5 Ekowisata di Bali Tawarkan Edukasi Wawasan Lingkungan


Fida  October 20, 2021  0 Comment

Ekowisata di Bali- Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang menawarkan banyak tempat wisata sekaligus kuliner lezat. Anda juga akan dimanjakan dengan berbagai tradisi dan budaya saat berkunjung ke Indonesia. Bali menjadi salah satu kawasan yang dikenal kental akan budaya sekaligus menawarkan berbagai indahnya tempat wisata. Anda dapat menjumpai berbagai wisata di Bali mulai dari wisata alam, wisata religi, hingga tempat bersejarah.

Salah satu destinasi yang paling menarik untuk dikunjungi adalah ekowisata di Bali. Ekowisata merupakan kegiatan wisata yang berwawasan lingkungan. Pengunjung dapat menikmati sekaligus belajar tentang wisata berbasis alam yang ditawarkan. Bali menawarkan cukup banyak destinasi ekowisata yang sangat menarik minat pengunjung. Tidak hanya pengunjung yang datang dari Bali, terdapat cukup banyak pengunjung yang datang dari berbagai daerah lainnya. Tidak perlu bingung menentukan tujuan saat ingin mendatangi salah satu ekowisata di Bali, Berikut rekomendasi ekowisata di Bali yang cukup populer dan sayang untuk Anda lewatkan

1. Desa Penglipuran

Penglipuran
travel.kompas.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan sebutan Desa Penglipuran. Desa yang satu ini bisa Anda kunjungi di daerah Jalan Penglipuran, Kubu, Bangli, Bali. Anda dapat datang dan menikmatinya mulai pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore. Untuk menyusuri kawasan desa yang satu ini, pengunjung hanya dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp 10.000,- per orang.

Saat pertama datang, Anda akan disambut dengan megahnya gapura serta indahnya tata letak dan arsitektur tradisional Bali. Anda akan dimanjakan dengan banyaknya rumah yang mirip antara satu dengan yang lainnya. Warga setempat Desa Penglipuran juga sangat ramah dan akan mengajak Anda berkeliling sekaligus memberi pemahaman kepada pengunjung tentang budaya desa yang satu ini. Mengunjungi Desa Penglipuran tentang menjadi pengalaman seru yang bisa Anda coba saat berkunjung ke Bali.

gotravelly

Menyusuri Hutan Mangrove Di Ekowisata Mangrove Wonorejo

Menikmati Keasrian Boon Pring Andeman, Ekowisata Di Tengah Hutan Bambu

2. Desa Tegalalang

Tegalalang
cnnindonesia.com

Selain Desa Penglipuran, desa Tegalalang juga menjadi salah satu ekowisata di Bali yang cukup populer dan sudah tidak asing di kalangan warga lokal maupun wisatawan. Desa yang satu ini bisa Anda kunjungi di kawasan Jalan Pakudui, Tegalalang, Gianyar, Bali.

Desa yang satu ini dikenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa. Salah satu ciri khas yang menjadi daya tarik bagi pengunjung adalah pemandangan terasering sawah yang sangat terkenal. Selain indahnya sawah-sawah yang tertata rapi dengan terasering, adanya pepohonan kelapa juga menjadikan pemandangan semakin tampak indah. Pengunjung tentu akan dimanjakan dengan suasana yang sejuk dan asri saat berada di desa yang satu ini. Saat musim tanam maupun musim panen, persawahan ini memiliki pemandangan yang sama cantiknya sehingga tidak perlu bingung menentukan waktu berlibur bagi Anda yang berencana datang ke Desa Tegalalang. Desa yang satu ini dapat menjadi rekomendasi tempat bagi Anda yang ingin mengunjungi salah satu ekowisata di Bali.

3. Bali Pulina

Pulina
punapibali.com

Ada cukup banyak pilihan ekowisata di Bali yang bisa Anda kunjungi, salah satunya adalah Bali Pulina. Tempat wisata alam yang satu ini berlokasi di kawasan Jalan Raya Ujung Kaja, Sebatu, Tegalalang, Gianyar, Bali. Anda dapat datang dan menyusurinya mulai pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore.

Tempat wisata alam yang satu ini menawarkan keindahan alam yang sangat luar biasa. Pengunjung dapat menikmati proses pengolahan kekayaan alam Bali dari masih di pohon hingga tersaji di meja makan. Salah satu contohnya adalah pengunjung dapat melihat proses pengolahan kopi. Pengunjung akan dimanjakan dengan adanya pohon kopi yang siap dipanen sekaligus melihat proses pengolahannya hingga dapat menikmati satu cangkir kopi lezat. Selain kopi, ada berbagai pengolahan tanaman lainnya yang bisa dinikmati oleh pengunjung diantaranya cengkeh, vanilla, hingga kayu putih. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang ditawarkan sekaligus menjadi sarana edukasi yang cocok didatangi bersama keluarga maupun anak-anak. Saat ingin menghabiskan waktu berlibur dengan mengunjungi salah satu ekowisata di Bali, tempat wisata alam yang satu ini tentu sayang untuk Anda lewatkan.

4. Tenganan Village

Village
baliaround.com

Salah satu pilihan ekowisata di Bali yang bisa Anda kunjungi adalah Tenganan Village. Tempat yang satu ini merupakan sebuah desa yang menjadi destinasi pengembangan ekowisata di Bali. Pengunjung akan disuguhkan dengan kekayaan budaya serta tradisi unik. Tidak heran jika desa ini menjadi destinasi menarik yang kerap dikunjungi oleh wisatawan lokal hingga mancanegara. Desa yang satu ini bisa Anda kunjungi di daerah Kecamatan Manggis, Karangasem, Bali.

Pengunjung akan dimanjakan dengan kesan tradisional saat berkunjung ke desa yang satu ini. Budaya serta tradisi yang kental juga menjadi daya tarik tersendiri khususnya bagi wisatawan asing atau yang datang dari luar daerah. Penduduk desa yang ramah akan menyambut kedatangan Anda selama berlibur di kawasan Desa Tenganan. Hal-hal yang khas dan dapat Anda nikmati dari kawasan desa ini adalah kain tenun Gringsing serta Perang Pandan yang banyak diminati oleh pengunjung. Anda dapat merasakan suasana tempo dulu saat datang ke desa wisata yang satu ini.

5. Kampoeng Kepiting Mangrove

Kepiting Mangrove
dwyulaksmi.blogspot.com

Salah satu destinasi ekowisata di Bali yang bisa Anda kunjungi adalah Kampoeng Kepiting Mangrove. Tempat wisata yang satu ini bisa Anda kunjungi di Jalan Bypass nomor 1 Tuban, Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Pengunjung dapat menikmati indahnya tempat wisata alam yang ditawarkan. Suasana yang masih sangat alami dan sejuk juga akan membuat pengunjung betah berlama-lama berada di ekowisata yang satu ini.

Anda dapat menyusuri hutan mangrove serta mencoba untuk menanam bibit pohon bakau. Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat mencoba sensasi melepaskan bibit kepiting ke alam bebas. Selain menikmati indahnya wisata yang ditawarkan, Anda juga dapat mencoba berbagai kuliner lezat yang menggugah selera dan sayang untuk dilewatkan. Bagi pecinta olahan seafood, Anda dapat mencoba berbagai hidangan seafood yang segar dengan bumbu yang khas. Tempat yang satu ini tentu sangat cocok dikunjungi bersama keluarga maupun dipilih sebagai sarana edukasi untuk anak-anak. Saat berkunjung ke Bali, tidak ada salahnya untuk mengunjungi tempat wisata alam yang satu ini.

Mengunjungi tempat wisata alam tentu menjadi hal seru yang bisa Anda coba untuk menghabiskan waktu berlibur. Sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa Bali menawarkan banyak pilihan tempat wisata yang populer dan ramai didatangi wisatawan. Di Bali, ekowisata dapat menjadi pilihan tepat yang bisa Anda kunjungi bersama teman maupun keluarga. Anda akan mendapatkan pengalaman seru saat berkunjung ke ekowisata di Bali. Diantara daftar 5 rekomendasi ekowisata di Bali tersebut, tempat manakah yang tampak paling seru dan ingin Anda kunjungi?



Leave a Reply