Effida | Explorer
Jombang, Jawa Timur, Indonesia | halal
29 Oct 2021

17027

Kuliner Legendaris sejak 1960 : Kethan Merdeka Jombang

Salah satu kuliner legend yang sayang buat kalian saat dateng ke Jombang. Yup, Khetan Merdeka.

Post Content Kethan Merdeka Jombang

Ngomong ngomong soal kuliner legendaris di Jombang, ada banyak banget yang bisa kalian coba. Salah satu kuliner legendaris yang populer adalah Khetan Merdeka Jombang. Warung ketan yang satu ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu tepatnya berdiri pada tahun 1960.

Sesuai dengan namanya, yang populer dari warung ini adalah jajanan ketannya guys. Kalian bisa dateng ke Khetan Merdeka Jombang yang berlokasi di Jalan Gusdur No 29, Candi Mulyo, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang. Dulunya, nama jalan ini adalah Jalan Merdeka oleh karena itu diberi nama Khetan Merdeka. Meskipun memiliki lokasi yang deket banget dengan rumah, tetapi baru kali ini sempet mampir dan nyobain.

Kuliner Legendaris sejak 1960 : Kethan Merdeka Jombang

bagian depan Kethan Merdeka

Kuliner legendaris yang satu ini buka mulai habis subuh setiap harinya, sekitar pukul 04.00 gitu deh. Kalau kalian nggak mau kehabisan, pastikan tidak datang lebih dari pukul 05.00 pagi yaa. Karena kemarin aku dateng agak kesiangan, alhasil hanya bisa cobain ketan putihnya aja karena ketan hitamnya sudah habis. Itsoke lah untuk menghilangkan rasa penasaran dengan kuliner legendaris yang satu ini.  

Ets, meskipun jam bukanya terbilang sangat berbeda dengan warung lainnya tetapi jangan salah, Khetan Merdeka ini selalu rame banget setiap harinya. Kalau dateng pagi, harus sabar ngantri yaa. Penjual Khetan Merdeka ini ramah ramah dan sabar sabar banget.

Kethan Merdeka Jombang

daftar menu Kethan Merdeka

Meskipun Khetan Merdeka kini sudah dipegang oleh generasi ketiga, tetapi konon tetap mempertahankan resep turun temurun. Pelanggan Khetan Merdeka juga sudah banyak banget. Nggak hanya masyarakat lokal Jombang, tetapi juga dari luar daerah. Dalam satu hari, Khetan Merdeka mampu menghabiskan 20 – 30 kilogram ketan. Itupun akan ludes dalam waktu beberapa jam saja. Menarik bukan?

Kuliner legendaris di Jombang

Ketan Rp 6.000,-

Untuk satu porsi ketan hanya dibandrol Rp 6.000,- an aja guys. Kalian bisa memilih untuk makan di tempat atau dibawa pulang. Dalam satu porsi ketan akan dilengkapi dengan parutan kelapa serta bumbu ketan yang khas dan enak. Mana nih yang suka jajanan ketan? Wajib banget cobain Khetan Merdeka kalau ke Jombang.

wisata kuliner Jombang

menggoda banget ya kalo liat bumbu ketan sebanyak ini

Yang menjadikan ketan ini berbeda dengan ketan lainnya memang terletak pada bumbunya guys. Terdapat 2 varian bumbu yang ditawarkan oleh Khetan Merdeka diantaranya bumbu kedelai dan kelapa. Nah bumbu kelapa inilah yang jarang dijumpai pada penjual ketan lainnya. Bumbu kelapa dibuat dan diolah dengan waktu penggorengan minimal 3 jam. Nggak berhenti sampai disitu, bumbu harus melewati proses penumbukan dan bukan digiling. Proses tradisional inilah yang menghasilkan sensasi sedap pada Khetan Merdeka.  

makanan khas jombang

kuliner terkenal di Jombang

Khetan Merdeka menawarkan tempat yang cukup sederhana. Meskipun di kanan kirinya merupakan bangunan dan toko besar, tetapi warung ketan ini tetap mempertahankan desain dan kesederhanaannya. Kalian tetap bisa merasakan tempat yang bersih dan nyaman saat datang ke warung Khetan Merdeka.

Warung ini emang cocok banget dipilih sebagai tempat untuk sarapan pagi. Selain kuliner ketan yang melegenda, warung ini juga menawarkan berbagai minuman hangat seperti teh dan jahe. Kalian juga bisa menikmati camilan yang ditawarkan seperti gorengan. Buat yang pengen makan berat, kalian juga bisa cobain nasi campur.

Tips n trick banget nih, kalian wajib dateng pagi pagi deh biar bisa negrasain keseruan kalo lagi rame, hehe. Cepetan mampir guys. Yakin nggak tergoda? 

 

Opening Hours Kethan Merdeka Jombang
Buka setelah subuh sekitar pukul 04.00 - habis
SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.