10 Tempat Wisata Terbaik di Sidoarjo + Rekomendasi Oleh-Oleh


Reni  September 12, 2018  0 Comment

Sidoarjo ialah pusat kerajaan Janggala. Kabupaten Sidoarjo merupakan Provinsi Jawa Timur, Indonesia.  Kabupaten Sidoarjo memiliki sejuta pesona akan keindahan alam. Memiliki beragam budaya, tempat-tempat yang bersejarah dan tempat-tempat wisata yang menarik. Tempat wisata di Sidoarjo juga banyak menyediakan kuliner khas yang memiliki rasa yang enak. Banyak pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi disini. Bahkan banyak tempat-tempat wisata yang masih tersembunyi dan belum banyak dikunjungi oleh para wisatawan.Berikut adalah Tempat wisata terbaik di Sidoarjo Dan rekomendasi oleh-oleh daerah Sidoarjo :

1. Monumen Jayandaru

Monumen Jayandaru

youtube.com

Monumen Jayandaru berada di tengah kota Sidoarjo terletak di Jl. Jenggolo, Sidokumpul, kabupaten Sidoarjo. Monumen ini merupakan salah satu dari ikon kota Sidoarjo. Monumen ini dinamakan Jayandaru, Karena Jayandaru memiliki arti  Wahyu Kejayaan, pemerintah kota ini berharap dengan memberikan nama ini kota Sidoarjo dapat mengalami masa kejayaan.

Banyak warga sekitar yang berkunjung untuk berfoto atau duduk santai di Gazebo yang telah tersedia.   Terdapat tempat bermain untuk anak-anak, tempat ini nyaman dan juga cocok untuk dikunjungi semua kalangan, apalagi anak-anak dan keluarga, bisa dijadikan tempat rekreasi. Tempat ini sangat dijaga kebersihannya, disediakan beberapa tempat sampah agar pengunjung tidak membuang sampah sembarangan. Agar keindahan dan kebersihan di Monumen ini tetap terjaga.

review kuliner

Ngga Cuma Lumpur Lapindo, Sidoarjo Juga Punya Situs Candi Pari Yang Bersejarah

Es Sirsak Susu Cimalaya: Segarnya Ngga Ketulungan!

2. Pura Jala Siddhi Amertha

Pura Jala Siddhi Amertha

Trivia.id

Pura Jala Siddhi Amertha terletak di Juanda Sidoarjo, tempat ini terlihat sangat bersih dan juga indah. Terdapat galeri batik dan juga tersedia souvenir khas jawa timur yang bisa dijadikan oleh-oleh. Disini juga tersedia warung-warung makan dan stan-stan yang menjual tanaman hias. Terdapat bangunan gereja yang berada tepat di samping pura ini.

Baca juga :  13 Tempat Makan Keluarga di Sidoarjo Paling Mantap

Pura ini merupakan tempat suci tempat umat Hindu, pura ini sering digunakan sebagai tempat sembahyang umat Hindu, resepsi pernikahan maupun keperluan umat Hindu lainnya.

3. Museum Mpu Tantular

Museum Mpu Tantular

kresnabayutour.com

Terletak di kecamatan Bunduran, Sidaorjo, Jawa Timur ini merupakan bangunan yang telah diresmikan pada tanggal 25 juli 1937. Museum ini dikelola oleh pemerintah kota Sidoarjo, yang didirikan oleh seorang warga berkebangsaan Jerman yang bernama Stedelijk Historisch dan Von Vaber.

4. Candi Sumur

Candi Sumur

nikmah012.blogspot.com

Candi Sumur merupakan Candi peninggalan pada masa dulu yang terletak di Kabupaten Sidoarjo, Candi ini didirikan sama dengan Candi Pari. Namun ukuran candi sumur lebih kecil yaitu setengah dari candi Pari. Candi pari memiliki bentuk yang sederhana dan terbuat dari batu bata. Candi Sumur dibangun pada masa kerajaan Majapahit . kita bisa melihat keadaan yang masih sangat asri disini. Dan juga mengenal sejarah pada masa dulu.

5. CitraGarden Waterpark

CitraGarden Waterpark

jalanwisata.id

Di kota Sidoarjo ada tempat wisata yang menarik yang bernama CitraGarden Waterpark. Salah satu wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan dan juga masyarakat sekitar. Wisata pemandian yang memiliki wahana menarik. Wahana-wahana yang bisa dinikmati sesuai dengan umur, seperti under water adventure. Swimming pool, racer slide, family slide dan beberapa lainnya.

Disini juga tersedia beberapa paket yang menarik, paket outbound, paket event wedding party paket birthday dan lainnya. Terdapat beberapa fasilitas yang memanjakan para pengunjung. Ada musholla, food court, toilet, gazebo dan tempat parkir. Harga tiket untuk masuk kesini ialah Rp. 25.000 sampai Rp. 30.000. buka pada jam  08.00 sampai 17.00. ini merupakan tempat wisata di Sidoarjo yang banyak dikunjungi dan tidak pernah sepi.

Baca juga :  20 Danau Terindah di Australia Pesonanya Bikin Bahagia Jiwa Raga!

6. Water Park Suncity

Water Park Suncity

wisatajawatimur.xyz

Taman air yang menjadi tempat favorit yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan tiket masuk Rp. 30.000 sampai dengan Rp. 40.000 terdapat beberapa sarana outbond untuk anak-anak kecil. Ada panjat tebing, jembatan merah, flying fox, spiderweb dan lainnya. Objek wisata air ini didirikan pada tahun 2004. Tempat ini menjadi pilihan masyarakat dan cocok dijadikan tempat rekreasi. Tempat wisata ini didirikan pada tahun 2004

7. Wisata Anyar Mangrove

Wisata Anyar Mangrove

apps.phinemo.com

Tempat wisata yang dikenal dengan singkatan WAM yaitu Wisata Anyar Mangrove, tempat wisata ini dibangun untuk mengurangi dampak pemanasan global untuk menyelamatkan lingkungan hidup dan makhluk hidup yang diakibatkan karena terjadinya pemanasan global. Tempat wisata ini dikelola oleh masyarakat dan juga pemerintah.

Hutan mangrove sangat berfungsi untuk nutrisi ikan-ikan dan melindungi kawasan pesisir dari terjadinya erosi air laut. Saat berkunjung kita kan melihat pemandangan yang hijau dan indah, melihat binatang-binatang monyet dan burung. Merasakan angin sejuk dan dapat merasakan ketenangan.

8. Candi Pari Sidoarjo

Candi Pari Sidoarjo

Indonesia-Tourism.com

Candi Pari didirikan pada Tahun 1293 saka atau pada masa kerajaan Majapahit. Candi yang terbuat dari batu bata dan memiliki bentuk bujur sangkar dan pintu masuk yang berbentuk segi empat.  Tempat ini bisa dikunjungi untuk melihat peninggalan sejarah dan bisa mengetahui akan hal-hal sejarah pada saat candi ini dibangun.

9. Alun-Alun Sidoarjo

Alun-Alun Sidoarjo

hilmanfadhlillahle.blogspot.com

Alun alun Sidoarjo yang banyak dikunjungi masyarakat dan turis asing yang berada di tengah kota Sidoarjo. Tempat ini sering digunakan sebagai tempat nongkrong dan untuk berjalan-jalan di minggu pagi. Banyak terlihat pedagang kaki lima yang mencari rezeki di sekitar alun-alun. Tersedia bermacam jajanan dan juga buah-buahan disini. Untuk melihat keindahan di sekeliling kota kita bisa menggunakan kereta kuda. Disini kita bisa melihat pemandangan yang hijau dari rerumputan yang sangat terawat.

Baca juga :  10 Danau di Austria Segarkan Mata dan Jiwa

Tidak jauh dari alun-alun ada Masjid Agung, tentu sangat bagus untuk para wisatawan muslim yang berkunjung setelah beribadah bisa menikmati suasana di alun-alun Sidoarjo.

10. Kampung batik Jetis

Kampung batik Jetis

jurnal.kainusa.id

Kampung batik jetis yang terletak di Jl.Ponegoro. Disini kita bisa berwisata sekaligus berbelanja dan mengenal budaya. Tersedia batik dengan motif burung merak yang menjadi ciri khas dari kota Sidoarjo. Hasil karya batik dijual dengan harga yang bervariasi, disini kita bisa langsung melihat proses pembuatan batik.  Hasil batik bisa kita jadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang ke kampung halaman.

jika berbicara mengenai oleh-oleh tentu setiap daerah memiliki ciri khas dari oleh-oleh daerah tersebut. Jika berlibur ke kota Sidoarjo kita wajib membeli beberapa

oleh-oleh khas Sidoarjo berikut ini

  1. Wader kriuk merupakan hasil laut yang dijadikan cemilan yang gurih

  2. Kerupuk talas

  3. Kerupuk udang Sidoarjo yang merupakan primadona oleh-oleh khas kota Sidoarjo.

  4. Terasi Sidoarjo terkenal akan gurih dan harumnya.

  5. Petis warnanya yang hitam pekat dan memiliki harum gurih biasanya dipakai untuk membuat rujak cingur

  6. Lontong kupang yang merupakan makanan khas yang paling disukai dan dicari oleh para wisatawan

  7. Bandeng asap ini juga merupakan salah satu oleh-oleh yang terkenal di kota Sidoarjo

  8. Telur asin terdapat telur asin panggang dan rebus.

  9. Otak-otak bandeng yang memiliki rasa lezat dan menggunakan kelapa sebagai isinya.

Banyak tempat yang bisa kita kunjungi saat liburan kota Sidoarjo, tempat yang bernuansa sejarah bahkan tempat dengan pemandangan yang indah, ini hanya beberapa tempat wisata di Sidoarjo yang bagus, masih banyak lagi tempat-tempat yang menarik yang bisa kamu kunjungi, dan jangan lupa beli oleh-oleh khas kota ini yang wajib kamu bawa pulang.



Leave a Reply