Eduwisata di 7 Taman Kupu-kupu di Indonesia Sangat Mengasyikkan


Fida  April 23, 2020  0 Comment

Indonesia memiliki banyak sekali tempat wisata alam maupun wisata buatan. Saat bosan berkunjung ke pantai atau gunung, Anda bisa mencoba datang ke berbagai taman yang ada di Indonesia. Taman kupu-kupu menjadi salah satu tempat wisata yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga. Di Indonesia, Anda bisa dengan mudah menemukan lokasi taman kupu-kupu. Berikut taman kupu-kupu di Indonesia yang bisa kamu datangi

1. Bali Butterfly Park

bali butterfly park
smartmama.com

Bagi Anda pecinta kupu-kupu, kini Anda dapat menikmati keindahan kupu-kupu di Bali Butterfly Park. Taman ini merupakan salah satu dari indahnya taman kupu-kupu di Indonesia. Di sini, berbagai jenis kupu-kupu dapat dijumpai. Di taman ini, ada lebih dari ratusan kupu-kupu dari 15 spesies kupu-kupu. Anda dapat menikmati keindahan kupu-kupu secara langsung.  Selain itu, pengunjung juga dapat melihat metamorphosis kupu-kupu, mulai dari telur, ulat, kepompong, hingga kupu-kupu yang elok. Fasilitas yang lain yang dapat digunakan pengunjung adalah toilet, tempat parkir luas dan tempat makan. Tidak heran jika wisatawan yang datang ke Bali Butterfly Park bukan hanya orang Indonesia tetapi juga berasal dari mancanegara.

Bali Butterfly Park buka pada jam 08.00 sampai 17.00 WIB. Harga tiket untuk satu orang pengunjung pun cukup terjangkau. Untuk wisatawan lokal, Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 45.000,- dan untuk wisatawan mancanegara, Anda cukup membayar Rp 80.000,-. Akses jalan menuju Bali Butterfly Park juga sangat baik, jadi tidak ada lagi hal yang perlu Anda khawatirkan. Bali Butterfly Park berlokasi di Jalan Batukaru, Kelurahan Sesandan, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali. Jika Anda berkunjung ke Bali, jangan lupa kunjungi Bali Butterfly Park.

Gotravelly

Sehari Menjelajah Guangzhou, Aku Terinspirasi Akan Keberhasilan Pembangunannya

Romansa Hutan Pinus Samparona Baubau

2. Taman Kupu-kupu Sinar Wangi

taman kupu kupu di Indonesia
disbudpar.bogorkab.go.id

Taman kupu-kupu di Indonesia selanjutnya adalah Taman Kupu-kupu Sinar Wangi. Di sini Anda bisa menikmati keindahan kupu-kupu secara langsung. Kurang lebih ada 14 spesies kupu-kupu dapat ditemui di sini. Beberapa diantaranya merupakan kupu-kupu langka yang dilindungi. Wisata ini sangat cocok dikunjungi anak-anak karena di Taman Sinar Wangi bukan hanya tempat rekreasi tetapi juga tempat edukasi. Pengunjung dapat melihat proses pertumbuhan kupu-kupu mulai dari telur, ulat, kepompong hingga kupu-kupu dewasa. Berbagai fasilitas juga dapat ditemui seperti museum kupu-kupu, penangkaran, pengembangbiakan kupu-kupu, toilet dan musholla. Bagi Anda pecinta foto, tidak perlu khawatir karena taman ini juga menyediakan tempat untuk berfoto dengan background berupa gambar sayap kupu-kupu yang cukup besar.

Harga tiket masuk cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 5.000,- per orang bagi pelajar dan Rp 10.000,- bagi pengunjung umum. Taman Sinar Wangi beralamat di Kampung Sinarwangi, Desa Sukajaya, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Tepatnya di kaki gunung Salak. Anda dapat menikmati keindahan kupu-kupu dan keindahan pemandangan pegunungan secara bersamaan.

3. Taman Kupu-kupu Gita Persada

 Taman Kupu-kupu Gita Persada
lampungkuwisataku.blogspot.com

Taman Kupu-kupu Gita Persada Lampung juga merupakan salah satu taman kupu-kupu di Indonesia. Berbagai fasilitas dapat Anda nikmati di sini. Mulai dari melihat tempat penangkaran kupu-kupu, museum, kafe, tempat bermain anak-anak, dan rumah pohon serta berbagai spot foto yang indah. Suasana alam yang sangat kental juga dapat Anda rasakan di sini. Udara masih segar karena banyaknya pohon yang tumbuh di sini. Anda juga dapat melihat berbagai jenis kupu-kupu yang diawetkan dan disimpan di dalam museum. Anda tidak akan menyesal mengunjungi ini karena fasilitas yang disuguhkan sangat memukau pengunjung.

Jika Anda ingin menikmati indahnya kupu-kupu di Taman Kupu-kupu Gita Persada Lampung, Anda cukup datang ke Jalan Wan Abdurrahman, Lampung. Untuk tiket masuk, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp10.000,- per orang. Taman Kupu-kupu Gita Persada Lampung buka pada jam 07.00 WIB dan tutup pada jam 17.00 WIB.

4. Taman Kupu-kupu Cihanjuang

Taman Kupu-kupu Cihanjuang
pintuwisata.com

Taman kupu-kupu di Indonesia selanjutnya adalah Taman Kupu-kupu Cihanjuang. Taman kupu-kupu Cihanjuang berlokasi di Jalan Cihanjuan Cibaligo Permai Raya No. 58, Cihanjuang, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Tempat ini sangat cocok digunakan sebagai tujuan rekreasi keluarga. Selain sebagai tempat rekreasi, Taman Kupu-kupu Cihanjuang juga merupakan tempat edukasi bagi anak-anak. Ada banyak hal yang dapat Anda pelajari mengenai kupu-kupu. Pemandu taman juga akan mendampingi perjalanan Anda agar tidak kebingungan.

Fasilitas Taman Kupu-kupu Cihanjuang seperti toko souvenir akan memudahkan Anda membeli cinderamata untuk dibawa pulang. Cinderamata yang tersedia berupa pernak pernik atau hiasan berbentuk kupu-kupu yang lucu. Untuk dapat masuk ke kawasan Taman kupu-kupu Cihanjuang, Anda cukup mengeluarkan uang Rp 10.000,- per orang.

5. Taman Kupu-kupu Batam

 Taman Kupu-kupu Batam
twitter.com

Jika Anda berkunjung ke Batam akan sangat kurang rasanya bila belum berkunjung ke Taman Kupu-kupu Batam. Taman Kupu-kupu Batam merupakan salah satu taman kupu-kupu di Indonesia. Di sini tersedia berbagai fasilitas seperti wahana permainan, area panahan, dan kolam renang. Pembelajaran mengenai pertumbuhan kupu-kupu juga diberikan kepada pengunjung. Bagi Anda pecinta foto, tidak perlu khawatir karena di sini tersedia banyak spot foto yang menarik. Kelebihan di sini, Anda dapat melihat pemandangan sunset secara langsung.

Taman Kupu-kupu Batam berada di Kelurahan Patam Lestari, Kecamatan Sukupang, Batam. Buka mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB, taman ini selalu ramai pengunjung. Jika Anda ingin menikmatai wisata edukasi ini, Anda cukup mengeluarkan uang Rp 10.000,- per orang. Disana, Anda bisa sepuasnya bermain dan belajar mengenai kupu-kupu.

6. Alian Butterfly Park

 Alian Butterfly Park
len-diary.com

Taman kupu-kupu di Indonesia selanjutnya  Alian Butterfly Park. Ketika Anda masuk ke taman ini, Anda akan melihat berbagai jenis kupu-kupu. Uniknya, di samping pintu masuk kita dapat melihat banyak kepompong digantung layaknya jemuran. Tempat ini selain berisi penangkaran kupu-kupu, juga ada edukasi mengenai pertumbuhan kupu-kupu. Pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan kupu-kupu.

Alian Butterfly Park biasanya dikunjungi oleh rombongan anak SD. Jika Anda datang bersama rombongan dengan anggota paling sedikit 20 orang, maka Anda akan membayar Rp 15.000,- per orang. Jika kurang dari 20 orang, biaya yang dikeluarkan Rp 20.000,- per orang. Alian Butterfly Park terletak di Alian, Krakal, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Tepatnya di depan pemandian air panas Krakal.

7. Kemenuh Butterfly Park

Kemenuh Butterfly Park
annienughraha.com

Kemenuh Butterfly Park merupakan salah satu taman kupu-kupu di Indonesia. Letaknya di Jalan Raya Kemenuh, Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Buka setiap hari pukul 08.30  sampai pukul 17.30 WIB. Di Kemenuh Butterfly Park banyak keunikan, diantaranya adanya Larva Breeding yaitu sebuah tempat dimana tumbuhan sumber makanan yang dijadikan tempat pembiakan berada. Ada juga yang namanya ruang pupa, disana kita bisa melihat pupa tergantung. Dan disaat saat tertentu kita dapat melihat kupu-kupu keluar dari kepompongnya.

Untuk menikmati taman kupu-kupu yang memiliki banyak keunikan ini, kita cukup mengeluarkan uang Rp 100.000,- untuk satu orang pengnjung dewasa dan Rp 50.000 untuk anak-anak. Ada 12 spesies kupu-kupu yang ada di Kemenuh Butterfly Park. Ada juga museum kupu-kupu di taman ini. Kemenuh Butterfly Park terletak diantara persawahan sehingga menjadikan udara di sekitar taman semakin sejuk. Bagi Anda pecinta foto, tidak perlu khawatir karena disini juga menyediakan berbagai spot foto yang instagramable. Jangan lewatkan wisata ini ketika Anda berkunjung di Bali.



Leave a Reply