128 views | 0 Likes

Shitennoji Temple: Wisata Religi yang Cantik di Osaka

0 star (from 0 people)
Osaka, Kansai, Japan
Category: Historical Places

Posted on 21 November 2019, 16:00:00
sugengcool
Tourist

Hari terakhir di Osaka nih guys! Saatnya jalan-jalan ke Shitennoji Temple dan mencicipi kuliner khas Jepang lainnya. Kuliner apa ya kira-kira? Dan ke kota manakah perjalanan kita berlanjut?

How to Get There

Setelah kemaren menjelajah Kuromon Market, Osaka Castle dan Sumiyoshi Taisha, keesokan harinya aku dan teman-teman lanjut menjelajah sudut kota Osaka. Tujuan kami hari ini adalah Shitennoji Temple yang berlokasi di 1-11-18 Shitennoji, Tennoji Ward, Osaka. 

Untuk menuju kesini, ada beberapa alternatif transportasi yang bisa digunakan. Aku dan teman-teman berangkat dari Stasiun Osaka naik kereta JR Loop Line dan turun di Stasiun Tennoji. Sesampainya di Stasiun Tennoji, kita lanjutkan perjalanan dengan jalan kaki sekitar 10-15 menit dan tibalah di Kuil Shitennoji.

Selain naeik kereta Subway Tanimachi Line dari Stasiun Higashi Umeda dan turun di Stasiun Shitennojimar-Yuhigaoka. Atau kalian bisa berangkat dari Stasiun Subwa Namba, naiklah kereta Subway Sennichimae Line dan turun di Stasiun Shitennojimae-Yuhigaoka.

shitennoji templeGerbang Masuk Shitennoji Temple

What to Do

Shitennoji Temple merupakan kuil pertama yang dibangun oleh Pemerintah Jepang. Fyi nih guys, mayoritas kuil, entah itu Kuil Agama Shinto ataupun Kuil Agama Buddha, yang ada di Jepang dibangun oleh perseorangan untuk keluarganya. Shitennoji Temple ini pun dibangun oleh Pangeran Shotoku dan dijadikan sebagai pusat pembelajaran agama Buddha di Osaka.

shitennoji temple

Kuil ini dibangun oleh Shotoku setelah ia memenangkan peperangan dimana sebelum berangkat berperang ia berdoa kepada 4 Raja Sorga yang dipercaya merupakan tentara Buddha. Setelah menang, Shotoku membangun kuil untuk menghormati keempat Raja Sorga tersebut, ia pun meminta beberapa pengrajin kayu asal Korea untuk membangun kuil megah ini.

shitennoji temple

4 Raja Sorga yang dimaksud ini adalah Kyoden-in (agama dan pendidikan), Hiden-in (kemankmuran), Ryobyo-in (kesehatan) dan Seiyaku-in (pengobatan farmasi). Keempat Raja ini dilambangkan sebagai pemeliharaan dari Buddha kepada seluruh penduduk yang berdoa kepadanya. Seluruh bangunan utama garan di Shitennoji Temple, berdampingan dengan bangunan aula utama Kondo dimana patung Kannon Bodhisattva berada. Nah, kalian bisa nih berjalan-jalan untuk menikmati keindahan bangunan ini guys.

shitennoji temple

Hal unik lainnya yang bisa dinikmati disini adalah adanya Pagoda Lima Tingkat yang menjadi ikon atau kuil Pagoda Gojotou dalam bahasa Jepangnya. Go berarti angka lima, Ju adalah tingkat dan Tou berarti menara atau pagoda. Tak hanya itu, ada juga gerbang-gerbang di tiga sisi kuilnya, yaitu Nandaimon (sisi selatan), Higashino-omon (sisi timur) dan Gokuraku-mon (sisi barat). 

  shitennoji templeshitennoji temple

Gokuraku-mon ini juga cukup unik guys karena merupakan torii dari batu yang juga menjadi pintu masuk ke Taman Gokuraku-judo yang indah. Taman ini dibuat sesuai dengan kepercayaan Buddha mengenai surga di barat. Kalo kalian punya waktu lebih, jangan lupa untuk mampir menjelajah taman ini ya guys. Sayangnya, kemaren aku ngga punya banyak waktu untuk menjelajah jadinya aku ngga mampir deh ke taman ini.

shitennoji temple

Perjalanan aku dan teman-teman di Osaka akhirnya berakhir sebelum kita lanjutkan lagi menuju Kyoto. Tapi, sebelum meninggalkan Osaka kita mencicipi dulu salah satu kuliner yang khas Jepang juga nih, yaitu Soba dan Udon. Seperti apa rasanya? Tunggu di ulasan aku berikutnya ya!

Video by EnchantingJapan

Tips and Trick

  • Shitennoji Temple ini terdiri dari bagian luar dan bagian dalam, bangunan penyimpanan (Treasure House) dan Taman Gokuraku-judo. Kalo kalian hanya jalan-jalan di bagian luarnya aja sama sekali ngga dikenakan biaya, tapi kalo kalian ingin menikmati Taman Gokuraku-judo akan dikenakan tiket masuk sebesar 300 yen. Lalu untuk masuk ke Treasure House, tiket masuknya 500 yen.
  • Waktu yang tepat untuk berkunjung ke kuil ini adalah saat Festival Musim Panas yang diselenggarakan pada tanggal 9-16 Agustus.
  • Jangan lupa untuk bawa kamera.
  • Jangan buang sampah sembarangan.

Gallery (7)

Comments (0)