8+ Taman di Solo, Tujuan Wisata Keluarga


Fida  September 17, 2023  0 Comment

Solo merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang dikenal kaya akan budaya. Kawasan yang satu ini juga memiliki banyak pilihan wisata sehingga tidak heran jika Solo menjadi tujuan favorit wisatawan untuk berlibur. Di Solo, kamu dapat menjumpai banyak pilihan wisata, salah satunya adalah taman atau area terbuka hijau. Kamu dapat bersantai sekaligus menikmati indahnya pemandangan di beberapa pilihan taman di Solo berikut ini. 

Taman di Solo : 

1. Taman Sriwedari Surakarta

taman sriwedari
nativeindonesia.com

Taman Sriwedari Surakarta menjadi salah satu tujuan wisata taman di Solo yang populer dan bisa kamu datangi. Kawasan taman ini juga sekaligus dikenal sebagai destinasi wisata sejarah kota Solo. Dibangun sejak tahun 1899, Taman Sriwedari Surakarta masih terjaga hingga saat ini. Dulunya, taman ini merupakan taman kota dan diubah menjadi kawasan rekreasi pada tahun 1901.

Tidak sedikit wisatawan yang datang dan berkunjung ke Taman Sriwedari Surakarta. Selain dapat menyusuri area taman, pengunjung juga dapat menikmati berbagai pertunjukan di taman ini. Untuk mengunjungi Taman Sriwedari Surakarta, kamu dapat langsung menuju ke Jalan Slamet Riyadi Nomor 275, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta.

2. Taman Balai Kota Solo

taman balai kota
soloraya.solopos.com

Ada banyak pilihan taman di Solo yang populer dan menarik untuk kamu datangi, salah satunya adalah Taman Balai Kota Solo. Taman yang satu ini dikenal menyuguhkan suasana yang nyaman dengan suguhan udara yang sejuk dan segar.

Baca juga :  13 Hidden Gems Solo Terbaik yang Recommended!

Sesuai dengan sebutannya, Taman Balai Kota Solo memiliki lokasi yang strategis dan mudah dikunjungi. Oleh karena itu, tidak jarang tempat ini dipilih sebagai tujuan berlibur bagi wisatawan yang datang dari berbagai daerah.

Sore hari menjadi waktu terbaik untuk datang dan menyusuri kawasan Taman Balai Kota Solo. Tidak jarang juga taman ini dipilih sebagai lokasi untuk diadakannya acara budaya. Datang dan menghabiskan waktu bersama keluarga di tempat wisata ini tentu menjadi pilihan terbaik yang bisa kamu coba saat berada di Solo.

3. Taman Tirtonadi

taman tirtinadi
travel.kompas.com

Taman Tirtonadi juga menjadi salah satu wisata di Solo yang ikonik. Taman yang satu ini telah diresmikan sejak tahun 2019. Sesuai dengan sebutannya, Taman Tirtonadi memiliki lokasi tepat berada di depan Terminal Bus Tirtonadi. Oleh karena itu, tidak heran jika biasanya taman ini dikunjungi oleh penumpang bus yang ingin sejenak beristirahat.

Salah satu hal yang menjadi daya tarik dari taman ini adalah adanya jembatan yang melintang di atas sungai. Uniknya, jembatan ikonik ini buat dengan material kaca. Atap jembatan juga dibuat sangat estetik sehingga banyak dimanfaatkan pengunjung untuk berfoto. Selain cocok dikunjungi untuk menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga, taman ini juga menarik kamu datangi sebagai tempat nongkrong bersama teman. 

4. Taman Cerdas Kelurahan Jebres

taman cerdas
posjateng.id

Pernahkah kamu mendengar sebutan wisata Taman Cerdas? Taman Cerdas kelurahan Jebres menjadi salah satu tujuan wisata menarik yang dapat kamu datangi saat berada di Solo. Taman yang satu ini memiliki lokasi strategis dan berdekatan dengan kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. 

Menjadi tujuan favorit wisatawan saat berlibur, taman ini dikenal menyuguhkan fasilitas yang lengkap dan menyenangkan pengunjung. Beberapa fasilitas yang ditawarkan diantaranya adanya perpustakaan, gazebo, ruang bermain anak, ruang IT, ruang teater terbuka, ruang gamelan, dan masih banyak lagi.

Baca juga :  8 Wisata Kuliner Solo Ini Bikin Rela Antri Rekomended

Berbagai fasilitas yang ditawarkan tentunya dapat diakses dan dinikmati gratis bagi pengunjung. Taman dengan luas sekitar 3,5 hektar ini juga menyediakan ikon khas yakni adanya relief tokoh proklamator Indonesia Soekarno-Hatta dan Bapak Pendidikan yakni Ki Hajar Dewantara. Saat berada di Solo, taman ini wajib menjadi tujuan berlibur bersama teman maupun keluarga.

5. Taman Ngesus Punggawan

taman ngesus punggawan
youtube.com

Tidak perlu bingung menentukan tujuan saat ingin datang ke salah satu wisata di Solo, kamu dapat mengunjungi Taman Ngesus Punggawan. Taman yang satu ini memiliki lokasi yang strategis dan berada di tengah kota Solo. Areanya yang bersih tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Pengunjung yang datang akan disambut dengan udara yang sejuk dan segar. Selain itu, ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas serta permainan yang dikhususkan bagi anak-anak. Taman Ngesus Punggawan cocok dipilih sebagai tujuan berlibur atau bersantai bersama keluarga. Untuk mengunjunginya, kamu dapat langsung menuju ke jalan Gajahmada, Punggawan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta.

6. Taman Sekartaji

taman sekartaji
travel.tribunnews.com

Taman Sekartaji menjadi salah satu dari banyaknya wisata di Solo yang populer dan menarik untuk kamu datangi. Taman yang satu ini berlokasi di Jalan Tentara Pelajar Nomor 77, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta. Pengunjung tidak akan bosan karena Taman Sekartaji menyuguhkan pemandangan indah serta suasana sejuk dan segar. Taman yang satu ini dikelola oleh pemerintah Kota Solo sehingga tidak heran jika tampak sangat terawat. 

Di taman ini, kamu dapat bersantai, berfoto, hingga berolahraga. Tersedia banyak spot favorit pengunjung di taman ini. Menghabiskan waktu berlibur bersama teman maupun keluarga tentu menjadi pilihan terbaik yang bisa kamu coba.

7. Taman di Solo : Taman Kota Kerten

taman kota kerten
timlo.net

Pernah mendengar sebutan Taman Kota Kerten? Taman Kota Kerten merupakan salah satu wisata di Solo yang populer dan sayang untuk kamu lewatkan. Taman yang satu ini terletak di Jalan Slamet Riyadi, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta. Wisata yang satu ini sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang ingin merasakan udara sejuk pemandangan yang asri dan alami.

Baca juga :  Inilah 9 Wisata di Bintan yang Wajib Dikunjungi

8. Taman di Solo : Taman Sunan Jogo Kali

taman sunan jogo kali
travel.kompas.com

Taman Sunan Jogo Kali juga menjadi rekomendasi wisata yang menarik kamu datangi. Taman yang satu ini menjadi pilhan tepat bagi kamu yang ingin berlibur bersama teman maupun keluarga. Untuk mengunjunginya, kamu dapat menuju ke kawasan Pucangsawit, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta. 

9. Taman di Solo : Taman Jayawijaya Mojosongo

taman jayawijaya mojosongo
solo.tribunnews.com

Satu lagi rekomendasi wisata di Solo yang tidak boleh kamu lewat kan yakni Taman Jayawijaya Mojosongo. Taman yang satu  ini terbilang sangat populer baik di kalangan masyarakat lokal maupun wisatawan. Tidak hanya dimanjakan dengan area yang luas, kamu juga dapat menjumpai berbagai jajanan lezat di sekitar taman.

Menghabiskan waktu berlibur bersama teman maupun keluarga di taman ini tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. Taman Jayawijaya Mojosongo dapat kamu datangi di jalan Jayawijaya Nomor 75, Mojosongo, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta.

source : https://www.youtube.com/@INSERTofficialTTV

Nah, itulah daftar rekomendasi taman indah di Solo yang populer dan wajib kamu datangi. Dari rekomendasi di atas, taman manakah yang tampak paling asri dan ingin kamu datangi?



Leave a Reply