15 Wisata di Istanbul Turki Wajib Dikunjungi


Altesa  August 30, 2022  0 Comment

Istanbul yang juga dikenal dengan Konstantinopel atau Bizantium merupakan salah satu kota yang ada di Negara Turki. Istanbul juga merupakan salah satu kota terpadat di Turki dan juga menjadi pusat budaya dan ekonomi serta sejarah Turki. Kota ini merupakan tempat berbagai peradaban mulai dari muslim, kriste, yahudi, Yunani dan masi banyak lagi. Karena memiliki sejarah dari berbagai peradaban membuat Istanbul memiliki kekayaan budaya dan peninggalan sejarah yang sangat kaya. Beberapa kekayaan budaya bisa kamu lihat di bangunan – bangunan tua yang ada di Istanbul. Beberapa objek tempat maupun bangunan bahkan dijadikan wisata di Istanbul Turki yang sangat populer, baik oleh turis asing maupun turis lokal.

Jika kamu berencana mengunjungi Istanbul Turki, kali ini gotravelly akan membantu kamu dalam menentukan beberapa wisata di Istanbul Turki yang menarik untuk dikunjungi. Wisata di Istanbul sendiri memiliki banyak jenis mulai dari ruang terbuka seperti taman hingga tempat sejarah. Berikut adalah 15 wisata di Istanbul Turki ;

1. Hagia Sophia

Hagia Sophia
suara.com

Hagia Sophia merupakan salah satu wisata di Istanbul Turki yang wajib dikunjungi. Wisata satu ini merupakan salah satu situs warisan UNESCO, dengan berbagai cerita sejarah yang menarik untuk diketahui. Berlokasi di Sultan Ahmet, Ayasofya Meydani No. 1, Istanbul. Majid ini dibangun sudah hamper 1500 tahun yang lalu. Fakta menarik tentang tempat ini adalah sejarahnya, dulunya masjid dengan arsitektur indah dan megah ini adalah sebuah gereja. Awal dibangunnya bangunan ini adalah sebagai basilika Kristen, lalu berubah menjadi sebuah museum, hingga pada akhirnya tanggal 10 Juli 2020 status museum pada bangunan ini dicabut dan diganti sebagai masjid.

Wisata di Istanbul Turki satu ini dibangun oleh Kaisar Bizantium Konstantius pada 360 Masehi. Bangunan atap masjid ini dulunya terbuat dari atap kayu. Bangunan ini dulunya sempat mengalami kebakaran hingga terbakar habis di tahun 404 M, hal ini disebabkan oleh kerusuhan yang terjadi akibat konflik politik dalam keluarga besar Kaisar Arkadios saat itu. Setelah oterbakar habis bangunan ini dibangun kembali oleh Kaisar Theodosios II dan selesai pada 415 M. Setelah pembangunan kembali pada masa Kaisar Theodosis II terdapat konfilk politik lagi dan membuat bangunan ini terbakar lagi dan dibongkar, hingga pada pembangunan ketiga yang selesai pada 537 M dan dibangun oleh Justianianus yang membangun dengan menggandeng aarsitek Isodoros dan Anthemios, bangunan ini berdiri hingga sekarang. Bangunan indah yang sekarang dijadikan salah satu tempat wisata di Istanbul Turki ini diubah menjadi masjid pada kepemimpinan ottoman atas Konstantinopel pada 1453

2. Bosphorus Cruise Istanbul

Bosphorus Cruise Istanbul
turkishtravelblog.com

Wisata di Istanbul Turki satu ini adalah berkeliling mengelilingi perairan Turki menggunakan bosphorus Cruises. Saat menaiki kapal pesiar ini kamu bisa melihat dengan jelas bagaimana tata kota yang indah dari selat bosphorus. Kamu bisa berkeliling dan menikmati keindahan Eropa DAN Asia sekaligus dari selat bosphorus. Jalan jalan mengelilingi selat Bosphorus sangat cocok dijadikan salah satu tempat romantis di Istanbul. Kapal akan membawa kamu berkeliling hingga Laut Hitam. Saat musim panas melihat matahari terbenam merupakan pilihan yang tepat untuk berwisata ditempat ini. Kamu bisa menikmati bangunan – bangunan bersejarah dan rumah – rumah mewah dari kapal ini saat berlayar. Sungguh pengalaman yang menyenangkan dan sulit untuk dilewatkan saat wisata ke Istanbul Turki.

Gotravelly

Mengenal Suku Karen Di Desa Wisata Baan Tong Luang Chiang Mai

Phnom Penh Terbuat Dari Kenangan Makprang Dan Pulang

3. Topkapi Palace

topkapi Palace
commons.wikimedia.org

Topkapi Palace atau biasa disebut Istana Topkapi merupakan salah satu wisata di Istanbul Turki yang sulit untuk dilewatkan. Istana Topkapi merupakan kediaman Sultan Utsmaniyah dari tahun 1465 hingga 1856. Bangunan ini dibangun pada tahun 1459 di masa pemerintahanSultan Mehmed II. Bangunan bersejarah ini terdiridari empat lapangan utama dan beberapa bangunan – bangunan berukuran kecil di dalamnya. Istana ini dulunya juga difungsikan untuk berbagai acara kenegaraan penting. Selain keindahan bangunan dan sejarah nya tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi bagi muslim karena menyimpan berbagai benda bersejarah pedang dan jubah Nabi Muhammad.

Istana Tokopi atau Tokopi Palace ini dialih fungsikan menjadi museum setelah jatuhnya Utsmaniyah di tahun 1921. Pemerintah Istanbul pada tanggal 3 April 1924 menjadikan bangunan bersejarah ini museum dan merupakan bagian dari wilayah bersejarah di Istanbul

4. Museum Arkeologi

Museum Arkeologi
tripadvisor.co.id

Museum Arkeologi merupakan salah satu wisata di Istanbul Turki yang ramai dikunjungi. Museum Arkeologi berlokasi di Cankrutan, 34122 Fatih, Istanbul, Turki. Museum ini berisi berbagai koleksi benda antik dari berbagai zaman. Koleksi benda antic di museum ini antara lain dari masa prasejarah, Yunani, Romawi, dan Bizantium. Museum ini terletak di kawasan Taman Gulhane dekat Istana Tokapi. Bangunan museum ini terdiri dari tiga bangunan terpisah yang memiliki tema yang berbeda di setiap wilayahnya. Salah satu bangunan yang menarik adalah bangunan ketiga yang merupakan Paviliun Berbin ( Clinili Kosk). Bangunan pavilion berubin ini dibangun pada tahun 1472 dan merupakan salah satu bangunan Usmani tertua yang masih ada di Istanbul. Awalnya bangunan ini difungsikan untuk Sultan Mehmet Sang Penakluk sebagai tempat bagi sultan untuk menonton pertandingan – pertandingan olahraga.

5. Basilica Cistern

Basilica Cistern
pastemagazine.com

Wisata di Istanbul Turki satu ini berada di bawah tanah. Tempat indah satu ini merupakan sumur bawah tanah karya arsitektur zaman bizantium. Basilica Cistern juga dikkenal dengan nama Yerebatan Sarnici oleh warga Turki. Banyak ornag menyebutnya istana tenggelam yang indah,, namun sebenarnya tempat ini adalah saluran penyimpanan air yang berukuran besar dan digunakan untuk istana raja Byzantium. Bangunan ini terdiri dari 336 pilar marmer yang menyangga struktur serta dihiasi ukiran – ukiran relief yang beranekaragam seperti kepala medusa. Sementara untuk lantai bangunan ini masi tergenang air dan menjadi tempat tinggal ikan karper. Meskipun terletak di bawah tanah namun, tempat ini dilengkapi pencahayaan dengan tatanan yang bagus sehingga membuat tempat ini sungguh menarik untuk dikunjungi. Uniknya lagi terdapat café untuk para wisatawan disekitaran bangunan ini. Dulunya sebelum difungsikan sebagai wadah penyimpanan air, pada masa Kaisar Konstantin bangunan ini difungsikan sebagai tempat pertemuan dan pusat kesenian.

6. Museum of Turkish and Islamic Arts

Museum of Turkish and Islamic Arts
istanbul.com

Museum of Turkish and Islamix Arts merupakan museum yang menyimpan banyak sekali budaya dan sejarah islam di Turki. Didalam museum ini terdapat lebih dari 40.000 karya seni dan artefak yang dipajang di museum ini. Museum ini adalah temoat dimana kamu bisa wisata di Istanbul Turki sambil mempelajari peninggalan muslim di tanah tersebut. Museum ini berlokasi di Binbirdirek Mh. Atmeydani Cd, Fatih, 34122 Istanbul. Bangunan museum ini dibangun pada tahun 1524, yang awalnya merupakan istana Pargali Ibrahim Pasha. Setiap wilayah pada bangunan ini memiliki isi tema yang berbeda, yang disesuaikan pada periode yang berbeda atau wilayah dunia islam yang berbeda. Untuk kamu yang beragama muslim menjelajahi tempat ini akan sangat menarik dan cocok untuk mengisi harimu saat berkunjung ke Istanbul Turki.

7. Masjid Raya Sulaimaniah

 Masjid Raya Sulaimaniah
travel.tribunnews.com

Majid Raya Sulaimaniah merupakan wisata di Istanbul Turki yang cukup populer untuk dikunjungi. Jika kamu memeluk agama islam kamu bisa beribadah di masjid ini sambil mencoba mengelilingi keindahan dan kemegahan masjid ini. Bangunan ini merupakan bangunan mewah yang dibangun pada masa King Suleiman atau terkenal dengan Suleiman The Magnificent. Bangunan ini menghabiskan biaya sekitar 21 juta lira atau 199,4 Miliar rupiah pada masa pembangunannya hingga selesai. Bangunan ini mulai dibangun pada tahun 1550 dan selesai pada tahun 1557 dengan dirancang oleh arsitek Mimar Sinan. Terdapat cerita unik dalam pembangunan masjid indah ini. Dalam masa pembangunannya King Suleiman mendapatkan hadiah batu marmer merah dari seorang Raja Romawi yang meminta batu tersebut di letakkan di mihrab masjid. King Sulaiman yang mendengar permintaan dari Raja Romawi nahwa batu tersebut harus diletakkan di mihrab pun curiga lalu menyuruh ahli geologi untuk meneliti bebatuan tersebut. Ternyata didalam batu marmer merah tersebut terdapat simbol – simbol salib. Mengetahui hal tersebut akhirnya King Sulaiman memutuskan untuk meletakkan batu tersebut di lantai dekat pintu gerbang. Selain kamu bisa menikmati keindahan masjid ini, dibagian belakang masjid ini terdapat makam King Suleiman dan Roxelana yang merupakan istri kesayangan King Suleiman.

8. Grand Bazaar Istanbul Turki

Grand Bazaar Istanbul Turki
indonesiatraveler.id

Hal yang tidal boleh dilewatkan saat berwisata adalah membeli oleh – oleh. Saat kamu wisata di Istanbul Turki kamu wajib mengunjungi Grand Bazaar ini. Grand Bazaar Istanbul merupakan tempat wisata uang sangat populer dikalangan turis dan mwnjadi surga belanja bagi wisatawan. Grand Bazaar Istanbul merupakan salah satu pasar tertutup terbesar dan tertua di dunia. Bangunan pasar ini dibangun pada tahun 1455 dan sudah berusia lebih dari 500 tahun. Grand Bazaar Istanbul berlokasi di Beyazit, Kalpakcilar Cd, No 22, 34126, Istanbul, tepatnya di kompleks kota tua Istanbull dekat dengan Majid Biru Istanbul yang terkenal.

Wisata di Istanbul Turki satu ini memiliki luas 54.000 meter persegi dengan lebih dari 3000 toko yang berjualan di dalam pasar ini. Selain terkenal karena menjadi pasar tebesar dan tertua di dunia, bangunan ini memiliki arsitektur khas dan penuh nilai seni di setiap lorongnya yang menambah keindahan dari pasar ini. Tidak seperti pasar kebanyakan, pasar ini tutup pada hari minggu dan hari besar, buka dari pukul 9 pagi hingga 7 malam.

9. Masjid Biru

Masjid Biru
travel.kompas.com

Sembari mengunjungi Grand Bazaar, kamu juga bisa mengunjungi Masjid Biru yang indah ini. Masjid ini biasa dikunjungi dan menjadi salah satu wisata di Istanbul Turki karena memiliki arsitektur yang indah dan megah. Pasalnya keindahan bangunan ini mirip dengan Hagia Sophia. Masjid ini memiliki enam menara megah dan memiliki 260 jendela kaca patri, dan satu kubah besar serta delapan kubah – kubah kecil. Masjid biru ini dibangun pada tahun 1609 dan selesai pada tahun 1616. Majid ini dibangun oleh Sultan Ahmed I dan memiliki mahakarya arsitek Sedefkar Mehmed Agha. Salah satu verita yang cukup sedih adalah Sultan Ahmed I hanya memiliki waktu yang cukup sedikit untuk bisa shalat dan menggunakan masjid ini, hal ini disebabkan Sultan Ahmed I meninggal beberapa bulan setelah pembangunan masjid selesai dan dibuka. Sultan Ahmed I dikuburkan di sebelah sisi utara masjid biru dan menghadap ke Taman Sultanahmet.

Saking indahnya bangunan Masjid Biru ini disebut juga merupakan karya seni nyata karena memiliki dinding interior yang diukir nama – bama khalifah pemimpin kaum muslimin pada dinding masjid. Selain tulisan naman – nama khalifah, dinding masjid ini juga dihiasi ayat – ayat kitab suci Al-Qur’an. Tak heran selain memiliki sejarah yang panjang dan merupakan tempat ibadah yang suci masjid ini populer untuk dikunjungi terutama oleh turis asing beragama muslim, yang ingin menyempatkan untuk bisa beribadah ditempat ini.

10. Dolmabahce Palace

Dolmabahce Palace
grayline.com

Wisata di Istanbul Turki satu ini berlokasi di Visnezade, Dolmabahce Cd. 34357, Istanbul, Truki. Wisata ini merupakan bangunan istana yang berfungsi sebagai pusat administrasi utama pada Kekaisaran Ottoman. Bangunan indah ini dibangun antara tahun 1843 dan 1856. Istana satu ini merupakan istana pengganti dari Istana Topkapi yang dirasa kurang mewah dan nyaman pada masa itu untuk ditinggali. Biaya yang dikeluarkan untuk membangun istana ini adalah 35 ton emas yaitu setara dengan 1,62 miliar USD. Pembangunan istana ini memakan biaya yang cukup besar yang mengakibatkan situasi keuangan Kekaisaran Romawi memburuk pada masa itu. Istana ini merupakan istana terbesar di Turki dengan luas sebesar 45.00 meter persegi yang terdiri dari 285 kamar, 46 aula, 6 kamar mandi, dan 68 toilet.

11. Galata Tower

Galata Tower
move2turkey.com

Gelata Tower merupakan bangunan menara dari batu yang terletak di Bereketzade, Galata Kulesi, 34421 Beyoglu, Istanbul, Turki.  Galata Tower merupakan salah satu landmark Istanbul yang mencolok bahkan dari kejauhan. Menara ini berbentuk kerucut silinder yang menjulang tinggi di Kota Istanbul. Dulunya menara ini merupakan menara pengawas pertahanan kota, namun pada tahun 1717 Kerajaan Ottoman menggunakan menara ini untuk mengawasi dan melihat sumber kebakaran di kota. Menara ini pernah mengalami peristiwa kebakaran pada tahun 1831, dan mengalami pembangunan kembali pada tahun 1960 an, lalu dibuka untuk umum.

12. Galata Bridge

Galata Bridge
expatguideturkey.com

Galata Bridje atau biasa disebut dengan jembatan Galata, merupakan salah satu dari jembatan yang melintasi teluk Golden Horn, di Istanbul. Wisata di Istanbul Truki ini banyak dikunjungi karena memiliki pemandangan laut yang indah dan juga dibawah jembatan terletak banyak restoran yang berjejer. Restoran dibawah jembatan ini memiliki aneh=ka menu seafood dan yang terkenal enak adalah Balik Ekek atau sandwich ikan. Jembatan ini juga merupakan jembatan yang menghubungkan antara Istanbul kota lama dengan Instanbul Kota modern.bagian tengah jembatan biasanya berfungsi untuk lalu Lalang kapal yang melintasi Golden Horn. Kedai makanan ini menjadai daya tarik tersendiri bagi wisatawan di Istanbul Turki untuk datang kesini. Sambil memakan sajian makanan di bawah jembatan kamu bisa melihat hamparan laut yang biru dan bersih di area ini.

13. Gulhane Park

Gulhane Park
thetravelinggardener.com

Gulhane Park atau bisa disebut juga Taman Gulhane merupakan destinasi public space yang wajib kamu masukan list wisata di Istanbul Turki. Taman kpta ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan sudah ada sejak tahun 1912. Lokasinya sendiri cukup strategis dari kota tua Istanbul yaitu dekat denga Topkapi Palace. Taman ini merupakan destinasi yang populer terutama pada saat musim semi karena kamu bisa melihat bunga – Bunga tulip yang bermejaran indah disini. Selain itu di sekitar taman terdapat café  atau kedai penjual makanan yang bisa mengisi perut kamu sembari menikmati keindahan taman ini.

14. Istiklal Caddesi

Wisata di Istanbul Turki
yoldaolmak.com

Untuk kamu yang hobi belanja dan menikmati sore mu untuk berkeliling jalanan kota Istanbul, jalanan ini sangat cocok untuk kamu jadikan wisata di Istanbul Turki. Jalanan ini merupakan jalanan yang terkenal di Istanbul dan dikunjungi oleh banya orang apalagi saat akhir pekan. Jalanan ini berisi berbagai butik, kedai teh, coffee shop, klub malam, bisokop, hingga perpustakaan. Selain itu, hal menarik dari jalanan ini adalah toko – toko disekitar jalanan ini memiliki gaya neo klasik era Utsmaniyah yang menarik dan indah.

15. Kariye Museum atau The Chora Church Istanbul

Kariye Museum atau The Chora Church Istanbul
renturs.com

Kariye Museum merupakan salah satu destinasi yang menarik saat kamu wisata di Istanbul Turki. Dulunya museum ini merupakan Gereja Chora, yang merupakan gereja ortodoks kuno yang pernah menjadi masjid dan akhirnya museum. Musium ini sudah mengalami kurang lebih 5 kali kontruksi, namun perubahan yang paling besar adalah pada abad ke 11, 12, 14.  Di dinding museum ini banyak sekali mosaic tentang menggambarkan kemartian dan kehidupan setelah kematian. Museum ini juga merupakan salah satu museum yang dinobatkan sebagai warisan dunia UNESCO.



Leave a Reply