20 Makanan Khas Laos Sangat Menggugah Selera


prita  November 24, 2021  0 Comment

Makanan khas Laos tentu cukup beragam dan pastinya menggugah selera. Berwisata ke Laos rasanya belum lengkap jika belum mencicipi kuliner khasnya. Ternyata ada banyak sekali makanan tradisional Laos yang menawarkan cita rasa nikmat. Meskipun kebanyakan makanan dari Laos ini dipengaruhi oleh negara-negara di sekitarnya, namun tak ada salahnya kamu untuk mencobanya. Nah, berikut ini adalah daftar kuliner khas Laos yang patut untuk kamu coba.

1. Larb

Larb
carolinescooking.com

Makanan khas Laos yang pertama wajib kamu coba adalah Larb. Larb merupakan sajian tradisional Laos yang menggunakan daging cincang sebagai bahan utamanya. Kemudian diberi tambahan jeruk nipis, bumbu kaldu ikan yang difermentasi, beras tumbuh dan ragam rempah-rempah yang kemudian ditumis.

Larb biasa disajikan dengan ketan dan sayuran segar sehingga sering dijuluki sebagai salad daging. Daging yang digunakan pun cukup beragam dan bisa dipilih sesuai selera, antara lain daging sapi, ayam atau domba.

Gotravelly

Melihat Hamparan Bunga Warna-Warni Di Kebun Refugia Magetan. Hortikultura Yang Super Kece!

Pulen Kopi Ponti, Sarapan Dengan Menu Khas Jogja

2. Nam Khao Tod

Nam Khao Tod
latimes.com

Jika diperhatikan sekilas, makanan khas Laos yang satu ini memiliki tampilan mirip dengan nasi goreng khas Indonesia, padahal tidak. Sajian ini dikenal dengan nama Nam Khao Tod dan sangat populer di Laos.

Nam Khao Tod ini dilengkapi dengan taburan kacang tanah, perasan jeruk nipis, parutan kelapa, potongan sosis dan saos fermentasi khas Laos. Makanan ini pun memiliki cita rasa yang jauh berbeda dengan nasi goreng khas Indonesia. Tak hanya memiliki cita rasa yang unik, Nam Khao Tod ini biasanya juga dinikmati dengan cara yang tak kalah unik, yaitu menikmatinya dengan selembar daun selada sebagai alas, lalu meletakkan Nam Khao Tod di atasnya, dibungkus kemudian dimakan dalam sekali suap.

3. Khao Piak Sen

Khao Piak Sen
seriouseats.com

Makanan khas Laos berikutnya juga tak kalah populer, yaitu Khao Piak Sen. Makanan tradisional Laos ini memiliki bentuk berupa kaldu ayam yang dituang ke atas mie beras.

Jika diperhatikan sekilas, Khao Piak Sen ini memang memiliki bentuk yang mirip dengan bubur ayam khas Indonesia, namun tentu saja keduanya berbeda. Menyantap Khao Piak Sen ini sekilas akan mengingatkanmu dengan rasa pho khas Vietnam, namun Khao Siak Sen ini memiliki cita rasa yang lebih gurih dan kuat. Biasanya makanan ini diberi topping berupa jantung atau hati ayam dan perasan jeruk lemon untuk menambah kesegarannya.

4. Khao Nom Kok

Khao Nom Kok
somanymiles.com

Khao Nom Kok atau yang juga sering disebut dengan Kanom Krok merupakan makanan penutup seperti pancake yang terbuat dari santan wiski, tepung tapioka, tepung beras dan gula. Sajian ini juga menjadi makanan khas Laos yang cukup populer dan kerap menjadi buruan wisatawan.

Khao Nom Kok ini diolah di atas brazier arang dalam panci besi khusus. Makanan ini cukup mudah ditemukan di kios-kios kecil terutama di kawasan pasar malam di Luang Prabang. Sajian ini memang terlihat sederhana namun memiliki cita rasa yang nikmat dan gurih.

5. Tam Mak Hoong

Tam Mak Hoong
idntimes.com

Makanan khas Laos yang tak kalah nikmat berikutnya adalah Tam Mak Hoong. Tam Mak Hoong ini merupakan salad yang terbuat dari irisan pepaya muda, tomat, kacang tanah dan kacang panjang. Salad ini kemudian diberi bumbu gula aren, cabai, saus ikan, perasan jeruk nipis dan bumbu fermentasi sari ikan khas Laos.

Tam Mak Hoong ini memang mirip dengan salad pepaya khas Thailand. Sajian ini memiliki cita rasa manis, asam dan asin yang akan mengingatkan kamu dengan asinan khas Betawi yang segar.

6. Mok Pa

Mok Pa
champameuanglao.com

Kalau kamu suka ikan, maka makanan khas Laos yang satu ini wajib untuk kamu coba, yaitu Mok Pa. Jika diperhatikan sekilas, Mok Pa ini terlihat seperti pepes khas Indonesia, namun keduanya diolah dengan cara yang berbeda dan bumbu yang digunakan pun berbeda.

Mok Pa ini dibuat dengan bahan dasar berupa daging ikan yang diberi bumbu kecap ikan, daun bawang, sereh, terasi dan lainnya. Setelah ikan diolah dengan bumbu, kemudian dibalut dengan daun pisang dan dikukus. Aroma dari Mok Pa ini sangat menggoda dan pastinya rasanya sangat segar. Mok Pa ini biasa disajikan dengan nasi putih hangat.

7. Khao Jee

Khao Jee
fodors.com

Makanan khas Laos yang tak kalah nikmat berikutnya adalah Khao Jee. Khao Jee ini merupakan sandwich khas Laos yang memiliki banyak isian dan pastinya sangat nikmat.

Sandwich ini dibuat dari roti baguette dengan ragam isian seperti daging ham, selada, keju, tomat, wortel dan dibagian atasnya dibumbui dengan saus bawang putih dan cabai. Khao Jee ini memang menjadi salah satu sajian yang populer di Laos sehingga kamu bisa menemukan pedagang Khao Jee ini dengan mudah. Khao Jee ini semakin nikmat jika disantap dengan kopi sebagai pendampingnya.

8. Ping Kai

Ping Kai
livingnomads.com

Ping Kai juga masuk dalam daftar makanan khas Laos yang tak kalah lezat. Ping Kai ini merupakan sajian yang akan memanjakan kamu pecinta daging.

Ping Kai merupakan makanan yang terbuat dari daging ayam sebagai bahan dasarnya. Daging ayam tersebut kemudian diberi lada hitang, akar ketumbar, saus ikan, bawang putih dan garam. Setelah diberi bumbu, daging ayam tersebut kemudian dibungkus dengan daun pisang, kemudian dibakar di atas arang. Pembuatan Ping Kai ini memang masih tradisional, tak heran jika cita rasanya sangat nikmat. Agar terasa semakin nikmat, kamu bisa menyantap Ping Kai ini dengan sepiring nasi dan sayuran segar.

9. Pad Kee Mao

Pad Kee Mao
recipes.net

Makanan khas Laos berikutnya dikenal dengan nama Pad Kee Mao. Pad Kee Mao ini sangat cocok bagi kamu pecinta mie, khususnya kamu yang suka makan mie pedas.

Pad Kee Mao ini sering juga disebut dengan julukan ‘mie mabuk’ karena mie ini terkenal memiliki rasa pedas yang kuat dan sangt cocok buat kamu yang suka tantangan makanan pedas. Mie ini ditumis bersama beberapa sayuran dan diberi bumbu rempah yang melimpah. Tak heran jika mie ini memiliki cita rasa yang lezat dan pastinya pedas.

10. Kaipen

Kaipen
kulinermantap.net

Kaipen juga menjadi salah satu makanan khas Laos yang  tak kalah nikmat untuk kamu coba. Bisa dibilang Kaipen ini merupakan makanan ringan yang terbuat dari rumput laut dan diberi bumbu bawang putih serta taburan wijen di atasnya.

Kaipen dikenal sebagai makanan ringan yang berasal dari kota Luang Prabang sehingga jika kamu ingin mencicipi cita rasanya yang otentik, kamu bisa berkunjung kesana. Kaipen ini bisa langsung dinikmati tanpa pendamping. Namun, kaipen juga sering disajikan sebagai pelengkap untuk sajian lain. Meskipun tampilan kaipen ini sederhana, namun rasanya yang lezat mampu membuat banyak orang ketagihan.

11. Laotian Pho

Laotian Pho
explore-laos.com

Pho memang dikenal sebagai salah satu makanan tradisional Vietnam, namun ternyata Laos juga memiliki pho sebagai makanan khasnya. Tentunya Pho khas Laos dan Pho khas Vietnam memiliki perbedaan, yaitu jika pho khas Laos dibuat dengan menggunakan daging babi sementara pho khas Vietnam dibuat dengan daging sapi pilihan.

Bahan lainnya yang digunakan dalam makanan khas Laos ini antara lain mie, sayuran, herbal dan saus serta gula. Pho khas Laos biasanya disajikan dengan saus hoisin dan cabai juga pasta udang untuk ditambahkan di bagian atasnya.

12. Khao Niaw

Khao Niaw
whats4eats.com

Makanan khas Laos yang wajib untuk kamu coba selanjutnya adalah Khao Niaw. Khao Niaw ini memang sangat familiar dan dikenal sebagai salah satu makanan khas Thailand, yaitu Mango Sticky Rice. Namun, di Laos mereka menyebutnya dengan nama Khao Niaw.

Khao Niaw ini dibuat beras ketan yang sudah dimasak, kemudian diberi santan dan ditambahkan dengan irisan buah mangga yang manis. Sajian ini memiliki cita rasa yang cukup menarik yang merupakan campuran antara asam dan manis mangga berpadu dengan beras ketan yang manis serta gurihnya santan. Khao Niaw ini sangat cocok disajikan sebagai makanan penutup atau sebagai camilan karena rasanya yang nikmat.

13. Or Lam

Or Lam
youtube.com

Or Lam juga menjadi salah satu makanan khas Laos yang sayang sekali untuk dilewatkan. Or Lam ini berasal dari kota Luang Prabang dan sangat populer disana.

Or Lam ini dibuat dari berbagai macam sayuran seperti jamur, kemangi, kacang, terong dan Sa Khan. Sa Khan ini merupakan bahan sajian khas Laos yang kemudian direbus bersama dengan rempah-rempah hingga menghasilkan cita rasa gurih yang nikmat. Tak hanya menggunakan sayur saja, terkadang Or Lam ini juga dilengkapi dengan daging kerbau sebagai pelengkapnya.

14. Khao Poon

Khao Poon
youtube.com

Makanan khas Laos selanjutnya juga tak kalah populer dan sangat cocok bagi kamu yang menyukai mie, yaitu Khao Poon. Khao Poon ini merupakan sajian yang terdiri dari bihun yang diberi kuah sup pedas.

Kuah sup ini dibuat dari daging yang ditumbuk, bisa daging ayam, ikan atau babi. Kemudian diberi bawang putih, bawang merah, saus ikan, daun jeruk nipis, lengkuas dan daun perilla. Khao Poon ini juga bisa diberi tambahan berbagai macam topping seperti bawang merah, kubis parut, ketumbar, kacang string dan daun mint.

15. Sai Kok

Sai Kok
cookingwithlane.com

Sai Kok adalah salah satu makanan khas Laos yang layak untuk kamu cicipi. Sai Kok ini merupakan sosis pedas khas Laos yang memiliki cita rasa nikmat dan bisa membuatmu ketagihan.

Sai Kok ini terbuat dari daging babi berlemak cincang yang kemudian diberi bumbu serai, daun jeruk nipis, cabai merah, lengkuas, bawang merah dan saus ikan. Sosis khas Laos ini memiliki cita rasa yang khas karena bumbunya yang sangat meresap ke dalam sosis. Mengingat ini terbuat dari daging babi, kamu yang Muslim Traveler ngga boleh mencobanya ya.

16. Sien Savanh

Sien Savanh
youtube.com

Makanan khas Laos yang satu ini juga menawarkan cita rasa yang bisa membuatmu ketagihan, yaitu Sien Savanh. Sien Savanh ini mirip dengan dendeng sapi dan biasanya dinikmati sebagai camilan ditemai dengan Beerlao, bir yang diproduksi oleh Lao Brewery Company.

Sien Savanh ini dibuat menggunakan steak sisi daging sapi, ada juga beberapa tempat yang menggunakan daging kerbau. Daging kemudian dimarinasi dalam campuran saus ikan, jahe, bawang putih, wijen, gula, garam dan lada hitam. Daging kemudian dijemur di bawah sinar matahari hingga kering. Kemudian daging dipanggang di atas kompor arang agar rasanya semakin berasap.

17. Pla Pao

Pla Pao
eatingthaifood.com

Tak hanya soal daging, ikan juga menjadi salah satu makanan khas Laos yang layak untuk dicoba, salah satunya adalah Pla Pao. Pla Pao ini merupakan ikan panggang yang sangat populer di Luang Prabang dan banyak ditemukan disana.

Pla Pao ini merupakan ikan panggang yang dimarinasi kemudian siap dipanggang. Ukurannya pun bermacam-macam dan rasanya sangat lezat karena dibuat dengan serai dan ragam rempah lainnya. Agar terasa semakin nikmat Pla Pao ini bisa disajikan dengan saus seafood yang terbuat dari saus ikan, jeruk nipis, gula, cabai dan bawang putih.

18. Black Sticky Rice

Black Sticky Rice
cookpad.com

Selain Mango Sticky Rice atau yang dikenal dengan Khao Niaw, kamu juga bisa menemukan Black Sticky Rice sebagai salah satu makanan khas Laos yang paling banyak diburu. Sebagian besar masyarakat Laos memang petani sehingga ketan menjadi salah satu makanan pokok mereka.

Ketan hitam ini memiliki cita rasa yang lebih manis dibandingkan dengan ketan putih yang digunakan sebagai makanan penutup. Jika berkunjung ke Laos, pastikan kamu untuk mencoba Black Sticky Rice ini ya, dijamin bikin kenyang.

19. Sakoo Yat Sai

Sakoo Yat Sai
chawjcreations.com

Sakoo Yat Sai juga layak untuk masuk dalam daftar makanan khas Laos yang cukup populer. Sakoo Yat Sai ini merupakan jenis pangsit yang dibuat dari tepung tapioka yang diisi dengan daging babi, acar lobak dan kacang tanah. Makanan yang satu ini terbilang sangat sehat karena dikukus atau direbus.

Isian daging tersebut biasanya dimasak terlebih dahulu dan dibiarkan dingin sebelum akhirnya dibungkus dengan kulit pangsitnya. Pangsit ini biasanya dihiasi dengan ketumbar dan cabai merah kering. Terkadang, Sakoo Yat Sai ini dibungkus dengan selada saat disajikan. Cita rasa renyah dari kacang dengan lembutnya kulit pangsit membuat siapapun ketagihan saat pertama kali mencobanya.

20. Khanom Khuu

Makanan Khas Laos
saengskitchen.com

Makanan khas Laos yang terakhir adalah Khanom Khuu atau yang sering juga disebut dengan Kao Nom Kou. Khanom Khuu ini merupakan donat lokal Laos yang cukup populer dan mudah ditemukan di pasar atau di kios jajanan.

Donat khas Laos ini terbuat dari tepung, gula, garam, air, baking powder dan baking saoda. Biasanya adonan dibiarkan semalaman untuk kemudian dipotong-potong panjang dan digoreng dengan minyak. Sajian ini menjadi menu sarapan yang cukup populer di laut karena sangat nikmat, terutama jika disajikan saat panas ditemani dengan secangkir kopi.

Itulah tadi daftar makanan khas Laos yang wajib untuk kamu nikmati saat berlibur kesana. Tips untuk mencicipi makanan tersebut dengan harga terjangkau, kamu bisa berkunjung ke night market atau food court karena harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan di restoran. Untuk kamu traveler Muslim, jangan lupa untuk memastikan kuliner yang kamu cicipi adalah halal ya karena banyak sekali sajian khas Laos yang mengandung babi. Selamat mencoba.



Leave a Reply