20 Kota Wisata di Korea Pesonanya Bikin Hati Bahagia


prita  February 13, 2022  0 Comment

Korea Selatan menjadi salah satu negara di Benua Asia yang cukup menarik perhatian wisatawan dunia, termasuk Indonesia. Negeri Gingseng ini memang menawarkan banyak sekali keindahan alam, budaya dan ragam kuliner yang patut untuk kamu jelajahi. Beberapa kota wisata di Korea bisa kamu jadikan tujuan wisata saat berlibur disana yang mana masing-masing kota tersebut memiliki keunikan dan daya tariknya masing-masing. Berikut adalah daftarnya.

1. Seoul

Seoul
euronews.com

Kota wisata di Korea yang pertama tentu saja Seoul. Seoul merupakan ibu kota Korea Selatan yang juga menjadi pusat pemerintahan negara tersebut.

Kota metropolitan ini menawarkan banyak sekali tempat menarik untuk dijelajahi. Mulai dari istana dan kuil yang usianya mencapai berabad-abad hingga deretan pusat perbelanjaan yang modern. Tak hanya itu, disini kamu bisa hiking di pegunungan terdekat dan menjelajahi berbagai taman kota sebelum berwisata sejarah di salah satu museum di kota Seoul. Tak hanya itu, Seoul juga menjadi salah satu destinasi terbaik untuk berwisata kuliner dengan mencicipi ragam street food dan makanan khas Korea.

GoTravelly

Korean Fantasy, Wisata Ala Korea Dari Ngancar

Shitennoji Temple: Wisata Religi Yang Cantik Di Osaka

2. Busan

Busan
mamarantau.com

Busan menjadi kota metropolis kedua di Korea Selatan yang juga menawarkan banyak destinasi wisata seru di dalamnya. Busan dikenal sebagai kota pelabuhan di Korea Selatan yang cukup sibuk dan menjadi salah satu kota wisata di Korea yang menarik untuk dijelajahi.

Berlokasi di bagian selatan, Busan menawarkan pemandangan indah yang merupakan perpaduan dari pegunungan hijau dan pantai yang cantik. Disini kamu bisa menjelajahi kawasan industri yang modern serta Desa Budaya Gamcheon yang dipenuhi dengan rumah-rumah berwarna cerah. Tak hanya itu, kamu juga bisa mengunjungi wisata pantainya yang indah, sumber air panas hingga mencoba ragam aktivitas outdoor yang seru. Jangan lupa juga untuk mencicipi menu seafood yang khas di kota ini.

3. Kota Jeju

Kota Jeju
expedia.co.id

Kota wisata di Korea yang patut untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Kota Jeju. Kota terbesar yang ada di Pulau Jeju ini memang menjadi salah satu primadona Korea Selatan karena memiliki iklim yang hangat dan ramah.

Banyak wisatawan yang datang kesini saat musim panas untuk menginap di hotel-hotel mewah, kasino hingga mengunjungi bar. Meskipun banyak sekali destinasi wisata yang ditemukan di luar pusat kota, namun kota Jeju ini masih menjadi tempat terbaik untuk dikunjungi karena memiliki banyak restoran, hotel, hingga butik kelas atas.

4. Seogwipo

Seogwipo
japanvisitor.com

Sama halnya dengan Kota Jeju, Kota Seogwipo ini juga berada di Pulau Jeju. Seogwipo ini dikelilingi dengan pemandangan yang indah serta garis pantai berbatu dan air terjun yang menawan.

Banyak wisatawan yang datang ke pulau ini hanya untuk menikmati pemandangan alamnya yang keren. Tak hanya itu, Seogwipo ini juga menjadi tempat terbaik untuk melakukan scuba-diving di seluruh Korea Selatan. Selain keindahan bawah lautnya, disini kamu juga bisa trekking melalui jalur setapak di sepanjang garis pantai. Bahkan, kamu juga bisa melakukan trekking menuju ari terjun yang indah. Tak heran jika Seogwipo menjadi salah satu kota wisata di Korea yang tak pernah sepi pengunjung.

5. Incheon

Incheon
id.hotels.com

Incheon juga menjadi salah satu kota wisata di Korea yang sayang sekali untuk dilewatkan. Incheon sendiri dikenal sebagai kota terbesar ketiga di Korea Selatan yang jaraknya sekitar 40 kilometer dari Seoul.

Incheon merupakan kota pelabuhan di Korea Selatan yang dulunya menjadi tempat bersandarnya tentara Amerika di tahun 1950 untuk kembali merebut ibu kota Korea Selatan tersebut. Kota ini terbilang cukup penting dalam sejarah dan ekonomi. Banyak sekali hal yang bisa dilakukan disini, seperti mengunjungi Chinatown yang indah, restoran dan bar. Tak hanya itu, disini kamu juga bisa mengunjungi Jeondeungsa, yaitu kuil tertua di Korea Selatan dengan arsitektur tua nan indah.

6. Gangneung

Gangneung
wikiwand.com

Kota wisata di Korea Selatan yang sayang sekali untuk dilewatkan adalah Gangneung. Gangneung ini berada di pantai Timur dan menjadi tempat yang sempurna untuk dikunjungi bagi kamu yang ingin berlibur di kota yang tidak terlalu ramai.

Gangneung ini terpisah dari bagian lain Korea Selatan oleh Pegunungan Taebaek. Kota ini seolah memiliki budayanya sendiri yang mana dibuktikan dengan ragam kuliner tradisional dan acara budaya, salah satunya adalah Festival Rakyat Danoje yang menarik. Tak hanya itu, Gangneung ini juga memiliki kuil-kuil yang usianya telah mencapai berabad-abad dan Museum Ojukheon yang menyimpan ragam peninggalan tokoh, filsuf, juga penulis asal Korea.

7. Jeonju

Jeonju
touristsecrets.com

Jeonju menjadi kota wisata di Korea yang tak boleh untuk dilewatkan begitu saja.Jeonju pernah menjadi ibu kota spiritual Korea Selatan dan penuh situs bersejarah serta landmark budaya.

Kota ini juga menjadi rumah bagi salah satu tempat wisata paling populer di Korea Selatan ini, yaitu Desa Hanok, sebuah desa dengan rumah-rumah tradisional, budaya lokal dan ragam produk kerajinannya. Tak hanya itu, kamu juga bisa berkunjung ke Jeonju National Museum yang menyimpan peninggalan bersejarah Korea.

8. Gyeongju

Gyeongju
pinterest.com

Kota wisata di Korea berikutnya adalah Gyeongju. Gyeongju ini merupakan sebuah kota yang mendapat julukan sebagai museum tanpa dinding karena banyak kuil, makan serta situs arkeologi yang ada disana.

Peninggalan-peninggalan di kota ini konon berasal dari saat Gyeongju menjadi ibu kota Kerajaan Silla. Disini kamu bisa menemukan Gyeongju National Museum yang menyimpan berbagai artefak lokal. Selain itu, kamu juga bisa berkunjung ke Kuil Bulguksa yang berasal dari abad ke-8 dan Seokguram Grotto yang mana kedua tempat tersebut memamerkan karya seni Buddha yang kaya.

9. Daegu

Daegu
travellens.co

Daegu tak hanya dikenal sebagai salah satu kota wisata di Korea namun juga sebagai kota terbesar keempat di Korea. Kota ini memiliki populasi pelajar yang cukup besar dan kamu bisa menjelajahi seluruh pusat kota yang semarak.

Kamu bisa melihat museum-museum seni yang lokasinya berdampingan dengan gereja serta kuil-kuil tua. Selain berwisata sejarah, kamu juga bisa menikmati kehidupan malamnya yang semarak. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Daegu untuk menuju ke Gunung Palgong yang menawarkan atraksi outdoor yang menyenangkan.

10. Geoje

Geoje
booking.com

Geoje merupakan sebuah kota wisata di Korea yang menyerupai sebuah pulau dibandingkan dengan kota. Kota yang mendapat julukan sebagai Kota Biru ini dikelilingi oleh perairan yang jernih, garis pantai berbatu hingga banyak pantai yang indah.

Geoje menawarkan banyak sekali destinasi wisata alam yang mampu memanjakan siapapun yang datang. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi pulau-pulau cantik di sekitarnya, seperti Odeo dan Haegeumbang. Tak hanya wisata alam, disini kamu juga bisa menemukan kastil abad ke-15 dan POW Camp yang digunakan untuk menampung tahanan Korea Utara.

11. Yeosu

Yeosu
sailtraininginternational.org

Berlokasi di semenanjung Yeosu, Yeosu ini merupakan sebuah kota wisata di Korea yang cukup menarik untuk dijelajahi. Yeosu dikenal sebagai kota pelabuhan terindah di Korea Selatan yang memiliki resor tepi laut yang terkenal.

Yeosu juga dikelilingi oleh tebing pegunungan dan pulau-pulau yang terlihat menawan. Salah satu pemandangan yang cukup menarik perhatian di kota ini adalah Hyangiram Hermitage, yaitu sebuah pertapaan tepi tebing yang sangat indah.

12. Suwon

Suwon
thecrazytourist.com

Kota wisata di Korea yang satu ini lokasinya berada tak jauh dari Seoul, yaitu Suwon. Meskipun lokasinya yang berada cukup dekat dengan ibu kota, namun banyak wisatawan yang melewatkan kesempatan untuk mengunjungi kota ini.

Suwon merupakan pusat industri utama dimana kamu bisa menemukan rumah brand elektronik yang cukup terkenal, yaitu Samsung. Kawasan jalanan di kota Suwon ini dipenuhi dengan bar, restoran hingga toko-toko. Jika kamu ingin menikmati kehidupan malamnya, kamu bisa berkunjung ke kawasan Ingyedong. Tak hanya itu, disini kamu juga bisa menemukan salah satu destinasi sejarah yang cukup menarik, yaitu Benteng Hwaseong abad ke-18 yang berada di pusat kota. Benteng ini memiliki dinding yang melingkar dan menara yang menjulang tinggi.

13. Daejeon

Daejeon
id.hotels.com

Daejeon juga menjadi salah satu kota wisata di Korea yang wajib untuk kamu kunjungi. Kota yang selama beberapa dekade terakhir ini berkembang pesat memang menjadi salah satu kota terbesar di Korea Selatan.

Daejeon ini dikenal sebagai pusat ilmu pengetahuan dan penelitian yang signifikan karena adanya kompleks Expo Park yang megah dan lengkap. Tak hanya itu, Daejeon juga populer karena memiliki banyak museum yang menarik dengan pameran Museum Sains Nasional yang indah sehingga banyak menarik perhatian wisatawan.

14. Imsil

Imsil
tripadvisor.com

Kota wisata di Korea yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Imsil. Kota yang mendapat julukan sebagai Kota Keju ini berlokasi di Provinsi Jeolla Utara dan terkenal dengan keindahan alamnya yang rimbun.

Disini kamu bisa hiking dan trekking untuk merasakan keindahan alam dan udaranya yang sejuk dari Pegunungan Baeknyeonsan, Godoeksan dan Seongsusan. Ditambah lagi adanya Sungai Seomjingang yang tenang dengan kisah bajak laut yang pernah berlayak ke kawasan tersebut untuk melakukan invasi, namun mereka ketakutan karena mendengar ratusan ribu kodok yang marah. Untuk itulah sungai ini diberi nama seom yang berarti kodok.

Jika kamu penyuka keju, maka kamu wajib untuk berwisata keju di The Imsil Cheese Theme Park, yaitu sebuah wahana untuk mengetahui lebih dalam tentang industri keju di Korea Selatan.

15. Pohang

Pohang
ellaspick.com

Kalau kamu sudah menonton Drama Korea Hometown Cha Cha Cha, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan kota wisata di Korea yang satu ini. Kota Pohang merupakan lokasi syuting Drama Korea yang cukup populer tersebut dan dikenal sebagai Gongjin, yaitu sebuah pedesaan tepi pantai yang indah.

Pohang memang menawarkan pemandangan pantai yang indah dengan patung berbentuk tangan yang ikonik. Disini kamu bisa menemukan banyak jalur hiking yang indah dan memang didesain untuk beragam pendaki, mulai dari pendaki pemula hingga pendaki professional. Kota ini juga memiliki Gua Seokguram yang diakui sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Apalagi setelah munculnya drama Hometown Cha Cha Cha, kamu akan menemukan banyak sekali spot foto menarik yang menjadi lokasi syuting drama tersebut.

16. Gwangju

Gwangju
kayak.com

Kota wisata di Korea yang wajib masuk dalam bucket list kamu berikutnya adalah Gwangju. Gwangju ini merupakan sebuah kota yang menjadi saksi bisu sejarah politik Korea Selatan karena di tahun 1980 pemberontakan pro-demokrasi yang terjadi di Korea Selatan bermula di kota ini.

Terlepas dari sejarahnya, kota Gwangju ini juga dikenal sebagai kota seni dan budaya kontemporer Korea Selatan. Cocok sekali untuk kamu yang suka dengan dunia seni. Disini kamu bisa menikmati banyak pertunjukan seni, seperti berkunjung ke galeri seni, teater hingga museum. Tak hanya itu, kamu yang suka pemandangan alam dan kegiatan luar ruangan, kamu bisa juga mengunjungi Taman Nasional Gunung Mudeung yang bisa dikunjungi sepanjang tahun.

17. Cheongju

Cheongju
en.trippose.com

Cheongju dikenal sebagai kota kecil yang juga menjadi saksi bisu sejarah politik Korea Selatan di masa kuno. Namun, dibalik itu Cheongju merupakan salah satu kota wisata di Korea Selatan yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Disini kamu bisa menemukan beberapa bangunan bersejarah yang masih terjaga kelestariannya sampai saat ini. Cheongju juga menjadi rumah bagi beberapa institusi pendidikan besar di Korea Selatan, salah satunya adalah Akademi Angkatan Udara Korea.

Cheongju juga menjadi kota sungai di Korea Selatan dan banyak jalan layang yang dibangun di atas sungai untuk mempermudah mobilitas masyarakatnya. Beberapa sungai terbesar di kota ini adalah Sungai Geum dan Musimcheon.

18. Andong

Andong
expedia.co.id

Kota wisata di Korea yang tak boleh dilewatkan selanjutnya adalah Andong. Andong dikenal sebagai kota yang sangat ramah dan bersahabat serta terkenal dengan ragam kuliner yang lezat sehingga para foodies gemar berkunjung kesini.

Tak hanya menjadi tujuan berwisata kuliner, kota ini juga menawarkan banyak objek wusata sejarah dan budaya serta sering menyebut dirinya sebagai pusat spiritual karena banyak kuil dan situs keagamaan disini.

19. Tongyeong

Tongyeong
edition.cnn.com

Tongyeong adalah sebuah kota wisata di Korea Selatan yang dikelilingi oleh laut di tiga sisinya. Kota ini berada di ujung selatan semenanjung, maka tak heran jika sebagian besar pengunjung menggunakan kota ini sebagai gerbang untuk menjelajahi salah satu dari 151 pulau terdekat yang menawan. Tak hanya itu, Tongyeong ini juga dikenal sebagai kota pelabuhan yang menawarkan suasana yang santai. Selain kamu bisa berjalan-jalan menikmati pemandangan, disini kamu juga bisa berwisata kuliner seafood khas Korea Selatan yang sangat nikmat.

20. Sokcho

Sokcho
habkorea.net

Kota wisata di Korea Selatan yang terakhir adalah Sokcho. Sokcho dikenal setelah menjadi lokasi syuting salah satu Drama Korea yang populer, yaitu Encounter.

Kota yang pernah menjadi bagian dari negara Korea Utara ini ternyata menyimpan banyak sekali destinasi wisata yang seru dan bisa membuat siapapun betah. Disini kamu bisa berkunjung ke Seoraksan National Park yang bisa menjadi tujuan untuk mendaki. Jika kamu tidak ingin mendaki, kamu bisa mengendarai cable car untuk menunju Gwongeumseong Fortress.

Tak hanya menawarkan keindahan Pegunungan Seoraksan, kota ini juga memiliki pantai yang indah dengan pohon pinus yang berjajar di sepanjang tepiannya. Salah satu wisata pantai yang populer dan menjadi lokasi syuting drama Encounter adalah Oeongchi Ocean Walkaway, scene dimana Cha Soo Hyun melihat Kim Jin Hyuk tengah memotret keindahan laut Sokcho.

Demikianlah daftar 20 kota wisata di Korea Selatan yang wajib untuk dikunjungi saat liburan nanti. Kira-kira, kota mana yang paling ingin kamu kunjungi?



Leave a Reply