Dominasi Oleh Makanan Laut, Berikut 10 Makanan Khas Natuna


prita  December 1, 2020  0 Comment

Natuna dikenal sebagai salah satu pulau terluar Indonesia dengan berbagai destinasi wisata yang seru. Karena lokasinya yang merupakan kapulauan, tentunya Natuna memiliki sejumlah destinasi wisata pantai yang menakjubkan. Tak hanya itu, perairan Natuna juga dikenal sangat kaya akan hasil laut yang melimpah. Hasil laut tersebut tentunya diolah dan dijadikan sajian yang lezat dan menjadi buruan banyak wisatawan. Nah, jika kamu berencana untuk berlibur ke Natuna, tentu belum sah jika kamu belum mencicipi makanan khas Natuna tersebut.

Sajian khas Natuna memang di dominasi oleh makanan laut. Tak hanya itu, beberapa sajian khas Natuna telah melegenda dan telah resepnya telah diturunkan dari generasi ke generasi. Bahkan beberapa kuliner khas Natuna juga terpengaruh dari budaya Melayu. Apa saja sajian yang wajib kamu coba? Berikut adalah daftar Makanan Khas Natuna dengan rasa menggoda lidah

1. Kernas

kernas
ayokenatuna.com

Makanan khas Natuna yang pertama wajib kamu coba adalah Kernas. Kernas atau yang seringkali disebut sebagai Kasam ini merupakan sejenis nugget yang dibuat dari ikan tuna atau ikan tongkol segar buah dari tangkapan nelayan setempat.

Ikan tersebut kemudian dihaluskan dengan campuran bahan khusus, seperti sagu butir. Kernas ini memiliki bentuk berkeping-keping dengan buliran sagu di dalamnya dan sangat nikmat bisa disajikan masih dalam keadaan hangat. Sajian ini memiliki cita rasa gurih dan lezat, biasanya disajikan sebagai makanan ringan yang dicocol dengan saus pedas.

Gotravelly

Ikan Bakar Sulawesi, Kuliner Khas Sulawesi Dan Seafood Wajib Coba Di Salatiga

Principle Bali, Rekomenadasi Restoran Western Food Di Seminyak, Bali

2. Nasi Dagang

nasi dagang
budaya-indonesia.org

Nasi Dagang atau yang biasa dikenal dengan Nasi Dagong sebenarnya merupakan sajian khas Melayu, namun kamu bisa menemukannya di Natuna tanpa perlu jauh-jauh ke Malaysia.

Nasi Dagang ini memiliki tampilan seperti Nasi Uduk dengan rasa yang nikmat plus berbagai macam lauk yang komplit. Sajian lezat ini tentu bisa kamu jadikan pilihan menu untuk sarapan atau makan siang saat berlibur di Natuna.

3. Tabel Mando

Tabel Mando
ayokenatuna.com

Jika Kernas dijuluki sebagai Nugget khas Natuna, maka Tabel Mando mendapat julukan sebagai Pizza khas Natuna. Tabel Mando merupakan makanan khas Natuna yang berbentuk bundar dan tipis, sangat mirip dengan pizza dari Italia.

Makanan ini terbuat dari beberapa jenis makanan laut yang masih segar dan sagu bulir. Ikan yang digunakan pun beragam, mulai dari ikan tongkol, ikan tuna bahkan hingga gurita dan kepiting. Olahan seafood tersebut dipadukan dengan bahan-bahan lainnya seperti berbagai bumbu rempah dan kelapa muda parut. Tabel Mando ini memiliki rasa yang sangat lezat dan menjadi salah satu sajian yang paling digemari di Natuna.

4. Ikan Salai

ikan salai
aboutzura.blogspot.com

Ikan Salai atau yang kita kenal biasanya sebagai Ikan Asap ini juga menjadi salah satu makanan khas Natuna yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Ikan Salai ini tidak dibuat dengan ikan sembarangan, yaitu dengan menggunakan Ikan Tongkol segar.

Proses pengolahannya pun membutuhkan waktu pengasapan sampai dua jam untuk menjadikannya ikan asap yang berkualitas. Ikan Salai ini kerap dijadikan pilihan oleh oleh bagi wisatawan yang datang ke Natuna. Untuk menikmati ikan asap ini akan lebih lezat jika dipadukan dengan sambal calok yang pedas.

5. Calok

Calok
caramembuat123.blogspot.com

Makanan khas Natuna yang satu ini bernama Calok. Calok bukanlah makanan utama, namun sajian ini juga cukup populer dan digemari oleh masyarakat Natuna.

Calok merupakan sebutan masyarakat setempat untuk sambal yang terbuat dari udang kecil. Sambal ini memiliki cita rasa asin dan pedas juga gurih yang sangat nikmat. Biasanya calok disajikan bersamaan dengan ikan asal atau ikan salai. Perpaduan dari ikan salai dengan sambal calok tersebut menciptakan cita rasa yang sangat nikmat di lidah.

6. Latoh Silong

 Latoh Silong
rasio.co

Latoh Silong juga menjadi salah satu makanan khas Natuna yang wajib untuk kamu coba, pasalnya sajian yang satu ini terbilang cukup unik dan mungkin hanya bisa kamu temukan di Natuna.

Latoh Silong mungkin akan terlihat aneh bagi kalian yang belum pernah melihatnya karena disajikan dalam keadaan mentah selayaknya sashimi di Jepang. Karena hal inilah banyak yang menyebut Latoh Silong sebagai Sashiminya Natuna.

Latoh Silong ini berasal dari tumbuhan laut yang bernama Latoh atau anggur laut. Latoh Silong biasa dinikmati dengan sambal sederhana yang terbuat dari cabai hijau untuk menambah kenikmatan. Selain rasanya yang lezat, Latoh Silong juga dipercaya sangat baik untuk kesehatan karena berasal dari tumbuhan alami yang sangat kaya akan manfaat.

7. Bubo Pedies

Bubo Pedies
merahputih.com

Makanan khas Natuna yang satu ini dikenal sebagai kuliner legendaris masyarakat Melayu. Namun, Bubo Pedies ini meurpakan warisan Kesultanan Deli yang telah ada sejak tahun 1909. Penyebarannya pun mencakup beberapa kawasan, mulai dari Medan, Riau, hingga Kalimantan.

Bubo Pedies ini menjadi salah satu makanan yang wajib disajikan pada bulan Ramadhan. Bubo Pedies atau bubur pedas ini tak hanya memiliki rasa yang lezat namun juga bisa sebagai penghangat tubuh. Bubur ini memiliki cita rasa dan aroma yang khas karena terbuat dari rempah-rempah dan beberapa bumbu komplit. Rasanya yang gurih pedas membuat bubur ini sangat pas jika dinikmati saat cuaca sedang dingin atau saat pagi hari.

8. Cikong

cikong
tagar.id

Makanan khas Natuna yang wajib dicoba selanjutnya adalah Cikong. Cikong sebenarnya adalah minuman segar asal Natuna yang sangat populer dan paling banyak penggemarnya.

Cikong dibuat dari berbagai jenis bahan campuran yang nikmat, seperti kacang tanah, kacang hijaum santan, kolang kaling, agar-agar dan sirup. Minuman ini sangat mudah ditemui di banyak warung makan yang ada di kota Ranai dan beberapa kawasan lain di Natuna.

9. Kuah Tige

Kuah Tige
ayokenatuna.com

Kuah Tige atau Kuah Tiga ini merupakan makanan khas Natuna yang telah ada sejak zaman dahulu. Disebut sebagai Kuah Tige karena sajian ini terdiri dari tiga jenis makanan yang digabung dalam satu piring, yaitu Sagu butir, singkong rebus dan parutan kelapa yang kemudian diguyur dengan kuah gulai ikan. Kuah Tige ini memiliki rasa yang sangat segar dan sangat nikmat bila dinikmati saat bersantap siang.

10. Kercak

kercak
disparbud.natunakab.go.id

Makanan khas Natuna yang terakhir adalah Kercak. Kercak ini merupakan gulai ikan atau kuah pindang yang berwarna bening kekuningan.

Pembuatan gulai ikan ini bisa menggunakan ikan jenis apapun yang kemudian dicampur dengan bumbu dan rempah-rempah sehingga aromanya sangat nikmat. Kercak memiliki tampilan yang berbeda dengan gulai ikan karena terdapat sagu butir didalamnya. Sajian yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai sup ikan.

Itulah tadi 10 kuliner khas Natuna yang wajib kamu coba saat berkunjung kesana. Kebanyakan sajian diatas menggunakan bahan dasar ikan dan makanan laut lainnya, untuk itu kamu yang sangat gemar seafood pasti akan sangat cocok dengan sajian khas disana. Selamat mencoba.



Leave a Reply