21 Wisata Alam di Semarang Pesonanya Bikin Nggak Mau Pulang


prita  April 20, 2022  0 Comment

Semarang merupakan ibukota Provinsi Jawa Tengah yang dikenal dengan wisata kota tuanya. Kota Lumpia ini memang dikenal memiliki banyak sekali bangunan tua yang bersejarah dan kerap dikunjungi sebagai destinasi wisata. Selain wisata bersejarah, wisata alam di Semarang juga layak untuk dijelajahi, lho. Nah, kalau kamu berencana untuk berlibur ke Semarang, jangan lewatkan untuk mengunjungi destinasi wisata alamnya berikut ini ya.

1. Rawa Pening

Rawa Pening
travel.okezone.com

Wisata alam Semarang yang wajib untuk kamu kunjungi yang pertama adalah Rawa Pening. Rawa Pening adalah sebuah danau alami yang berada di dekat Ambarawa dan telah menjadi salah satu destinasi wisata unggulan Kabupaten Semarang.

Danau ini menyimpan kisah legendaris dari Baro Klinting yang sangat populer dan masih dipercaya sampai saat ini. Namun, dibalik kisahnya yang tragis, Danau Rawa Pening ini menawarkan pemandangan yang sangat indah dan menawarkan suasana tenang sehingga cocok untuk kamu yang ingin sejenak melepas penat dari rutinitas sehari-hari.

Gotravelly

Ayana Gedongsongo : Spot Wisata Unik Yang Instagramable Di Semarang

Explore Klenteng Sam Poo Kong, Semarang Rasa Tiongkok

2. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti
wisatainfo.com

Jika kamu suka berenang, maka destinasi wisata alam Semarang yang satu ini tak boleh untuk dilewatkan begitu saja, yaitu Umbul Sidomukti. Umbul Sidomukti ini merupakan sebuah kolam renang alami yang akan membuatmu merasakan berenang di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut.

Umbul Sidomukti ini berada di lereng Gunung Ungaran sehingga kamu bisa melihat pemandangan pegunungan yang indah serta udara khas pegunungan yang sejuk. Disini kamu juga bisa menemukan beberapa jenis kolam renang dengan kedalaman yang berbeda-beda. Selain itu, karena air kolam ini berasal dari mata air, maka airnya sangat jernih serta segar.

3. Bukit Gombel

Bukit Gombel
jejakpiknik.com

Wisata alam Semarang yang tak kalah menarik untuk dikunjungi berikutnya adalah Bukit Gombel. Bukit Gombel ini merupakan tanah tertinggi di Semarang karena menjadi tempat berdirinya menara pemancar televisi, radio dan telekomunikasi.

Selain itu, Bukit Gombel ini menawarkan pemandangan yang indah, terutama saat malam hari. Kamu bisa melihat hamparan bintang yang berkilau di langit berpadu sempurna dengan cahaya lampu kota di malam hari. Disini kamu bisa menikmati suasana yang tenang dengan udara yang sejuk. Di kawasan Bukit Gombel ini kamu juga bisa menemukan beberapa fasilitas, seperti penginapan dan rumah makan.

4. Gardu Pandang Lereng Kelir

Gardu Pandang Lereng Kelir
jejakpiknik.com

Gardu Pandang Lereng Kelir juga menjadi salah satu destinasi wisata alam Semarang yang sayang sekali untuk dilewatkan. Wisata yang berlokasi di Dusun Gertas, Brongkol, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang ini berada di ketinggian 1.384 meter di atas permukaan laut.

Lokasinya yang berada di ketinggian ini membuat pengunjung bisa menikmati pemandangan kota Ambarawa serta pegunungan hijau dan langit biru yang indah. Tak jauh dari sana, kamu juga bisa menemukan hutan pinus yang sejuk dan instagramable. Selain bisa menikmati pemandangan, disini kamu juga bisa berkemah dengan tenda, lho.

5. Gua Kreo

Gua Kreo
masandiwibowo.com

Wisata alam Semarang yang wajib untuk dikunjungi selanjutnya adalag Gua Kreo. Gua yang berlokasi di Jalan Raya Goa Kreo, Gunung Pati, ini terbentuk secara alami di tengah Waduk Jatibarang yang membendung Kali Kreo.

Disini kamu bisa melihat patung kera yang berada di dekat jembatan, hal ini dikarenakan tempat ini dipercaya memiliki penunggu berupa kera. Untuk itu, kamu jangan kaget jika dalam perjalanan akan menemukan kera-kera asli.

Tak hanya itu, di kawasan Gua Kreo ini kamu juga bisa menemukan jembatan yang menjadi spot foto yang keren, air terjun, goa dan area istirahat untuk menikmati pemandangan. Terlebih lagi, kamu juga bisa lho berfoto di balon udara.

6. Gunung Telomoyo

Gunung Telomoyo
grid.id

Kalau kamu suka naik gunung atau kegiatan luar ruangan, maka Gunung Telomoyo wajib untuk kamu kunjungi. Gunung Telomoyo ini menjadi salah satu destinasi wisata alam Semarang yang menawarkan pemandangan indah dan pengalaman seru saat mengunjunginya.

Bukan hanya rute perjalanannya yang menyenangkan, namun saat kamu tiba di puncaknya kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang menawan. Tak perlu khawatir kelelahan karena kamu bisa mencapai puncak Gunung Telomoyo ini dengan menggunakan sepeda motor dan mobil dalam kurun waktu 30 menit dengan jalan yang mudah untuk dilalui.

7. Gunung Ungaran

Gunung Telomoyo
travelspromo.com

Selain Gunung Telomoyo, wisata alam Semarang yang satu ini juga berupa gunung yang tak kalah populer, yaitu Gunung Ungaran. Gunung setinggi 2.050 meter di atas permukaan laut ini menjadi salah satu tempat favorit untuk hiking dan camping.

Disini kamu bisa menemukan basecamp untuk spot berkemah dan jalur pendakiannya relatif aman. Tak hanya itu, dari puncak Gunung Ungaran ini kamu bisa menikmati pemandangan dari deretan gunung lainnya, yaitu Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Prau dan Gunung Sumbing Sindoro.

8. Wana Wisata Penggaron

Wana Wisata Penggaron
kompasiana.com

Wisata alam Semarang yang tak kalah menarik untuk dijelajahi adalah Wana Wisata Penggaron. Wana Wisata Penggaron ini merupakan kawasan hutan lebat alami yang memiliki udara segar.

Disini kamu tak hanya bisa menikmati indahnya pemandangan hutan yang sejuk, namun juga kehidupan di dalamnya. Hutan ini menjadi habitat beberapa satwa liar, seperti ragam spesies burung. Di kawasan hutan ini kamu juga bisa menginap dengan mendirikan tenda dan melakukan berbagai kegiatan seru.

9. Air Terjun Semirang

Air Terjun Semirang
brobali.com

Kamu penyuka wisata air terjun? Maka kamu wajib untuk berkunjung ke Air Terjun Semirang. Wisata alam Semarang yang satu ini lokasinya cukup tersembunyi di tengah hutan sehingga memiliki pemandangan yang masih asri dengan udara yang sangat sejuk.

Dibutuhkan stamina tubuh yang fit jika ingin menuju ke air terjun ini pasalnya pengunjung harus berjalan kaki untuk tiba disana. Meskipun begitu, semua rasa lelahmu akan langsung terbayar setelah melihat indahnya pemandangan dari Air Terjun Semirang ini.

10. Air Terjun Kali Pancur

Air Terjun Kali Pancur
wisatainfo.com

Wisata alam Semarang berikutnya juga masih berupa air terjun, yaitu Air Terjun Kali Pancur. Air terjun ini merupakan salah satu wisata yang sangat populer dikalangan pecinta alam karena memiliki pemandangan yang sangat indah.

Air terjun setinggi 150 meter ini menjadi air terjun tertinggi di Semarang dan untuk mencapainya, kamu harus melewati anak tangga sejumlah 900. Untuk itu, kamu harus mempersiapkan tenaga dan stamina yang fit agar bisa tiba di lokasi. Meskipun begitu, semua rasa lelah akan hilang seketika saat kamu melihat indahnya air terjun yang satu ini.

11. Curug Lawe

Curug Lawe
travelspromo.com

Semarang rupanya dianugerahi dengan beberapa air terjun cantik. Selain Air Terjun Kali Pancur dan Air Terjun Semirang, destinasi wisata alam di Semarang yang wajib untuk kamu kunjungi berikutnya adalah Curug Lawe.

Curug Lawe ini memang lebih populer karena lokasinya yang berada tak jauh dari pusat kota Semarang. Meskipun begitu, pemandangannya tak perlu diragukan lagi. Air terjun yang berlokasi di Desa Kalisidi, Ungaran Barat ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Untuk menuju kesini, kamu harus perjalanan yang cukup melelahkan dengan jalanan berbatu dan jembatan kayu yang indah. Oleh karena itu, kamu harus mempersiapkan stamina yang fit untuk menuju kesana.

12. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo
celebrities.id

Siapa bilang hanya bisa menemukan candi di Jogja dan Magelang saja? Di Semarang kamu juga bisa menemukan sebuah candi yang belakangan ini cukup populer sebagai salah satu destinasi wisata alam Semarang, yaitu Candi Gedong Songo.

Candi Gedong Songo ini merupakan peninggalan agama Hindu yang populer di Jawa Tengah, bahkan usianya lebih tua dibandingkan dengan Candi Prambanan dan Candi Borobudur. Tak hanya berwisata sejarah, disini kamu juga akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat cantik karena candi ini berada di kaki Gunung Ungaran. Pemandangan yang ditawarkan dari komplek Candi Gedong Songo ini sangat menawan, ditambah lagi dengan udara sejuk khas pegunungan yang bisa membuatmu betah berlama-lama disini.

13. Pantai Marina

Pantai Marina
pantainesia.com

Wisata alam Semarang tak melulu soal gunung, lho. Di Semarang, kamu juga bisa menemukan wisata pantai dan salah satu pantai yang cukup populer adalah Pantai Marina.

Pantai Marina ini lokasinya berada cukup dekat dengan pusat kota sehingga sangat mudah untuk dijangkau. Tak hanya itu, pantai ini juga menawarkan pemandangan yang sangat indah, terutama jika kamu berkunjung saat matahari terbenam. Pantai Marina ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seru yang bisa kamu coba, seperti jet ski, kolam renang dan taman bermain untuk anak-anak.

Disini kamu bisa bersantai dengan suasana yang sejuk karena pantai ini dipenuhi dengan pepohonan rindang dan hembusan angin pantainya sangat menyegarkan. Tak heran jika Pantai Marina ini menjadi salah satu destinasi terbaik untuk sekedar menyegarkan pikiran tak jauh dari pusat kota.

14. Pantai Baruna

Pantai Baruna
jejakpiknik.com

Tak hanya Pantai Marina, Pantai Baruna juga menjadi salah satu destinasi wisata alam Semarang lainnya yang tak kalah seru untuk dikunjungi. Pantai ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menikmati suasana pantai dengan semilir anginnya yang sejuk.

Pantai Baruna ini menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup populer di Semarang karena pemandangan yang indah dan tiket masuknya yang terjangkau, sehingga bisa dikunjungi oleh semua kalangan. Tak hanya bisa menikmati pemandangan pantai yang menawan, disini kamu juga bisa menikmati hamparan padang ilalang, rerumputan dan pepohonan yang bisa dijadikan sebagai spot foto.

15. Pantai Tirang

Pantai Tirang
jejakpiknik.com

Wisata alam Semarang selanjutnya adalah Pantai Tirang. Pantai yang lokasinya berada tak jauh dari Bandara Ahmad Yani Semarang ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan asri.

Memiliki pasir hitam yang lembut dengan pemandangan matahari terbenam yang indah. Pantai Tirang ini sangat cocok untuk kamu yang gemar memancing karena di perairan pantai ini banyak jenis ikan, ditambah lagi lokasinya yang dekat dengan muara Sungai Silandak. Pantai Tirang ini juga dihiasi dengan banyak pohon bakau yang berfungsi menanggulangi abrasi serta menjadi tempat budidaya ikan bandeng.

16. Pantai Maron

Pantai Maron
pantainesia.com

Pantai Maron juga menjadi salah satu destinasi wisata alam Semarang yang sayang sekali untuk dilewatkan. Pantai ini menawarkan pemandangan unik berupa tambak-tambak miliki warga yang berjejer.

Tak hanya bisa menikmati suasana pantai yang indah dan tenangm disini kamu juga bisa mengunjungi hutan mangrove yang tak kalah indah. Hutan mangrove di pantai ini dilengkapi dengan jembatan bambu dan ada spot gazebo tinggi dimana kamu bisa naik untuk melihat keseluruhan wisata mangrove ini. Hutan mangrove ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang instagramable dan berfungsi sebagai mencegah abrasi.

17. Brown Canyon

Brown Canyon
pinhome.id

Wisata alam Semarang yang tak kalah menarik untuk dikunjungi berikutnya adalah Brown Canyon. Brown Canyon memang menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup populer karena menawarkan pemandangan menawan yang instagramable.

Berlokasi di Rowosari, Tembalang, Brown Canyon ini merupakan area bukit bekas penambangan yang membuat bukit-bukit ini dipenuhi dengan tumbuhan hijau di bagian atasnya sehingga dijuluki sebagai Brown Canyon. Tak sedikit pengunjung yang datang kesini untuk berwisata, namun banyak juga fotografer yang datang kesini untuk mengambil foto dari indahnya wisata alam buatan ini.

18. Taman Bunga Celosia

Taman Bunga Celosia
nowpalembang.com

Belakangan ini wisata taman bunga memang menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup populer di media sosial dan Semarang punya salah satu taman bunga yang juga menjadi wisata alam unggulan Semarang, yaitu Taman Bunga Celosia.

Taman Bunga Celosia ini menawarkan suasana modern, asri dan alami. Banyak sekali spot foto yang instagramable bisa kamu temukan di taman bunga ini, sangat cocok untuk kamu yang punya hobi fotografi. Dulunya, Taman Bunga Celosia ini hanya berisi ragam jenis bunga berwarna-warni yang bermekaran, namun sekarang disini telah dilengkapi dengan berbagai miniatur khas Eropa yang bisa menjadi spot foto.

19. Gumuk Reco

Gumuk Reco
foto.kompas.com

Wisata alam Semarang yang tak boleh untuk dilewatkan selanjutnya adalah Gumuk Reco. Gumuk Reco ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai tantangan atau kegiatan yang memacu adrenalin.

Gumuk Reco ini menawarkan keindahan pemandangan tebing dan hamparan pepohonan yang rimbun. Konon, Gumuk Reco ini adalah peninggalan kerajaan Majapahit yang belum selesai dipahat, tak heran jika kamu akan menemukan beberapa tebing yang terlihat rapi. Kamu juga bisa mencoba untuk berjalan menyusui tebing-tebing ini untuk menikmati pemandangan yang indah dari ketinggian.

20. Taman Wilis

Taman Wilis
kissparry.com

Taman Wilis adalah salah satu destinasi wisata alam di Semarang yang tak kalah populer dan menjadi salah satu tujuan wisata untuk healing sejenak. Belokasi di Jalan Wilis no 3, Kota Semarang, taman ini menawarkan pemandangan indah dan udara yang sejuk.

Taman Wilis ini lokasinya berada jauh dari pusat kota Semarang sehingga sangat cocok untuk sekedar bersantai dan melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Dari taman ini kamu bisa menikmati indahnya pemandangan kota Semarang dari ketinggian dan panorama matahari terbit yang sangat indah.

21. Kebun Durian dan Wisata Edukasi Watu Simbar

Wisata Alam di Semarang
wisatabaru.com

Wisata alam di Semarang yang terakhir adalah Kebun Durian dan Wisata Edukasi Watu Simbar. Destinasi wisata yang satu ini sangt cocok untuk kamu yang menyukai durian karena disini kamu bisa melihat langsung berbagai jenis tanaman durian dan menikmati buahnya langsung dari pohonnya. Hal tersebut tentu menjadikannya sensasi tersendiri, apalagi jika ditambah dengan suasana alam yang sejuk dan rindang sehingga bisa membuat pikiran lebih segar dan siap untuk kembali beraktivitas.

Demikianlah daftar wisata alam Semarang yang wajib untuk kamu kunjungi saat berlibur kesana. Jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan ya saat berlibur ke Semarang. Selamat berlibur.



Leave a Reply