CiciliaTan | Tourist
Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia | Hiking & Trekking
15 Jan 2020


Mendaki Keindahan Kawah Ijen
Mendaki Kawah Ijen menjadi pengalaman mendaki pertama kali nih guys! Mau tau gimana keseruan aku mendaki Kawah Ijen? berikut review jujur saat mendaki Kawah Ijen!

How to Get There

Perjalanan saya kali ini ke Kawah Ijen yang terletak di Jawa Timur, lebih tepatnya berada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso. Saat itu saya mengunakan jasa travel untuk pergi ke Kawah Ijen tarifnya hanya Rp. 350.000. saja.

Paket seharga itu menurut ku murah banget sih karena perjalanan di mulai dari Kota Surabaya, transportasi, tiket masuk kawah, dapet makan 1x, dan tiket masuk ke Baluran+Pantai Bama itu sudah free guys! Nah untuk kalian yang mau paket ini nanti dibawah aku kasih nomer paket tour yang aku gunain.

kawah ijen

kawah ijen

Nah Perjalanan ke Kawah Ijen itu dimulai dari Kota Surabaya, saat itu saya memilih lokasi penjemputan di Masjid Al-Akbar, Namun sayang saat penjemputan sedikit molor saya menunggu 2 jam disana. Akhirnya setelah menunggu...Saya dijemput deh, Jadi berangkat nya molor pukul 19.00, dan perjalanan menuju Kawah Ijen ini menghabiskan waktu perjalanan sekitar 7 jam, itu sudah sama macetnya dan beristirahat ditempat perhentian. Jadi saat itu kami sampai di Pos Pertama Kawah Ijen pukul 02.00 Pagi guys!

kawah ijen

What to Do

Apa sih yang menarik dari wisata yang satu ini? Nah Gunung Ijen ini memiliki Api Biru, merupakan fenomena belerang yang keluar dan bercampur dengan oksigen. Sehingga mengeluarkan api biru atau terkenal dengan Blue Fire guys!

Nah kalian tau gak sih Blue Fire ini hanya ada dua di dunia yaitu di Indonesia dan Islandia. makanya tak heran Kawah Ijen ini menjadi destinasi wisatawan mancanegara saat berada di Indonesia. Selain wisatawan Mancanegara wisatawan lokal juga tertarik melihat pesona indahnya Blue Fire. Nah itulah keindahan Kawah Ijen yang menarik untuk di kunjungi.

Sesampai disana tour leader kami menyuruh kami siap-siap mengunakan pakaian mendaki, dan membawa peralatan mendaki. Sebelum mendaki kami berdoa dulu, agar pendakian kali ini kami dijauhkan dari bahaya. Nah pendakian di mulai dari jam 03.00 pagi, Saat itu masih gelap banget guys! Jadi sebelum kalian mendaki Kawah Ijen pastiin kalian bawa Senter ya, karena gelap!

kawah ijen

Saat itu udaranya cukup dingin, dan tanjakan menuju kawah itu semakin lama, semakin tinggi guys dan syukurnya saat itu aku mengunakan sepatu mendaki. Mungkin kalo gak pake sepatu ini aku bisa kepeleset, soal nya cukup curam dan licin, Jadi saat naik kalian harus berhati-hati ya. 

Perjalanan menuju kawah ini sekitar 3 jam, karena ini menjadi pengalaman pertama kali aku mendaki, aku berkali-kali berhenti karena udaranya semakin naik semakin dingin dan nafasku sudah gak teratur, Nah selain kawah ijen aku pernah ke bromo dan b29 itu bisa dibilang gak mendaki, dan masih santai. Jadi untuk mendaki Kawah Ijen ini, menjadi tantangan tersendiri saat solo traveling ku.

Nah yang sangat di sayangkan kita gak dapat blue fire soalnya waktu itu kita telat guys, harusnya untuk dapat blue fire kita mendaki dari jam 01.00 pagi, tapi gak apa lah karena mendaki ku sudah setengah jalan, aku tetep semangat untuk sampai Kawah, saat itu pukul 05.20 saya memilih beristirahat di pos petama dekat kawah, untuk menikmati secangki teh. 

kawah ijen

Setelah beristirahat menikmati secangkir teh, saya memutuskan untuk mendaki lagi ke puncak kawah, perjalanan menuju kawah ini semakin extrime karena makin tinggi dan banyak bebatuan, ada beberapa orang yang turun terjatuh, karena bebatuan kecil yang ada. jadi kalian harus hati-hati ya saat turun ataupun naik.
Dari pos pertama menuju kawah ini menghabiskan waktu sekitar 40 menit untuk sampai di puncak guys. Tapi saat itu waktu tidak terasa karena ngobrol dan bercanda dengan teman-teman satu travel. waktu itu kami mengobrol tentang pengalam mendaki, jadi nambah ilmu guys, kalo mendaki kata ibu itu jangan pake celana jeans, soalnya kalo hujan itu berat dan kalo jatuh itu langsung lecet guys.

kawah ijen

Mendaki 40 menit akhirnya sampai juga di area Kawah Ijen yang membuat saya kagum dan tercengang, betapa indahnya ciptaan Tuhan, pemandangan alam yang ada disini membuat lelah saya berkurang... saya sangat kagum dengan kawahnya yang berwarna biru, di tambah dengan awan yang indah membuat pemandangan disini terlihat sempurna.  Saat itu aku memilih untuk santai sejenak sambil menghirup udara dan melihat pemandangan disekitar Kawah Ijen yang membuat pikiran rileks! ini adalah solo traveling yang paling berkesan, extrime, dan pastinya menjadi pengalaman terindah.

1 hal yang harus kalian coba saat berada di puncak kawah ini adalah berebah ditengah pemandangan indah, hal ini akan menghilangkan lelah dan bikin pikiran kalian rileks. Jangan lupa foto-foto di puncak kawah ya, karena pemandangan disini bikin koleksi foto kalian kece.

kawah ijenkawah ijenkawah ijenkawah ijenkawah ijenkawah ijenkawah ijenkawah ijenkawah ijenkawah ijenkawah ijen
Setelah menikmati pemandangan yang ada di Kawah Ijen aku akhirnya putusin turun dan next ke wisata selanjutnya yaitu Pantai Bama dan Baluran National Park. Nah saat turun itu sekitar setengah perjalanan aku tergelincir, dan kaki aku luka, jadi akhirnya aku mutusin untuk naik jasa ojek gerobak yang ada disini guys. dari pos pertama itu saya dan teman saya ditawari cuma Rp. 100.000, saja untuk diatar sampek bawah! Karena kaki saya sakit akhirnya saya dan Lika naik ojek gerobak ini deh. Nah untuk kamu yang gak kuat mendaki kalian bisa mengunakan jasa ojek gerobak ini pergi dan pulang, harganya sekitar Rp. 800.000, namun bisa kalian tawar, kayak temen saya dian itu pergi dan pulang hanya Rp. 500.000 saja loh.  

kawah ijenkawah ijen

kawah ijenkawah ijen

Nah itulah keseruan saya ke Kawah Ijen! Mau tau keseruan dan pemandangan yang ada di Kawah Ijen saat itu? kalian bisa lihat di Youtube yang ada dibawah ini ya! Tunggu perjalanan saya selanjutnya ke Patai Bama dan Baluran National Park. 

 

Tips and Trick

1. gunakan sepatu mendaki

2. jaket parasut

3. masker, jika kalian ingin ke kawahnya untuk melihat blue fire kalian bisa menyewa masker khusus seharga 25k 

4. bawa senter

5. sweater

6. kupluk

7. kaos kaki

8. sarung tangan

9. madu+minuman+makanan ringan

10. perlengkapan p3k

 

Nomer Tour Leader : +62 813-3494-8400 (Harwanto)

 

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY