Berteduh dan Menikmati Semilir Angin di Pantai Jodoh Buton Selatan

pantai jodoh buton selatan

pribadiganda | Tourist
Buton, Sulawesi Tenggara, Indonesia | Beach Exploring
04 May 2020


Berteduh dan Menikmati Semilir Angin di Pantai Jodoh Buton Selatan
Tidak hanya dari namanya yang romantis, jejeran pepohonan dan semilir anginnya membuat Pantai Jodoh sangat pas jadi tempat wisata bareng pasangan maupun keluarga.

How to Get There

Nama Pantai Jodoh cukup terkenal bagi masyarakat kepulauan Buton. Ini mungkin disebabkan dari namanya yang unik dan panorama pantainya yang sangat mengesankan. Apalagi bila mengunjungi pantai ini bersama pasangan atau keluarga.

Pantai Jodoh adalah salah satu wisata pantai andalan di Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara. Berlokasi di Kampung Jodoh, Desa Bola, Kecamatan Batauga, pantai ini dapat ditempuh mudah dari Kota Baubau sekitar 45 menit.

pantai jodoh buton selatan
pantai jodoh buton selatan
pantai jodoh buton selatan
Kebanyakan yang datang berkunjung di sini adalah masyarakat dari Kota Baubau. Jaraknya yang hanya 30 kilometer tentu tidak sebanding dengan kesan pengalaman yang didapat saat berwisata di sini. Hamparan pasir putih dan jernihnya air laut membuat siapa saja dapat betah berlama-lama disini.


Alasan utama dari balik nama Pantai Jodoh tidak lain hanya karena memang lokasinya di Kampung Jodoh. Namun sebagian besar orang yang pernah berkunjung di sini, menilai kalau namanya itu memang pas untuk menambah pengelaman manis dengan pasangan. Sehingga semakin berjodoh.

What to Do

Luas area pantai sebenarnya tidak cukup luas. Belum lagi tidak ada papan penanda nama pantai yang dipasang di pinggir jalan untuk memudahkan para pengunjung mengaksesnya. Sehingga pantai ini memang masih kalah favorit dibanding beberapa pantai besar yang ada di Kota Baubau.

pantai jodoh buton selatan
Namun yang mengesankan dari pantai ini adalah dari nuansa alami yang ditawarkan. Pohon-pohon yang ditata tumbuh rapi dan saling berjejer membuat atmosfernya tetap sejuk. Pantulan sinar matahari lewat pasir putih dan riak-riak kecil pantai, menjadi kombinasi yang sedap dipandang mata.


pantai jodoh buton selatan
Di ujung sisi selatan pantai, tampak berdiri tebing-tebing yang kokoh. Sebagian orang biasanya ke sini untuk berfoto dengan latar tebing-tebing tersebut. Orang-orang juga mengumpulkan kerang putih pasir untuk dijadikan hiasan atau kenang-kenangan.


pantai jodoh buton selatan
Walau area lokasinya kadang terkesan kotor oleh daun-daun yang gugur berhamburan, namun jarang ditemukan sampah anorganik, seperti botol plastik, kertas, dan lain-lain. Justru daun-daun yang terhambur begitu saja menambah kesan alami suasan pantai.


pantai jodoh buton selatan
pantai jodoh buton selatan
Dekat bibir pantai didirikan beberapa gazebo yang dapat disewa pengunjung untuk berteduh. Toilet umum juga tersedia untuk berganti pakaian, mandi, atau buang air. Selain kedua fasilitas ini, Pantai Jodoh justru tidak menyediakan warung yang menjajakan makanan atau minuman. Katanya, ini adalah cara untuk mengurangi risiko penumpukan sampah di dalam kawasan pantai.


pantai jodoh buton selatan
pantai jodoh buton selatan
pantai jodoh buton selatan
Untuk masuk ke dalam Pantai Jodoh, pengunjung dikenakan biaya retribusi 5 ribu rupiah untuk tiap sepeda motor dan 10 ribu rupiah untuk tiap mobil.

Tips and Trick
  1. Menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan.

  2. Membawa pakaian berganti bila ingin mandi atau berenang di pantai.

  3. Menyediakan bekal yang cukup bila ingin menikmati suasana pantai lebih lama.
  4. pantai jodoh buton selatan

Where to Stay
Belum ada tempat penginapan yang tersedia di dekat lokasi wisata, karena jarak ke kota lebih dekat dan mudah dicapai.
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY