5 Kuliner Khas Tanah Bumbu Dengan Percikan Rasa Unik Dan Enak


Fida  January 5, 2022  0 Comment

Tanah Bumbu dikenal sebagai salah satu daerah yang terletak di provinsi Kalimantan Selatan. Selain dikenal menawarkan berbagai tempat wisata indah, Tanah Bumbu juga memiliki berbagai kuliner lezat yang menarik untuk dicoba. Kamu dapat menikmati lezatnya berbagai hidangan yang ditawarkan mulai dari jajanan hingga makanan berat. Bumbu khas yang digunakan menjadikan kuliner khas daerah Tanah Bumbu sayang untuk kamu lewatkan. Inilah daftar 5 rekomendasi kuliner khas Tanah Bumbu yang menarik untuk kamu coba.

1. Nasi Pundut

nasi pundut
banjarmasin.tribunnews.com

Salah satu rekomendasi kuliner khas Tanah Bumbu yang menarik untuk kamu coba adalah nasi pundut. Beberapa dari kamu tentu masih asing dengan Sebutkan nuklir yang satu ini bukan? Nasi pundut dikenal sebagai salah satu kuliner khas Tanah Bumbu yang dibuat dengan menggunakan bahan utama beras dan santan.

Jika dilihat sekilas, tampilan kuliner ini memang mirip dengan nasi uduk. Nasi pundut diolah dengan cara dikukus dan dibungkus menggunakan daun pisang. Kuliner yang satu ini juga diberi beberapa tambahan lainnya sebelum dinikmati seperti daging, telur asin, dan juga sambal untuk menambah sensasi lezat dan menggugah selera.

Bungkus daun pisang yang digunakan tidak hanya menjadi ciri khas tetapi juga menambah sensasi sedap dan aroma menggugah selera pada kuliner ini. Untuk menjumpai kuliner nasi pundut tidaklah susah. Kamu dapat membeli makanan yang satu ini di berbagai tempat makan atau warung di kawasan Tanah Bumbu. Tidak perlu khawatir, satu porsi nasi pundut dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Selain menjadi kuliner favorit masyarakat lokal, nasi pundut juga berhasil membuat wisatawan penasaran akan kelezatannya. Saat berkunjung ke kawasan Tanah Bumbu, tidak ada salahnya bagi kamu untuk menyempatkan berburu lezatnya kuliner yang unik dan khas yakni nasi pundut.

Gotravelly

Taman Jajan Al Fatih, Destinasi Wisata Kuliner Malang Yang Ramah Anak

Bersantai Sejenak Di Taman Ketandan Kauman Kalangbret Tulungagung

2. Kue Ipau

kue ipau
foodresep.web.app

Rekomendasi kuliner khas Tanah Bumbu berikutnya yang menarik untuk kamu coba adalah kue ipau. Kue yang satu ini juga kerap disebut dengan wadai ipau. Kue ipau dapat dikatakan menjadi lasagna tradisional yang khas dari Indonesia. Terdapat beberapa bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kuliner yang satu ini diantaranya bawang putih, bawang merah, telur, wortel, bubuk kari, dan juga tepung. Adanya bahan tambahan berupa daging ayam tentu menambah kelezatan pada kuliner kue ipau.

Kue ipau memang dikenal dengan tampilannya yang sangat unik dan menggugah selera. Kue yang satu ini dikenal memiliki saus yang lezat dan khas yang terbuat dari campuran santan, gula, juga garam. Saus yang dikenal berwarna putih ini juga ditambahkan dengan sedikit maizena untuk menjadikan tekstur saus menjadi kental. Sebelum disajikan, kue ipau yang telah disiram dengan saus kemudian ditaburi dengan potongan daun seledri atau daun bawang dan juga bawang goreng diatasnya. Selain tampilannya yang menggugah selera, kue ini juga memiliki aroma yang sangat sedap. Saat berkunjung ke kawasan Tanah Bumbu, kue ipau menjadi rekomendasi kuliner khas Tanah Bumbu yang tepat untuk kamu coba. Lezatnya kuliner ini membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya.

3. Bingka Sarang Semut

bingka sarang semut
pinterest.com

Bingka sarang semut juga dikenal sebagai salah satu rekomendasi kuliner khas Tanah Bumbu yang menarik untuk kamu coba. Sesuai dengan namanya, kuliner yang satu ini merupakan bingka yang memiliki tampilan mirip dengan sarang semut. Tekstur kue yang berlubang dan mirip dengan sarang semut hanya dapat terlihat ketika kue dipotong. Unik sekali bukan?

Tidak jarang bingka sarang semut juga dikatakan mirip dengan kue brownies. Hal itu dikarenakan bingka sarang semut memiliki warna coklat gelap serta dikenal dengan rasanya yang manis. Jajanan yang satu ini juga sangat cocok dicoba khususnya bagi kamu pecinta jajanan manis.

Bingka sarang semut dibuat dengan beberapa bahan diantaranya gula pasir, telur, tepung terigu, tepung tapioka, margarin, dan masih banyak lagi. Adanya sensasi rasa karamel juga menjadi ciri khas kue yang satu ini. Rasa karamel tersebut berasal dari campuran gula dan juga air.

Menikmati bingka sarang semut saat bersantai bersama dengan satu cangkir teh atau kopi tentu menjadi pilihan tepat yang bisa kamu coba. Kuliner khas Tanah Bumbu yang satu ini tentu sayang untuk kamu lewatkan.

4. Rabuk Ikan

rabuk ikan
gudangresep.netfly.app

Rabuk ikan juga dipilih sebagai rekomendasi kuliner khas Tanah Bumbu yang menarik untuk dicoba. Rabuk merupakan sebutan bagi kuliner abon di kawasan Tanah Bumbu. Abon ikan yang satu ini biasanya dibuat dengan menggunakan bahan utama ikan tenggiri atau ikan haruan.

Selain cocok untuk menikmati langsung, rabuk ikan juga kerap dipilih sebagai lauk untuk dinikmati bersama dengan satu porsi nasi hangat. Tidak hanya memiliki tekstur yang unik, rabuk ikan juga dikenal menawarkan cita rasa yang gurih dan lezat. Aroma ikan yang kuat ditambah dengan banyaknya bumbu rempah yang digunakan tentu menjadikan makanan ini sangat menggugah selera untuk dicoba.

Di kawasan Tanah Bumbu, rabuk ikan biasa dijual dengan kemasan yang praktis dan menarik sehingga juga cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

5. Dodol Kandangan

Kuliner Khas Tanah Bumbu
beri.web.id

Rekomendasi kuliner khas Tanah Bumbu yang tidak kalah menarik dicoba selanjutnya adalah dodol kandangan. Kuliner yang satu ini dikenal merupakan dodol khas daerah Kalimantan. Dodol Kandangan dibuat dengan menggunakan bahan utama beras ketan dan juga gula aren. Saat mencoba dodol Kandangan, kamu akan dimanjakan dengan cita rasanya yang manis serta teksturnya yang legit.

Kamu dapat mencoba dodol ini dalam berbagai varian Rasa yang ditawarkan. Salah satu varian rasa yang populer dan banyak diminati oleh masyarakat lokal maupun wisatawan adalah dodol Kandangan rasa durian. Varian yang satu ini sangat cocok dipilih khususnya bagi kamu pecinta buah durian karena dodol ini memiliki aroma durian yang sangat kuat. Saat berkunjung ke kawasan Tanah Bumbu, tidak ada salahnya untuk menyempatkan berburu dodol Kandangan untuk dinikmati langsung maupun dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Untuk membeli dodol Kandangan, kamu dapat menuju ke berbagai toko atau pusat oleh-oleh yang ada di kawasan Tanah Bumbu. Kamu tidak perlu khawatir karena satu kotak dodol Kandangan dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau.

Nah, itulah daftar 5 rekomendasi kuliner khas Tanah Bumbu yang populer dan menarik untuk dicoba. Berapa kuliner yang hanya dapat dijumpai di kawasan Tanah Bumbu Tentu sayang untuk kamu lewatkan. Saat berkesempatan untuk berkunjung ke kawasan Tanah Bumbu, kuliner manakah yang paling ingin kamu coba?



Leave a Reply