Travelling ke kamboja? Jangan Lewatkan Mengunjungi 10 Tempat Wisata di Phnom Penh


Reni  January 21, 2020  0 Comment


Phnom Penh merupakan kota besar yang ada di Kamboja. Objek wisatanya juga sangat banyak dan tak kalah menarinya dengan yang ada di negara lain. Jadi, apabila Anda berada di sana tidak ada salahnya untuk mampir dan menikmati keindahan beberapa tempat wisata Phnom Penh. Bahkan ada yang sayang sekali untuk dilewatkan karena memang menjadi ikonnya Kamboja seperti halnya Pagoda.
Sebagai ibu kota negara, Phnom Penh mempunyai banyak sekali objek wisata mulai dari yang bersifat edukatif, bersejarah, hingga panorama alam yang khas. Penasaran, objek apa saja tersebut? Berikut tempat wisata Phnom Penh yang sayang kamu Lewatkan

1. Istana kerajaan Phnom Penh

Istana kerajaan Phnom Penh
typepedia.blogspot.co


Istana ini berada di tengah kota Phnom Penh dan tak jauh dari sungai Mekong. Kompleks istana kerajaan Kamboja tersebut dibangun pada masa pemerintahan raja Norodom pada tahun 1866 Masehi. Pembangunannya dilakukan secara bertahap di atas benteng yang bernama Banteay Kev, menghadap ke Timur.

Desain arsitekturnya sangat khas Kamboja dengan halaman yang begitu luas. Halaman teresebut biasa disebut dengan Throne Hall, tempat raja menerima tamu. Tak jauh dari istana juga terdapat kuil khusus untuk peribadahan raja serta keluarganya yaitu Silver Temple. Untuk masuk ke sana Anda hanya harus membayar 60 ribu per orang.

Gotravelly

Phnom Penh Terbuat Dari Kenangan Makprang Dan Pulang

Mengenal Suku Karen Di Desa Wisata Baan Tong Luang Chiang Mai

2. Wat Phnom

Wat Phnom
travel.sygic.com/


Merupakan kuil Buddha yang dibangun pada tahun 1372 Masehi dengan ketinggian 27 meter. Kuil tersebut terdiri dari beberapa bagian yaitu mulai dari tangga menuju kuil utama yang dihiasi patung-patung Buddha sedang berdiri di samping kanan kiri. Ada pula stupa-stupa di dalamnya hingga patung raja Sisowath.

Wat Phnom ini sering dikenal sebagai titik pusat ibu kota Kamboja, Phnom Penh. Sebab, lokasinya tepat berada di tengah kota. Tak heran jika banyak sekali turis lokal maupun mancanegara yang mampir ke kuil tersebut untuk berwisata, berfoto ria, dan sebagainya.

3. Museum Genosida Tuol Sleng

Museum Genosida Tuol Sleng
ypkp1965.org


Sekilas memang tampak tidak ada yang istimewa dengan bangunan museum tersebut. Ternyata dahulu pernah menjadi tempat pembantaian sadis yang menghabiskan belasan ribu jiwa. Hal itu terjadi sejak tahun 1975 sampai 1979 dimana ada sekitar 17.000 orang yang dipenjara tersebut lalu disiksa dan bahkan dibunuh.

Karena itulah seringkali terdapat aura menyeramkan ketika berada di museum tersebut. Selain itu juga pernah menjadi gedung sekolah, namun masih terjaga dan terawatt dengan baik. Tak heran akhirnya dijadikan sebagai museum untuk mengenang dan menghormati korban pembantaian.

4. Pagoda Perak

Pagoda Perak
en.wikipedia.org


Adalah tempat ibadah khusus bagi Raja Kamboja. Lokasinya masih berada di kompleks istana kerajaan, tepatnya bagian selatan. Menariknya di pagoda tersebut terdapat patung Buddha yang sangat besar bahkan beratnya mencapai 90 kg yang terbuat dari emas dan berlian. Itulah yang sering menjadi ikon Phnom Penh, bahkan Kamboja.

Jika Anda sudah berada di lokasi tersebut jangan lupa untuk berfoto untuk mengabadikan momen serta pengalaman seru. Mengingat pula pemandangannya sangat khas dan berbeda sama sekali dengan di Indonesia.

5. Pantai Ochheteal

Pantai Ochheteal
phnompenhpost.com


Merupakan pantai yang berada di dekat pantai Serendipitydi tak jauh dari kota Phnom Penh. Banyak sekali wisatawan luar maupun dalam yang mengunjungi pantai tersebut karena memang memiliki pemandangan yang menakjubkan. Fasilitasnya pun sangat lengkap mulai dari penjual kuliner, penginapan, hingga parkir.

Adapun penjual kuliner di sekitar pantai tersebut menyediakan berbagai macam olahan ikan laut segar. Dengan begitu, Anda bebas memilih menu lauk ikan sesuai selera. Pasir putihnya yang bersih membuatnya sangat cocok untuk sekedar jalan-jalan hingga santai sambil menikmati kuliner laut serta panorama sekitar.

6. Ta Promph Temple

 Ta Promph Temple
shermanstravel.com


Destinasi Wisata di Phnom Penh ini lokasinya tak jauh dari Angkor Wet. Kini statusnya sebagai kuil dan keberadaannya mempunyai sejarah yang sangat panjang. Dilihat dari arsitekturnya, kuil tersebut telah dibangun pada abad ke 12-13 dengan model Angkorian. Keunikan desainnya itulah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Adapun dahulu tempat tersebut biasa digunakan sebagai tempat ibadah umat Buddha maupun Hindu Brahma, sehingga tampak menunjukkan saling menghormati satu sama lain. Namun kini fungsinya bergeser menjadi objek wisata.

7. Museum Nasional Kamboja

Museum Nasional Kamboja
typepedia.blogspot.com


Jika Anda ingin berwisata edukasi dan berbau sejarah di Phnom Penh ada Museum Nasional Kamboja. Tempat Wisata di Phnom Penh tersebut bisa dikatakan sebagai museum terbesar di Kamboja. Terdapat banyak sekali koleksi benda bersejarah seperti halnya patung, arca, perunggu, keramik, hingga benda etnografi lainnya.

Ada sekitar 14.000 artefak yang tersimpan di sana, diantaranya berasal dari zaman prasejarah hingga masa pemerintahan kerajaan Khmer. Letaknya berada di utara istana kerajaan serta tak jauh dari Universitas Seni Rupa Kerajaan. Adapun arsitekturnya sangat kental dengan gaya Khmer yang didominasi warna keemasan, oranye, dan semacamnya.

8. Phocea Mekong Cruises

Phocea Mekong Cruises
mekongboat.com


Merupakan objek Wisata di Phnom Penh yang berupa pemandangan alam di sekitar sungai Mekong. Anda bisa santai sambil menikmati indahnya panorama kota Phnom Penh dari sungai dan ada pula atraksi khusus. Hal itu membuat banyak sekali wisatawan yang mampir ke tempat tersebut.

Apabila Anda ingin berkeliling dan menyusuri sungai Mekong, bisa menyewa kapal yang membawa Anda berjalan-jalan. Di dalamnya tersedia fasilitas lengkap termasuk makanan dengan berbagai menu. Ada pula perahu dayung yang bisa Anda sewa untuk berselancar sungai. Tentu saja dengan fasilitas keamanan yang lengkap.

9. Choeung Ek Genocidal Central

Choeung Ek Genocidal Central
inspirock.com


Tempat Wisata di Phnom Penh ini bisa dikatakan menyeramkan karena mempunyai rekam jejak sejarah yang kejam. Pasalnya, tempat tersebut pernah menjadi lokasi pembantaian oleh partai komunis Khmer atau biasa disebut dengan Khmer Merah. Sekitar 2 juta orang lenyap akibat kekejaman tersebut hingga akhirnya disebut pula dengan Ladang Pembantaian.

Setelah melihat isi dan sekitar museum tersebut, Anda bisa membayangkan bagaimana kondisinya dahulu dan bahkan ikut tercengang. Hal itu bisa dilihat dari beberapa koleksi di beberapa spot seperti tengkorak manusia yang menjadi korban pembantaian, monumen peringatan, hingga pemutar suara yang menceritakan sejarahnya saat itu.

10. Phnom Penh Night Market

Phnom Penh Night Market
threeland.com


Terakhir Wisata di Phnom Penh, bagi Anda yang suka shopping dan jalan-jalan, sayang sekali jika melewatkan wisata belanja yang satu ini yaitu Phnom Penh Night Market. Seperti halnya naamanya, pasar tersebut hanya buka pada malam hari. Di situ Anda bisa menemui dan mendapatkan banyak sekali pernak-pernik, khususnya untuk oleh-oleh.

Anda tidak perlu khawatir soal harga karena memang cukup terjangkau. Begitu pula pilihan souvenirnya sangat banyak, khususnya yang khas lokal. Selain itu, Anda juga bisa menikmati kuliner lokal sana, sehingga bisa langsung makan setelah selesai keliling pasar.
Tidak ada salahnya Anda mengunjungi salah satu atau lebih dari beberapa tempat wisata Phnom Penh. Entah Anda memang berlibur, merantau sebagai pekerja, pelajar, dan sebagainya. Letak masing-masing objek wisata tersebut juga mudah dijangkau karena letaknya tak jauh dari pusat kota, apalagi istana kerajaan.



Leave a Reply