KDrama Lover, Nih 10 Tempat Wisata Kuliner di Korea Selatan


Altesa  August 5, 2022  0 Comment

Siapa yang tidak kenal dengan Korea Selatan? Negara ini semakin melaju pesat semenjak memperkenalkan Korean Pop atau yang sering kita sebut Kpop kepada dunia. Kpop membawa dampak masif kepada Korea Selatan dimata dunia. Selain berbagai trend musik dan drama-dramanya, salah satu bidang yang juga mendapatkan dampak positif dari kepopuleran Kpop adalah pariwisata. Kini, Korea Selatan menjadi salah satu negara tujuan wisata bagi turis mancanegara. Jutaan wisatawan dari berbagai belahan dunia berbondong-bondong mengunjungi Korea Selatan sepanjang tahun. Salah satu daya tarik Korea Selatan yang diburu oleh wisatawan adalah kulinernya. Berbagai makanan ditawarkan untuk kamu yang mengunjungi negara ini, siapa saja yang melihat menggodanya makanan-makanan khas Korea tentu akan menelan ludah. Kuliner dan makanan-makanan khas Korea Selatan  tersebut populer bahkan bagi mereka yang belum pernah datang ke Korea Selatan secara langsung. Di Korea sendiri terdapat beberapa tempat yang dikenal dengan wisata kulinernya. Untuk wisatawan yang mengunjungi Korea kebanyakan akan mampir ke tempat-tempat tersebut. Jika kamu punya rencana untuk bertandang ke Korea Selatan dalam waktu dekat, dan agar kamu tidak kebingungan menentukan tujuan setelah sampai, berikut GoTravelly telah mengumpulkan rekomendasi 10 tempat wisata kuliner di Korea Selatan. Kamu dapat merasakan sensasi mencicipi makanan-makanan yang sering kamu dengar di berbagai judul drama Korea.

1. Busan

Busan
travel.detik.com

Tempat wisata kuliner di Korea Selatan yang pertama ialah Busan. Busan sendiri merupakan kota dengan jumlah penduduk terbesar kedua di Korea Selatan. Selain itu, pusat pembelanjaan terbesar di dunia juga berada disini, yakni Shinsegae Departement Store. Kota yang dikenal dengan pantainya yang indah yaitu pantai Haeundae ini populer dengan wisata kulinernya yang mayoritas ialah makanan laut atau seafood. Salah satu kuliner khas Busan ialah Gomjangeo, yaitu olahan belut laut yang ditambahkan dengan bumbu-bumbu khasnya.

Selain seafood, di Busan kamu juga wajib mencicipi street food nya. Jika menginginkan mencicipi berbagai macam street food Busan, kamu dapat datang di area pertokoan BIFF Square. Disini berbagai jajanan khas Korea Selatan tersedia sehingga kamu dapat mencoba banyak jenis makanan dalam satu area ini. Busan sendiri menjadi salah satu Kota yang sering sekali disinggung dalam setiap film dan drama Korea.

Gotravelly

Cafe Jalan Korea : Hidden Gems-Nya Makanan Korea Di Surabaya!

Makan-Makanan Korea Di Magal Korean BBQ

2. Gyeongju

Gyeongju
toursbylocals.com

Salah satu kota yang wajib kamu datangi jika sudah berada di Korea Selatan ialah Gyeongju. Gyeongju merupakan Kota yang dulunya ialah pusat Kerajaan di Korea dan menjadi tempat wisata kuliner di Korea Selatan. Disini terdapat berbagai restoran dengan menu-menunya yang sangat enak. Salah satunya ialah restoran legendaris bernama Yosukgung yang terletak di Gyeongsangbuk-do. Makanan direstoran ini hanya dapat dimakan di tempat dan tidak untuk dibawa pulang.

3. Gwangjang Market

Tempat Wisata Kuliner di Korea Selatan
offset.com

Membahas tempat wisata kuliner di Korea Selatan tentu tidak lengkap jika tidak menyebutkan Gwangjang Market. Gwangjang Market merupakan pasar tradisional Korea yang menjual berbagai barang seperti pakaian dan produk buatan tangan lainnya. Selain itu, yang terkenal dari pasar ini ialah deretan penjual makanan yang kebanyakan dari jenisnya ialah street food. Ada berbagai jenis jajanan yang bisa kamu beli untuk emmanjakan lidah dan perut kamu seperti bibimbap. Tteokbokki, sundae, dan masih banyak yang lain.

4. Namdaem Market

 Namdaem Market
dreamstime.com

Tempat wisata kuliner di Korea Selatan selanjutnya masih di seputaran pasar tradisional. Bernama Nandaem Market, pasar ini merupakan pasar tradisional terbesar dan berada di Kota  Seoul.  Disini kamu akan dibuat bingung dengan deretan penjual makanan yang menawarkan ratusan jenis makanan khas Korea. Selain wisata kuliner, kamu juga dapat menikmati wisata belanja baik kebutuhan harian maupun untuk buah tangan saat kembali ke Negara asal.

5. Gangnam

Gangnam
tripadvisor.co.uk

Jika di Indonesia kita mengenal SCBD, maka di Korea Selatan ada Gangnam, distrik di Kota Seoul yang cukup sibuk. Bukan hanya kawasan bisnis, di Gangnam juga menjadi salah satu tempat wisata kuliner di Korea Selatan.  Namun untuk kali ini bukan perihal jajanan jalanan atau street food, namun Gangnam memiliki beberapa restoran yang dikenal dengan makanannya yang enak. Beberapa restoran yang wajib kamu coba diantaranya ialah Jangseoneun-nal, heukdonga, Kim-seonsaeng-jogaejjim, dan satu restoran yang bahkan telah mendapat penghargaan Michellin, yakni Jungsik. Michellin merupakan penghargaan tertinggi dalam bidang kuliner. Wah, membuat penasaran bukan, seperti apa rasa makanan di restoran yang teleh mendapatkan penghargaan ini.

6. Hongdae

Hongdae
cnnindonesia.com

Hongdae merupakan salah satu tempat wisata kuliner di Korea Selatan yang wajib didatangi khususnya bagi kawula muda. Hongdae sendiri merupakan satu daerah di Kota Seoul yang terdapat satu Universitas Terkenal yakni Universitas Hongik atau sering disebut Hongdae. Alasan ini menjadikan kawasan Hongdae sebagai salah satu kawasan yang ramai hingga malam hari terutama oleh para mahasiswa. Disini terkenal pula akan  banyaknya restoran atau cafe yang dapat kamu sambangi seeprti Hong’s Octopus, Booyas Gopchang, Gaemijip Hongdae dan masih banyak lagi.

7. Dongdaemun Night Market

Dongdaemun Night Market
qraved.com

Jika kamu pikir pasar malam hanya ada di Indonesia, kamu salah. Korea Selatan juga punya pasar malam yang juga menjadi tempat wisata kuliner di Korea Selatan yang cukup populer dan terkenal. Namanya adalah Dongdaemun Night Market. Disini kamu harus mencicipi satu menu makanan yang populer yaitu Woosamgyeop. Woosamgyeop sendiri merupakan irisan daging sapi diberi bumbu dan dimarinasi dnegan rasa pedas manis.

8. Balwoo Gongyang

 Balwoo Gongyang
kompasiana.com

Jika kebanyakan makanan Korea berbau daging dan ikan, tenang, untuk kamu yang vegetarian dapat mengunjungi tempat wisata kuliner di Korea Selatan yang satu ini. Namanya ialah Balwoo Gongyang, ini adalah nama sebuah restoran yang menyajikan makanan khas untuk biksu Buddha. Wah bikin penasaran ya seperti apa menu-menu yang ditawarkan di restoran Korea yang satu ini.

9. Gomanaru

 Gomanaru
indonesian.alibaba.com

Tempat wisata kuliner di Korea Selatan yang dapat kamu kunjungi berikutnya ialah restoran bernama Gomanaru yang terletak di Ungjin-dong, Gongju. Menu yang ditawarkan disini ialah berbagai menu tradisional Korea seperti bebek sangrai, ikan panggang khas Korea, dan ada juga kepiting pedas lokal yang sempat terdengar di salah satu drama Hits Korea.

10. Desa Ikseon-dong

desa Ikseon-dong
visitkorea.or.id

Tempat wisata kuliner di Korea Selatan yang terakhir yaitu Desa Ikseon-dong yang berada di Seoul. Desa yang dibangun pada tahun 1920 ini memiliki banyak rumah-rumah tradisional Korea. Saat ini, Ikseon-dong menjadi kawasan wisata belanja karena rumah-rumah tradisional tadi telah dirubah menjadi pertokoan dan kafe. Ada beberapa kafe yang dapat kamu singgahi untuk menjaja makanan korea yang ditawarkan.

Nah guys, itulah tadi rekomendasi dari GoTravelly untuk kamu yang ingin menjelajahi Korea Selatan terutama untuk wisata kulinernya. Selanjutnya kamu dapat membagikan momen dan pengalaman berliburmu melaui GoTravelly juga yah. Sampai jumpa.



Leave a Reply