12 Pantai di Probolinggo dan Tips Menuju Area Pantai 


Rio Handika  October 23, 2023  0 Comment

Probolinggo merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang menyimpan keindahan alam tersembunyi. Salah satu wisata alam yang direkomendasikan adalah pantai di Probolinggo. Penasaran dengan pantai apa saja yang ada di sana? berikut selengkapnya.

12 Pantai di Probolinggo Paling Eksotis :

Bagi kamu yang baru menginjakkan kaki di Probolinggo sebaiknya mulai menelusuri pantai yang ada di Probolinggo Jawa Timur?. Selain indah, pantai di wilayah Probolinggo juga masih jarang terjamah. Berikut ini rekomendasi pantai yang bisa kamu kunjungi di Probolinggo:

1. Pantai Mayangan

pantai mayangan
todatodays.com

Pertama ada Pantai Mayangan yang merupakan tempat penjualan ikan di waktu tertentu. Menjadi pelabuhan ikan membuat kesan Pantai Mayangan jauh lebih eksotis di waktu tertentu. Kamu bisa menyewa gazebo di pinggir pantai sambil menikmati terpaan angina pantai.

Apabila merasa lapar atau haus tinggal pilih kuliner di pinggir pantainya. Direkomendasikan untuk memilih makanan seafood pinggir laut yang nikmat khas Jawa Timur. Bumbunya tidak kalah nikmat dengan seafood Jimbaran Bali.

Pantai Mayangan Probolinggo terletak di Pelabuhan, Mayangan, Kec.Mayangan, Kota Probolinggo

2. Pantai Pasir Putih

pantai pasir putih
tripadvisor.co.id

Kedua ada Pantai Pasir Putih yang memiliki ciri khas pasirnya berwarna putih. Di setiap daerah yang memiliki pantai mayoritas memang ada nama Pantai Pasir Putih tapi untuk di Probolinggo ini berbeda. Air lautnya yang jernih dan pasir putihnya yang halus memanjakan kaki saat menginjak.

Pantai di Probolinggo yang satu ini juga menjual banyak cenderamata berupa kerang khas pantai. Jadi, jika kamu hanya berkunjung untuk wisata tak perlu pusing mencari tempat oleh-oleh.

Pantai Pasir Putih terletak di Gili Ketapang, Kec.Sumberasih, Probolinggo, Jawa Timur

3. Pantai Giliketapang – Pantai di Probolinggo

pantai gili ketapang
darmawisataindonesia.co.id

Ketiga ada Giliketapang, pantai yang kecantikannya setara dengan Gili Lombok. Keindahan alam bawah lautnya berpadu dengan keindahan area laut menjadi kesatuan utuh. Kamu bisa mengambil paket snorkeling di Pantai Giliketapang.

Setelah menyelami keindahan laut dan bertemu biota laut jangan lupa untuk mencicipi aneka seafood. Dijamin cita rasa seafood di Giliketapang tidak akan kamu temukan di tempat lain. Banyak warga setempat yang datang ke Giliketapang demi mencicipi aneka seafood di sana.

Baca juga :  6 Jenis Transportasi di Singapura yang Siap Mengantarmu Berlibur

Pantai Giliketapang terletak di Sapia, Gili Ketapang, Kec.Sumberasih, Probolinggo

4. Pantai Tugu Laut

pantai tugu laut
timesindonesia.co.id

Pantai yang menjadi kebanggaan warganya adalah Pantai Tugu Laut. Satu keunikan yang tidak akan kamu temukan di pantai lain adalah hadirnya makan ikan paus besar. Ikan paus yang mati tersebut dianggap sebagai penjaga pantai agar tetap aman.

Selain wisata alam kamu bisa mengenang ikan paus dengan mendatangi kuburannya. Pemandangan paling indah di Tugu Laut adalah suasana sunset. Coba datang ke sana sore hari untuk melihat indahnya pemandangan matahari terbenam.

Pantai Tugu Laut terletak di Desa Pabean, Kec.Dringu, Kab.Probolinggo, Jawa Timur

5. Pantai Permata Hilang

pantai permata hilang
jatim.idntimes.com

Masih memiliki keunggulan yang sama dengan pantai sebelumnya, Permata Hilang punya pemandangan sunset terbaik. Pemandangan indah di sore hari Permata Hilang berbeda dengan pantai lain. Pohon cemara yang ada di sekitar pantai serta bakau membuat landscape indah.

Jarang sekali pengunjung Pantai Permata Hilang yang tertarik untuk berenang. Mayoritas pengunjung datang karena ingin menikmati suasana matahari terbenamnya. Ajak pasangan agar saat memandang sunset jauh lebih indah.

Pantai Permata Hilang ada di Kec.Kedemangan, Kota Probolinggo

6. Pantai Tambak Sari

pantai tambak sari
disporaparbud.probolinggokab.go.id

Selanjutnya, pantai bernama Tambak Sari juga cocok untuk kamu kunjungi. Pemandangan bakau yang indah dan asri menjadikan suasana pantai sangat alami. Kamu bisa menjadikan Tambak Sari sebagai spot foto instagramable.

Di setiap sudut Pantai Tambak Sari rasanya semuanya cocok untuk kamu abadikan. Maka dari itu coba bawa kamera dengan resolusi tinggi agar hasil fotonya bagus. Jangan kaget jika kamu melihat banyak pasangan prewedding di tempat ini.

Pantai Tambak Sari ada di Sukokerto, Kec.Pajarakan, Probolinggo

7. Pantai Tambak Bahak

pantai tambak bahak
timesindonesia.co.id

Selanjutnya adalah Pantai Tambak Bahak yang termasuk sebagai harta karun tersembunyi di Probolinggo. Meski punya keindahan tak terlupakan tapi tidak banyak orang tahu akan kehadiran Pantai Tambak Bahan. Keasriannya masih terjaga dengan sangat baik,

Baik sunrise atau sunset di Pantai Tambak Bahak semuanya menyajikan pemandangan indah. Dijamin, untuk kamu yang melihat sunset di Pantai Tambak Bahak bisa terpukau dan malas pulang. Menghabiskan waktu di Pantai memang jadi salah satu cara membuang waktu terbaik.

Pantai Tambak Bahak berlokasi di Dusun Bahak, Desa Curah Dringu, Kec.Tongas, Kab. Probolinggo

8. Pantai Bentar

pantai bentar
travel.detik.com

Para pecinta ombak wajib mampir ke Pantai Bentar sebagai salah satu rekomendasi Pantai di Probolinggo. Selain menyajikan pemandangan alam yang indah kamu bisa mendengar deburan ombak yang menenangkan. Jangan sampai tidak mengambil foto di beberapa spot terbaik yang ada di Pantai Bentar.

Baca juga :  10 Tempat Wisata Keren Ala Zaskia Sungkar dan Irwansyah

Salah satu lokasi foto terbaik Pantai Bentar adalah di jembatan yang pada penghujungnya terdapat saung. Silahkan bermain air sepuasnya di area Pantai Bentar karena aman bahkan untuk anak-anak. Tetap awasi anak meski areanya aman karena ditakutkan anak bermain terlalu ke tengah.

Pantai Bentar berlokasi di Jalan Pantura Mayangan, Karang, Anyar, Curah Sawo, Kec.Gending, Kab.Probolinggo

9. Pantai BJBR – Pantai di Probolinggo

pantai bjbr
dispopar.probolinggokab.go.id

Dari namanya saja sudah unik bukan yakni BJBR yakni salah satu pantai yang cocok dijadikan kunjungan bersama keluarga. BJBR didapatkan dari singkatan BeeJay Bakau Resort yang punya wisata bakau asri, terbaik di Probolinggo.

Fakta menarik dari Pantai BJBR adalah dahulunya BJBR dijadikan tempat pembuangan sampah. Karena pemerintah setempat mengelola lokasi dengan baik akhirnya BJBR menjadi tempat wisata. Mungkin jika di kota kamu ada pantai atau pembuangan sampah dekat laut bisa dijadikan seperti BJBR.

Lokasi Pantai BJBT ada di Mangunharjo, Kec.Mayangan, Kota Probolinggo

10. Pantai Duta Wisata – Pantai di Probolinggo

pantai duta wisata
radarbromo.jawapos.com

Terakhir ada Duta Wisata yang cukup populer karena masih sangat alami. Keunikan Pantai Duta Wisata adalah wisata mangrove yang dikelola dengan baik. Kamu bisa menyebrang melalui jembatan kayu yang sudah dibangun jika ingin melihat Hutan Mangrove.

Pantai dengan wisata Mangrove sudah biasa di beberapa daerah. Kamu bisa melihat adanya perbedaan wisara Mangrove di Pantai Duta Wisata yang sangat indah. Pengelola Maangrovenya sendiri benar-benar serius sehingga hutannya terlihat dikelola dengan baik.

Pantai Duta Wisata terletak di Dusun Gilin, Randutatah, Kec.Paiton, Probolinggo

11. Pantai Utama Raya – Pantai di Probolinggo

pantai utama raya
orami.co.id

Berikutnya kamu bisa ke Pantai Utama Raya yang harga tiketnya mulai dari Rp5.000. Daya tarik Pantai Utama Raya yang sering dilihat anak muda adalah spot foto beragam. Bibir pantainya yang indah bahkan ada fasilitas hotel bisa dijadikan tempat pengunjung menginap.

Bagi kamu yang sering risih menggunakan toilet umum bisa menggunakan toilet VIP. Harganya memang lebih mahal yakni Rp10.000 tapi sesuai dengan kualitas toiletnya. Aktivitas lain di Pantai Utama Raya adalahsewa sepeda sampai memancing.

Pantai Utama Raya terletak di Jalan Raya Pantura, Kec.Banyuglugur, Kab.Situbondo

12. Pantai Bohay atau Binor Harmony

pantai bohay
idntimes.com

Masih seputaran Pantai di Probolinggo ada Pantai Bohay yang nama asinya adalah Binor Harmony. Akses menuju pantai sangat mudah karena terletak di Jalan Raya Pantura. Pemandangan Pantai Bohay bukan hanya alam saja melainkan pemandangan PLTU Paiton.

Baca juga :  7 Destinasi Wisata di Atambua Bikin Hati Bahagia

Hampir setiap hari Pantai Bohay ramai pengunjung yang ingin menikmati waktu bersama anak. Harga tiket masuk Pantai Bohay Rp10.000 belum termasuk biaya parkor kendaraan. Nikmati aktivitas seru bersama keluarga di Pantai Bohay ini.

Pantai Bohay terletak di Dusun Pesisir, Desa Binor, Kec.Paiton, Kab.Probolinggo

Tips Menuju Pantai di Probolinggo Secara Umum

Karena Probolinggo tidak sama dengan daerah lain maka ada tips khusus untuk para pendatang dari luar kota. Tips menuju pantai Probolinggo bisa jadi pedoman agar mudah sampai ke sana. Langsung saja, ini dia tips penting agar perjalanan ke pantai Probolinggo lebih mudah :

1. Siapkan Biaya Masuk Pantai

Pertama kamu harus menyiapkan biaya untuk masuk ke pantainya. Tenang saja biaya masuk ke pantai Probolinggo tidak terlalu mahal dan mayoritas dihitung per kepala. Untuk harga per kepalanya sendiri ada di angka Rp5.000-Rp20.000.

Siapkan biaya parkir di area pantai meski tidak semua pantai mematok biaya parkir. Apabila kamu ingin menginap dan lain-lain tentunya kamu harus menyiapkan biaya tambahan. Belum lagi jika ada wahana yang ingin kamu coba di area pantainya.

2. Belajar Bahasa Jawa

Kedua coba belajar bahasa Jawa karena kamu akan lebih mudah negosiasi jika bisa bahasa tersebut. Biasanya ada tarif khusus untuk warga setempat. Apabila kamu bisa berbahasa jawa maka kamu memungkinkan mendapat tarif lebih rendah.

Belum lagi keperluan untuk komunikasi jika kamu ingin bertanya alamat dan lainnya. Banyak sekali manfaat bahasa Jawa saat kamu menuju pantai di Probolinggo. Mayoritas warga di Probolinggo sukunya Jawa sehingga bahasa Jawa sudah jadi bahasa sehari-hari.

Solidaritas antar suku di Indonesia masih kuat termasuk di daerah Probolinggo. Di Bali saja harga barang untuk turis dan untuk wisatawan lokal berbeda. Jadi sangat wajar jika kamu bisa bahasa Jawa akan jadi nilai plus.

3. Sewa Motor

Kenapa harus sewa motor? kamu bisa mengakses jalan lebih dalam jika menggunakan motor. Di dekat area pantai terdapat beberapa spot menarik yang bisa kamu kunjungi. Menggunakan kendaraan roda empat menyulitkan untuk menjangkau area yang jalannya sulit.

Sebenarnya tiap kendaraan memiliki kekurangan dan kelebihan sendiri. Tapi dengan menggunakan motor kamu bisa menghirup udara segar Probolinggo. Suasana di sana sangat sejuk karena berdekatan dengan pegunungan.

4. Gunakan Google Map

Terakhir kamu harus menggunakan Google Map untuk berjaga-jaga apabila kamu tersesar. Fungsi Google Map sebagai penunjuk jalan sudah tidak perlu ditanyakan lagi. Alamat pantai yang disebutkan di atas juga bisa kamu cari melalui Google Map dengan lebih mudah.

Keuntungan menggunakan Google Map adalah bisa memperkirakan jarak tempuh dari satu pantai ke tempat lain. Selain itu kamu tidak akan tersesat asal jaringan pada ponsel selalu terhubung dengan internet. Hati-hati ketika melihat map sambil menggunakan kendaraan bermotor karena rawan dirampas orang.

source : https://www.youtube.com/@TRANSTVofficial

Itulah pantai di Probolinggo yang bisa kamu kunjungi serta tips mengunjungi semua pantainya. Jangan khawatir karena pantai di atas semuanya beroperasi dari pagi sampai sore hari. Bahkan ada pantai yang menyediakan penginapan sehingga jam operasionalnya 24 jam.



Leave a Reply