5 Desa Cantik Warisan UNESCO di Italia


Reni  October 5, 2022  0 Comment

Bicara soal Italia, rasanya setiap sudut negara yang ada di pesisir Mediterania ini sangat layak untuk dikunjungi. Selain pemandangan alam yang memesona, Italia juga memiliki sejarah panjang dengan pengaruh besar di dunia barat. Maka dari itu, rasanya tak heran jika Italia memiliki banyak lokasi yang didapuk menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO, seperti desa cantik warisan UNESCO di Italia yang akan dibahas dalam artikel ini.

Bagi Anda yang sudah berencana untuk berkunjung ke Italia, desa cantik yang satu ini jelas merupakan salah satu destinasi yang wajib ada di dalam itinerary Anda. Kalau begitu, apa namanya dan di mana lokasi tepatnya, ya? Simak ulasannya di bawah ini dan selamat membaca!

Mengenal La Cinque Terre, Desa Cantik di Italia

Lokasi tersebut bernama La Cinque Terre, atau yang biasa disebut sebagai Cinque Terre atau The Five Lands dalam bahasa Inggris. Meskipun disebut sebagai desa, sebenarnya Cinque Terre sendiri adalah sebuah area yang terdiri atas lima desa di Liguria, yang dikenal juga dengan nama Italian Riviera. Kelima desa tersebut adalah Corniglia, Manarola, Monterosso al Mare, Riomaggiore, dan Vernazza.

Menariknya, kelima desa tersebut dulunya terisolasi dari dunia luar sampai dengan tahun 1960-an. Pasalnya, lokasinya sendiri sulit dijangkau karena berada di tebing tepi laut — sampai sekarang pun perjalanan ke Cinque Terre juga masih terasa cukup menantang. Bahkan dulunya kawasan ini hanya bisa dijangkau lewat laut, lho!

Hingga saat ini pun Cinque Terre masih mempertahankan keindahan wilayahnya yang unik. Maka dari itu, tak heran jika Cinque Terre lantas dinamai sebagai desa cantik warisan UNESCO di Italia sekaligus didapuk sebagai taman nasional. Soalnya, kawasan ini juga merupakan area laut yang dilindungi.

Kecuali Corniglia yang berlokasi di puncak bukit, seluruh desa yang jadi bagian Cinque Terre ini berlokasi di antara tebing dan laut. Masing-masing desa memiliki karakternya yang unik, namun semuanya menyajikan panorama deretan rumah berwarna pastel di tepi tebing, jalan-jalan berpemandangan menawan dan nyaman bagi pejalan kaki, dan pastinya spot-spot sempurna untuk menikmati panorama laut yang berkilauan di bawah terpaan sinar matahari.

Perjalanan ke Cinque Terre

Sampai saat ini pun cara terbaik untuk menjangkau Cinque Terre adalah lewat jalur laut dengan menaiki kapal. Anda juga bisa berkunjung ke desa cantik warisan UNESCO di Italia naik kereta, atau lewat jalur darat dengan mengendarai mobil. Hanya saja, meskipun medannya sudah tak lagi semenantang di zaman dulu, perjalanan darat naik mobil ke Cinque Terre tetap cukup menantang karena jalanan yang berkelok-kelok.

Apabila Anda memutuskan untuk naik mobil, Anda bisa parkir di Monterosso, Riomaggiore, atau Vernazza dan lanjutkan petualangan Anda naik kereta kecil atau kapal feri. Di Cinque Terre, Anda bisa akses kapal feri dari Genova, La Spezia, Lerici, dan Portovenere.

Jika Anda sedang mood untuk berpetualang di Cinque Terre dengan cara yang lebih tradisional alias berjalan kaki, Anda bisa temukan jalur pejalan kaki yang menghubungkan kelima desa di kawasan ini. Opsi ini pun sangat populer di kalangan turis lainnya, sehingga Anda tentu tidak akan takut merasa kesepian selama menjelajahi kawasan ini.

Jalur pejalan kaki utama di Cinque Terre adalah Sentiero Azzurro, yang juga dikenal dengan nama Via dell’Amore alias Street of Love, yang menyusuri tepi laut. Lewat jalur ini, Anda bisa berjalan kaki mengunjungi semua desa hanya dalam waktu sekitar 6 jam. Selain itu, ada jalur Sentiero Crinale yang mengikuti jalur lama dan membentang antara Levanto hingga Portovenere. Karena medannya, Sentiero Crinale lebih populer di kalangan hiker.

Apa Saja yang Ada di Cinque Terre?

Kemudian, apa saja ya aktivitas atau atraksi wisata yang bisa Anda nikmati selama di Cinque Terre? Simak rekomendasinya di bawah ini berdasarkan kelima desa yang ada di kawasan ini, ya!

1.    Corniglia.

Corniglia
cinqueterre.eu.com

Corniglia adalah desa yang ada di tengah Cinque Terre dan satu-satunya yang tidak menghadap laut. Oleh karena itu, jumlah turis di Corniglia tidak sepadat desa-desa lain yang ada di Cinque Terre. Meski demikian, justru karena itulah keaslian Corniglia justru yang paling terjaga. Dan dari sini, Anda bisa menikmati pemandangan Cinque Terre secara keseluruhan atau menapaki jalur untuk mengeksplor dataran gigirnya.

2.    Manarola.

Desa Cantik Warisan UNESCO di Italia
id.wikipedia.org

Di antara kelima desa cantik warisan UNESCO di Italia ini, Manarola adalah desa yang paling sering dibayangkan para turis ketika mengingat Cinque Terre. Dengan pemandangan berwarna-warni yang mendominasi, deretan rumah di tepi tebing, dan lorong-lorong jalan yang saling berkaitan, Manarola menawarkan banyak hal untuk Anda kagumi. Dan di sinilah titik awal Via dell’Amore atau Street of Love, menjadikan Manarola jadi pemberhentian pertama yang sempurna untuk petualangan Anda di Cinque Terre.

3.    Monterosso al Mare.

Monterosso al Mare
getyourguide.com

Dari segi populasi, Monterosso al Mare lah yang paling banyak. Di sini, Anda bisa temukan dua kawasan hunian yang dipisahkan oleh terowongan yang panjangnya kira-kira 100 meter. Sisi tertua di desa ini bernama Porto Vecchio yang kira-kira sudah ada sejak tahun 1200. Sedangkan di sisi lainnya — bernama Fegina — terdapat pantai cantik.

Ada beberapa spot menarik yang bisa Anda kunjungi di sini. Salah satunya adalah Torre Aurora dan patung Neptunus — disebut sebagai Giant — yang dipahat seolah melebur dengan pesisir berbatu. Selain itu, Anda juga bisa menjelajahi caruggi di sini yang dijejali oleh penginapan dan bar.

4.    Riomaggiore.

Riomaggiore
tomphotography.eu

Riomaggiore merupakan desa abad pertengahan yang sudah ada sejak abad ke-7 dan seolah-olah dipahat ke dalam batu di tebing. Bahkan, deretan rumah-rumah di sini juga terlihat seperti bebatuan. Di sini, Anda juga bisa menemukan kastil dari abad ke-13 dan gereja Gotik dengan pesona antik khas Cinque Terre yang tidak bisa Anda rasakan di tempat-tempat lain.

5.    Vernazza.

Vernazza
italian-riviera.com

Kemudian ada Vernazza, sebuah desa kecil dengan sejarah berusia ribuan tahun sekaligus objek foto yang paling banyak diabadikan oleh para turis. Seluruh wilayah Vernazza dikelilingi oleh laut sehingga tak heran jika desa ini ramai dengan deretan perahu yang ditambatkan, dengan warna-warni yang sama cerahnya dengan warna bangunan di sini. 

Gotravelly

Wisata Air Ramah Anak, Mustiko Toyaning

Mengulik Wisata Alam Kabupaten Langkat

Di Vernazza, Anda juga bisa menemukan alun-alun dengan deretan bar dan tempat beristirahat di sekelilingnya. Dan pastinya, Anda juga bisa bebas mengeksplorasi jalan setapak yang bisa membawa Anda menemukan harta karun unik khas desa cantik warisan UNESCO di Italia yang satu ini.

Itu tadi ulasan mengenai Cinque Terre, kawasan desa cantik warisan UNESCO di Italia yang mendapatkan gelar tersebut sejak 5 Desember 1997. Area ini menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO sebagai cultural landscape atau situs budaya dengan nilai luar biasa yang mewakili interaksi harmonis antara orang-orang dan alam.



Leave a Reply