Berkunjung Ke Rusia Jangan Lupa Cicipin 11 Minuman Khas Rusia


sisil angelin  March 4, 2020  0 Comment

Rusia dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki banyak wisata menakjubkan. Tak hanya itu, Rusia juga memiliki banyak sajian khas yang wajib untuk dicoba. Selain kuliner, Rusia juga terkenal memiliki banyak minuman khas yang tidak bisa ditemukan di negara-negara lain. Ragam minuman khas Rusia ini biasa dinikmati diberbagai kesempatan, seperti saat bersantai sendirian ataupun bersama teman hingga minuman khas yang dinikmati untuk menghangatkan dan menyegarkan diri. Berikut rekomendasi minuman khas Rusia

1. Vodka

Vodka
thewhiskyexchange.com

Minuman khas Rusia yang pertama ini adalah yang paling terkenal di dunia. Pasalnya, orang Rusia memiliki banyak tradisi minum vodka. Misalnya seperti diantara gelas pertama dan kedua, Anda dilarang makan makanan ringan dan jika Anda terlambat, sementara semua orang sudah minum, Anda harus meminum minuman lagi.

Agar tidak mudah mabuk, Anda bisa mengonsumsi makanan ringan. Rusia juga memiliki beragam pilihan makanan ringan yang bisa menjadi pilihan, seperti jeli daging, acar dan sup borsch.

Gotravelly

Delicious Sedap Nasi Lemak: Nasi Lemak Enak Di Kuala Lumpur

Nasi Ayam Hainan Chee Meng, Wajib Coba Kalau Ke KL!

2. Kvass

kvass
youtube.com

Jika Anda berpikir minuman khas Rusia yang paling utama adalah vodka, maka Anda salah besar karena sebelum vodka, kvass sudah terkenal lebih dahulu. Kvass dikenal sebagai minuman tertua di Rusia dan terkenal sangat menyegarkan, apalagi jika dinikmati saat musim panas. Kvass biasanya diminum dengan daun bawang dan roti hitam sebagai makan malam dan buah atau kvass berry yang biasa disajikan sebagai pencuci mulut.

Kvass terbuat dari roti gandum dan air dan bisa juga ditambahkan tanaman herbal dan buah-buahan. Minuman yang berasal dari daerah Slavia dan Baltik ini memiliki kadar kandungan alkohol yang berasal dari hasil fermentasi sebesar 0,5% – 1,0% saja. Minuman ini hampir tak pernah absen dari setiap meja makan orang Rusia, mulai dari kaum petani hingga bangsawan. Kadang minuman ini juga disajikan sebagai pengganti vodka.

Kvass memiliki jenis lainnya, yaitu schi asam yang merupakan minuman asam dibuat dari gandum malt. Kvass sangat mudah dibuatnya. Anda cukup merendam roti hitam yang keras ke dalam air mendidih, diamkan selama empat jam lalu tambahkan gula, ragi dan mint. Kemudian, biarkan kvass terfementasi.

3. Teh

teh rusia
petersfoodadventures.com

Sama halnya dengan orang Inggris, orang Rusia pun suka minum teh tak heran jika teh menjadi salah satu minuman khas Rusia. Di Rusia, minum teh selelu menjadi alasan yang bagus untuk bertemu dengan teman-teman ataupun keluarga.

Orang Rusia memiliki banyak sekali jenis teh favorit yang terkenal enak. Misalnya seperti teh hijau, teh herbal, lemon dan masih banyak lagi lainnya.

4. Medovukha

Medovukha
globalhobos.com

Modovukha dikenal tak hanya sebagai minuman khas Rusia tapi juga dikenal sebagai salah satu minuman beralkohol tertua di Rusia. Kandungan alkohol dari minuman ini cukup bervariasi, antara 2 hingga 12 persen.

Medovukha terbuat dari madu, ragi, gula dan air. Anda juga bisa menambahkan aneka herba, buah buni ataupun jus buah. Untuk menikmati minuman ini, Anda bisa pergi ke kota-kota di dalam Zolotoe Koltso yang merupakan kota-kota kuno di timur laut Moskow yang sampai saat ini masih mempertahankan arsitektur abad pertengahan tradisional.

5. Kompot

Kompot
littlesunnykitchen.com

Kompot merupakan minuman khas Rusia yang juga tak kalah populer. Minuman ini memang tidak dianggap sebagai minuman sehari-hari karena hanya disajikan selama perayaan tertentu.

Kompot terbuat dari apel kering, prem atau pir yang direndam dalam air dan diberi gula kemudian dibiarkan mendidih selama 20 menit lalu didinginkan. Kompot dapat bertahan selama beberapa bulan jika disimpan dalam wadah tertutup rapat.

6. Mors

Mors
news.itmo.ru

Minuman khas Rusia yang satu ini mirip dengan kompot yang terbuat dari buah-buahan. Bedanya minuman ini lebih kental karena buah yang direbus harus dihaluskan terlebih dahulu, sementara kompot dibiarkan utuh.

Mors sudah sangat populer sejak abad ke-16 dan biasa dibuat dari buah cranberry, blueberry, raspberry, currant atau ceri. Buah-buahan ini kemudian dikeringkan dari sarinya dengan menggunakan saringan. Kulit buah kemudian direbus dengan gula. Setelah selesai tuangkan ke dalam sari buah yang telah dipisahkan. Mors bisa bertahan seminggu jika disimpan di tempat yang dingin.

7. Prostokvasha

Prostokvasha
id.rbth.com

Minuman khas Rusia yang wajib Anda coba selanjutnya adalah Prostokvasha. Minuman ini berasal dari susu Rusia. Susu Rusia sejak abad pertengahan digunakan dalam segala hal. Susu asam bahkan memiliki fungsi tersendiri bagi orang Rusia, karena susu bisa ditambahkan ke panekuk, bahan membuat keju dan keju cottage atau direbus menggunakan prostokvasha.

Membuat minuman ini sangatlah mudah. Cukup tinggalkan sewadah susu sapi alami di tempat yang hangat selama semalaman. Di pagi harinya, Anda bisa langsung menikmati prostokvasha yang sempurna. Metode ini dianggap lebih otentik dan membuat prostokvasha terasa lebih enak.

8. Kisel

Kisel
amigos-de-rusia.blogspot.com

Kisal merupakan minuman khas Rusia yang terbuat dari oat, biasanya minuman ini disajikan dingin di musim panas. Minuman ini ditemukan di awal abad ke-19 dan merupakan minuman yang biasa dinikmati oleh bangsawan. Di zaman Soviet, kisel kering dapat dengan mudah dilarutkan dalam air hangat dan kemudian dipanaskan.

Oat Kiel dibuat dengan tepung gandum. Anda juga bisa menyeduh kisel alami dari aneka berry atau buah lainnya. Jangan lupa tambahkan satu sendok makan tepung maizena atau gula. Namun, anak-anak yang menyukai kisel lebih menyukai memakan langsung kisel kering dan menikmati rasa buahnya.

9. Syt

Syt
rbth.com

Sebelum mengenal teh, orang Slavia kuno sering meminum Syt. Minuman khas Rusia ini terbuat dari madu yang direbus, disaring dan didinginkan. Sebagai penyedap rasa, biasa ditambahkan rempah-rempah seperti cengkeh dan kayu manis.

Biasanya, orang-orang Rusia mendinginkannya terlebih dahulu sebelum menimumnya agar rasa aslinya terasa lebih kuat.

10. Sari Cowberry

Cowberry drink
creativemarket.com

Sari Cowberry adalah minuman khas Rusia yang terkenal dijadikan menu diet dan lebih mudah dibuat dibandingkan mors. Anda Tinggal memilih buah cowberry yang segar dan buang daun serta batangnya. Rendam air dan biarkan di tempat yang dingin selama 7 – 10 hari kemudian saring airnya. Tambahkan gula atau madu kemudian tuang dalam gelas. Sisa buah cowberry ini masih bisa digunakan untuk membuat mors.

11. Vzvar

Vzvar
rbth.com

Minuman khas Rusia yang terakhir ada Vzvar. Minuman ini memang hampir selalu terlupakan, padahal minuman ini rasanya tak enak dibandingkan minuman Slavia lainnya. Vzvar adalah minuman yang sejenis kompot, terbuat dari buah-buahan dengan tambahan herba dan kadang juga diberi anggur. Minuman ini biasa dibuat agak kental, kadang-kadang terlihat dan terasa lebih seperti pudding dibandingkan minuman.

Nah, diatas adalah berbagai rekomendasi pilihan minuman khas Rusia yang wajib Anda coba saat berkunjung kesana. Namun, jika Anda ingin mencobanya sendiri di rumah, tidak susah juga kok untuk membuatnya. Kira-kira minuman mana nih yang ingin Anda coba?



Leave a Reply