Kuliner

11 Makanan Khas Maldive Kombinasi Rasa Gurih Dan Kaya Rempah

Maldives ini disebut juga dengan kepulauan Maladewa. Pulau yang satu ini memang merupakan pulau yang menawarkan banyak keindahan alam yang membuat Anda akan takjub. Banyak para wisatawan yang datang kesini dari berbagai belahan dunia hanya untuk melihat panorama keindahan di pulau ini. Tak hanya itu saja, Maldives juga sangat terkenal dengan makanan khasnya. Oleh karena itu, bagi Anda yang berencana berkunjung ke pulau yang satu ini, Anda bisa mencicipi beberapa menu makanan khas Maldive yang sangat enak dan lezat seperti di bawah ini.

1. Bajiya

Makanan Khas Maldive

champacentralhotel.com

Apa Anda pernah melihat samosa dan sangat menyukai makanan yang satu ini? Nah, Bajiya bisa dikatakan sama rasanya dengan jenis makanan yang satu itu. Makanan khas Maldive ini terbuat dari beberapa campuran bahan-bahan makanan yang dimasukkan langsung ke dalam kulit lumpia dan kemudian digoreng. Namun, untuk makanan Bajiya ini di dalamnya memiliki campuran ikan laut yang memang diaduk dengan bawang bombay sehingga menambah citarasa yang sangat lezat jika Anda mencicipinya. Makanan seperti ini memang sangat cocok sekali disantap sebagai cemilan terlebih lagi bagi Anda yang sedang merasa lapar.

2. Mas Huni

havehalalwilltravel.com

Kuliner selanjutnya yang menjadi kuliner khas Maldives adalah Mas Huni. Dimana jenis makanan ini terbuat dari beberapa campuran bahan seperti ikan tuna cincang dan kelapa. Kedua bahan utama ini akan dicampur dengan bumbu-bumbu lainnya yaitu bawang bawang, cabai dan lainnya. Jika berbicara masalah citarasa tentu kuliner yang satu ini sangatlah enak dan lezat, apalagi kuliner ini disantap dengan Chapati atau disebut juga dengan sejenis roti pipih yang biasanya digunakan sebagai makanan oleh masyarakat India. Jenis makanan ini biasanya di konsumsi oleh masyarakat di tempat tersebut sebagai hidangan makan siang yang memang jenis makanan ini tidak terlalu berat.

3. Mas Riha

Makanan Khas Maldive

123RF.com

Seperti yang Anda ketahui bahwa Maldives ini merupakan suatu negara kepulauan yang memang memiliki influence besar mengenai kebudayaan India pada makanannya? Hal seperti ini dapat dilihat pada salah satu jenis makanan khas Maldive yaitu Mas Riha. Makanan jenis ini adalah makanan jenis kari ikan yang memang terbuat dari bahan rempah-rempah dan sebelumnya jenis makanan ini ditumis terlebih dahulu.

Tak hanya itu saja, ikan tersebut juga akan dipotong kecil-kecil seperti bentuk dadu dan kemudian direbus serta di tambahkan santan sebagai bahan pelengkapnya. Untuk rasa makanan jenis ini, Anda tidak perlu diragukan lagi, karena memang jenis makanan ini sangatlah enak dan lezat sekali. Jadi bagi Anda yang ingin berkunjung ke Maldives sebagai bentuk liburan, jangan lupa untuk mencicipi jenis makanan yang satu ini, dijamin akan membuat Anda ketagihan.

4. Garudhiya

maldivescook.com

Kemudian ada juga Garudhiya. Makanan ini disebut juga dengan sup tuna dan merupakan salah satu santapan khas di tempat ini. Garudhiya biasanya dijadikan sebagai lauk pelengkap dan disantap dengan nasi. Selain itu, pada proses memasaknya ikan tuna yang dijadikan sebagai bahan utama akan di rebus dengan menggunakan bumbu rempah-rempah sehingga menghasilkan kaldu yang sangat lezat. Tak hanya itu saja, kaldu tersebut juga akan ditambahkan dengan bahan-bahan lainnya seperti limau, bawang bombay hingga cabai sehingga menambahkan citarasa yang lezat dan segar dari kuah sup tuna tersebut.

Jika Anda melihat makanan Garudhiya ini Anda pasti ingin menyantapnya hingga habis, karena memang sup tuna ini memiliki citarasa yang luar biasa menyegarkan, terlebih lagi jika Anda menyantapnya selepas beraktivitas. Bagaimana, sangat luar biasa sekali bukan?

5. Chicken Biryani

Makanan Khas Maldive

Food52.com

Anda penggemar ayam dan ingin menyantapnya jika berada di Maldives? Tak perlu khawatir dan bingung, karena di Maldives ada salah satu makanan khas yang sangat enak dan menggugah selera jika Anda melihatnya yaitu Chicken Biryani. Jenis makanan ini berbahan utama ayam dan memiliki citarasa yang sangat enak serta lezat. Siapapun yang mencicipinya pasti membuat Anda ketagihan dan ingin memesannya lagi. Tak hanya itu saja, untuk bahan dasar lainnya selain ayam, makanan ini juga memiliki bahan dasar lainnya dalam proses pembuatannya yaitu seperti beras, rempah-rempah, telur hingga sayuran.  Nah, bagi Anda yang ingin mencari makanan khas Maldive menu yang satu ini bisa dijadikan sebagai list Anda ketika Anda berkunjung kesini.

6. Huni Roshi

blog.goway.com

Anda ingin berburu makanan khas Maldives dan ingin mencicipinya ketika berada disini? Nah, bagi Anda pecinta kuliner dan ingin mencicipi makanan khas disini, Anda bisa mencicipi Huni Roshi. Dimana makanan ini juga termasuk ke dalam makanan khas Maldive yang wajib Anda cicipi. Huni Roshi memiliki bentuk hampir mirip seperti kebab hanya saja yang membedakan adalah ukurannya yang tipis. Huni Roshi ini biasanya digunakan sebagai makanan pelengkap yang dimakan bersama Mas Huni. Bagaimana apakah Anda ingin mencicipinya? Tentu saja bukan, rasanya yang sangat enak tentu akan melengkapi liburan Anda di Maldives.

7. Daun Kelor Goreng Khas Maldives

idntimes.com/

Mungkin Anda tidak asing dengan daun yang satu ini bukan? Ya, daun kelor. Di Maldives daun yang satu ini sangat terkenal dan masyarakat sana juga dapat mengolah daun ini sebagai salah satu kuliner khas disana. Dimana daun kelor ini digoreng hingga kering dan dipadukan dengan bahan-bahan lainnya. Biasanya masyarakat sana mencampurkan daun kelor goreng ini dengan abon ikan yang diletakkan diatas nasi putih sehingga membuat hidangan makanan ini menjadi lengkap. Untuk rasanya Anda tidak perlu khawatir karena jenis makanan ini juga memiliki citarasa yang enak seperti jenis makanan khas Maldive lainnya.

8. Gulha

maldivescook.com

Makanan ini termasuk ke dalam jenis makanan ringan dan sangat enak jika disantap dikala santai. Gulha ini berbentuk bulat dan dibuat oleh campuran ikan tuna sebagai bahan utamanya. Tak hanya itu saja, di menu makanan yang satu ini juga terdapat bahan-bahan rempah lainnya seperti bawang yang dicincang halus, cabai, kepala parut, limau, kunyit dan juga daun kari. Selain itu, jika semua bahan tersebut sudah dicampur semua, maka Gulha ini akan dibentuk bulat-bulat kecil dan kemudian digoreng hingga matang. Melihat bentuknya saja, sudah pasti akan menggugah selera bukan? Untuk itu bagi Anda yang ingin mencicipi makanan ringan yang sangat enak, Anda bisa memilih menu makanan yang satu ini.

9. Fihunu Mas

Makanan Khas Maldive

dhumashi.wordpress.com

Jenis makanan Maldives ini merupakan hidangan tradisional yang wajib Anda cicipi ketika berada disini. Dimana Maldives ini memang dikenal sebagai negara kepulauan dan menghasilkan banyak makanan jenis laut salah satunya ikan. Untuk jenis makanan ini biasanya ikan akan dipanggang dan dibumbui oleh rempah-rempah sehingga menu makanan ini menawarkan citarasa yang sangat enak. Ikan-ikan yang telah dicampur dengan rempah-rempah akan ditusuk, di filleted hingga dipanggang hingga matang.

10. Bis Keemiyaa

Makanan Khas Maldive

kitchen.nine.com.au

Ikan tuna merupakan salah satu ikan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Maldives untuk dijadikan bahan utama kuliner salah satunya yaitu Bis Keemiyaa. Dimana hidangan seperti ini adalah kue yang memang diisi dengan bahan-bahan makanan lainnya seperti telur rebus, tuna, kubis hingga rempah-rempah lainnya sehingga menjadikan kue khas Maldives ini sangat enak. Tak hanya itu saja, kue jenis ini biasanya digoreng hingga matang.

11. Rihaakuru

Makanan Khas Maldive

Lonumedhu.com

Yang terakhir ada juga Rihaakuru. Dimana jenis makanan ini adalah hidangan makanan tradisional Maldives dan hampir semua rumah menyediakan menu makanan ini. bahan utama yang digunakan yaitu ikan yang dimasak dengan menggunakan campuran bahan rempah lainnya. Namun, yang unik dari makanan ini adalah warnanya, dimana makanan ini berwarna coklat gelap. Namun, jika berbicara rasanya tentu sangat enak dan lezat sekali.

Nah, diatas ada beberapa informasi yang sangat berguna untuk Anda mengenai makanan khas Maldive yang dapat Anda dicicipi ketika berada di sini.

Join The Discussion