7 Kue Tradisional Khas Bone Cocok Buat Oleh Oleh


Altesa  August 22, 2022  0 Comment

Kabupaten Bone berlokasi di Provinsi Sulawesi Selatan. Kabupaten Bone merupakan salah satu kabupaten yang berada di posisi yang cukup strategis dalam perdagangan di bagian Indonesia Timur. Kabupaten Bone juga merupakan salah satu Kabupaten terluas di Provinsi Sulawesi Selasan. Dari letaknya yang strategis dan wilayahnya yang luas tak heran jika kabupaten Bone merupakan salah satu kabupaten yang pastinya banyak di datangi masyarakat dari luar daerah yang ingin sekedar berkunjung atau lewat. Selain itu, Bone juga memiliki wisata alam yang patut di sambangi Ketika sedang berada disana. Salah satu wisata di Bone yang wajib kamu kunjungi saat berada disana adalah Bukit Cempalagi. Bukit Cempalagi yang menyimpan berbagai cerita sejarah Kabupaten Bone dan pemandangan yang juga indah. Jika kamu berencana mengunjungi Kabupaten Bone tak lengkap rasanya jika tidak menikmati sajian kulinernya apalagi kue tradisional khas Bone yang enak. Beberapa kue tradisional khas Bone juga bisa kamu jadikan oleh – oleh yang menarik untuk keluarga dirumah. Berikut adalah beberapa kue tradisional khas Bone yang bisa kamu coba :

1. Katrisala

Katrisala
celebes.co

Katrisala merupakan salah satu kue tradisional khas bone yang berbahan dasar dari ketan hitam. Ketan hitam diolah dengan menggunakan telur dan gula merah sehingga menghasilkan Katrisala.  Memiliki rasa yang manis, lembut dan kenyal rasanya anak kecil pun pasti menyukai sajian kue ini. Katrisala sendiri sangat cocok jika menjadi teman ngopi atau ngeteh cantik saat kamu Bersama teman – teman. Kue ini juga biasa digunakan sebagai salah satu jajanan ta’jil yang digemari warga setempat. Untuk menemukan kue tradisional khas Bone satu ini juga cukup mudah, kue ini bisa kamu temukan di pasar – pasar tradisional di daerah Bone.

Gotravelly

Menikmati Lembutnya Kue Lumpur Muda Mudi Harum

Kuliner Legendaris Sejak 1960 : Kethan Merdeka Jombang

2. Putu Pesse’

Putu Pesse’
apoeryuyu.com

Putri pesse’ merupakan kue tradisional khas Bone yang terbuat dari tepung beras ketan. Dari namanya sendiri untuk kamu orang jawa pasti tidak asing, karena terdapat kue tradisional khas jawa yang bernama putu juga. Sebenarnya bahan – bahan yang digunakan dalam pembuatan Putu Pesse dan kue Putu jawa juga sama yaitu gula aren, tepung beras ketan, dan parutan kelapa sebagai garnis pelengkap. Nah perbedaannya mungkin ada pada cara pengolahannya yaitu jika putu pesse dari awal bahan tepung beras ketan sudah dicampur dengan gula aren sedangkan untuk putu jawa gula aren hanya ditaruh di tengah – tengah diantara tepung beras. Dari cara penatan bahan ini membuat perbedaan yang cukup besar pada saat disajikan dan dimakan. Putu pesse’ gula sudah tercampir dengan adonan sementara putu jaw agila berada ditengah sehingga jika dibelah menjadi dua tepat ditengah gula merah bisa lumer cair keluar. Namn, meskipun memiliki perbedaan putu pesse’ juga tetap enak untuk dinikmati dan merupakan salah satu kue tradisional khas Bone yang populer.

3. Bolu Cukke

Bolu Cukke
cookpad.com

Bolu cukke adalah kue tradisional yang berbahan dasar gula aren dan tepung beras. Berbeda dengan sajian bolu yang biasanya berukuran besar bolu cukke memiliki ukuran yang cukup kecil. Ukuran dari bolu cukke sendiri adalah satu kali atau dua kali gigitan saja. Mungkin karena ukurannya yang tidak terlalu besar dan rasanya yang enak kue ini cocok untuk dijadikan camilan santai saat Bersama keluarga. Biasanya bolu cukke juga disajikan dengan ditaburu gula putih. Meskipun terbuat dari bahan yang sederhana, namun rasa dari bolu ini tidak diragukan lagi enaknya. Bolu cukke sendiri biasanya banyak dibawa sebagai oleh – oleh khas Bone yang digemari banyak orang.

4. Baruasa’

Baruasa’
makassar.tribunnews.com

Baruasa’ adalah salah satu kue tradisional yang sudah terkenal dan digemari baik masyarakat Bone maupun luar Bone. Baruasa’ sendiri merupakan kue kering yang berbahan dasar terbuat dari tepung terigu. Yang menarik adalah baruasa’ memiliki dua jenis gula dalam adonannya yaitu gula aren dan gula pasir. Baruasa sendiri biasa digunakan sebagai kue tradisional khas Bone yang selalu ada pada saat acara – acara penting di Bone. Mulai dari acara pernikahan hingga acara upacara adat penting Bone. Karena memiliki tekstur yang kering sehingga tidak cepat basi, kue baruasa banyak dibawa untuk oleh – oleh yang sederhana untuk dibawa. Kamu bisa menemukan baruasa di toko kue tradisional Bone atau toko oleh – oleh khas Bone.

5. Bandang – bandang

Bandang – bandang
boneterkini.id

Bandang – bandang merupakan kue tradisional yang tebuat dari tepung dan pisang. Kue ini berbentuk kue basah yang dibalut dengan daun pisang. Pisang berada di tengah tengah adonan tepung, lalu di kukus hingga matang. Kue tradisional khas Bone satu ini mirip dengan kue tradisional jawa bernama Nagasari. Nah untuk kamu pecinta nagasari pasti kamu juga akan suka sajian kue basah khas bone ini. Bandang – bandang sendiri juga biasa ad dalam acara pernikahan dan aqiqah di Kabupaten Bone.

6. Bandang Lojo

Bandang Lojo
id.quora.com

Bandang lojo adalah kue tradisional yang terbuat dari pisang, ubi kayu, gula, serta kelapa parut. Berbeda dengan bandang – bandang, bandang lojo tidak di bungkus dengan daun pisang. Bandang lojo sendiri memiliki arti yang cukup unik yakni, lojo yang berarti telanjang dalam bahasa Indonesia. Selain itu, perbedaan nya dengan bandang – bandang adalah penyajian bandang lojo dilengkapi garnis parutan kelapa sedangkan bandang – bandang tidak.

7. Beppa Pute

Kue Tradisional Khas Bone
jogjaday.com

Beppa Pute merupakan kue tradisional khas Bone yang terbuat dari olahan tepung beras, kelapa, telur ayam, dan gula pasir. Setelah bahan dicampur merata adonan yang sudah jadi akan di bentuk sesuai keinginan, sehingga bentuk dari kue tradisional satu ini biasanya berbeda – beda tergantung oleh si pembuat. Beppa pute sendiri memiliki warna putih dan juga memiliki arti kue putih dalam bahasa Indonesia. Sayangnya, saat ini kue tradisional satu ini cukup sulit untuk ditemukan. Pasalnya untuk menemukan kue ini kamu cuma bisa menemukannya di dalam pesat pernikahan dan mungkin beberapa pasar tradisional jika beruntung. Uniknya kue ini menjadi kue yang ada dalam pernikahan lantaran dalam adat Bone kue ini menyimbolkan suatu harapan untuk pasangan suami istri yang menikah agar diberikan rejeki yang melimpah serta keselamatan dan keharmonisan rumah tangga sepanjang waktu.

Itu tadi beberapa olahan kue tradisional khas Bone yang bisa kamu cicipi saat berkunjung kesana. Beberapa kue tradisional tersebut ada yang mungkin sudah agak susah dicari, jika kamu warga Bone atau pernah ke Kabupaten Bone, kamu bisa share dimana tempat yang mungkin bisa mudah untuk mendapatkan olahan kue tradisional khas bone tersebut yang paling enak serta rekomendasi warga Bone. Saat mengunjungi Kabupaten Bone, kira – kira kue tradisional khas bone mana nih yang mungkin jadi incaran kamu, yuk share pendapatmu di kolom komentar ya.



Leave a Reply