10 Museum Terbaik Di Rusia Bikin Wisatawan Takjub


Reni  September 18, 2022  0 Comment

Bagi Anda yang hobi traveling ke luar negeri, salah satu negara yang paling sering dikunjungi para wisatawan adalah Rusia. Negara yang mempunyai banyak sekali tempat-tempat wisata yang indah dan luar biasa menakjubkan. Tidak hanya tempat wisata landmarknya saja yang mempesona, melainkan wisata alamnya juga memiliki keindahan yang sempurna. Rusia merupakan negara yang mempunyai wilayah terluas di dunia, karenanya tak heran bilamana banyak sekali tempat wisata yang wajib dikunjungi saat datang ke Rusia termasuk museumnya. Moskow merupakan salah satu kota di Rusia yang terkenal dengan 400 museumnya, dari banyaknya museum yang dibangun didedikasikan sebagai tempat teater, ilmu alam, hingga industri. Penasaran dengan museum apa saja yang ada di Rusia? Berikut ini deretan 10 museum terbaik di Rusia yang perlu Anda ketahui, simak penjelasan di bawah ini:

1. Galeri Tretyakov

Galeri Tretyakov
tripadvisor.co.id

Salah satu museum terbaik di Rusia yakni galeri Tretyakov yang mempunyai berbagai macam koleksi populer seni Rusia dari zaman dulu yang tersimpan dalam 2 bangunan besar ini. Galeri Tretyakov ini berada di gedung lavrushinsky Pereulok yang banyak menampung koleksi karya seni klasik dengan ikon yang dikenal dengan sebutan “Trinity” yang diciptakan oleh Andrei Rublev pada abad ke -15 sampai karya-karya mannerisme, imresionis, dan realis Rusia yang munculnya di akhir abad ke-19 dan awal abad yang ke 20 oleh seorang seniman bernama Bryullov, Shishkin, Ivanob, Rerikh, Vrubel dan Repin. Untuk gedung Krymsky Val menyediakan seni avantgarde seperti Black Square yang merupakan karya Malevich dan Kandinsky, filonov, Goncharova, dan sebagainya. Semua koleksi tersebut merupakan karya seni sosialis-realisme juga kontemporer dari Rusia. 

Gotravelly

Museum Olahraga, Wisata Edukasi Seru Tentang Dunia Olahraga

Serunya Berwisata Edukasi Di Museum Gunung Merapi, Informatif Banget!

2. Museum seni rupa Push

Museum seni rupa Push
moscovery.com

Museum ini digunakan untuk menampung berbagai macam mahakarya ternama, seperti Titian, Bronzino, El Greco, Botticelli, Pussin, dan Jan Gossaert. Museum Puskin ini juga menyimpan beberapa koleksi impresionis juga modernis yang direpresentasikan dalam periode artistik berbeda dari Van Gogh, Renoir, Monet, Degas, Cezanne, Matisse, Picasso, dan Gauguin. 

3. Museum Kremlin

Museum Kremlin
excellent-travel-club.com

Museum ini memiliki bangunan arsitektur utama juga sebagai landmark simbol Moskow yang bisa dikenal semua orang yang datang ke Rusia. Museum ini cukup kompleks dan sebagai bangunan raksasa dan katedral yang tersembunyi dari balik benteng merah sejak abad ke -15, Museum Kremlin ini dijadikan sebagai rumah untuk peninggalan harta karun tsar-tsar di Rusia. Barang yang mempesona dan dijadikan primadona di museum ini adalah topi legendaris milik Monomakh juga mahkota kekaisaran, seragam lapis baja, medali dan kereta kuda, perhiasan Faberge, pakaian seragam seremonial, dan senjata. Museum ini juga berdekatan lokasi dengan kantor Presiden Rusia. Berdekatan juga dengan Diamond Fund yang merupakan yayasan berlian dan menyajikan beberapa koleksi bongkahan emas, perhiasan, dan berlian dari berbagai macam era. 

4. Museum sejarah negara

Museum Terbaik Di Rusia
id.rbth.com

Museum ini merupakan museum sejarah dari Katedral St. Basil yang merupakan gereja tersohor yang ada di dunia, jika dilihat bentuknya seperti kue warna-warni. Selain itu, terdapat museum perang patriotik 1812 dan kamar boyar atau kaum ningrat Romanov yang berlokasi di Jalan Varvarka, dari distrik keluarga yakni Dinasti Romanov. Keseluruhan museum penuh dengan beragam artefak bersejarah di Rusia, benda-benda pribadi para tsar, dan penemuan arkeologi. 

5. Museum seni kontemporer garage

Museum seni kontemporer garage
inexhibit.com

Museum ini merupakan museum dengan versi baru yang dibuka pada waktu musim panas 2015 pada bangunan yang telah di rekonstruksikan, sebelumnya dijadikan sebagai restaurant pada era Soviet pada taman Gorky. Pembangunan ini dibuat oleh seorang arsitek bernama Rem Koolhaas. Selain itu, Museum ini tidak punya koleksi sendiri, namun dipromosikan sebagai tuan rumah pameran perjalanan dan proyek, seperti pameran retrospektif Louise Bourgeois. Museum ini dimiliki oleh Dasha Zhukova, istri juga miliarder Rusia Roman Abramovich, terkadang museum ini selalu menampilkan koleksi pribadi dari berbagai koleksi pribadi pasangan jetset, termasuk mahakarya dari Lucian Freud dan Francis Bacon. 

6. Museum seni modern Moskow

Museum seni modern Moskow
moscovery.com

Ada 4 area pameran yang ada di museum ini, namun tidak mempunyai benda pameran yang sifatnya tetap, seperti halnya dunia modern, semua bisa berubah. 4 bangunan yang letaknya berdekatan menyajikan gerakan seni internasional dan spektrum gaya secara keseluruhan mulai dari abad ke 20 hingga ke 21. Museum Moskow ini dijadikan tempat untuk menggelar pameran retrospektif secara klasik dari Robert Rauschenberg dan Joan Miro secara rutin juga pameran dari beberapa seniman muda dari seluruh dunia. Moscow International Biennale for Young Art didirikan oleh MMOA yang diadakan pagelaran pada tahun 2016 lalu. 

7. Museum seni multimedia

Museum seni multimedia
likealocalguide.com

Museum ini dulunya dijadikan sebagai museum fotografi dan telah diubah menjadi aula pameran Guggenheim lokal yang diselenggarakan oleh direktur legendaris bernama Olga Sviblova. Setelah merekonstruksi bangunan lama, ruang bagian dalam mirip dengan museum ternama di New York. Pameran pada museum ini semakin diperluas hingga 6 lantai dan bisa menampung 5 pameran sekaligus, mulai dari video, fotografi, serta seni kontemporer. 

8. Museum Yahudi dan pusat toleransi

Museum Yahudi dan pusat toleransi
tripadvisor.co.id

Meskipun museum ini tidak begitu banyak artefak, namun desain kontemporer yang ditawarkan dari museum ini sungguh menakjubkan. Bangunan ini direkonstruksi interior interaktif termasuk didalamnya bergaya kafe di Odessa, yang merupakan pasar sejak abad ke 20 awal, desa Yahudi dan Sinagoga. Pameran utama yang dibuat oleh Ralph Appelbaum telah menceritakan kisah yang sudah beberapa ratus tahunnya tentang komunitas Yahudi Rusia. 

9. Museum AZ

Museum AZ
inyourpocket.com

Museum ini telah didedikasikan oleh seorang seniman bernama Anatoly Zverev yang merupakan seorang legenda seni bawah tanah di Rusia sejak tahun 1960 dan 1970. Perancang mural yang berasal dari Meksiko yakni David Siqueiros yang mempunyai gaya yang ekspresionis juga abstraksionis yang percaya diri dan Picasso atau dikenal dengan sebutan pelukis terbaik di Rusia. Berbagai macam kumpulan koleksi yang merupakan karya pribadi dari Zverev dan dimiliki oleh George  Costakis.

10. Museum Art Deco

Museum Art Deco
inyourpocket.com

Museum yang dipenuhi dengan furnitur, patung, dan beberapa seni terapan juga dekorasi dari seniman yang bernama Belle Epoque sebagai museum koleksi pribadi. Mahakarya yang sangat penting adalah patung, serta koleksi utama museum ini seperti Demetre Chiparus yang terinspirasi oleh Ballets Russes yang merupakan karya Sergei Diaghileb, yakni gambar panel monumental yang dibuat oleh Pierre Bobot dan dirancang untuk Roseland Ballroom di negara New York, dan furnitur Perancis yang dibuat oleh Edgar Brandt. 

Demikianlah, deretan dari 10 museum terbaik di Rusia yang bisa Anda kunjungi saat berlibur ke negara Rusia. Anda bisa mengelilingi wisata museum yang begitu banyak dengan lokasi saling berdekatan, Anda juga bisa mengambil gambar di beberapa museum yang menakjubkan tersebut untuk dijadikan kenangan yang indah. Selamat berlibur di negara Rusia!



Leave a Reply