10 Wisata Religi di Turki Yang Menarik Untuk Dikunjungi


prita  April 12, 2022  0 Comment

Wisata religi di Turki menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Turki memang dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki banyak sekali peninggalan sejarah Islam yang cukup menarik untuk dikunjungi. Republik Turki pernah menjadi tempat berkuasanya Kekhalifahan Usmani atau Ottoman Empire yang dikenal sebagai pemerintahan Islam paling disegani di dunia. Nah, jika kamu berkunjung ke Turki, jangan lewatkan untuk mengunjungi destinasi wisata religinya berikut ini ya.

Wisata Religi di Turki:

1. Masjid Biru

Masjid Biru
grid.id

Tempat wisata religi di Turki yang pertama adalah Masjid Biru atau Masjid Sultan Ahmed. Masjid Biru ini menjadi salah satu destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan karena memiliki keindahan pada bangunannya.

Dari kejauhan, kamu bisa melihat enam buah menaranya yang menjulang tinggi dan warnanya yang biru. Masjid ini memiliki interior yang didominasi keramik warna biru dengan ragam motif yang indah. Tak hanya itu, di masjid ini juga ada lebih dari 300 kaca hias dipakai untuk jendela masjid yang memberi jalan bagi cahaya dari luar.

Gotravelly

Cobain Kebab Premium Di Kabobs, Rasanya Bikin Nagih

Yaman Kuliner Ampel, Sajikan Makanan Khas Timur Tengah Paling Rekomended

2. Hagia Sophia

Hagia Sophia
vantage.id

Turki dan Hagia Sophia adalah hal yang mustahil terpisahkan. Hagia Sophia ini menjadi bangunan paling ikonik di Turki dan menjadi salah satu destinasi wisata religi di Turki yang sayang sekali untuk dilewatkan.

Baca juga :  10 Mercusuar Dengan Pemandangan Indah di Dunia

Hagia Sophia ini memiliki sejarah yang cukup panjang mengingat bangunan ini awalnya adalah sebuah masjid yang kemudian beralih fungsi menjadi sebuah gereja yang dibangun oleh Konstantius. Tak heran jika Hagia Sophia memiliki gaya arsitektur Bizantium yang indah. Setelah Kota Konstantinopel jatuh ke tangah Dinasti Usmaniyah di tahun 1453, Hagia Sophia dialihfungsikan sebagai masjid sampai saat ini. Hagia Sophia seolah menjadi bukti keharmonisan Islam dengan Kristen.

3. Masjid Rustem Pasha

Masjid Rustem Pasha
republika.co.id

Wisata religi di Turki yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Masjid Rustem Pasha. Rustem Pasha diketahui adalah menantu Sultan Suleiman yang berasal dari Bosnia.

Masjid ini sangat megah dengan interiornya yang terbuat dari keramik merah yang didatangkan khusus dari Iznik, daerah yang sangat terkenal dengan keramiknya di Turki.

Pada masa pemerintahannya, Rustem Pasha dikenal sebagai salah satu orang terkaya di Dinasti Ottoman. Namun, pada puncak kejayaannya ia dilarang untuk membangun masjid besar untuk menandingi kemegahan masjid-masjid yang dibangun oleh sultan sebelumnya. Tak heran jika masjid ini dianggap terlalu besar dibandingkan dengan masjid-masjid besar di masa Ottoman.

4. Masjid Selimiye

Masjid Selemiye
whc.unesco.org

Berlokasi di kota Edirne sekitar 260 kilometer di barat laut Istanbul, Masjid Selemiye ini juga menjadi salah satu wisata religi di Turki yang patut untuk kamu kunjungi.

Masjid ini dibangun oleh Sultan Selim II pada tahun 1568-1574 dengan bantuan arsitek Mimar Sinan. memiliki kubah yang indah dengan diameter 31,25 meter dan tinggi 43,25 meter. Masjid ini juga memiliki menara tertinggi kedua di dunia setelah Menara Othenar di India.

5. Masjid Sulaimaniyah

Masjid Sulaimaniyah
masjiduna.com

Wisata religi di Turki berikutnya adalah Masjid Sulaimaniyah. Bangunan masjid ini merupakan yang terbesar di Istanbul dan menjadi salah satu wisata yang populer.

Baca juga :  10 Candi Terbesar di Dunia, Bikin Betah Jelajah Seharian

Masjid Sulaimaniyah ini memiliki nilai sejarah yang sangat besar pada masa pemerintahan Ottoman Sultan Suleiman. Di tahun 1550, masjid ini dibangun di bawah naungan Sultan Suleiman I dan memilih Mimar Sinan sebagai arsiteknya. Istimewanya, masjid ini tak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah umat Muslim, namun juga berfungsi sebagai rumah sakit, sekolah, universitas hingga dapur bagi mereka yang kelaparan. Masjid Sulaimaniyah ini memiliki lebar 58 meter dan panjang 59 meter.

6. The Laleli Mosque

The Laleli Mosque
weloveist.com

The Laleli Mosque ini juga layak untuk menjadi salah satu destinasi wisata religi di Turki yang sayang sekali untuk dilewatkan. Masjid ini merupakan masjid kekhalifahan Usmani abad ke-18 yang berada di Laleli, Fatih, Istanbul.

The Laleli Mosque ini memiliki arsitektur yang keran dengan gaya bangunan baroque. Yaitu arsitektur setelah Renaissance 1700 dan dirancang oleh arsitek Usmani Mehmet Tahir Aga. Meskipun tergolong tua, bangunannya masih megah dan terjaga sampai saat ini.

7. Museum Panorama 1453

Museum Panorama 1453
en.wikipedia.org

Wisata religi di Turki ternyata tak melulu soal masjid, lho. Kamu juga akan menemukan museum yang cukup menarik disana, salah satunya adalah Museum Panorama 1453.

Museum ini didirikan untuk memperingati pembebasan Konstantinopel pada tanggal 29 Mei 1453 oleh Muhammad Al-Fatih. Di museum ini kamu bisa merasakan perjuangan Muhammad Al-Fatih karena museum ini sengaja ditampilkan dalam bentuk tiga dimensi sehingga gambarnya sangat terasa nyata. Ditambah lagi dengan ambience musik perjuangan yang diputar di museum ini sehingga membuat pengunjung semakin tertarik untuk menjelajahinya.

8. Rumeli Hisari

Rumeli Hisari
id.advisor.travel

Rumeli Hisari merupakan benteng yang didesain oleh Muhammad Al-Fatih dan dibuat hanya dalam kurun waktu 4 bulan 16 hari. Meskipun dibuat dalam waktu yang singkat, namun benteng ini masih tegak berdiri dampai saat ini.

Baca juga :  10 Destinasi Terbaik Musim Gugur Sebagai Tujuan Liburan

Rumeli Hisari ini menjadi salah satu destinasi wisata religi di Turki yang menarik dan sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja. Benteng ini dibuat dengan tiga menara utama yang dinamakan sesuai dengan nama pengikut setianya yang turut membantu proses pembangunannya. Muhammad Al-Fatih membuat benteng ini sebagai tempat untuk merumuskan strategi bersama tentaranya dan memantau Konstantinopel dari atas menara.

9. Benteng Konstantinopel

Benteng Konstantinopel
id.advisor.travel

Wisata religi di Turki berikutnya adalah Benteng Konstantinopel. Benteng bersejarah ini merupakan serangkaian dinding batu pertahanan yang dibangun di bawah kekuasaan Konstantin Agung tahun 324 SM di kota Instanbul.

Benteng sepanjang 5,5 kilometer dengan tinggi 12 meter dan tebal 5 meter ini mampu melindungi kota Konstantinopel dari serangan. Tak hanya tembok besar, ada juga rantai raksasa yang sengaja dibuat untuk pertahanan. Rantai tersebut dibuat dari besi dengan panjang 275 meter dan tebal 4 sentimeter untuk menutup akses kapal ke Teluk Tanduk Emas.

10. Istana Topkapi

Wisata Religi di Turki
istanbul-tourist-information.com

Wisata religi di Turki yang terakhir adalah Istana Topkapi. Berlokasi tak jauh dari Hagia Sophia, istana ini dibangun atas perintah Muhammad Al-Fatih setelah penaklukan Konstantinopel di tahun 1466.

Istana ini difungsikan sebagai tempat tinggal para sultan dan selir dengan akses pintu berlapis yang merupakan simbol dan metafora, bahwa tak mudah bagi sesorang untuk masuk ke dalam istana. Sekarang, istana ini berfungsi sebagai museum dengan ragam koleksi menarik, salah satunya adalah pedang Nabi Muhammad.

Itulah tadi daftar wisata religi di Turki yang wajib untuk kamu kunjungi saat berlibur kesana. Cukup menarik sekali bukan? Nah, tunggu apalagi, segera agendakan liburan kamu ke Turki ya.



Leave a Reply