20 Tempat Wisata Menarik di Polandia Pesonanya Membius Wisatawan


prita  November 18, 2021  0 Comment

Polandia merupakan salah satu Negara yang berada di kawasan Eropa Tengah. Negara ini memang terkenal dengan ragam destinasi yang sangat indah karena secara geografis berada di Antara Laut Baltik dan Pegunungan Carpathia. Banyak sekali destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di Negara dengan bendera putih merah ini. Kebanyakan dari destinasi wisata di Polandia adalah wisata sejarah mengingat Negara ini memiliki sejarah peperangan yang cukup panjang. Tak hanya wisata sejarah, ternyata Polandia juga memiliki wisata alam yang mampu membius siapapun saat berkunjung kesana. Nah, jika kamu ingin berlibur ke Polandia, Berikut ini adalah Tempat wisata di Polandia yang menarik untuk dikunjungi.

1. Warsaw Market, Warsaw

Warsaw Market
justapack.com

Warsaw Market menjadi salah satu obyek wisata di Polandia yang sayang sekali jika dilewatkan, apalagi jika kamu suka berwisata belanja. Warsaw Market ini berada di kota Warsaw dan menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup banyak menarik perhatian wisatawan.

Pasar ini merupakan pasar tertua karena didirikan pada akhir abad ke-13 dan menjadi pusat jual beli di jantung Polandia selama lebih dari 5 abad. Meskipun pasar tua ini pernah hancur akibat perang dunia ke II, namun pasar ini kembali di rekontruksi sehingga menjadi lebih indah. Salah satu hal unik yang bisa kamu nikmati di pasar ini adalah, adanya sebuah patung perunggu putri duyung Warsawa yang menjadi symbol dari ibukota Polandia tersebut.

gotravelly

Cicipi Hidangan Khas Korea Yang Lezat Di Hanaichi Teppan House

The Life Style Hotel, Tempat Staycation Seru Di Tengah Kota Surabaya

2. Warsaw Rising Museum, Warsaw

Warsaw Rising Museum
warsawcitybreak.com

Masih di kota Warsaw, ada salah satu obyek wisata di Polandia menarik lainnya yang wajib untuk kamu kunjungi, yaitu Warsaw Rising Museum. Museum ini didedikasikan untuk para pemberontak Warsaw tahun 1944 dimana terjadi perlawanan Bawah Tanah Polandia memerangi Jerman. Pemberontakan ini berlangsung selama 63 hari dan banyak korban berjatuhan dari kedua belah pihak.

Museum ini sangat cocok bagi kamu yang suka berwisata sejarah. Disini kamu akan disuguhkan dengan film, artefak, replika terowongan dan masih banyak lagi benda-benda bersejarah lainnya. Kamu juga bisa melihat rekaman asli dari peristiwa mengerikan tersebut.

3. Lazienki Park, Warsaw

Lazienki Park
locationscout.net

Obyek wisata di Polandia yang wajib untuk kamu singgahi berikutnya adalah Lazienki Park atau Taman Lazienki. Taman seluas 76 hektar ini berada di pusat kota Warsaw dan menjadi salah satu taman kota terbesar di Polandia.

Taman ini dulunya merupakan taman untuk pemandian bangsawan di abad ke-17. Sekarang, taman ini terbuka untuk umum dimana pengunjung bisa berkunjung ke istana yang ada disana. Istana disini juga menjadi salah satu spot wisata favorit karena menjadi tempat disimpannya ragam kolaksi benda bersejarah.

4. Dgansk Old Town, Dgansk

Dgansk Old Town
hellojetlag.com

Dgansk Old Town juga menjadi salah satu obyek wisata di Polandia yang layak untuk kamu kunjungi. Wisata kota tua ini merupakan salah satu kawasan yang memiliki peran penting dalam sejarah abad-20.

Kota Dgansk ini memang pernah mengalami kehancuran pada perang dunia kedua. Untuk itulah, kawasan ini menjadi salah satu tempat yang cukup terkenal di kalangan wisatawan. Di kawasan kota tua ini kamu akan menemukan sederet tempat wisata menarik, seperti Long Market, National Maritime Museum dan European Solidarity Center.

5. Wieliczka Salt Mine Tunnels, Wieliczka

Wieliczka Salt Mine Tunnels
getyourguide.com

Obyek wisata di Polandia yang tak boleh kamu lewatkan selanjutnya adalah Wielizcka Salt Mine Tunnels. Sesuai dengan namanya, tempat ini merupakan tambang garam yang beroperasi sejak abad ke-13. Tambang garam ini menjadi salah satu tambang garam tertua di dunia yang masih bisa dikunjungi sampai saat ini.

Wieliczka Salt Mine Tunnels ini memiliki kedalaman mencapai 327 meter dengan panjang lebih dari 300 kilometer. Meskipun telah beroperasi sejak abad ke-13, namun sekarang proses kegiatan pertambangannya telah berhenti sejak tahun 1996. Namun, proses produksi garamnya baru berhenti di tahun 2007. Setelah proses kegiatan pertambangannya berhenti, pemerintah Polandia menjadikan kawasan tambang ini sebagai museum dan tempat wisata yang mampu menarik perhatian banyak wisatawan dari berbagai Negara.

6. Malbork Castle, Malbork

Malbork Castle
historiceuropeancastles.com

Dari kota Wieliczka, beralih ke kota Malbork dimana kamu bisa menemukan salah satu obyek wisata di Polandia yang tak kalah menarik, yaitu Malbork Castle. Kastil ini merupakan salah satu wisata bersejarah yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan saat berkunjung ke Polandia.

Malbork Castle merupakan kastil terbesar di Polandia dan masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1997 lalu. Kastil ini memiliki luas 143.591 Meter Persegi dan proses pembangunannya dibutuhkan waktu yang cukup lama, yaitu dari abad ke-13 hingga selesai di abad ke-15. Pembangunan kastil ini diprakarsai oleh Raja Polandia Casimir III Agung dan di kastil ini kamu bisa menemukan pedang legendaris Szczerbiec.

7. Wawel Royal Castle, Krakow

Wawel Royal Castle
visitpoland.com

Selain Malbork Castle, ada kastil lainnya di Polandia yang tak kalah indah bernama Wawel Royal Castle. Wawel Royal Castle merupakan salah satu obyek wisata di Polandia yang berlokasi di kota Krakow.

Kastil ini merupakan bangunan yang telah ada sejak zaman penjajahan Inggris dengan ciri khas arsitekturnya berupa struktur dekoratif yang dibuat secara permanen. Kastil ini berada di kawasan Bukit Wawel yang mana bukit ini memang telah digunakan sebagai kawasan pemukiman sejak abad ke-7. Kawasan ini dulunya memang menjadi markas bangsawan Polandia. Pengunjung yang ingin mengunjungi kastil ini bisa menaiki Bukit Wawel ini melalui gerbang dan dari sini pengunjung juga akan dimanjakan dengan pemandangan Sungai Vistula.

8. Krakow Cloth Hall, Krakow

Krakow Cloth Hall
itinari.com

Masih di Kota Krakow, ada salah satu obyek wisata di Polandia yang tak kalah menarik untuk dikunjungi yaitu Krakow Cloth Hall. Tempat ini merupakan sebuah hall atau alun-alun yang berasal sejak zaman Renaissance dan selalu menjadi pusat perdagangan internasional di Polandia.

Pada abad ke-15, kawasan ini merupakan tempat utama bagi pedagang asing untuk berkumpul menjual rempah-rempah dari Timur. Sekarang, kawasan ini telah direnovasi namun tetap masih mempertahankan arsitektur kuno-nya sehingga masih sangat indah. Kawasan ini masih tetap menjadi pusat perdagangan dengan kios-kios kecil dan galeri yang menjual souvenir serta karya seni.

9. Main Market Square Krakow, Krakow

Main Market Square Krakow
inyourpocket.com

Obyek wisata di Polandia selanjutnya yang wajib untuk kamu kunjungi adalah Main Market Square Krakow yang berada di kota Krakow. Tempat ini merupakan sebuah alun-alun kota yang merupakan tempat perkumpulan terbesar di Eropa pada abad pertengahan.

Alun-alun ini memang menjadi tempat wisata yang menarik tak hanya bagi wisatawan local tapi juga wisatawan mancanegara. Pasalnya, alun-alun ini dikelilingi oleh beberapa townhouse yang bersejarah. Deretan bangunan bersejarah yang mengelilingi alun-alun ini memang sangat menarik untuk dikunjungi.

10. Vistula River, Krakow

Vistula River
visitworldheritage.com

Kota Krakow tak hanya menawarkan deretan wisata sejarah yang menarik untuk diulik, namun juga wisata alamnya. Di kota ini kamu bisa berkunjung ke Vistula River atau Sungai Vistula yang menjadi pemandangan indah dari Kastil Wawel.

Sungai Vistula ini menjadi salah satu tempat wisata yang cukup banyak dikunjungi wisatawan saat musim panas di Polandia. Tepi sungai ini dipenuhi dengan rumput yang hijau dan menjadi spot terbaik bagi masyarakat setempat untuk berbaring dan piknik santai bersama keluarga atau teman. Tak hanya itu, kamu juga bisa menyusuri sungai terbesar di Polandia ini dengan kapal sambil menikmati pemandangan kota Krakow yang indah.

11. Ojcow National Park, Krakow

Ojcow National Park
afar.com

Ojcow National Park juga masuk dalam daftar obyek wisata di Polandia yang wajib masuk dalam rencana perjalanan kamu. Taman nasional yang berada di County Krakow ini dikenal sebagai taman nasional terkecil di Polandia dengan luas wilayah sekitar 21,5 kilometer persegi.

Ojcow National Park ini pertama kali diresmikan pada tahun 1956 dan sebagian besar wilayahnya tersusun atas batuan kapur atau karst dengan landmark utamanya adala susunan batu kapur bernama White Hand Rock. Untuk menuju ke taman nasional ini, kamu bisa melalui jalur darat dengan jarah 24 kilometer dari Krakow.

12. Carpathia Mountains, Krakow

Carpathia Mountains
lonelyplanet.com

Obyek wisata di Polandia yang satu ini juga tak kalah populer di kalangan wisatawan, yaitu Carpathia Muntains atau Pegunungan Carpathia. Pegunungan Carpathia ini merupakan pegunungan terbesar di Eropa yang membentang di 7 negara, yaitu Republik Ceko, Slowakia, Rusia, Lituania, Belarus, Ukraina dan Polandia.

Pegunungan ini berada di wilayah Krakow dan memiliki keindahan yang mampu menghipnotis banyak pengunjung yang datang. Disini kamu bisa melakukan kegiatan camping dan hiking. Tak hanya itu, di kawasan pegunungan ini juga terdapat sekitar 400 spesies mamalia yang berkembang biak disini. Populasi terbanyak adalah Beruang Cokelat. Tak hanya itu, kawasan Pegunungan Carpathia ini juga menjadi rumah bagi hutan terbesar di Eropa.

13. Bialowieza National Park, Podlaskie

Bialowieza National Park
flickr.com

Obyek wisata di Polandia yang wajib untuk kamu singgahi berikutnya adalah Bialowieza National Park. Taman nasional ini merupakan taman nasional tertua di Polandia dan telah terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO karena kekayaan hayati yang masih terjaga alami.

Karena kawasan ini sangat dijaga sehingga tidak semua orang bisa masuk ke taman nasional ini. Wisatawan yang ingin mengunjunginya hanya bisa kurang dari 20 orang saja karena taman nasional ini sangat dilindungi keasriannya. Meskipun begitu, wisatawan banyak yang tertarik untuk berkunjung kesana karena keindahan pemandangannya yang luar biasa, ditambah dengan aneka satwa liar yang bisa ditemui.

14. Auschwitz-Birkenau Camps, Oswiecim

Auschwitz-Birkenau Camps
britannica.com

Auschwitz-Birkenau Camps yang berada di kota Oswiecim ini merupakan camp konsentrasi Nazi Jerman. Camp ini terdiri dari tiga camp utama dengan 40-50 sub camp.

Camp ini juga masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO di tahun 1979, untuk menghormati para tawanan Perang Dunia II yang gugur dan sebagai bukti kematian akibat tragedi holokaus. Kamu yang suka berwisata sejarah wajib untuk berkunjung ke camp ini untuk mengenang dan mengetahui sejarah tentang tragedi Holokaus.

15. The Masurian Lake District, Masuria

The Masurian Lake District
visitpoland.com

Tempat wisata di Polandia yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah The Masurian Lake District. The Masurian Lake District ini merupakan sebuah kawasan yang berada di Danau Polandia sebelah timur laut.

Sungai ini memanjang 290 kilometer dari Sungai Vistua ke perbatasan Polandia dan Lithuania dengan luas 52.000 kilometer persegi. Kawasan ini memang sangat populer di kawasan Eropa Tegah dan menjadi destinasi wisata favorit karena memiliki pemandangan yang indah, seperti perbukitan dan Bendungan Danau Moraine.

16. Slowinski Sand Dunes, Pomeranian

Slowinski Sand Dunes
pinterest.com

Siapa bilang padang pasir hanya ada di Afrika? Polandia ternyata juga memiliki padang pasir dengan pemandangan yang tak kalah indah, lho. Slowinski Sand Dunes merupakan salah satu Tempat wisata di Polandia yang cukup populer dan menjadi wisata favorit wisatawan mancanegara.

Padang pasir ini berada di utara Polandia dan masuk dalam kawasan Slowinski National Park yang berada di pantai Laut Baltik. Hamparan pasir disini terbentuk akibat angin laut yang membawa pasir pantai di darat hingga tingginya mencapai 30 meter. Kawasan padang pasir ini sangat cocok bagi kamu yang ingin menikmati pemandangan matahari terbenam dari atas bukit pasir.

17. Kamienczyk Waterfall, Szklarska Poreba

Kamienczyk Waterfall
pixabay.com

Tempat wisata di Polandia yang satu ini juga tak kalah menawan untuk kamu kunjungi, pasalnya Kamienczyk Waterfall merupakan air terjun tertinggi di Polandia. Air terjun ini berada di Antara ngarai dengan tebing tinggi yang indah.

Air terjun ini merupakan spot terbaik untuk trekking dan menenangkan diri dari rutinitas sehari-hari karena suasananya yang tenang. Tak hanya itu, pemandangan yang ditawarkan juga sangat memukau dan menyegarkan mata.

18. Tatra National Park, Zakopane

Tatra National Park
wallpaperaccess.com

Polandia tampaknya menjadi Negara di Eropa yang memiliki deretan taman nasional yang indah, salah satunya adalah Tatra National Park ini. Tatra National Park ini berada di kawasan Polandia bagian selatan dan didirikan pada tahun 1954.

Taman nasional ini memiliki hutan, padang rumput, danau dan banyak formasi batuan yang indah. Taman Nasional Tatra ini menawarkan lebih dari 30 danau alpine dan air terjun yang sangat indah. Tak heran jika Tatra National Park menjadi salah satu obyek wisata di Polandia yang menarik untuk dikunjungi saat kamu berlibur ke Polandia.

19. Crooked Forest, Gryfino

Crooked Forest
allthatsinteresting.com

Crooked Forest merupakan salah satu Tempat wisata di Polandia yang terbilang ajaib dan susah dijelaskan dengan ilmu pengetahuan. Kawasan hutan ini ditumbuhi dengan sejumlah pohon pinus yang berdiri sendiri dan tumbuh dengan sudut 90 derajatdi pangkalannya dan semua pohonnya membungkuk ke arah utara.

Awalanya pohon pinus ini ditanam pada tahun 1930an, namun butuh sekitar 10 tahun sebelum batangnya mulai menunjukkan karakteristik yang membungkuk. Terlepas dari banyaknya teori tentang pohon-pohon disini, keunikannya tentu menjadi hal yang cukup menarik untuk dikunjungi. Kawasan hutan ini menjadi tempat yang cocok untuk mendaki dengan suasana yang tenang dan pemandangan yang indah.

20. Wolf’s Lair, Gierloz

Wolf’s Lair
amusingplanet.com

Tempat wisata di Polandia yang terakhir adalah Wolf’s Lair yang berada di kawasan Gierloz. Tempat ini merupakan markas militer Hitler yang sangat rahasia dan tersembunyi keberadaannya karena lokasinya berada jauh dalam hutan Masuria.

Saat itu, kawasan ini memiliki 80 bangunan termasuk bunker penampungan serangan udara dan menara pengawas. Namun Nazi meledakkan kawasan tersebut di tahun 1945 sebelum melaridan diri dari Pasukan Soviet. Sekarang, kawasan ini menjadi salah satu kawasan bersejarah di Polandia yang berupa reruntuhan namun cukup menarik untuk dikunjungi.

Itulah tadi 20 Tempat wisata di Polandia yang indahnya mampu membuatmu betah berlama-lama tinggal disana. Selamat berlibur.



Leave a Reply