20 Desa Terindah di Dunia Bikin Betah Berlama lama!


prita  October 29, 2021  0 Comment

Siapa bilang menghabiskan waktu libur di pedesaan akan terasa membosankan? Desa paling indah di dunia tentu bisa menjadi alternatif destinasi wisata yang wajib untuk kamu coba. Banyak sekali desa-desa cantik yang ditemukan di dunia ini dan menawarkan keunikannya tersendiri. Kawasan pedesaan memang menawarkan pemandangan indah dengan udara sejuk serta suasana yang tenang sehingga sangat sempurna untuk sejenak melarikan diri dari hingar bingar perkotaan. Nah, kalau kamu ingin berlibur di pedesaan, cobalah untuk berkunjung ke salah satu desa terindah di dunia berikut ini.

1. Hallstat, Austria

Hallstatt
merahputih.com

Desa paling indah di dunia pertama yang wajib untuk kamu kunjungi adalah Desa Hallstat yang berada di Austria. Keindahan Hallstatt memang tak perlu diragukan lagi karena desa ini sangat populer di kalangan wisatawan.

Hallstatt adalah salah satu desa tertua di Eropa yang menawarkan panorama luar biasa, yaitu berupa danau berpadu dengan bangunan tua serta pegunungan mampu membuat wisatawan betah tinggal berlama-lama disini. Desa yang berada di antara Kota Salzburg dan Graz ini sangat sempurna untuk kamu yang tidak suka keramaian dan cocok di kunjungi sepanjang tahun.

Gotravelly

Ketentraman Di Desa Adat Panglipuran Bali

Sensasi Tenang Dan Sejuknya Pemandian Mata Air Fotuno Rete Di Muna

2. Giethoorn, Belanda

Giethoorn
heygo.com

Belanda ternyata juga memiliki salah satu desa paling indah di dunia bernama Giethoorn. Desa yang berada di utara Belanda ini mendapat julukan sebagai Venice of the Netherlands atau Venice-nya Belanda karena desa ini dipenuhi dengan kanal layaknya di Venesia.

Giethoorn ini tidak memiliki jalan untuk kendaraan, hanya ada sungai-sungai kecil yang berfungsi sebagai penghubung antar rumah. Tak heran jika pemandangan yang ditawarkan sangat indah dan udaranya juga sangat bersih karena tidak ada kendaraan bermotor disini. Desa yang dibangun pada tahun 1230 ini memiliki konsep yang menakjubkan karena sejauh mata memandang hanya terlihat pemandangan hijau.

3. Albarracin, Spanyol

Albarracin
afar.com

Desa paling indah di dunia yang wajib untuk kamu kunjungi berikutnya adalah Desa Albarracin yang berada di Provinsi Teruel, Spanyol. Desa ini terbilang sangat menarik karena memiliki nuansa abad pertengahan yang kental.

Tak hanya menawarkan nuansa abad pertengahan, rumah-rumah di desa ini dibangun dengan menggunakan material ringan dan dibangun di atas bukit. Tak heran jika kamu berkunjung kesana kamu bisa sekaligus merasakan sensasi tinggal di desa ala abad pertengahan karena udaranya yang sejuk serta banyaknya bangunan menyerupai benteng batu.

4. Wengen, Swiss

Wengen
pinterest.com

Swiss memang dikenal sebagai salah satu negara terindah di dunia, bahkan disini kamu juga akan menemukan salah satu desa paling indah di dunia bernama Wengen. Desa ini memiliki bentang alam yang luar biasa indah berupa Pegunungan Alpen serta rumah-rumah tradisional dari kayu.

Desa yang telah ada sejak ratusan tahun silam ini memang tidak boleh dimasuki oleh kendaraan bermotor sehingga hanya sepeda yang diperbolehkan untuk masuk desa ini. Menariknya lagi, Wengen ini berada di ketinggian sekitar 4.200 kaki dan telah menjadi destinasi wisata sejak tahun 1800-an. Musim dingin menjadi waktu terbaik untuk berkunjung ke Wengen karena disini kamu bisa bermain ski, meskipun begitu bukan berarti Wengen tidak indah dikunjungi saat musim lainnya, ya.

5. Oia, Yunani

Oia
greeka.com

Desa paling indah di dunia selanjutnya ada Desa Oia. Oia ini berada di puncak bukit Santorini, Yunani dan menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup populer di kalangan wisatawan.

Desa ini memang dibangun di atas lereng yang curam sehingga memungkinkan kamu melihat pemandangan indah dari kaldera Santorini yang sangat terkenal. Oia ini didominasi oleh bangunan berwarna putih yang elegan dan akan berkilauan jika terkena sinar matahari. Tak hanya itu, Oia juga menjadi spot favorit wisatawan yang ingin menikmati keindahan matahari terbenam di Santorini.

6. Eze, Perancis

Eze
pinayflyinghigh.com

Tak ketinggalan, Perancis ternyata juga memiliki desa paling indah di dunia yang cukup populer di kalangan wisatawan bernama Eze. Eze ini berada di ketinggian 400 meter di atas permukaan laut, di puncak tebing berbatu antara kota Nice dan Monaco.

Eze merupakan salah satu desa tertua peninggalan abad pertengahan Eropa yang berada di sepanjang pantai selatan Perancis. Tak hanya menawarkan pemandangan laut yang memesona, Eze juga menawarkan suasana abad pertengahan dengan adanya deretan bangunan yang dibangun berabad-abad lalu dan masih terawat hingga saat ini.

7. Bibury, Inggris

Bibury
cotswoldsadventures.co.uk

Desa paling indah di dunia yang satu ini juga tak kalah populer dan sering dikunjungi oleh wisatawan, yaitu Bibury. Bibury ini berlokasi di barat Inggris dan masuk dalam daftar tempat terindah di Inggris.

Bibury terkenal dengan bangunan yang terbuat dari batu Cotswold berwarna coklat madu yang indah. Tak hanya itu, disini kamu juga akan menemukan rumah-rumah tradisional yang terbuat dari batu menghadap ke Sungai Coln yang indah. Kamu pun bisa berjalan kaki untuk menjelajahi desa ini dan temukan deretan bangunan instagramable, seperti Cotswolds Water Park, Blenheim Palace dan Westonbirt Arboretum.

8. Reine, Norwegia

Reine
phinemo.com

Desa paling indah di dunia berikutnya bisa kamu temukan di Norwegia, yaitu Desa Reine. Desa Reine ini dikenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk menikmati indahnya Northern Lights atau Aurora Borealis di Norwegia.

Reine ini menawarkan pemandangan pegunungan dengan deretan rumah-rumah unik berwarna merah putih. Tak hanya itu, suasana yang ditawarkan Reine ini juga sangat tenang dan damai sehingga menjadi tempat sempurna untuk sejenak lepas dari rutinitas sehari-hari.

9. Savoca, Italia

Savoca
italyreview.com

Italia tak hanya menawarkan kelezatan pizza saja, lho. Negara ini ternyata juga memiliki salah satu desa paling indah di dunia yang bernama Savoca.

Nama Savoca sendiri diambil dari nama tumbuhan elder, yaitu savucu, yang merupakan tanaman semak dengan bunga berwarna putih dan memiliki aroma wangi. Tumbuhan ini masih banyak tumbuh liar di celah-celah antara rumah. Desa Savoca ini terkenal memiliki pemandangan yang sangat indah dengan deretan bangunan yang tertata rapi. Kamu juga bisa menemukan daya tarik dari desa ini seperti Gereja San Nicolo dan Gereja San Michele.

10. Freudenberg, Jerman

Freudenberg
agoda.com

Desa paling indah di dunia yang tak boleh untuk kamu lewatkan berikutnya adalah Freudenberg. Desa yang berada di Provinsi Rhine Westphalia, Jerman ini memiliki area seluas 93 kilometer persegi.

Disini kamu akan diajak menikmati lansdkap pedesaan khas Jerman yang indah dengan deretan rumah kayu khas Jerman yang akan membuat pengunjung kagum. Menariknya, rumah-rumah tersebut memiliki ukuran dan pola yang sama, lho. Tak hanya itu, pemandangan di desa ini juga akan membuatmu betah untuk berlama-lama disana. Apalagi suasananya yang tenang pasti akan membuat wisatawan mampu sejenak melepas penat dari rutinitas sehari-hari mereka.

11. Ortahisar, Turki

Ortahisar
lonelyplanet.com

Turki ternyata juga memiliki sebuah desa paling indah di dunia yang mampu mencuri perhatian wisatawan, yaitu Ortahisar. Ortahisar merupakan sebuah desa yang berada di Cappadocia yang terkenal sebagai gua bawah tanah.

Ortahisar ini masih mempertahankan sisi tradisionalnya bahkan di tengah kota-kota sekitarnya yang dipadati oleh wisatawan. Disini kamu bisa merasakan sensasi makan dan minum di bar bawah tanah, kemudian kamu juga bisa berkunjung ke kastil setinggi 78 meter yang terukir dari batu. Bahkan, kamu juga bisa lho menemukan hotel disini dan cobain serunya menginap di gua bawah tanah.

12. Shirakawa-go, Jepang

Shirakawa-go
fun-japan.jp

Desa paling indah di dunia berikutnya bisa juga kamu temukan di Asia, lho. Desa terindah ini dikenal dengan nama Shirakawa-go dan berada di kaki Gunung Haku-san, Jepang.

Desa Shirakawa-go ini menawarkan suasana yang tenang dengan pemandangan sawah dan sungai yang indah. Tak hanya itu, desa yang telah masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO ini memiliki deretan rumah bergaya gassho, yaitu rumah dengan atap segitiga yang memiliki makna layaknya tangan terlipat seperti orang yang sedang berdoa. Disini kamu tak hanya bisa menikmati alamnya yang indah di segala musim, namun kamu juga bisa belajar seni tradisional seperti menenun dan belajar membuat mie soba yang lezat.

13. Ping’an, Tiongkok

Ping'an
reinerboehme.de

Tak hanya Jepang, Tiongkok juga memiliki sebuah desa paling indah di dunia yang menawarkan pemandangan istimewa bernama Ping’an. Desa Ping’an ini berada di atas puncak sawah Longji yang terkenal di kawasan Longsheng County.

Desa ini juga menjadi sebuah komunitas kecil petani padi dimana tradisi lama dan budaya lokal sangat terlihat. Desa ini berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut sehingga udaranya sangat sejuk dan suasananya tenang. Jalan di desa ini juga semput namun memiliki pemandangan pegunungan yang indah dengan sawah di kanan kiri tak kalah indah. Menariknya, sawah di desa ini dibuat bertingkat yang berbeda-beda dan memiliki bentuk yang juga berbeda-beda.

14. Cua Van, Vietnam

Cua Van
poundtravels.com

Keindahan Ha Long Bay memang tak perlu diragukan lagi, bahkan disini kamu juga bisa menemukan salah satu desa paling indah di dunia. Cua Van merupakan sebuah desa yang berada di sepanjang Ha Long Bay, Vietnam.

Cua Van adalah sebuah desa nelayan yang indah dan menjadi salah satu tempat wisata populer di kawasan Ha Long Bay. Desa ini dikelilingi oleh teluk berwarna hijau zamrud dan pegunungan yang indah. Cua Van juga menawarkan suasana yang tenang sehingga menjadi tempat yang sempurna untuk berlibur dan sejenak melepas penat. Ditambah lagi, Cua Van juga menawarkan kehidupan laut yang indah nan eksotis, gua-gua cantik untuk dijelajahi hingga budaya desa yang masih dipertahankan sampai saat ini.

15. Nagari Pariangan, Indonesia

Nagari Pariangan
serikatnews.com

Desa paling indah di dunia ternyata juga bisa kamu temukan di Indonesia, lho. Desa ini bernama Nagari Pariangan yang dari namanya saja kamu sudah bisa menebak dimana lokasi desa ini berada.

Yap, Nagari Pariangan ini adalah sebuah di Provinsi Sumatera Barat dan menawarkan keindahan tersendiri. Desa ini tak hanya menawarkan pemandangan yang indah, namun juga budaya yang sangat kental, yaitu Budaya Minangkabau. Desa ini memiliki deretan atap runcing yang terawat dengan baik untuk rumah adat yang usianya mencapai 300 tahun. Menariknya lagi, desa ini juga memiliki sebuah masjid bersejarah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

16. Penglipuran, Indonesia

Penglipuran
disparda.baliprov.go.id

Masih di Indonesia, desa paling indah di dunia berikutnya bisa kamu temukan di Pulau Dewata, Bali. Desa ini dikenal dengan Desa Penglipuran dan merupakan sebuah desa adat yang populer di Bali.

Penglipuran ini juga disebut sebagai salah satu desa paling bersih di dunia karena sama sekali tidak boleh dimasuki oleh kendaraan bermotor. Menariknya, desa ini masih tetap mempertahankan sisi tradisional dan kelestarian lingkungannya. Bahkan, penataan desa dan bangunan tradisionalnya masih terjaga.

17. Sidi Bou Said, Tunisia

Sidi Bou Said
lonelyplanet.com

Desa terindah di dunia yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Sidi Bou Said. Sidi Bou Said ini berada di atas tebing curam dengan pemandangan langsung menuju ke Laut Mediteriania, tak heran jika desa ini menjadi salah satu wisata populer di Tunisia.

Disini kamu bisa berjalan-jalan di jalanan yang berbatu dan dipenuhi dengan toko-toko kecil dan kios-kios. Sambil berjalan-jalan, kamu bisa menikmati pemandangan Laut Mediterania yang menakjubkan. Tak hanya itu, kamu juga bisa berkunjung ke Istana Ennejma Ezzahra yang memiliki gaya bangunan Neo-Moor dan sangat instagramable.

18. Qasigiannguit, Greenland

Qasogiannguit
travelordietrying.com

Desa Qasigiannguit ini memang cukup populer dan dikenal sebagai salah satu desa terindah di dunia. Berada di Teluk Disko, Greenland, desa ini dikelilingi oleh pegunungan tinggi dan curam namun pemandangannya sangat indah.

Diberi nama Qasigiannguit ini memiliki arti Spotted Seals. Kamu bisa melihat tanah terbuka dan pegunungan tinggi di sekitar desa ini. Tak hanya itu, kamu juga bisa melakukan pendakian dengan pemandangan teluk yang sangat indah.

19. Palangan, Iran

Palangan
toursofiran.com

Palangan merupakan salah satu desa terindah di dunia di Iran yang kurang dikenal. Desa ini terselip di lembah dengan Sungai Tangi Var yang melaluinya dan memiliki populasi lebih dari 1.000 penduduk.

Disini kamu bisa melihat deretan rumah-rumah di sisi lembah miring dengan cara bertingkat dengan atas rumah dua kali lipat sebagai beranda atau pekarangan atas rumah mereka. Menariknya, warga setempat masih menjunjung tinggi warisan budaya mereka melalui tarian rakyat dan lagu. Disini kamu bisa menikmati kehidupan desa dengan piknik di tepi sungai sambil bernaung di bahawa pohon terdekat atau sambil bermain permainan sederhana bersama penduduk setempat.

20. Ait-Ben-Haddou, Maroko

Desa Terindah di Dunia
tripsavvy.com

Desa terindah di dunia yang terakhir adalah Ait-Ben-Haddou yang berada di Maroko. Desa ini terbilang cukup menarik dan unik karena berbeda dengan desa-desa sebelumnya karena desa ini terbuat dari batu bata tanah liat.

Desa ini berada di dekat Pegunungan Atlas atau sekitar 32 mil dari ibukota Maroko yang ramai. Tak hanya menawarkan pemandangan yang unik, Desa Ait-Ben-Haddou ini juga memiliki sisi historis. Saat pedagang melintasi Rute Perdagangan Sahara dan melewati kota dengan membawa rempah-rempah dan emas, mereka singgah sejenak di Ait-Ben-Haddou ini. Maka tak heran jika di desa ini kamu akan melihat banyak Kasbah atau benteng yang ditinggal dan dan sejak saat itu menjadi peninggalan yang diawetkan sehingga masih bisa dilihat sampai sekarang.

Demikianlah daftar 20 desa paling indah di dunia yang wajib untuk kamu kunjungi, setidaknya sekali seumur hidup. Liburan ke pedesaan jadi makin seru kan? Desa mana nih yang ingin kamu kunjungi?



Leave a Reply