10 Minuman Khas Timur Tengah Peredup Rasa Lelah


prita  June 15, 2021  0 Comment

Minuman Khas Timur Tengah enak dinikmati ditengah terik mentari . Timur Tengah merupakan sebuah kawasan yang masuk dari Benua Asia atau Afrika Eurasia. Kawasan Timur Tengah merupakan daratan yang berada diantara Laut Mediterania dan Teluk Persia. Wilayah ini juga memanjang dari Anatolia, Semenanjung Sinai dan Jazirah Arab. Timur Tengah terdiri dari beberapa suku dan budaya. Dengan lokasinya yang seperti itu, kawasan Timur Tengah ini sangat kaya akan budaya, tempat wisata dan kuliner.

Disini, kamu akan banyak disuguhi berbagai tempat wisata menarik dan berbagai landmark terkenal di dunia. Seperti Piramida di Mesir, Gurun Pasir di Dubai, Selat Bosphorus di Turki hingga berkunjung ke Ferrari World di Abu Dhabi. Bahkan di Timur Tengah kamu juga bisa menemukan bangunan tertinggi di dunia, yaitu Burj Khalifa. Tak hanya itu, Timur Tengah juga sangat terkenal dengan sajian khasnya yang memiliki rasa lezat dan otentik yang menjadi favorit banyak orang di dunia. Bukan hanya makanannya saja, minuman khas Timur Tengah juga sangat digemari oleh banyak orang, lho. Berikut Minuman khas Timur Tengah

1. Sahlab

Sahlab
nutrizonia.com

Minuman khas Timur Tengah yang pertama adalah Sahlab. Sahlab merupakan minuman tradisional yang banyak disajikan di Lebanon, Palestina, Siria dan Yordania.

Sahlab biasanya disajikan saat bulan Ramadhan sebagai hidangan penutup. Minuman ini memiliki bentuk yang creamy seperti pudding karena terbuat dari susu panas yang diberi perasa. Biasanya sahlab diberi taburan kacang yang dihancurkan dan bubuk kayu manis kemudian diberi es batu agar terasa lebih nikmat.

review kuliner dan tempat wisata

Golden SOI Surabaya untuk kalian yang lagi cari tempat nongkrong santuy, dan tempat yang lagi viral 

Ame Coffee, Cafe Estetik Bernuansa Bali Di Tengah Kota Sidoarjo

2. Khoshaf

Khoshaf
amiraspantry.com

Khoshaf juga menjadi salah satu minuman khas Timur Tengah yang dikenal sangat nikmat. Khoshaf merupakan minuman yang dibuat dengan mencampurkan aneka buah kering dalam minumannya.

Minuman ini dikenal sebagai salah satu minuman yang menyehatkan karena kandungan buah-buahan kering di dalamnya. Buah-buahan yang biasanya digunakan dalam Khoshaf ini Antara lain kurma, apricot kering, anggur kering dan buah tin atau ara. Buah-buahan tersebut direndamdalam air yang dicampur dengan gula secukupnya. Air rendaman buah-buahan tersebut kemudian direndam selama seminggu dan biasanya disajikan dalam gelas kecil dalam keadaan dingin. Khoshaf biasanya dinikmati saat bulan Ramadhan, terutama pada jam berbuka puasa.

3. Karkadeh

Karkadeh
homemade-recipes.blogspot.com

Minuman khas Timur Tengah yang wajib untuk kamu coba selanjutnya adalah Karkadeh. Karkadeh merupakan minuman tradisional yang bisa disajikan dalam keadaan dingin atau pun hangat.

Minuman ini biasanya dijual dalam bentuk kalengan dan sering dinikmati sebagai menu buka puasa. Selain disajikan sebagai menu berbuka puasa, Karkadeh juga sering disajikan dalam pesta pernikahan di Timur Tengah. Minuman ini memiliki cita rasa yang manis karena terbuat dari bunga Hibiscus yang dipadukan dengan cranberry, gula dan madu.

4. Erk Sous

Erk Sous
kaleela.com

Erk Sous merupakan minuman khas Timur Tengah yang banyak ditemui di Siria dan Mesir. Minuman ini memiliki warna hitam dengan cita rasa sedikit pahit dan cukup manis.

Rasa pahit yang ada dalam minuman ini berasal dari akar licorice. Minuman ini mungkin tidak terlalu disukai, namun masyarakat Timur Tengah lebih menyukai minuman ini jika dalam bentuk permen.

5. Tamer Hindi

Tamer Hindi
tasteandflavors.com

Minuman khas Timur Tengah selanjutnya adalah Tamer Hindi. Tamer Hindi juga dikenal sebagai Tamr Hendi atau Tamarind ini adalah minuman yang terbuat dari kurma khas India dan sangat digemari di sejumlah Negara di Timur Tengah.

Sesuai dengan namanya, minuman ini memiliki cita rasa yang agak asam, namun tetap terasa manis menyerupai aroma bunga Hibiscus. Minuman ini terbuat dari buah Tamarind yang dicampur dengan air dan gula. Tamer Hindi memiliki rasa yang segar dan sangat cocok jika dinikmati untuk berbuka puasa atau cuaca sedang panas.

6. Amar Al-Din

Amar Al-Din
food-heritage.org

Minuman khas Timur Tengah yang satu ini juga tak kalah populer dari minuman lainnya. Amar Al-Din banyak ditemukan di kawasan Jazirah Arab dan sering dinikmati saat bulan Ramadhan.

Amar Al-Din memang memiliki kandungan gula, sehingga mampu menggantikan energy yang hilang setelah seharian berpuasa. Minuman ini terbuat dari buah apricot atau sari alami buat apricot yang dicampur dengan air. Amar Al-Din juga dipercaya mampu membantu proses metabolism tubuh serta menambah asupan vitamin dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Apalagi ditambah dengan rasa manisnya yang pas sehingga minuman ini sangat digemari oleh semua kalangan.

7. Qishr

Qishr
pomegranatesandzaatar.blogspot.com

Qishr juga menjadi salah satu minuman khas Timur Tengah yang wajib untuk kamu coba jika berlibur kesana. Qishr menjadi minuman tradisional yang banyak ditemukan di kawasan Ethiopia dan Yaman.

Qishr adalah minuman hangat yang terbuat dari campuran kopi, kayu manis, jahe dan kapulaga. Minuman ini juga diberi tambahan kurma untuk menambah cita rasa manisnya. Biasanya Qishr cocok dinikmati saat udara sedang dingin.

8. Carob

Carob
nutrizonia.com

Minuman khas Timur Tengah berikut ini juga cukup terkenal dan populer. Carob atau Kharoub Juice ini adalah minuman yang terbuat dari tanaman Carob atau yang dikenal dengan Ceratonia Siliqua.

Carob dikenal dapat menyegarkan dan menyehatkan tubuh karena memiliki kandungan serat yang tinggi, protein serta antioksidan. Jus ini sering dikonsumsi saat bulan Ramadhan karena minuman ini bisa mencegah dehidrasi saat menjalani ibadah ibadah puasa. Minuman ini biasanya diberi sedikit tambahan gula agar menambah cita rasanya.

9. Haleeb Ma’Hal

Haleeb Ma’Hal
travel.tribunnews.com

Haleeb Ma’Hal merupakan salah satu minuman khas Timur Tengah yang wajib kamu coba saat berlibur ke Timur Tengah, khususnya bagi kamu yang penyuka susu.

Minuman yang populer di kawasan Arab Saudi ini dibuat dari campuran susu dengan kapulaga. Haleeb Ma’Hal dipercaya mampu menghangatkan perut dan pastinya menyehatkan tubuh. Haleen Ma’Hal biasa dinikmati saat cuaca sedang dingin karena tak hanya menghangatkan namun juga memiliki aroma khas yang nikmat.

10. Susu Saffron

minuman khas Timur tengah
whiskaffair.com

Minuman khas Timur Tengah yang terakhir adalah Susu Saffron. Susu Saffron adalah minuman tradisional Timur Tengah yang populer di sejumlah Negara di Timur Tengah.

Minuman ini terbuat dari susu, kunyit dan saffron, tak heran jika susu ini memiliki aroma yang lezat dan rasa yang nikmat. Tak hanya rasanya yang nikmat, minuman ini juga dipercaya menyehatkan bagi tubuh.

Itulah tadi 10 minuman khas Timur Tengah yang memiliki rasa lezat dan cocok untuk dinimati saat cuaca panas ataupun dingin. Beberapa diantaranya juga sangat cocok jika dinikmati saat bulan Ramadhan yang mungkin bisa kamu coba untuk menu berbuka puasa nanti. Tak hanya itu, ada juga minuman yang disajikan dalam perayaan besar saja. Untuk itu, jika kamu berkunjung ke Timur Tengah, kamu bisa mencoba langsung nikmatnya minuman tersebut dan pasti ketagihan. Selamat mencoba.



Leave a Reply