6 Kuliner Khas Pangkalan Bun Yang Menggugah Selera


Fida  January 6, 2022  0 Comment

Pangkalan Bun dikenal sebagai salah satu kawasan yang tidak hanya memiliki berbagai tempat wisata tetapi juga banyak kuliner lezat. Oleh karena itu, daerah jika daerah yang satu ini kerap didatangi oleh wisatawan yang ingin menghabiskan waktu untuk berlibur. Daerah yang kerap disebut dengan Kota Manis ini pilihan kuliner yang sangat menggugah selera. Kamu dapat mencoba berbagai hidangan unik mulai dari jajanan hingga makanan berat. Tidak perlu bingung menentukan pilihan, inilah daftar 6 rekomendasi kuliner khas Pangkalan Bun yang sayang untuk dilewatkan.

1. Soto Manggala

soto manggala
cookpad.com

Salah satu rekomendasi kuliner khas Pangkalan Bun yang menarik untuk kamu coba adalah Soto Manggala. Kuliner yang satu ini dikenal memberikan sensasi hangat dan sangat cocok dinikmati saat musim dingin. Jika dilihat sekilas, soto manggala memang memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dengan soto pada umumnya. Tetapi yang membedakan soto ini dengan soto lainnya adalah adanya tambahan manggala.

Dalam bahasa Kotawaringin, manggala memiliki arti singkong atau ketela. Kuliner berkuah yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama singkong. Meskipun dibuat dengan bahan utama yang terbilang unik, tetapi soto manggala tidak kalah lezat jika dibandingkan soto pada umumnya. Saat berkesempatan untuk datang ke kawasan Pangakalan Bun, tentu tidak ada salahnya untuk memutuskan berburu dan mencoba lezatnya soto manggala.  

Gotravelly

Ropang Plus Plus, Tongkrongan Milenial Dengan Menu Paling Lengkap

Kuliner Legendaris Sejak 1960 : Kethan Merdeka Jombang

2. Gangan Asam

gangan asam
cookandrecipe.com

Kuliner khas Pangkalan Bun berikutnya yang menarik untuk kamu coba adalah gangan asam. Kuliner yang satu ini juga kerap disebut dengan sayur asam khas Kalimantan Tengah. Saat datang ke kawasan Pangkalan Bun, untuk menjadi hal yang mudah untuk berburu kuliner khas yang satu ini.

Gangan asam dibuat dengan menggunakan beberapa bahan seperti ikan dan juga tambahan sayur-sayuran. Beberapa jenis ikan yang biasa dipilih untuk membuat kuliner ini diantaranya ikan baung, ikan gabus, ikan belida, ikan patin, dan juga ikan toman. Sambal terasi juga dipilih sebagai pelengkap untuk menikmati lezatnya kuliner gangan asam khas Pangkalan Bun.

Beberapa sayuran yang dipilih untuk membuat gangan asam diantaranya potongan terong asam yang ditambah dengan sayuran rotan muda. Saat mencoba kuliner ini, kamu akan dimanjakan dengan cita rasa gurih, asam, dan sedikit pahit. Selain cocok untuk dinikmati langsung, gangan asam juga sangat cocok untuk dinikmati bersama dengan nasi hangat.

3. Ikan Baung

ikan baung
kaltim.tribunnews.com

Berbagai olahan makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan utama ikan baung dikenal sebagai rekomendasi kuliner khas Pangkalan Bun yang menarik untuk kamu coba. Ikan baung merupakan ikan yang memiliki bentuk mirip dengan ikan lele jika dilihat sekilas. Namun yang membedakan adalah ikan baung memiliki ukuran yang lebih besar dengan daging yang lebih tebal.

Berbagai olahan ikan baung dikenal menawarkan cita rasa yang lezat dan bumbu yang meresap. Jika sebagian kepala ikan tidak disukai karena tidak memiliki daging, namun berbeda halnya dengan ikan baung. Beberapa sajian yang biasa ditawarkan menggunakan bahan utama ikan baung diantaranya ikan baung bakar, ikan baung goreng, atau ikan baung panggang. Tidak perlu bingung saat berburu kuliner ini karena kamu dapat dengan mudah menjumpai olahan ikan baung di berbagai tempat makan atau warung di kawasan Pangkalan Bun.

4. Amplang

amplang
bukalapak.com

Amplang dikenal sebagai salah satu tampilan sekaligus kuliner khas Pangkalan Bun yang menarik untuk kamu coba. Kuliner yang satu ini merupakan kerupuk ikan yang dibuat dengan menggunakan bahan utama ikan tenggiri atau ikan belida. Tidak hanya aromanya saja yang sedap dan khas, amplang juga memiliki cita rasa ikan yang kuat.

Tidak hanya disukai oleh masyarakat lokal saja, hari ini juga kerap diburu oleh wisatawan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Amplang menawarkan tekstur yang renyah dan tidak jarang dipilih sebagai lauk dan pelengkap saat makan. Kuliner ini juga dikenal dibuat tanpa tambahan MSG sehingga aman untuk dikonsumsi. Saat berkunjung ke kawasan Pangkalan Bun, kamu dapat memutuskan untuk membeli amplang di berbagai toko atau pusat oleh-oleh yang ada. Meskipun menawarkan harga yang sedikit lebih mahal jika dibandingkan kerupuk lainnya, tetapi kelezatan kerupuk ini tidak perlu diragukan lagi.

5. Kerupuk Basah

kerupuk basah
bobo.grid.id

Pernahkah kamu mencoba sensasi kuliner kerupuk basah? Kerupuk basah merupakan salah satu rekomendasi kuliner khas Pangkalan Bun yang cukup populer dan dikenal unik. Jika biasanya kerupuk diolah dengan cara dikeringkan dan digoreng sehingga memiliki tekstur yang renyah, tetapi kerupuk basah tidak melalui proses pengeringan dan penggorengan.

Kerupuk basah dibuat dengan menggunakan bahan utama ikan belida, yakni ikan khas Sungai Kalimantan Tengah. Dapat dikatakan kuliner ini tidak jauh berbeda bentuk dan tekstur nya dengan kuliner pempek. Sebelum dikonsumsi, kerupuk basah terlebih dahulu melalui proses pengukusan.

Tidak hanya menggunakan ikan belida, kerupuk Basah juga biasa dibuat dengan menggunakan bahan utama ikan toman. Adanya tambahan sambal pedas tentu menambah gairah makan saat menikmati kuliner yang satu ini. Kerupuk basah sangat cocok untuk dikonsumsi saat berkunjung ke kawasan Pangkalan Bun maupun dipilih sebagai oleh-oleh sepulang dari kawasan ini.

6. Sambal Kembang Lucung

Kuliner Khas Pangkalan Bun
kompasiana.com

Pecinta sambal, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk mencoba salah satu kuliner khas Pangkalan Bun yang populer yakni sambal kembang lucung. Tidak jauh berbeda dengan sambal lainnya, sambal ini juga dikenal dengan sensasi pedasnya yang khas. Dalam bahasa lokal, lucung memiliki arti kecombrang. Sesuai dengan namanya, hal ini memang memiliki ciri khas yakni ditambahkan dengan kecombrang.

Kembang lucung merupakan sebutan bagi bunga yang sering dijumpai saat musim hujan. Biasanya, bunga ini dipetik dalam keadaan masih kuncup dan dijadikan sebagai bahan tambahan untuk sambal. Kuliner yang satu ini tentu sangat cocok dinikmati bersama dengan nasi. Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan sensasi gurih dan pedas yang khas.

Saat berkunjung ke kawasan Pangkalan Bun, tentu menjadi hal yang mudah untuk mencoba lezatnya sambal kembang lucung. Kuliner yang khas ini dapat dijumpai di berbagai tempat makan atau warung di kawasan Pangkalan Bun. Meskipun menawarkan cita rasa yang lezat, tetapi tidak perlu khawatir karena harga yang ditawarkan untuk satu posi sambal sangatlah terjangkau. Tertarik untuk mencoba sensasi pedas dari sambal kembang lucung?

Nah, itulah daftar 6 rekomendasi kuliner khas Pangkalan Bun yang dikenal lezat dan populer di kalangan wisatawan. Dari 6 rekomendasi tersebut, kuliner manakah yang tampak paling menggugah selera dan ingin kamu coba?



Leave a Reply