10 Wisata Sekitar Derawan Dengan Anugerah Alam Paling Menawan


prita  June 30, 2022  0 Comment

Wisata Pulau Derawan memang menjadi salah satu destinasi wisata di Indonesia yang cukup mendunia. Berlokasi di Provinsi Kalimantan Timur, Kepulauan Derawan ini seolah menjadi salah satu surga di Indonesia yang wajib untuk kamu kunjungi. Kepulauan Derawan ini terdiri dari beberapa pulau yang mana masing-masing memiliki keindahannya tersendiri.

Ragam destinasi wisata di Kepulauan Derawan ini tentunya menjadi surga tropis bagi kamu yang suka wisata pantai karena disini kamu bisa menyaksikan pemandangan pantai pasir putir, pohon kelapa yang melambai hingga air laut yang berwarna kebiruan dan jernih. Perairan di Kepulauan Derawan ini juga dikenal sebagai tempat diving terbaik yang dimiliki Indonesia, tak heran jika pulau ini cukup menarik wisatawan dunia.

Nah, untuk kamu yang tertarik untuk menjelajahi indahnya Kepulauan Derawan, berikut ini adalah daftar destinasi wisata di Derawan yang wajib untuk kamu kunjungi.

1. Pantai Pulau Derawan

Pantai Pulau Derawan
tour.dolandolen.com

Destinasi wisata di Derawan yang pertama adalah Pantai di Pulau Derawan. Sudah bukan rahasia lagi jika pantai-pantai di Pulau Derawan ini memiliki air laut yang sangat bersih dan berkilauan jika terkena sinar matahari.

Air laut di Pantai Pulau Derawan ini berwarna biru kehijauan sehingga bisa membuat siapapun terpesona. Tak hanya bisa menikmati keindahan pantai, disini kamu juga bisa melakukan ragam aktivitas air seperti snorkeling dan diving. Menariknya lagi, disini kamu juga bisa menginap di penginapan terapung yang berada di sekitar Pantai Pulau Derawan ini.

Gotravelly

Arung Senja, Cafe Cozy Dengan Ragam Pilihan Menu Enak

Mencoba Kopi Jos Ala Angkringan Kopi Jos Pak Agus

2. Pulau Maratua

Pulau Maratua
tiket.com

Pulau Maratua juga menjadi salah satu destinasi wisata di Derawan yang tak boleh untuk dilewatkan begitu saja. Pulau Maratua ini merupakan hamparan pulau kecil yang dikelilingi oleh laut biru yang terbagi dalam emapt desa.

Meskipun pulau ini tidak terlalu besar, namun dijamin kamu akan betah berlama-lama di pulau ini. Disini kamu akan menemukan ragam resort sebagai tempat untuk menginap. Tak hanya itu, disini kamu juga bisa melakukan ragam aktivitas air yang seru seperti snorkeling dan diving di sekitar resort.

3. Pulau Sangalaki

Pulau Sangalaki
tribunnews.com

Wisata di Derawan yang patut untuk dikunjungi selanjutnya adalah Pulau Sangalaki. Pulau Sangalaki ini seolah menjadi tempat terbaik untuk melakukan snorkeling dan diving.

Pulau Sangalaki memiliki banyak spot untuk melakukan diving dengan biota laut yang beragam dan bisa kamu lihat dari dekat. Ragam biota laut yang cukup populer dan kerap ditemukan di perairan Pulau Sangalaki ini diantaranya adalah Penyu Hijau dan Penyu Sisik serta ikan pari manta yang sering berenang secara berkelompok di perairan Pulau Sangalaki ini.

4. Pulau Kakaban

Pulau Kakaban
phinemo.com

Rasanya belum datang ke Pulau Derawan jika belum datang ke Pulau Kakaban. Pulau Kakaban ini cukup populer karena memiliki sebuah danau air tawar dimana kamu bisa melihat ubur-ubur tanpa sengat berenang bebas yang berenang bebas di habitatnya.

Selain bisa berenang dengan ubur-ubur jinak yang jumlahnya ribuan, disini kamu juga bisa menikmati pemandangan Pulau Kakaban yang masih asri dan suasana yang tenang. Pulau Kakaban ini menjadi salah satu wisata di Derawan yang cukup hits dan kerap menjadi tujuan wisata para turis mancanegara yang berlibur di Pulau Derawan.

5. Manta Point

Manta Point
travel.okezone.com

Berada tak jauh dari Pulau Sangalaki, kamu bisa menemukan sebuah spot snorkeling favorit bagi para penyelam, yaitu Manta Point. Sesuai dengan namanya, daya tarik di spot ini bukanlah pemandangan underwater-nya, melainkan spot ini merupakan tempat para Manta mencari makanan yang berupa plankton-plankton kecil. Jika kamu ingin berenang bersama kawanan Manta tersebut, kamu bisa datang saat siang hingga sore hari dimana puluhan Manta akan berkumpul untuk berebut plankton.

6. Goa Haji Mangku

Goa Haji Mangku
tribunnewswiki.com

Wisata di Derawan yang tak boleh untuk dilewatkan berikutnya adalah Goa Haji Mangku. Untuk sampai disini, kamu bisa mencoba dua cara, yaitu dengan berjalan kaki selama 7 jam dari Maratua Paradise Resort atau dengan menggunakan speedboat dari starting point yang sama menuju utara Pulau Maratua selama 15 hingga 20 menit.

Menggunakan speedboat juga tidak semudah itu karena kamu harus menunggu air pasang agar speedboar bisa lewat dan bisa parkir tak jauh dari mulut goa. Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan trekking ringan selama 10 menit hingga kamu menemukan mulut goa dengan air berwarna biru jernih. Disini kamu bisa merasakan sensasi berenang di dalam gua yang indah.

7. Blue Light Cave

Blue Light Cave
goodnewsfromindonesia.id

Berlokasi di Pulau Kakaban, kamu juga bisa menemukan sebuah spot menyelam yang indah sekaligus menjadi salah satu destinasi wisata di Derawan, yaitu Blue Light Cave. Blue Light Cave ini menawarkan pengalaman menyelam di laut biru dengan kedalaman hingga 12 meter di mulut gua. Untuk itu, jika kamu ingin menjajalnya, kamu harus mempersiapkan peralatan menyelam terlebih dahulu.

Kamu bisa menyelam dan menemukan goa di dalam laut yang sangat indah dan memacu adrenalin. Jika kamu masih pemula, kamu bisa meminta panduan dari master diving sehingga kamu bisa merasakan pengalaman yang berbeda saat menyusuri goa bawah laut ini.

8. Laguna Kehe Daing

Laguna Kehe Daing
travel.detik.com

Wisata di Derawan yang satu ini terbilang masih tersembunyi, namun keindahannya tak perlu diragukan lagi, yaitu Laguna Kehe Daing. Laguna Kehe Daing ini merupakan sebuah laguna yang tersembunyi dan masih banyak orang yang belum tahu.

Laguna ini berada di Pulau Kakaban, di bagian belakang Danau Kakaban yang dipenuhi dengan ubur-ubur jinak. Nama Kehe Daing ini memiliki arti lubang ikan. Disini kamu akan disuguhi dengan pemandangan pasir putih dan air laut berwarna hijau toska dan biru di bagian tengahnya. Di sekitar laguna ini adalah hutan yang tidak dihuni manusia sehingga kesan alaminya sangat terasa.

9. Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin
indonesiatraveler.id

Siapa sih yang tidak kenal dengan danau cantik ini? Danau Labuan Cermin ini menjadi salah satu destinasi wisata di Derawan yang cukup populer meskipun lokasinya cukup jauh dari Kepulauan Derawan.

Danau Labuan Cermin ini lokasinya berada di Kecamatan Biduk-Biduk, Kabupaten Berau. Biasanya wisatawan yang datang ke danau ini setelah pulang dari berlibur di Derawan. Sesuai dengan namanya, danau ini memiliki air yang sangat jernih bagaikan cermin. Berenang di Labuan Cermin ini tentu tidak akan gagal untuk segarkan pikiranmu kembali.

10. Sumber Air Panas Asin Pemapak

Sumber Air Panas Asin Pemapak
bombasticborneo.com

Wisata di Derawan yang terakhir adalah Sumber Air Panas Asin Pemapak. Kolam air panas ini berlokasi di Kampung Biatan Bapinang dan bisa dijangkau selama 3 jam perjalanan darat dari kota Tanjung Redeb, Kabupaten Berau.

Sumber air panas ini cukup unik karena airnya terasa asin. Tak hanya itu, suasana di sekeliling kolam air panas ini cukup alami karena pepohonan besar menaungi dan bebatuan tampaknya dari karang yang telah mati membuat pengunjung betah untuk berada disini. Air di sumber ini juga tak terlalu panas dan bebas dari bau belerang sehingga membuat pengunjung bisa semakin santai dan tidak terganggu dengan bau belerang.



Leave a Reply