Jelajah 10 Wisata Gunung di Korea


prita  October 13, 2022  0 Comment

Wisata gunung di Korea tentu menjadi salah satu destinasi yang cukup menarik untuk dikunjungi. Negeri gingseng ini memang menawarkan banyak sekali destinasi wisata yang sayang sekali untuk dilewatkan. Negara ini sangat terkenal dengan wisata modern dan wisata sejarahnya yang sering kali diangkat dalam drama series-nya. Namun, Korea Selatan juga menawarkan banyak sekali wisata alam yang menyenangkan, salah satunya adalah gunung.

Sejumlah gunung di Korea Selatan memang menawarkan pemandangan yang indah. Tak sedikit juga yang sering digunakan sebagai salah satu lokasi pengambilan gambar di sejumlah drama Korea. Nah, untuk kamu yang tertarik untuk menjelajahi indahnya alam Korea, berikut adalah daftar gunung yang wajib untuk kamu jelajahi.

1. Seoraksan

Seoraksan
english.visitkorea.or.kr

Wisata gunung di Korea yang pertama wajib untuk kamu kunjungi adalah Seoraksan atau yang dikenal juga dengan nama Mount Sorak. Memiliki ketinggian 1.708 meter di atas permukaan laut, gunung ini memiliki puncak tertinggi bernama Daecheongbong dan sangat cocok bagi pendaki pemula.

Pendakian menuju puncak gunung ini butuh waktu sekitar 3 jam perjalanan, tergantung dari mana kamu mulai perjalanan. Di bawah, ada Lembah Cheonbuldong yang populer karena sangat indah saat musim gugur.

2. Bukhansan

Bukhansan
planetofhotels.com

Seoul merupakan kota yang memiliki tujuh gunung yang mengitarinya dan yang paling besar adalah Bukhansan. Bukhansan ini juga sering disebut sebagai paru-paru Seoul karena memiliki peran penting dalam membersihkan karbon dioksida di kota ini.

Baegundae merupakan puncak tertinggi dari gunung ini yang tingginya mencapai 836 meter di atas permukaan laut. Pendakian bisa berawal dari Bukhansanseong Hiking Support Center yang ada di dekat Stasiun Gupabal. Medan untuk mencapai puncaknya memang cukup curam, namun pemandangan yang ditawarkan sangat indah.

Gotravelly

Korean Fantasy, Wisata Ala Korea Dari Ngancar, Kediri

Taman Korea Surabaya

3. Taman Nasional Jirisan

Taman Nasional Jirisan
national-parks.org

Wisata gunung di Korea yang tak kalah menarik untuk dijelajahi berikutnya adalah Taman Nasional Jirisan. Disebut sebagai “kakek” dari pegunungan di Korea Selatan, Jirisan memang sangat besar.

Taman nasional ini mencakup banyak puncak gunung sehingga menjadikannya sebagai taman nasional terbesar di Korea Selatan. Puncak tertinggi di Jirisan ini adalah Cheonwangbong yang memiliki ketinggian 1.915 meter di atas permukaan laut.

4. Taman Nasional Odaesan

Taman Nasional Odaesan
thereshegoesagain.org

Selain ada Taman Nasional Jirisan yang menawarkan wisata gunung di Korea dengan pemandangan indah, ada juga Taman Nasional Odaesan yang menawarkan pemandangan yang tak kalah indah.

Gunung Odaesan merupakan tempat hutan alam terbesar di Korea dan menjadi rumah bagi banyak satwa liar juga flora air. Berlokasi di bagian tengah dan timur Provinsi Gangwondo, Taman Nasional Odaesan ini menjadi salah satu tujuan utama pendakian di musim gugur. Gunung Odaesan terbagi-bagi dalam daerah-daerah kecil yang menyajikan beragam tingkat kesulitan serta pemandangan yang beragam dan rata-rata pendakian di taman nasional ini memakan waktu sekitar 2 hingga 7 jam.

5. Taebaeksan

Taebaeksan
gotravelyourworld.com

Wisata gunung di Korea yang sayang untuk dilewatkan selanjutnya adalah Taebaeksan. Taebaeksan ini memiliki puncak tertinggi bernama Cheonjedan, yang berarti “altar untuk upacara surgawi”, setinggi 1.567 meter di atas permukaan laut. Disebut demikian karena di masa lalu, orang yang beriman akan melakukan upacara penghormatan kepada para dewa.

Taebaksan memang sangat indah di musim singin, bahkan dahan-dahan pepohonan berkilau oleh salju yang membeku. Jika kamu berencana untuk berkunjung di musim gugur, kamu bisa menikmati dedaunan yang mulai berubah warna sehingga pemandangannya tak kalah menawan.

6. Hallasan

Hallasan
corejeju.com

Hallasan merupakan salah satu wisata gunung di Korea yang tak kalah menarik untuk didaki. Hallasan merupakan gunung vulkanik yang membentuk sebagian besar Pulau Jeju sekaligus menjadi puncak tertinggi di Korea Selatan dengan ketinggian 1.950 meter di atas permukaan laut.

Hallasan menjadi destinasi wisata favorit saat musim dingin, namun bukan berarti kamu tidak bisa menikmati pemandangannya di musim lainnya. Banyak pengunjung yang memulai perjalanan dari Hallasan National Park’s Visitors Center dan berjalan di sepanjang Jalur Eorimok, tetapi jalur ini tidak akan membawamu ke puncak. Jika kamu ingin ke puncak, kamu bisa melewati jalur Seongpanak ke timur dan membutuhkan waktu 5 jam perjalanan untuk tiba di danau yang ada di puncak gunung.

7. Gunung Gwanaksan

Gunung Gwanaksan
koreatodo.com

Berada di bagian selatan kota Seoul, Gunung Gwanaksan juga menjadi salah satu wisata gunung di Korea yang sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja. Lokasi pendakian gunung ini bisa langsung dari subway kota Seoul.

Di puncak gunung ini kamu bisa menemukan Kuil Wongaksa dan Pertapaan Yeonjuam. Pertapaan ini berada di tepi yang menghadap ke arah pegunungan dan hutan di daerah Seoraksan. Dibutuhkan sekitar 4 jam pendakian hingga tiba di puncak gunung ini dimana dari situ kamu bisa melihat distrik Gangnam dari sudut yang berbeda.

8. Songnisan

Songnisan
national-parks.org

Wisata Gunung di Korea yang satu ini juga tak kalah populer di kalangan wisatawan, yaitu Songnisan. Songnisan merupakan gunung yang sangat indah, terutama jika kamu berkunjung saat musim gugur.

Di musim gugur, dedaunan mati dalam berbagai corak merah akan berjatuhan di samping formasi batuan yang aneh dan indah yang membentuk tebing Songnisan. Puncak tertingginya adalah Cheonwangbong yang memiliki ketinggian hingga 1.058 meter di atas permukaan laut. Namun, puncak yang paling indah adalah Munjangdae dengan ketinggian 1.054 yang selalu diselimuti awan.

Pemandangan dari Munjangdae memang sangat indah dan kamu bisa memulainya dari Kuil Budha Beopjusa era Shilla yang bisa ditempuh dalam jangka waktu tiga jam. Beopjusa juga memiliki program Temple Stay dimana kamu bisa bermalam di dalam kuil. Perlu diketahui, kawasan ini juga menjadi rumah bagi patung Buddha terbesar dengan ketinggian 33 meter.

9. Naejangsan

Naejangsan
visitkorea.or.id

Naejangsan juga layak untuk masuk dalam daftar wisata gunung di Korea yang wajib untuk kamu kunjungi. Naejangsan memiliki puncak tertinggi bernama Sinseonbong dengan ketinggian 763 meter di atas permukaan laut.

Jalur pendakian yang paling sering dilalui adalah berjalan dari Hiking Information Center menuju puncak dan dibutuhkan waktu sekitar tiga jam. Dalam perjalanannya, kamu akan menemukan jalan yang dijajari 108 pohon besar yang mana jika kamu berkunjung saat musim gugur pepohonan tersebut akan berubah warna menjadi emas, orange dan merah yang cantik.

10. Simhak

Wisata Gunung di Korea
fimela.com

Wisata gunung di Korea yang terakhir adalah Gunung Simhak. Gunung Simhak ini memiliki sebuah taman yang cukup populer bernama Taman Poppy yang keindahannya disebut mirip dengan lukisan dari Claude Monet.

Pemandangan bunga Poppy mampu menarik perhatian wisatawan untuk datang ke taman ini. Kalau kamu ingin menikmati keindahan Bunga Poppy, disarankan untuk berkunjung pada bulan Juni karena pada bulan Juni setiap tahunnya bunga-bunga akan bermekaran dan pengunjung banyak yang berdatangan.

Nah, itulah daftar destinasi wisata gunung di Korea yang menawarkan pemandangan indah untuk dikunjungi. Gunung-gunung tersebut tentunya memiliki waktu-waktu terbaik untuk dikunjungi, maka dari itu pastikan kamu mengunjunginya di waktu yang tepat ya. Selamat berlibur.



Leave a Reply