, Berani datang?


prita  April 14, 2021  0 Comment

Setiap Negara di dunia memang selalu memiliki perayaan menarik atau Festival Menyeramkan di Dunia dan sarat akan makna. Biasanya, perayaan tersebut digelar karena pengaruh oleh suatu kepercayaan masyarakat setempat sehingga menjadi budaya yang turun-temurun dilestarikan. Meskipun begitu, ternyata tidak semua festival menandakan sebuah perayaan yang menyenangkan, lho. Ternyata ada juga sejumlah Negara di dunia ini yang menghelat festival unik namun sangat menyeramkan sehingga mungkin kamu akan berpikir dua kali untuk melihatnya secara langsung. Nah, buat kamu yang penasaran dan ingin menghadiri langsung festival tersebut, berikut ini adalah 10 festival unik paling menyeramkan di dunia yang bisa membuatmu merinding. Berani datang?

1. Kukeri Festival, Bulgaria

Kukeri Festival
treehugger.com

Festival unik paling menyeramkan di dunia yang pertama adalah Kukeri Festival. Kukeri merupakan festival tarian tradisional Bulgaria yang bertujuan untuk menakut-nakuti roh jahat.

Kukeri Festival ini berlangsung di Kota Pernik, Bulgaria pada akhir bulan Januari setiap tahunnya. Saat itu, kamu bisa melihat ribuan orang berkumpul dari seluruh Bulgaria yang mengenakan kostum menyeramkan. Mereka banyak yang menggunakan kostum kulit hewan yang terlihat menyeramkan di sepanjang jalanan kota.

Review wisata

Nekat! Uji Nyali Di Museum Santet

Merinding Disco Di Museum Kematian

2. Nag Panchami, India

Nag Panchami
dnaindia.com

Nag Panchami menjadi salah satu festival unik paling menyeramkan di dunia yang tak boleh kamu lewatkan. Festival yang digelar di India ini biasanya diselenggarakan setiap bulan Shravan, sekitar bulan Juli sampai Agustus.

Baca juga :  10 Fakta Unik Tentang Desa Pampang di Kalimantan

Nag Panchami adalah sebuah festival yang melibatkan doa dan persembahan kepada Dewa Ular, yang mana menurut merea kan melindungi mereka dari gigitan ular beracun. Bagi banyak orang, Ular memang dianggap sebagai binatang berbahaya atau sebagai pertanda kejahatan, namun tidak bagi Umat Hindu yang menyembah ular selama festival Nag Panchami berlangsung.

3. Vegetarian Festival, Thailand

Vegetarian Festival
thavornbeachvillage.com

Festival unik paling menyeramkan di dunia selanjutnya adalah Vegetarian Festival. Eits, kamu jangan tertipu dengan namanya ya, pasalnya festival ini bukanlah festival makanan atau sayuran.

Vegetarian Festival ini merupakan sebuah festival yang mengerikan dimana ada darah kental berceceran dan ritual mutilasi diri. Festival yang dirayakan di Phuket, Thailand ini biasanya berlangsung selama 9 hari dan dimulai pada malam bulan kesembilan. Festival ini dimulai dengan melihat umat Tao yang masuk kemudian berjalan diatas batu bara panas, memotong tubuh mereka dengan pedang dan menusuk diri mereka sendiri dengan paku. Menyeramkan sekali, kan?

4. Festival of Devils and Congos, Panama

Festival of Devils and Congos
fulbrightpanama.wordpress.com

Panama juga memiliki sebuah festival unik paling menyeramkan di dunia yang wajib untuk kamu kunjungi, yang dikenal dengan nama Festival of Devils and Congos.

Festival ini berlangsung setiap dua tahun sekali di Desa Portobelo, di Pantai Karibia, Panama. Festival of Devils and Congos ini mengingatkan bangsa Afrika yang sempat dijadikan budak. Sementara itu, Congos melambangkan leluhur dari penduduk desa yang memberontak terhadap tuan mereka, melarikan diri dari perbudakan dan membentuk komunitas mereka sendiri. Saat festival ini berlangsung, banyak penduduk yang mengenakan kostum seram yang merepresentasikan penjajah.

5. Los Agüizotes, Nikaragua

 Los Agüizotes
elnuevodiario.com.ni

Los Agüizotes adalah salah satu festival unik paling menyeramkan di dunia yang berasal dari Nikaragua. Festival ini menampilkan sederet monster yang menari dan menjadi salah satu dari banyak festival tradisional di Nikaragua.

Baca juga :  Kunjungi 10 Festival Musim Dingin Di Dunia

Los Agüizotes biasa diselenggarakan di kota Masaya, yang mana festival ini menyatukan berbagai mitos pribumi dan Spanyol. Semua orang yang mengikuti festival ini mengenakan kostum hantu yang merepresentasikan mitos di kota tersebut. Mulai dari hantu tanpa kepala hingga hantu wanita menangis. Festival ini biasa dihelat pada Jumat terakhir bulan Oktober dan menjadi bagian dari perayaan yang didedikasikan untuk Saint Jerome.

6. The Busójárás, Hungaria

The Busójárás
keepcruisingworld.com

The Busójárás juga masuk dalam daftar festival unik paling menyeramkan di dunia yang tak boleh untuk dilewatkan. Festival ini menjadi salah satu budaya Hungaria yang masih tetap dijaga sampai saat ini dan dirayakan setiap tahunnya di kota Mohács.

The Busójárás merupakan sebuah festival untuk memperingati tentara Ottoman yang diusir dari Hungaria. Selama festival berlangsung, warga setempat mengenakan topeng dan kostum yang menyeramkan.

7. Holy Week, Spanyol

Holy Week
thedailybeast.com

Festival unik paling menyeramkan di dunia selanjutnya adalah Holy Week di Spanyol. Perayaan ini diselenggarakan di kota Zamora pada setiap bulan Maret atau April setiap tahunnya.

Festival Holy Week ini menampilkan prosesi yang tidak menyenangkan melalui kegelapan oleh orang-orang yang dianggap berdosa. Mereka akan mengenakan jubah putih dan topi kerucut seperti hantu untuk menutupi identitas mereka juga melambangkan penghinaan mereka. Festival ini ditujukan sebagai pertobatan mereka tanpa diketahui identitas mereka.

8. Krampusnacht, Austria

Krampusnacht
istandist.com

Festival unik paling menyeramkan di dunia berikut ini berlangsung di Austria dan mampu menyulap keajaiban Natal menjadi sedikit mengerikan. Krampusnacht atau Krampus Night, biasanya diselenggarakan pada tanggal 5 Desember setiap tahunnya dan tak hanya di Austria saja, melainkan di Negara-negara Eropa tengah lainnya juga turut merayakannya.

Festival ini diramaikan dengan gerombolan makhluk dengan kostum manusia setengah kambing setan yang terlihat menyeramkan yang dikenal dengan nama Krampus. Krampus adalah bayangan Saint Nicholas, yaitu monster yang bertanduk dan berbulu yang menghukum anak-anak nakal dengan hadiah batu bara yang remuk. Tentunya bagi anak-anak kecil, hari tersebut menjadi salah satu hari yang cukup mengerikan.

Baca juga :  Liburan Musim Dingin Ke Jepang? Saksikan 10 Festival Menarik Berikut

9. Wave-Gotik-Treffen, Jerman

Wave-Gotik-Treffen
haz.de

Jerman juga memiliki sebuah festival unik paling menyeramkan di dunia yang dikenal dengan nama Wave-Gotik-Treffen. Festival ini digelar di Kota Leipzig dan dikenal sebagai festival menyeramkan yang aneh dan gelap.

Wave-Gotik-Treffen merupakan sebuah festival tahunan di Jerman yang digelar setiap pertengahan tahun dan menampilkan beberapa seni dan music terbaik di dunia. Festival ini serba dark, mulai dari penampilan music hingga kostum yang digunakan. Meskipun begitu, Wave-Gotk-Treffen ini menarik hingga belaan ribu penonton setiap tahunnya.

10. Hungry Ghost Festival, Tiongkok

Festival Paling menyeramkan di dunia
reddit.com

Festival unik paling menyeramkan di dunia yang terakhir adalah Hungry Ghost Festival yang berlangsung di Tiongkok. Hungry Ghost Festival ini biasa diselenggarakan pada hari ke-15 bulan ketujuh dalam kalender Tionghoa, yang mana pada bulan tersebut dipercaya gerbang ke dunia bawah dibuka dan menjadi waktu yang tepat untuk melepasnya banyak Hungry Ghost bersamaan dengan roh para leluhur yang dihormati ke alam lain.

Pada festival ini, para Tao dan umat Buddha biasanya menenangkan para roh dengan meninggalkan makanan untuk para hantu yang lapar dan mereka juga akan membakar kertas, dupa hingga patung-patung dewa raksasa.

Itulah tadi 10 festival unik paling menyeramkan di dunia yang layak untuk kamu tonton saat berlibur kesana. Jadi, apakah kamu berani untuk menontonnya?



Leave a Reply