8 Taman Nasional di Kalimantan Keindahannya Bikin Lupa Mantan


Fida  November 17, 2021  0 Comment

Mengunjungi tempat wisata tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba untuk menghabiskan waktu berlibur. Salah satu tempat wisata yang bisa kamu kunjungi adalah taman nasional. Tidak hanya menyimpan keanekaragaman flora, nasional juga jadi habitat berbagai hewan liar maupun dilindungi. Saat berkunjung ke Kalimantan, tidak ada salahnya untuk mengunjungi salah satu dari sekian banyak taman nasional yang ada. Berikut daftar 8 rekomendasi taman nasional di Kalimantan yang bisa kamu kunjungi.

1. Taman Nasional Kutai

taman nasional kutai
celebes.co

Salah satu taman nasional di Kalimantan yang direkomendasikan untuk kamu kunjungi adalah Taman Nasional Kutai. Taman nasional yang satu ini terletak di daerah Kutai, Kalimantan Timur. Dengan luas sekitar 198.629 hektar, taman nasional ini menyimpan banyak sekali kekayaan flora maupun fauna.

Beberapa flora yang dapat kamu jumpai di antaranya gaharu, bakau, hingga hutan mangrove. Tidak hanya itu, kamu juga dapat menjumpai berbagai satwa seperti beruang madu, bekantan, pesut mahakam, buaya muara, kijang emas, hingga orang utan. Taman nasional yang satu ini juga merupakan ekosistem vegetasi hutan dataran rendah, dataran tinggi, dan hutan tropis. Saat berkunjung ke kawasan Kalimantan Timur, tidak ada salahnya untuk menyempatkan mampir ke Taman Nasional Kutai.

Gotravelly

Gunung Tanggung Nongkojajar – Puncak Mbah Wali Yang Di Keramatkan

Pesona Fantasi Dan Instagenic Di Hutan De Djawatan Banyuwangi

2. Taman Nasional Tanjung Puting

taman nasional tanjung puting
liputan6.com

Beberapa detik kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan Taman Nasional Tanjung Puting. Taman Nasional Tanjung Puting sudah cukup populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Kamu dapat mengunjungi Taman Nasional Tanjung Puting yang terletak di Semenanjung Barat Daya Provinsi Kalimantan Tengah. Taman nasional yang satu ini juga meliputi beberapa daerah seperti Kotawaringin Barat dan timur hingga kawasan Kabupaten Seruyan.

Dulunya Taman Nasional ini merupakan cagar alam dan suaka margasatwa. Taman nasional dengan luas 415.040 ha yang satu ini kini telah menjadi bagian dari warisan dunia UNESCO. Taman Nasional Tanjung Puting juga dikenal dihuni oleh kurang lebih 38 jenis mamalia. Beberapa hewan yang dilindungi juga ada di taman nasional yang satu ini seperti Bekantan, Owa Kalimantan, Orangutan Kalimantan, hingga beruang madu. Berbagai flora juga agar kamu jumpai saat datang ke taman nasional yang satu ini. Sangat menarik untuk dikunjungi bukan?

3. Taman Nasional Danau Sentarum

taman nasional danau sentarum
travel.tempo.co

Salah satu rekomendasi yang sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang ingin datang ke taman nasional di Kalimantan adalah Taman Nasional Danau Sentarum. Taman nasional yang satu ini sudah cukup populer dan bisa kamu kunjungi di Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat.

Sesuai dengan namanya, taman Nasional ini juga dikenal sebagai salah satu taman nasional yang memiliki area danau yang luas. Kawasan Danau Sentarum ditetapkan sebagai taman nasional pada tahun 1999. Saat mengunjungi taman nasional yang satu ini, kamu akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan yang menakjubkan. Tidak hanya itu, banyaknya flora dan fauna juga menjadi daya tarik tersendiri. Wisata yang satu ini tentu sayang untuk kamu lewatkan saat datang ke Kalimantan Barat.

4. Taman Nasional Gunung Palung

taman nasional gunung palung
tribunnews.com

Taman nasiona yang cukup populer adalah Taman Nasional Gunung Palung. Taman nasional yang satu ini bisa kamu kunjungi di daerah Kabupaten Kayong Utara dan Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat.

Saat berkunjung ke Taman Nasional Gunung Palung, kamu akan dimanjakan dengan banyaknya jenis flora dan fauna yang ditawarkan. Berapa jenis flora yang ada di antaranya kayu ulin, pohon Ramin, pohon Meranti, dan pohon keruing. Kamu juga dapat menjumpai banyaknya satwa seperti Kijang, orang utan, ayam hutan, hingga burung Enggang Gading. Saat berkunjung ke daerah Kalimantan, taman nasional yang satu ini tentu sayang untuk tidak kamu kunjungi.

5. Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya

taman nasional bukit baka bukit raya
dictio.id

Taman nasional yang cukup populer dan sudah tidak asing lagi adalah Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya. Taman nasional yang satu ini terletak di perbatasan antara provinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Taman Nasional ini dikenal memiliki luas mencapai 181.090 hektar. Luas tersebut meliputi wilayah hutan hujan tropis dan hutan pegunungan.

Pengunjung dapat menjumpai berbagai flora dan fauna saat datang ke Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya. Beberapa flora yang dapat dijumpai diantaranya jelutung, anggrek hutan, pohon palem, dan masih banyak lagi. Tidak kalah dengan taman nasional lainnya, Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya juga menjadi habitat berbagai satwa seperti badak Sumatera, beruang madu, ayam hutan, bekantan, dan masih banyak lagi. Indahnya pemandangan yang ditawarkan oleh taman nasional yang satu ini juga sangat memanjakan mata.

6. Taman Nasional Betung Kerihun

taman nasional betung kerihun
lifestyle.sindonews.com

Salah satu taman nasional di Kalimantan yang sangat direkomendasikan untuk kamu kunjungi adalah Taman Nasional Betung Kerihun. Taman nasional yang satu ini berlokasi di daerah Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Taman nasional yang telah didirikan sejak tahun 1992 ini memiliki luas wilayah sekitar 800.000 hektar. Luas wilayah tersebut meliputi kawasan dataran tinggi, dataran rendah, dan hutan. Taman nasional yang satu ini dikenal memiliki banyak flora dan fauna didalamnya. Beberapa flora yang hidup di kawasan Taman Nasional Betung Kerihun diantaranya cemara gunung, gaharu, pandan, dan masih banyak lagi. Selain itu, kamu juga dapat menjumpai berbagai satwa seperti rusa, orang utan, hingga burung enggang.

7. Taman Nasional Kayan Mentarang

taman nasional kayan mentarang
borneo24.com

Taman nasional yang bisa kamu kunjungi berikutnya adalah Taman Nasional Kayan Mentarang. Taman nasional yang satu ini berlokasi di daerah Tanjung Belimbing, Pujungan, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara. Taman nasional dengan luas 1.360.900 hektar ini tentu sangat menarik perhatian pengunjung.

Taman Nasional Kayan Mentarang memiliki kawasan dataran rendah serta hutan pegunungan yang kerap ditutupi oleh kabut tebal. Pengunjung juga dapat menjumpai keragaman flora dan fauna saat berkunjung ke taman nasional yang satu ini. Beberapa flora yang dapat dijumpai di antaranya Meranti, jelutung, gaharu, dan juga kayu ulin. Di taman nasional yang satu ini kamu juga akan menjumpai berbagai satwa mulai dari macan dahan hingga gajah Kalimantan.

8. Taman Nasional Sebangau

Taman Nasional di Kalimantan
borneo24.com

Tidak perlu bingung menentukan tujuan saat ingin mengunjungi taman nasional di Kalimantan. Salah satu rekomendasi yang menarik untuk kamu kunjungi adalah Taman Nasional Sebangau. Taman nasional yang satu ini meliputi beberapa wilayah diantaranya Kabupaten Katingan, Kota Palangkaraya, dan Palang Pisau.

Taman nasional yang satu ini menyimpan banyak kekayaan flora dan fauna. Kamu akan menjumpai berbagai satwa liar seperti orang utan, burung rangkong, macan dahan, beruang madu, monyet ekor, buaya muara, dan masih banyak lagi. Saat berkunjung ke kawasan Kalimantan Tengah, taman nasional yang satu ini tentu sayang untuk kamu lewatkan.



Leave a Reply