Yuk Liburan Ke 7 Desa Wisata di Jawa Timur


Fida  October 24, 2022  0 Comment

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang menawarkan banyaknya pilihan destinasi wisata. Kamu dapat mengunjungi pilihan wisata yang beragam mulai dari tempat wisata alam hingga tempat bersejarah. Di Jawa Timur, kamu dapat mengunjungi beberapa pilihan desa wisata yang kental akan budaya serta menawarkan pemandangan indah dan menakjubkan. Menghabiskan waktu berlibur dengan menyusuri desa wisata bersama teman maupun keluarga tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, inilah daftar 7 rekomendasi desa wisata di Jawa Timur yang menarik untuk kamu datangi. 

1. Desa Kemiren Osing, Banyuwangi

desa kemiren osing
desabisa.com

Salah satu desa wisata di Jawa Timur yang dapat kamu datangi adalah Desa Kemiren Osing. Desa yang satu ini terletak di kawasan Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Tidak hanya dikenal unik, desa yang satu ini juga menyimpan banyak potensi budaya, seni, wisata alam, hingga kuliner. Masyarakat setempat juga mengelola desa serta UMKM dengan baik sehingga Desa Kemiren Osing layak dikunjungi sebagai desa wisata di Jawa Timur. 

Saat datang ke Desa Kemiren Osing, pengunjung juga akan disuguhkan dengan adanya rumah atau tempat tinggal yang unik. Tidak hanya itu, penduduk desa juga akan mengenakan pakaian adat sehingga menjadikan desa ini semakin menarik untuk dikunjungi. Selain kental akan budaya, desa yang satu ini juga menyuguhkan keindahan alam yang luar biasa. Pengunjung dapat melihat dengan jelas megahnya Gunung Ijen dan Gunung Raung dari desa ini. Saat berkesempatan datang ke Desa Kemiren Osing, jangan lupa untuk mencoba minuman khas nya yakni kopi Osing. Unik sekali bukan?

Gotravelly

Cafe Sawah Pujon: Rasakan Sensasi Nongkrong Asyik Di Tengah Sawah

Wisata You And I Garden : Taman Bunga Bernuansa Jepang Di Kaki Gunung Semeru

2. Desa Pujon Kidul, Malang

desa pujon kidul
travel.tribunnews.com

Tidak hanya Banyuwangi, Malang juga menyuguhkan indahnya salah satu desa wisata di Jawa Timur yang menarik untuk kamu datangi. Desa wisata di Malang populer dengan sebutan Desa Pujon Kidul. Dari desa ini, pengujung dapat menikmati indahnya kawasan kaki Gunung Arjuno. 

Saat datang dan menghabiskan waktu berlibur di Desa Pujon Kidul, kamu dapat mencoba berbagai aktivitas menarik seperti mengolah susu, beternak, memetik sayuran, dan masih banyak lagi. Bagi kamu yang suka dengan suasana alam, desa wisata yang satu ini juga menawarkan aktivitas outbound hingga camping yang dapat kamu coba. 

Salah satu yang populer dari desa ini adalah Cafe Desa Pujon Kidul. Cafe dengan berbagai menu lezat dan suguhan pemandangan indah ini tidak pernah sepi pengunjung. Jika ingin menghabiskan waktu berlibur di Malang, tidak ada salahnya jika kamu mengunjungi desa wisata yang satu ini. 

3. Desa Wisata Poncokusumo, Malang

desa wisata poncokusumo
lagilibur.com

Rekomendasi desa wisata di Jawa Timur berikutnya masih berada di Malang yakni Desa Wisata Poncokusumo. Desa wisata yang satu ini terbilang cukup populer karena berada di kawasan lereng Gunung Semeru, tepatnya berbatasan langsung dengan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Saat datang ke desa wisata yang satu ini, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas menarik seperti petik buah, petik bunga, petik sayuran, hingga memerah susu sapi. Desa Wisata Poncokusumo dikenal memiliki buah kelengkeng dan buah jeruk yang melimpah. 

Tidak hanya itu, desa wisata yang satu ini juga memiliki kesenian daerah serta budaya yang kental. Pengunjung dapat mengetahui banyak hal baru dan mengesankan saat datang ke Desa Wisata Poncokusumo. Untuk datang dan menyusuri indahnya kawasan Desa Wisata Poncokusumo, pengunjung hanya dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000,- per orang. Cukup terjangkau bukan?

4. Desa Guwoterus, Tuban

desa guwoterus
merdeka.com

Selain Malang dan Banyuwangi, Tuban juga menyuguhkan indahnya desa wisata di Jawa Timur yang menarik untuk didatangi. Desa Guwoterus merupakan desa wisata yang populer dan banyak didatangi oleh wisatawan saat berkunjung ke Tuban. Untuk masuk dan menyusuri kawasan Desa Wisata Guwoterus, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000,- per orang.

Desa wisata yang satu ini memiliki akses jalan yang mudah dilalui sehingga wisatawan dapat dengan mudah untuk datang dan berlibur di Desa Guwoterus. Terdapat destinasi offroad populer hingga goa goa indah yang disuguhkan. Pengunjung juga dapat mencoba pengalaman seru membuat batik, membuat kerajinan bambu, hingga bike adventure. 

Sembari menyusuri desa wisata, pengunjung juga dapat sekaligus mengunjungi tempat wisata alam yakni Air Terjun Nglirip, Sumber Air Krawak, hingga Goa Putri Asih. Bagaimana, tertarik untuk menghabiskan waktu berlibur di Desa Guwoterus saat datang ke Tuban?

5. Desa Taman Sari, Banyuwangi

desa tamansari
regional.kompas.com

Tidak hanya Desa Kemiren Osing, Desa Taman Sari juga menjadi salah satu desa wisata di Jawa Timur yang dapat kamu kunjungi di Banyuwangi. Desa wisata yang satu ini terletak di kawasan Licin, Banyuwangi. Kamu dapat mengunjungi Desa Taman Sari mulai pukul 8 pagi hingga pukul 6 sore setiap harinya. 

Pengunjung tidak perlu khawatir karena untuk menyusuri kawasan desa wisata ini akan dikenakan biaya tiket masuk yang cukup terjangkau. Desa Wisata Taman Sari juga dikenal sebagai pintu gerbang menuju Kawah Ijen. 

Indahnya pemandangan alam yang ditawarkan tentu dapat membuat pengunjung betah. Deretan pohon pinus yang menjulang tinggi juga menambah indahnya kawasan desa wisata ini. Terdapat berbagai aktivitas menarik yang dapat dilakukan oleh pengunjung saat datang ke Desa Taman Sari. Sajian kopi serta kuliner tradisional khas juga sayang untuk kamu lewatkan.

6. Kampung Goenoeng, Batu

Desa Wisata di Jawa Timur
m.merdeka.com

Satu lagi rekomendasi desa wisata di Jawa Timur yang sayang untuk kamu lewatkan yakni Kampung Goenoeng. Desa wisata yang satu ini terletak di Batu, tepatnya berada di Dusun Kapru, Desa Gunungsari, Bumiaji. 

Terdapat berbagai aktivitas menarik yang dapat kamu lakukan saat datang ke Kampung Goenoeng. Pengunjung dapat mencoba sensasi rafting, tubing, arung jeram, hingga wisata edukasi lainnya seperti memetik sayuran dan buah buahan. Seru sekali bukan? 

Memutuskan untuk menghabiskan waktu berlibur bersama teman maupun keluarga di Kampung Goenoeng tentu menjadi pilihan tepat yang bisa kamu coba. Kamu dapat memilih paket wisata edukatif yang cocok untuk segala usia. 

7. Kampung Kungkuk

kampung kungkuk
malangtimes.com

Masih berada di Batu, Kampung Kungkuk juga merupakan salah satu desa wisata di Jawa Timur yang menarik untuk kamu datangi. Desa wisata yang satu ini dikenal menawarkan pemandangan alam yang indah dan menakjubkan. Desa Kungkuk dapat kamu datangi di Jalan Semeru, Punten, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Nah, itulah daftar 7 rekomendasi desa wisata di Jawa Timur yang bisa kamu datangi. Dari rekomendasi di atas, desa wisata manakah yang paling ingin kamu kunjungi?



Leave a Reply