10 Dessert Khas Rusia Dengan Kelezatan Menggoda


prita  March 1, 2022  0 Comment

Rusia merupakan salah satu negara di Benua Eropa yang terkenal dengan musim dinginnya yang ekstrim. Rusia juga dikenal memiliki banyak sekali kuliner nikmat dengan ragam rasa dan tampilan yang unik, salah satunya adalah dessert. Dessert khas Rusia terkenal memiliki tekstur yang creamy dan lembut serta cita rasa yang manis. Ternyata, makanan penutup khas Rusia ini jumlahnya tidak sedikit, bahkan kamu bisa menemukannya dengan mudah di banyak café disana. Nah, jika kamu berencana untuk berlibur ke Rusia, berikut ini adalah daftar hidangan penutup yang wajib untuk dicoba.

1. Napoleon

Napoleon
thespruceeats.com

Dessert khas Rusia yang pertama wajib untuk kamu coba adalah Napoleon. Napoleon ini merupakan makanan penutup yang tampilannya mirip dengan millefeuille Perancis atau irisan custard.

Meskipun mirip, napoleon ini sebenarnya adalah kue klasik Rusia yang telah ada sebelum zaman Soviet. Kue ini berisikan custard dan menjadi hidangan umum di seluruh Eropa. Napoleon ini merupakan crepe berlapis kue custard yang umumnya dihiasi dengan rumah kue untuk melambangkan salju Rusia yang berhasil menggagalkan pasukan Napoleon.

Gotravelly

Aston Inn Batu: Destinasi Staycation Kota Batu Dengan Pemandangan Indah

Mojo Meat House Kediri : Sensasi Menikmati Steak Dengan Suguhan Indahnya Pemandangan

2. Ptichye Moloko

Ptuchye Moloko
id.rbth.com

Ptichye Moloko juga menjadi salah satu dessert khas Rusia yang sayang sekali untuk dilewatkan. Hidangan penutup yang satu ini cukup populer meskipun memiliki tampilan yang sederhana.

Secara harfiah, ptichye moloko ini memiliki arti bird’s milk atau susu burung. Pada dasarnya, kue ini adalah souffle berbahan dasar susu yang lembut dengan lapisan cokelat dan dipotong menjadi persegi panjang. Kue ini telah ada sejak tahun 1936 dan pertama kali dibuat di Warsawa, Polandia. Pada tahun 1967, Menteri Soviet melakukan kunjungan ke Cekoslowakia dan sangat terkesan dengan dessert ini sehingga ia memerintahkan pabrik gula Rusia untuk mencoba dan menirunya hingga akhir tahun 1978 makanan penutup ini pertama kali disajikan di Rusia.

3. Sharlotka

Sharlotka
washingtonpost.com

Dessert khas Rusia yang tak kalah populer berikutnya adalah sharlotka. Sharlotka ini merupakan pie apel khas Rusia yang cukup populer karena pembuatannya yang mudah dan bahan-bahan yang digunakan cukup terjangkau.

Sharlotka ini dibuat dengan tepung, gula, telur, soda kue dan irisan apel. Tapi, beberapa orang suka menambahkan kayu manis atau madu agar rasanya lebih nikmat lagi. Sharlotka memiliki kandungan kalori yang rendah sehingga bisa dikonsumsi oleh orang yang sedang diet. Sebelum disajikan dan diberi taburan gula bubuk diatasnya, dianjurkan untuk membiarkan kue ini dingin terlebih dahulu.

4. Guriev Kasha

Guriev Kasha
restexpert.com

Guriev kasha adalah bubur semolina tradisional Rusia. Berbeda dengan jenis bubur lainnya, guriev kasha ini tidak hanya dibuat dengan susu, namun juga krim yang dipanggang dalam oven serta crust yang terbentuk di atasnya kulit yang renyah.

Biasanya guriev kasha ini diberi lapisan buah-buahan, kacang atau selai yang dirangkai di antara isian semolina dan crust susu. Dessert ini memiliki sejarah yang cukup panjang. Bahkan, pertama kali dihidangkan pada tahun 1881 saat penobatan Tsar Alexander III. Sampai sekarang, sajian klasik Rusia ini masih sering dijumpai, khususnya saat acara-acara khusus dan upacara.

5. Syrniki

Syrniki
youtube.com

Jika kamu pecinta keju, maka dessert khas Rusia yang satu wajib untuk kamu cicipi. Syrniki merupakan pancake keju dadih yang banyak disukai oleh masyarakat Rusia karena memiliki tekstur yang lembut, ringan dan cita rasanya manis dan gurih yang seimbang.

Syrniki pertama kali muncul karena banyaknya keluarga di Rusia yang memiliki kelebihan susu saat tak ada kulkas. Agar tidak membuang susu, banyak orang yang kemudian menambahkan tepung dan keju dadih ke dalamnya dan dibuat menjadi campuran pancake yang ringan juga lembut. Syrniki ini biasanya disajikan dengan tambahan selai, madu dan yogurt, tergantung dari selera masing-masing orang.

6. Chak-Chak

Chak-Chak
theculturetrip.com

Deseert khas Rusia yang tak kalah nikmat berikutnya adalah Chak-Chak. Chak-Chak adalah kue almond dan madu yang digoreng dan memiliki cita rasa yang unik namun tetap enak.

Kue ini cukup populer di Rusia, khususnya di wilayah Tatarstan yang mana wilayah ini dikenal memiliki produksi madu berkualitas tinggi yang menjadi salah satu bahan utama dalam kebanyakan sajian penutup di Rusia.

Chak-Chak ini biasa disajikan dalam porsi individu atau dalam bentuk bola pipih manis yang disusun bertumpuk hingga mirip dengan menara profiterole. Meskipun cukup umum ditemukan, namun chak-chak menjadi salah satu sajian yang harus selalu ada saat perayaan.

7. Pashalnii Kulichi

Pashalnii Kulichi
karawaybakery.com

Pashalnii Kulichi atau yang juga dikenal sebagai Paskha ini namanya memiliki aerti Paskah. Sajian ini menjadi salah satu dessert khas Rusia yang cukup populer dan biasa dihidangkan sebagai makanan penutup pada hari Jumat Agung atau saat hari Paskah.

Menariknya, proses pembuatan Kulichi ini sangat sakral bagi masyarakat Rusia sebab seluruh keluarga memanggang kue ini bersama-sama dan menghabiskan waktu bersama di rumah. Kue ini hanya bisa dinikmati setelah kebaktian di Gereja pada malam Sabtu Suci. Sajian ini terbuat dari tvorog atau farmer’s cheese, mentega, gula, kuning telur, krim dan vanila. Warna putih pada roti ini melambangkan kemurnian Kristus serta anak Domba Paskah.

8. Zefir

Zefir
rbth.com

Dessert khas Rusia yang wajib untuk kamu coba selanjutnya adalah zefir atau zephyr. Zefir ini merupakan manisan buah yang mirip dengan marshmallow buatan sendiri. Biasanya, zefir dibuat dari pure buah yang dimasak dan ditambahkan dengan putih telur serta sirup agar-agar sebelum dimasukkan dalam kertas roti dan didiamkan hingga mengeras.

Hidangan penutup ini memiliki berbagai varian rasa, seperti stroberi, ceri atau cokelat. Agar semakin nikmat, biasanya menikmati zefir ini ditemani dengan secangkir kopi hitam yang nikmat.

9. Medovik

Medovik
rawhoneyforsale.wales

Medovik merupakan salah satu dessert khas Rusia yang cukup terkenal dan populer karena memiliki kisah asal yang tak terduga. Kue ini memiliki warna emas yang indah dan cita rasa yang nikmat.

Medovik ini dibuat dari buttermilk, custard dan susu kental. Kue ini mirip dengan kue Napoleon, yaitu sama-sama memiliki lapisan yang tipis. Medovik ini juga dibuat dari pastry sisa yang dihancurkan menjadi remah-remah dan dipakai untuk melapisi kue. Bagian inilah yang paling disukai oleh banyak orang.

10. Chocolate Salami

Dessert Khas Rusia
cookingtheglobe.com

Dessert khas Rusia yang terakhir adalah Chocolate Salami. Hidangan penutup yang satu ini menjadi salah satu yang terfavorit karena memiliki cita rasa yang nikmat.

Chocolate Salami ini dibuat dari biskuit susu yang dihancurkan kemudian ditambahi kenari panggang yang dicampur dengan saus cokelat. Saus cokelat ini dibuat dari mentega, kakao, susu dan gula. Adonan kemudian dimasukkan dalam freezer, digulung menjadi batangan kemudian disimpan dalam lemari pendingin semalaman agar beku.

Itulah tadi daftar 10 dessert khas Rusia yang paling enak dan wajib untuk dicoba. Dessert mana yang paling ingin kamu coba?



Leave a Reply