Jalan Jalan Hemat, Kunjungi 9 Tempat Wisata Gratis di Istanbul


prita  October 12, 2022  0 Comment

Wisata gratis di Istanbul tentu bisa jadi salah satu alternatif untuk kamu yang ingin menghemat budget saat liburan ke Turki. Berada di antara dua benua, Istanbul merupakan sebuah destinasi wisata yang cukup populer di kalangan wisatawan karena menawarkan sisi sejarah, budaya dan modernitas Turki. Meskipun Istanbul bukanlah ibu kota Turki, namun kota ini menjadi kota yang paling populer di kalangan wisatawan.

Istanbul merupakan pusat bisnis dan sejarah terbesar di Turki dan menjadi salah satu kota paling besar di Eropa. Meskipun liburan ke Istanbul memakan biaya yang cukup besar, namun wisatawan dengan anggaran terbatas tentu tetap bisa menikmati keindahan kota ini karena banyak sekali sejumlah destinasi wisata yang ditawarkan gratis. Dimana saja kah? Berikut adalah daftarnya.

Tempat Wisata Gratis di Istanbul:

1. Blue Mosque

Blue Mosque
memphistours.com

Wisata gratis di Istanbul yang pertama adalah Sultan Ahmed Mosque atau yang lebih dikenal sebagai Blue Mosque. Dikenal demikian karena ubin biru yang dilukis secara langsung menggunakan tangan menghiasi seluruh masjid.

Masjid yang dibangun antara tahun 1906 dan 1916 ini masih berfungsi sebagai masjid hingga saat ini yang juga menjadi salah satu destinasi wisata favorit wisatawan. Masjid ini terbuka kapan pun bagi wisatawan, kecuali saat waktu sholat.

2. Sultan Ahmed Park

Sultan Ahmed Park
zurich1200fountains.com

Setelah berkunjung ke Blue Mosque, Sultan Ahmed Park ini juga menjadi salah satu destinasi wisata gratis di Istanbul yang wajib untuk kamu kunjungi. Sultan Ahmed Park ini berada di antara Blue Mosque dan Hagia Sophia.

Baca juga :  10 Minuman Khas Turki Segar dan Sehat

Sultan Ahmed Park merupakan sebuah taman hijau yang kerap dikunjungi oleh wisatawan. Taman ini memiliki air mancur besar yang berada di tengah dan dilengkapi dengan bang duduk sehingga kamu bisa bersantai sambil menikmati pemandangan sekitar. Saat malam hari, air mancur tersebut akan menari sehingga menjadi sebuah atraksi yang mampu menarik banyak wisatawan.

3. Hagia Sophia

Hagia Sophia
kompas.com

Wisata gratis di Istanbul yang satu ini juga tak kalah ikonik, yaitu Hagia Sophia. Hagia Sophia ini dulunya merupakan sebuah gereja umat Kristen Ortodoks yang akhirnya dijadikan Masjid Ottoman di tahun 1453, kemudian pada tahun 1935 diubah menjadi museum. Namun, akhirnya diubah lagi menjadi masjid di tahun 2020 lalu.

Bangunan ini memiliki arsitektur yang sangat indah dan sangat bersejarah. Hagia Sophia dinobatkan sebagai salah satu Situs Warisan Budaya oleh UNESCO serta menjadi ikon bagi kota Istanbul.

4. Jembatan Bosphorus

Wisata Gratis di Istanbul
b2.co.uk

Jembatan Bosphorus juga masuk dalam daftar destinasi wisata gratis di Istanbul yang sayang sekali untuk dilewatkan. Menikmati pemandangan dari jembatan yang menghubungkan kedua sisi Asia dan Eropa ini memang menjadi salah satu aktivitas yang wajib untuk kamu lakukan saat berada di Turki.

Jembatan Bosphorus ini dibangun di atas Selat Bosphorus dan memiliki panjang sekitar 1.510 meter. Untuk menyeberangi jembatan ini kamu bisa naik bus, namun jika kamu berkunjung di bulan November, kemungkinan besar kamu akan mendapatkan kesempatan menyeberangi jembatan dengan berjalan kaki saat acara marathon tahunan.

5. Grand Bazaar

Grand Bazaar
earthtrekkers.com

Wisata gratis di Istanbul yang satu ini juga tak kalah populer, khususnya bagi kamu yang suka berbelanja, yaitu Grand Bazaar. Grand Bazaar merupakan sebuah pasar indoor terbesar dan tertua di dunia yang berisikan lebih dari 4.000 toko dengan total pengunjung lebih dari 300.000 orang per harinya.

Baca juga :  Liburan di Eropa untuk Tahun Baru? 7 Kota Cantik Menantimu!

Untuk masuk kesini tidak dikenakan biaya dan disini kamu bisa melakukan window shopping. Selain itu, semua barang yang kamu butuhkan bisa kamu temukan disini. Mulai dari kosmetik, karpet, tas, fashion, kuliner hingga ornamen dan aksesoris khas Turki yang bisa kamu jadikan buah tangan.

6. Taksim Square

Taksim Square
nytimes.com

Taksim Square merupakan salah satu destinasi wisata gratis di Turki yang berada di Istanbul bagian Eropa. Taksim Square ini berarti Alun-Alun Taksim yang mana tempat ini berfungsi sebagai ruang publik yang selalu ramai pengunjung saat siang maupun malam hari.

Di kawasan Taksim Square ini kamu akan menemukan deretan café, restoran, hotel dan pub. Semakin malam, tempat ini akan semakin ramai oleh pengunjung pasa;nya tempat ini dianggap sebagai sisi modern Istanbul. Meskipun bagi warga lokal Alun-Alun Taksim ini bukanlah sesuatu yang spesial, namun bagi wisatawan berkunjung kesini tentu bisa cukup menghibur.

7. Masjid Ortakoy

Masjid Oratkoy
tripadvisor.co.nz

Wisata gratis di Istanbul yang tak kalah menarik selanjutnya adalah Masjid Ortakoy. Masjid yang dibangun pada abad ke-18 ini berada di salah satu daerah terpenting di Bosphorus, tepat sebelum Jembatan Bosphorus.

Daya tarik utama dari Masjid Ortakoy ini adalah langitnya yang berbentuk kubah mewah dilengkapi dengan mozaik merah muda dan dihiasi oleh sejumlah lampu gantung cantik. Tak hanya itu, keindahan alam di daerah ini juga menjadi daya tarik yang populer di kalangan wisatawan.

8. Masjid Suleymaniye

Masjid Ortakoy
hotels.com

Tak hanya Masjid Ortakoy, kamu juga bisa mengunjungi Masjid Suleymaniye sebagai salah satu destinasi wisata gratis di Istanbul. merupakan masjid terbesar kedua di Istanbul menjadi salah satu bukti dari sisa-sisa kejayaan Dinasti Ottoman.

Baca Juga :

Baca juga :  7 Kedai Es Krim Turki Paling Enak dan Paling Usil Ngerjain Pelanggannya

Jalan-Jalan ke Cappadocia: Menikmati Kota Kuno ala Flintstone Dengan Balon Udara

Masjid Suleymaniye ini memiliki arsitektur yang mengesankan, tinggi kubah utamanya mencapai 53 meter dengan diameter 26,5 meter. Masjid ini dibangun di tahun 1550 di bawah pemerintahan Sultan Suleyman Al-Qanuni. Selain itu, masjid ini didesain oleh salah satu tokoh yang cukup terkenal, yaitu Mimar Sinan. Menariknya lagi, masjid ini berada di bukit ketiga, di antara tujuh bukit yang ada di kota Istanbul. Untuk itu, kamu bisa melihat dengan sangat jelas kemegahan masjid ini dari kejauhan dan yang menjadi daya tarik utama masjid ini adalah lampu gantung besar yang tergantung di langit kubah.

9. Pera Museum

Pera Museum
kusmuk.net

Wisata gratis di Istanbul yang terakhir adalah Pera Museum. Pera Museum merupakan salah satu museum seni privat yang terkemuka di Istanbul. Berlokasi tak jauh dari Taksim Square, museum ini mencakup sejumlah koleksi seni mulai dari lukisan orientalis, koleksi ubin dan Keramik Kutahya, juga koleksi Anatolia Weights and Measures.

Baca Juga :

Nikmatnya Cuanki Cep Bewok, Jajanan Sunda Untukmu Pecinta Pedas

Meskipun tiket masuk museum ini tidak gratis setiap hari, tapi ada beberapa ketentuan yang menjadikan tiket masuknya gratis. Museum ini bisa kamu kunjungi secara gratis di Hari Jumat jam 18.00 – 22.00 waktu setempat. Sementara pelajar akan di gratiskan di hari Rabu. Lalu, anggota Pers, anak di bawah 12 tahun dan penyandang disabilitas bisa masuk tanpa dipungut biaya.

Baca Juga :

Triple S Neighborhood Surabaya : Cafe Nyaman Untuk Nongkrong Maupun Nugas

Nah, itulah tadi daftar destinasi wisata gratis di Istanbul yang wajib untuk kamu kunjungi. Dengan mengunjungi wisata gratis, pastinya liburan kamu bisa lebih hemat dan tetap menyenangkan.



Leave a Reply