10 Street Food Italia, Usus Domba Hingga Ikan Laut Segar!


prita  March 17, 2022  0 Comment

Italia merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Benua Eropa. Negara ini memang terkenal memiliki banyak wisata alam yang indah serta deretan kuliner yang nikmat. Pizza tentu menjadi makanan wajib yang perlu kamu coba saat berkunjung kesana, selain pizza kamu juga wajib untuk mencicipi street food Italia yang jumlahnya cukup beragam.

Street food memang menjadi salah satu alternatif kuliner yang wajib untuk dicoba oleh setiap wisatawan. Jajanan khas Italia jenisnya cukup beragam, mulai dari roti hingga seafood bisa kamu temukan disini sebagai makanan ringan. Nah, jika kamu berkunjung ke Italia, jangan lewatkan untuk mencicipi salah satu dari jajanan berikut ini ya.

1. Calzone

Calzone
endeus.tv

Street food Italia yang pertama wajib untuk kamu coba adalah calzone. Calzone merupakan pizza yang dilipat menjadi dua dan diberi berbagai isian. Isian dari calzone ini cukup beragam, mulai dari sayuran, ham, keju, ricotta, parmesan hingga telur.

Jajanan ini berasal dari kawasan Campania dan pertama kali dibuat pada abad ke-18. Calzone tradisional dibuat dengan cara dipanggang dalam oven. Sekarang, calzone bisa kamu temukan dengan mudah di seluruh Italia, namun jika kamu ingin mencicipi calzone yang asli, maka kamu bisa berkunjung ke kawasan Napoli.

Gotravelly

Pizza Place, Kedai Pizza Italia Paling Juara

Pizza Bagus, Porsi Besar Dan Murah Di Ubud

2. Stigghiola

Stigghiola
id.wikipedia.org

Stigghiola merupakan salah satu street food Italia yang cukup populer. Jajanan ini bisa kamu temukan saat mengunjungi Kota Palermo, Kepulauan Sisilia.

Stiggliola merupakan salah satu kuliner khas Italia yang cukup unik karena dibuat dari usus domba atau ayam, kemudian diberi bumbu garam, ditusuk kemudian dipanggang. Jajanan ini diberi beberapa bumbu, seperti peterseli, bombay serta ragam rempah lainnya. Bahkan, kamu bisa menemukan usus ini ditusuk bersamaan dengan bawang daun. Stigghiola ini memiliki cita rasa yang lebih nikmat daripada kelihatannya.

3. Panzerotti

Panzerotti
giallozafferano.com

Street food Italia yang tak boleh untuk dilewatkan berikutnya adalah panzerotti. Jajanan ini dipercaya berasal dari wilayah Apulia, namun sekarang panzerotti ini banyak ditemukan di seluruh kawasan Italia.

Panzerotti ini memiliki tampilan seperti pizza calzone kecil. Bedanya, panzerotti ini digoreng dan karena itulah jajanan ini disebut dengan nama calzone fritti atau calzone goreng. Untuk isiannya, panzerotti klasik hanya berisikan tomat dan mozzarella. Namun, jajanan ini juga bisa diisi dengan apa saja dan ragam kombinasi, seperti proscciutto-mozzarella, pepperoni-provolone, zucchini-mozarella, bayam-ricotta, bawang-zaitun-tomat dan masih banyak lagi lainnya.

4. Zeppole

Zeppole
giallozafferano.com

Kalau kamu suka jajanan yang manis, maka kamu wajib untuk mencicipi zeppole ini. Zeppole ini merupakan salah satu street foof Italia yang bisa kamu temukan dengan mudah di toko roti atau saat berkunjung ke pasar raya.

Zeppole ini konon berasal dari kawasan Napoli, namun sekarang kamu bisa menemukannya dengan mudah di seluruh Italia. Zeppole ini terbuat dari adonan bola yang digoreng, namun sekarang kamu bisa menemukan zeppole dengan ragam isian, seperti pastry, jelly, custard, cream hingga cokelat. Meskipun telah muncul berbagai macam isian zeppole, namun yang versi tradisional tetap tak terkalahkan. Zeppole tradisional disajikan tanpa isian dan hanya diberi sedikit gula kemudian dimasukkan dalam kantong kertas sehingga kamu bisa menikmatinya sambil berjalan-jalan.

5. Suppli

Suppli
giallozafferano.com

Street food Italia yang tak boleh untuk dilewatkan berikutnya adalah suppli. Suppli ini merupakan sebuah hidangan gurih berupa kroket nasi yang dilapisi dengan tepung roti dan memiliki tampilan yang mirip dengan Arancini Sisilia.

Suppli ini merupakan jajanan khas Roma yang biasa diisi dengan mozzarella dan nasinya direbus terlebih dahulu dalam saus daging berbahan saus tomat. Di kota Roma, suppli juga dikenal dengan nama suppli al telefono yang merupakan untuk kejutan yang dibahasa Italianya berarti untaian panjang keju meleleh yang mirip dengan kabel telepon. Kejutan ini akan terungkat saat kamu membelah bola nasi renyah ini menjadi dua.

6. Pesce fritto al cono

Pesce fritto al cono
welcometoitalia.tumblr.com

Jika kamu pecinta seafood, maka pesce fritto al cono bisa menjadi salah satu street food Italia yang tak boleh untuk dilewatkan. Pesce fritto al cono merupakan makanan laut segar yang digoreng dan disajikan dalam cone yang terbuat dari kertas.

Jajanan yang satu ini banyak ditemukan di kota pelabuhan Italia karena bahan yang digunakan biasanya langsung keluar dari perahu nelayan yang tiba di pelabuhan setiap pagi. Seafood tersebut dimasukkan dalam adonan tepung dasar yang kemudian langsung digoreng dihadapan pembeli. Biasanya, dalam cone tersebut berisikan berbagai macam olahan laut seperti udang, ikan kecul dan cumi-cumi. Sebagai pelengkap, biasanya diberi taburan sedikit lemon di atasnya dan langsung dinikmati dengan tangan sambil berjalan-jalan menyusuri indahnya Italia.

7. Lampredotto

Lampredotto
youtube.com

Street food Italia yang tak boleh dilewatkan selanjutnya adalah Lampredotto. Lampredotto merupakan jajanan yang berasal dari Florentina yang dibuat dari perut sapi dimasak dengan kaldu tomat, bawang, seledri serta peterseli. Jajanan ini bisa disajikan sendiri di atas piring atau biasanya jajanan ini digunakan sebagai isian sandwich dengan menggunakan roti semelle. Kalau kamu ingin mencoba sandwich, disarankan untuk memesan bun bagnato, dicelupkan ke dalam kaldu masak, lalu ditaburi dengan salsa verde.

8. Pani ca meusa

Pani Ca Meusa
xtremefoodies.com

Pani ca meusa juga menjadi salah satu street food Italia yang cukup populer. Jajanan ini banyak ditemukan di Palermo karena hampir di setiap jalanan kota tersebut banyak sekali penjual pani ca meusa ini.

Pani ca meusa ini merupakan sandwich tradisional Sisilia yang berisikan paru-paru dan limpa anak sapi. Nama pani ca meusa ini dalam Bahasa Italia memiliki arti “roti dengan limpa”. Perpaduan antara daging yang empuk, keju caciocavallo parut dan roti vastedda yang lembut dan pedas sehingga membuat pani ca meusa ini lebih lezat dan beraroma. Jangan lupa untuk diberi tambahan perasan lemon segar diatasnya sebelum menikmatinya.

9. Piada

Piada
mypiada.com

Piada atau piadina merupakan salah satu street food Italia yang cukup populer. Jajanan ini merupakan spesialisasi wilayah Emilia-Romagna yang berada di antara pegunungan Apennine dan Laut Adriatik.

Resep untuk membuat piada ini telah diturunkan dari generasi ke generasi dan dibuat ulang dengan teknik modern. Untuk itu, jika kamu berkunjung ke kawasan Emilia-Romagna, jangan lewatkan untuk mencicipi piada yang hangat.

10. Arancini

Street Food Italia
bonappetit.com

Street food Italia yang terakhir adalah arancini. Arancini merupakan jajanan khas Sisilia yang cukup populer dan banyak dicari.

Arancini ini memiliki dua versi, yaitu versi perempuan dan versi laki-laki. Biasanya pada versi perempuan berbentuk bulat seperti jeruk, yang konon buahnya terinspirasi dari namanya. Sementara arancino versi laki-laki memiliki bentuk agak kerucut yang mana bentuknya terinspirasi dari Gunung Api Etna.

Jajanan ini memiliki resep tradisional yang sama yaitu nasi berbentuk bola yang dilapisi dengan remah roti dan digoreng dengan ragu, keju serta kacang polong.



Leave a Reply