10 Sup Khas Rusia Kelezatannya Mengetarkan Jiwa


prita  December 3, 2021  0 Comment

Rusia adalah salah satu negara di Eropa yang menawarkan banyak sekali destinasi wisata. Negara ini memang memiliki banyak tempat indah dan kuliner yang lezat, salah satunya adalah sup. Sup khas Rusia memang banyak sekali macamnya. Bahkan, makanan berkuah khas Rusia ini menawarkan berbagai macam jenis dan bahan-bahan yang berbeda-beda. Kamu bahkan tidak bisa menemukannya di negara-negara lain. Nah, jika kamu berencana berlibur ke Rusia saat musim dingin, jangan lupa untuk mencicipi deretan sup khas Rusia yang bisa menghangatkan tubuhmu.

1. Borscht

Borscht
foodandwine.com

Sup khas Rusia yang pertama wajib untuk kamu coba adalah Borscht. Borscht ini merupakan sup paling populer di Rusia dan sangat ikonik.

Sup ini terkenal karena memiliki warna merah muda yang cerah. Warna merah ini berasal dari buah bit dan krim asam sehingga sup ini memiliki cita rasa yang segar. Sup ini dulunya dibuat oleh masyarakat Slavia dari parsnip atau hogweed. Borscht ini dulunya dianggap sebagai makanan masyarakat miskin karena dibuat dengan bahan-bahan yang terjangkau. Sup ini ternyata memiliki banyak variasi yang bisa kamu temukan di seluruh Rusia dan Eropa.

Gotravelly

Nikmatnya Ragam Menu Aci Di Baso Aci Akang Waru, Bikin Nagih!

Omah Cangkrok Sehat Tentrem : Tempat Nongkrong Nyaman Di Tengah Kota Jombang!

2. Rassolnik

Rassolnik
russlandjournal.de

Rassolnik merupakan salah satu sup khas Rusia yang tak kalah populer dari borcsht. Sup ini terkenal karena aroma dan rasanya yang unik dan berbeda dari sup lainnya.

Rassolnik ini terbuat dari acar mentimun, jelai mutiara dan ragam sayuran seperti bawang, kentang dan wortel. Sup ini juga diberi ragam jeroan seperti hati ayam, daging sapi atau ginjal babi. Rassolnik ini awalnya dikenal dengan nama kalya karena dibuat bukan dari jeroan melainkan dari ikan. Namun, di abad ke-19 kalya kemudian berubah nama menjadi rassolnik.

Baca juga :  Sehat dan Lezat Berikut 10 Makanan Khas Yunani

Sup ini dulunya sering disajikan sebagai makanan untuk raja dan bangsawan. Sup ini diyakini bisa menyembuhkan mabuk dan memiliki cita rasa yang nikmat.

3. Solyanka

Solyanka
thespruceeats.com

Sup khas Rusia yang wajib untuk kamu coba berikutnya adalah solyanka. Bisa dibilang solyanka ini merupakan salah satu kuliner yang paling aneh yang pernah ada, namun mungkin juga menjadi salah satu kuliner terbaik yang pernah ada.

Solyanka ini merupakan salah satu sup yang terbuat dari capers, acar mentimun, lemon dan zaitun sehingga sup ini memiliki rasa yang cukup nendang. Sup ini biasanya juga diberi tambahan beberapa daging atau jeroan, kubis, jamur dan kentang yang kemudian dipadukan dengan kuah kaldu berbasis tomat yang segar.

4. Okroshka

Okroshka
vegetariantimes.com

Okroshka merupakan salah satu sup khas Rusia yang tak boleh untuk dilewatkan. Okroshka merupakan sup dingin Rusia Klasik yang terdiri dari sayuran cincang, daging dan kentang yang dipadukan dengan kvass, yaitu minuman gandum yang di fermentasi atau kefir.

Daging yang digunakan untuk okroshka ini pun beragam, bisa juga bagian lidah, sosis, ikan asap, ham hingga sosis ala bologna. Nama sup ini diambil dari kata kerja dalam Bahasa Rusia, yaitu kroshit yang memiliki arti runtuh atau memotong.

5. Shchi

Shchi
thespruceeats.com

Sup khas Rusia yang wajib untuk kamu cicipi berikutnya adalah shchi. Shchi ini merupakan sup tradisional Rusia yang cukup populer dan terdiri dari kubis asam, daging, jamur, tepung dan ragam bumbu.

Awalnya, sup ini dibuat dari kubis dan daging, seperti daging sapi, unggas atau daging babi yang diolah secara terpisah. Kemudian diberi krim sebagai hiasannya. Shchi ini telah dikenal sejak abad ke-19 dan seiring berjalannya waktu, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sup ini pun berubah. Sampai saat ini, sup ini diberi tambahan bumbu rempah seperti lada dan daun salam serta dagingnya diganti dengan ikan. Varian tersebut tergantung pada wilayahnya. Bahkan, shchi ini memiliki nama yang berbeda-beda, seperti bogatye, pustye atau bednye.

Baca juga :  10 Kuliner Khas Azerbaijan, Rasanya Enak Tenan

6. Botvinya

Botvinya
id.rbth.com

Botvinya merupakan salah satu sup khas Rusia tak kalah populer. Sup ini merupakan jenis sup musim panas dengan stok berbasis kvass. Sup ini dibuat dari daun bit, sorrel, mentimun dan jus lemon yang ditambahkan dalam stok .

Botvinya ini memang agak lebih mahal dan lebih sulit dibuat jika dibandingkan dengan sup lainnya. Menariknya, botvinya ini datang dalam tiga bagian, yaitu kaldu, ikan dan es batu. Ikan yang digunakan biasanya adalah sturgeon atau salmon yang direbus dalam air garam. Untuk memakannya, kamu bisa menambahkan ikan dan es dalam kaldu. Atau, kamu juga bisa menempatkan ikan di kaldu dengan es cincang yang ditaburi untuk mendinginkan hidangan.

7. Ukha

Ukha
thedailymeal.com

Kalau kamu suka ikan, maka kamu wajib untuk mencicipi sup khas Rusia yang satu ini, yaitu ukha. Ukha merupakan sup yang berbasis ikan dengan kaldu yang lebih ringan dibandingkan dengan botvinya.

Karena ikan menjadi satu-satunya bahan penting salam sup ini, maka kamu bisa merasakan kuahnya yang asin namun tetap nikmat. Tak hanya ikan, sup ini juga diberi tambahan beberapa sayuran agar terasa lebih nikmat. Ikan yang digunakan untuk pembuatan sup ini adalah ikan air tawar, seperti bream, lele dan burbot.

8. Klotski

Klotski
tastyquery.com

Sup khas Rusia yang satu ini juga tak kalah populer, yaitu klotski. Klotski adalah sajian khas Rusia yang sederhana dan terdiri dari kaldu bening yang diisi dengan pangsit kentang beraroma.

Pangsit ini terbuat dari kentang, tepung dan telur. Meskipun sup ini berasal dari Rusia, namun kamu bisa menemukannya di negara-negara lainnya, seperti di Ukraina dan Hongaria. Tak hanya itu, ternyata sup ini juga ada yang versi Belarusia. Perbedaannya adalah pada pangsitnya yang diberi isian jamur.

Baca juga :  7 Rekomendasi Nasi Madura Paling Enak di Surabaya

9. Creamy Karelian Salmon Soup

Creamy Karelian Salmon Soup
learnrussianlanguage.net

Berbeda dengan ukha, sup tradisional Karelia ini dikenal memiliki kuah yang lebih creamy dan sangat nikmar. Kuliner ini memang mirip dengan kuliner di negara tetangganya dan menggunakan berbagai ikan.

Biasanya sup ini dibuat dari ikan putih yang disebut sebagai kalakeitto yang secara harfiah memiliki arti sup ikan. Namun, ikan putih pada sup ini juga bisa diganti dengan ikan salmon kemudian diberi krim yang nikmat. Sup ini sangat cocok dinikmati saat cuaca sedang dingin-dinginnya. Bahkan, sup ini bisa dengan mudah dibuat sendiri di rumah lho.

10. Sorrel Soup

Sorrel Soup
thespruceeats.com

Sup khas Rusia yang terakhir adalah Sorrel Soup. Sorrel soup ini menjadi salah satu sajian musim panas yang populer di Rusia.

Sup ini terkadang disebut sebagai shchi hijau karena dibuat dengan kubis. Menariknya, semua bahan dibeli dari petani di pedesaan. Sorrel soup ini tak hanya memiliki cita rasa yang nikmat, namun juga baik untuk kesehatan tubuh.

Demikianlah daftar sup khas Rusia yang bisa kamu coba saat berlibur kesana. Kira-kira sup mana yang paling ingin kamu coba?



Leave a Reply