10 Museum Teh Dunia, Mengulik Sejarah Hingga Budaya


prita  May 20, 2022  0 Comment

Teh merupakan salah satu minuman yang cukup populer di dunia. Beberapa negara bahkan memiliki museum teh yang cukup menarik untuk dikunjungi dan sangat cocok untuk kamu yang menyukai teh. Museum teh di dunia banyak menyajikan pengetahuan tentang proses menanam teh hingga proses membuat teh yang enak. Bahkan, kamu bisa langsung menikmati minuman tehnya secara langsung. Nah, jika kamu ingin mengetahui lebih banyak tentang sejarah teh dan budayanya, berikut adalah museum teh yang bisa kamu kunjungi.

1. Museum Teh Dunia, Jepang

Museum Teh Dunia
en.japantravel.com

Museum teh di dunia yang pertama adalah Museum Teh Dunia yang berada di dataran tinggi Makinohara, Shizouka, Jepang. Daerah ini memang dikenal sebagai salah satu daerah penghasil teh paling terkenal di Jepang.

World Tea Museum ini terdiri dari museum khusus untuk teh Jepang, rumah teh dan taman. Disini kamu akan melihat pameran 90 jenis teh dari 30 negara berbeda di dunia. Kamu tak hanya bisa mempelajari berbagai produksi dan sejarah teh serta menyentuh dan mencium aromanya.

GoTravelly

Ngadem Di Kebun Teh Jamus. Pemandangan Dan Udaranya Bikin Males Pulang!

Segarnya Es Teh Indonesia, Minuman Es Teh Viral Yang Kekinian

2. Museum Teh Pinglin, Taiwan

Museum Teh Pinglin
taiwaneverything.cc

Taiwan juga terkenal dengan budaya minum teh-nya yang kental sehingga disini kamu juga bisa menemukan salah satu museum teh di dunia, yaitu Museum Teh Pinglin. Museum yang berada di Kota Taipei Baru ini menyuguhkan budaya teh Tiongkok dan layak dikunjungi untuk kamu pecinta teh.

Di dalam museum ini ada area bertema dan pameran bertema musiman. Pameran ini berisikan tentang aspek fisik dan budaya yang menampilkan semua informasi tentang minum teh di Taiwan. Museum ini terdiri dari Aula Tema, Aula Pameran, Aula Multimedia, Aula Seni Teh dan Pusat Promosi.

3. Museum Teh Nasional Tiongkok, Tiongkok

Museum Teh Nasional Tiongkok
ywhz.hangzhou.com.cn

Sudah bukan rahasia lagi jika Tiongkok terkenal sebagai tempat kelahiran teh dan memiliki sejarah budaya teh terpanjang di dunia. Museum yangs berdiri pada tahun 1991 ini bisa kamu kunjungi di Desa Longjing, Hangzhou.

Museum Teh Nasional Tiongkok ini menjadi satu-satunya museum bertema teh di negara ini. Menariknya, museum ini tidak memiliki dinding luar namun tertutup oleg vegetasi yang memberikan kesan unik bahwa aula dan tanaman teh di dalamnya bergantung satu sama lain. Tak hanya itu, seratus karakter Tionghoayang berkaitan dengan teh dipamerkan di jalan untuk menambah warna perjalanan pengunjung. Di museum ini kamu juga bisa melihat sejarah dan perkembangan teh di Tiongkok.

4. Museum Teh OSULLOC, Korea Selatan

Museum Teh OSULLOC
lindagoeseast.com

Museum teh di dunia selanjutnya adalah Museum Teh OSULLOC. Museum teh yang dibuka pada tahun 2001 ini berada di dekat ladang the Seokwang di Pulau Jeju, Korea Selatan.

Museum Teh OSULLOC menjadi museum the pertama di Korea yang dibuat dengan tujuan untuk memperkenalkan dan memperluas sejarah teh Korea dan tradisinya. Museum ini juga menyatukan Timur dan Barat serta tradisi dan saat ini yang kemudian berkembang menjadi museum teh abad ke-21. Museum ini memiliki taman dalam ruangan, Tea Cup Gallery dan Tea Stone yang dibuka pada tahun 2013.

5. Museum Teh Ceylon, Sri Lanka

Museum Teh Ceylon
attractionsinsrilanka.com

Berlibur ke Sri Lanka, kamu akan menemukan salah satu museum teh di dunia yang cukup populer, yaitu Museum Teh Ceylon. Museum yang berlokasi di Hantane ini terdiri dari empat lantai yang di bagian lantai paling atas merupakan café teh. Café teh ini memiliki pemandangan Kota Kandy yang indah.

Museum ini juga memiliki ruang pameran barang-barang mesin yang sangat tua di bagian lantai dasar. Tak hanya itu, kamu juga bisa menemukan perpustakaan dan auditorium dengan fasilitas untuk presentasi audio visual serta gerai penjualan teh.

6. Museum Teh KDHP, India

Museum Teh KDHP
en.wikipedia.org

Museum teh di dunia yang satu ini juga tak kalah populer, yaitu Museum Teh KDHP. Museum yang berlokasi di Nullatanni Estate, Kerala, India ini menjadi salah satu destinasi wisata terbaik untuk kamu pecinta teh.

Saat berkunjung kesini kamu bisa melihat proses penanaman teh di Pegunungan Tinggi Idukki dari masa lalu sampai masa kini. Tujuan dari dibangunnya museum ini adalah untuk menggambarkan pertumbuhan distrik perkebunan teh yang telah berusia lebih dari satu abad.

7. Museum Teh Nasional Iran, Iran

Museum Teh Nasional Iran
piniran.com

Iran ternyata memiliki salah satu museum teh di dunia yang tak kalah menarik untuk dikunjungi, yaitu Museum Teh Nasional Iran. Museum ini berada satu lokasi dengan Makam Kashef-ol Saltaneh, pendiri industri teh Iran sekaligus bapak teh Iran yang lokasinya berada di Chai atau bukit teh di Lahijan.

Museum Teh Nasional Iran ini menjadi satu-satunya museum yang dikhususkan untuk industri teh dan merepresentasikannya pada para pengunjung. Museum ini memiliki tiga bagian, yaitu kuburan, bagian dalam kuburan, lantai dan dinding samping.

8. Museum Twinings, Inggris

Museum Twinings
travel.sygic.com

Museum teh di dunia yang satu ini pastinya cukup familiar karena brand tehnya bisa ditemukan dengan mudah di beberapa negara, yaitu Museum Twinings. Museum yang berada di kota London ini cukup legendaris dimana kamu bisa melihat perjalanan keluarga Twining dalam mengembangkan usahanya dalam industri teh.

Pada tahun 1684, Thomas Twining menjadi pedagang teh dan bekerja untuk pedagang East India Company. Twining kemudian memulainya dengan membeli kedai kopi di tahun 1706 dimana disana ia menjual kopi dan teh. Usahanya kemudian semakin sukses dan berkembang hingga merambah bank yang mendanai perdagangan tehnya.

9. Kapal Boston Tea Party & Museum, Amerika Serikat

Kapal Boston Tea Party & Museum
downeasterpackages.com

Ingin mengunjungi museum teh di dunia yang berbeda? Maka kamu wajib untuk mengunjungi Kapal Boston Tea Party & Museum. Saat berkunjung kesini, kamu akan menjadi bagian dari acara terkenal yang mengubah sejarah Amerika selamanya melalui pengalaman multi-indera yang mencakup menjadi aktor langsung, pemeran interaktif dan replika kapal layar abad ke-18.

Di museum ini kamu bisa turut serta dalam aktivitas menghidupkan kembali peristiwa Boston Tea Party. Kamu juga bisa masuk dalam replika kapal layar abad ke-18 dan melihat artefak bersejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi.

10. Bois Cheri Tea Factory and Museum, Pulau Mauritius

Bois Cheri Tea Factory and Museum
likealocalguide.com

Museum teh di dunia yang terakhir adalah Bois Cheri Tea Factory and Museum. Museum yang berada di Pulau Mauritius ini juga memiliki pabrik teh di dalamnya.

Tak perlu khawatir karena selama kunjungan, kamu akan ditemani oleh pemandu yang akan menemanimu menjelajahi pabrik dan perkebunan teh. Setelah berkeliling pabrik, kamu akan diajak untuk mengunjungi museum produksi teh untuk mempelajari lebih lanjut tentang sejarah teh di Mauritius. Istimewanya lagi, Bois Cheri juga menawarkan pemandangan indah di selatan pulau yang bisa membuat siapapun terpukau.



Leave a Reply