10 Wisata Alam Di Tangerang, Saatnya Menyatu Dengan Alam


Altesa  July 15, 2022  0 Comment

Siapa yang tidak suka dengan kegiatan yang satu ini, yap betul, wisata. Mendengarnya saja sudah membuat kita bersemangat. Setelah seharian stress dan dibuat pusing dengan urusan pekerjaan, tentu berwisata dapat membantu meregangkan dan menenangkan pikiran kamu bukan? Destinasi wisata sangatlah beragam, mulai dari wisata belanja, wisata kuliner, wisata taman hiburan, wisata sejarah, dan tentunya wisata alam. Wisata alam biasanya menjadi pilihan utama untuk tujuan melepas penat. Karena dengan menikmati  indah dan asrinya alam, membawa pikiran kamu menjadi lebih rileks. Dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas 10 wisata alam di Tangerang. Dimana saja ya kira-kira?

1. Tebing Koja

tebing koja
lifestyle.sindonews.com

Tebing Koja merupakan salah satu destinasi wisata alam di Tangerang yang wajib untuk di kunjungi. Berlokasi di Desa Cireundeu,  Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Banten. Sebelumnya, Tebing Koja ini merupakan sebuah tambang pasir. Dimana setelah tidak digunakan, sisa-sisa galian tambang justru terlihat sangat estetik dimana beberapa sisinya secara alami mulai terisi oleh air. Perpaduan antara pepohonan yang hijau disekitar tebing serta ngarai batu kapur juga menjadikan tebing ini nampak sangat elok. Lokasi tebing yang berada di sekitar area pertanian membuat nuansa wisata alam di Tangerang yang satu ini semakin terasa menenangkan.

Untuk dapat menjelajahi indahnya setiap sudut Tebing Koja ini, pengelola menyediakan perahu beserta dengan pemandunya. Tentu keberadaan perahu ini menambah nilai wisata di Tebing Koja semakin tinggi.  Selain pemandangannya yang mampu menghipnotis pengunjung karena keindahannya, Tebing Koja juga didukung dengan banyaknya sisi-sisi dan sudut yang indah dan sangat cocok digunakan sebagai spot foto. Tertarik untuk menambaf feed Instagram kamu disini?

Gotravelly

Melihat Kupu-Kupu Di Taman Kupu-Kupu Sukardi

1st Black Fish N Chips Di Indonesia Dari O!Fish… Rasanya GILAAAAA

2. Telaga Biru Cisoka

telaga biru cisoka
senengpiknik.com

Tidak jauh berbeda dengan Tebing Koja, Telaga Biru Cosaka sebelumnya juga merupakan sebuah tambang pasir. Area bekas galian pasir ini yang kemudian seiring berjalannya waktu terisi oleh guyuran air hujan. Namun tahukah kamu? Genangan air di telaga ini berwarna sangat jernih seperti birunya kolam air buatan. Air berwarna biru inilah yang menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Namun jernihnya air telaga ini tidak terjadi begitu saja. Awal mulanya, air dari guyuran hujan yang kemudian menggenang tersebut keruh seperti air hujan pada umumnya, namun lama-kelamaan partikel yang membuat air keruh semakin mengendap dan membuat air semakin jernih.

Setali tiga uang dengan Tebing Koja, wisata alam di Tangerang yang satu ini juga dilengkapi dengan wahana perahu yang dapat disewa oleh para pengunjung. Harga sewa perahunya sendiri sangat terjangkau, yakni Rp. 10.000. Sedangkan untuk dapat memasuki area wisata, pengunjung hanya dikenakan tarif parkir saja.

Salah satu hal yang membuat Telaga Biru Cisoka menjadi tempat wisata wajib bagi kamu khususnya bersama keluarga ialah karena tempat wisata sangat ramah untuk keluarga. Area yang dapat dikunjungi bukan hanya mengelilingi telaga menggunakan perahu, namun pinggiran atau tepian danau juga dapat kamu manfaatkan untuk berolahraga bersama dengan keluarga. Karena letaknya yang berada di area persawahan sama dengan Tebing Koja, maka berolahraga di sini menambah kesegaran tubuh. Lokasi Telaga Biru Cisoka berada di kampung Cigaru, Ds. Cisoka, Tangerang, Banten.

3. Situ Cipondoh

situ cipondoh
travel.detik.com

Wisata alam di Tangerang selanjutnya masih tentang wisata air. Situ Cipondoh, lokasinya berada di Cipondoh Kota Tangerang. Situ Cipondoh merupakan sebuah danau alami yang menjadi destinasi wisata pancing bagi para pecinta kegiatan memancing. Menyenangkannya lagi, untuk dapat emmancing di danau ini, kamu tidak perlu dipungut biaya sepeserpun alias gratis.

Mungkin kamu pikir wisatawan disana kebanyakan hanya bapak-bapak yang hobi memancing, tapi jangan salah, Situ Cipondoh tidak hanya menawarkan area pancing akan tetapi juga terdapat berbagai wahana air dan playground. Wahana yang disediakan berupa sepeda air, perahu dayung, beberk-bebekan, bahkan juga disediakan fliying fox untuk pecinta outbound. Dengan begitu, Situ Cipondoh sangat cocok untuk wisatawan dari semua kalangan dan usia. Untuk kamu yang tertarik, bisa diagendakan datang ke Situ Cipondoh di musim liburan berikutnya ya.

4. Pulau Cangkir

pulau cangkir
wartakota.tribunnews.com

Pulau Cangkir merupakan tempat wisata lama yang sangat dikenal oleh warga Tangerang maupun luar Tangerang. Pulau kecil yang memiliki luas 4,5 Ha ini terpisah dari pulau Jawa namun satu daratan dengan Tangerang itu sendiri. Tempat wisata di Tangerang yang satu ini wajib dikunjungi oleh kamu yang sedang penat dan ingin menikmati indahnya matahari terbenam sembari duduk di pinggiran pantai. Suasana senja yang menenangkan akan segera menguris semua beban pikiran dan stress kamu.

Selain pemandangan pulau, kamu juga dapat berwisata religi saat berkunjung ke Pulau Cangkir ini. Di pulau ini terdapat makam anak dari sultan Kerajaan Banten pada masanya, yakni Pangeran Hasanudin. Pangern ini juga disebut dengan Pangeran Jaga Lautan.

5. Pantai Tanjung Kait

pantai tanjung kait
https://jejakpiknik.com/

Masih tentang wisata air, Wisata alam di Tangerang yang berikutbya ialah Pantai Tanjung Kait. Beralamatkan di Jl. Raya Tanjung Kait, Tanjung Anom, Kec. Mauk Kota Tangerang, Pantai ini merupakan tempat wisata yang cukup baru.

Yang ditawarkan oleh Pantai Tanjung Kait ialah pemandangan yang cocok untuk bersantai bersama keluarga maupun teman atau pasangan, serta jajanan-jajanan khas Tangerang yang dapat kamu nikmati di sekitaran pantai ini. Bukan hanya jajanan, disini juga terdapat tempat makan apung yang menyediakan berbagai olahan seafood  atau sari laut jika kamu merasa lapar. Pantai yang bernuansa ala desa nelayan ini juga menampakkan berbagai aktivitas sehari-hari warga yang kebanyakan berprofesi sebagai nelayan. Wisata alam Tangerang yang satu ini juga menawarkan kamu untuk dapat menyewa perahu-perahu untuk mengitari pantai, serta ada juga spot untuk kamu yang gemar memancing.

6. Danau Cihuni

danau cihuni
ihategreenjello.com

Danau Cihuni merupakan salah satu tempat wisata alam di Tangerang yang cukup hits dikalangan pelancong lokal Tangerang. Meski bukan tempat wisata baru, namun Danau Cihuni masih menjadi salah satu favorit tujuan liburan wisatawan lokal maupun luar Tangerang. Di danau ini, para penggemar memancing dapat menyalurkan hobinya. Selain untuk memancing, danau Cihuni juga di tata dengan beberapa gazebo dan saung yang dapat di gunakan sebagai tempat beristirahat dan menikmati suasana tenang dan asrinya danau.

Meski tidak menawarkan banyak wahana seperti tempat wisata lainnya, namun danau Cihuni masih sangat patut untuk di kunjungi bagi kamu terutama bersama keluarga. Karena kamu dapat berpiknik di pinggiran danau, menyantap bekal atau makanan yang kamu siapkan dari rumah, sembari bercengkrama bersama keluarga. Destinasi wisata yang satu ini sangat cocok bagi kamu warga Tangerang dan sekitarnya yang ingin menghabiskan hari libur namun tidak ingin menempuh jarak yang jauh, dan hanya ingin berekreasi ringan.

7. Pantai Tanjung Pasir

pantai tanjung pasir
limakaki.com

Buat kamu yang ingin berlibur namun mencari destinasi wisata yang dapat dijangkau dengan mudah, mungkin Pantai Tanjung Pasir jawabannya. Berlokasi dekat dengan bandara Soekarto Hatta, tentu jalur yang harus ditempuh cukup mudah. Alamatnya sendiri di Tanjung Pasir Kecamatan Teluknaga Tangerang. Wisata alam Tangerang yang satu ini juga dapat menjadi salah satu pilihan jika sekaligus kamu ingin berkunjung ke Pulau Seribu, karena aksesnya yang cukup dekat.

Seperti pantai pada umumnya, kamu dan keluarga dapat bermain pasir dan air disekitaran bibir pantai. Selain itu, disini kamu juga dapat mencoba menaiki wahana banana boat. Setelah puas bermain air, kamu bisa menuju kamar mandi yang disediakan di pantai ini untuk membersihkan diri. Bagi yang tidak ingin bermain air, kamu dapat bersantai sembari memancing.

8. Situ Bulakan

situ bulakan
ticmpu.id

Tangerang memang terkenal dengan banyaknya wisata alamnya berupa danau atau situ. Salah satu Situ yang wajib masuk list destinasi wisata kamu ialah Situ Bulakan. Situ bulakan berada di Periuk Kota Tangerang. Di wisata alam Tangerang yang satu ini, kamu bisa menikmati setiap sudut danau dengan mengendarai perahu kayuh yang disewakan.

Selain wahana air, Situ Bulakan juga menawarkan pengunjung berbagai wahana darat seperti flying fox dan juga jet ski. Tentu setelah berbain baik dengan wahana air maupun darat, kamu akan merasakan lelah dan lapar, namun tidak perlu khawatir, karena disekitaran danau juga terdapat berbagai penjual makanan yang dapat kamu cicipi.

9. Hutan Kota Bsd Tangerang

hutan kota bsd tangerang
travelspromo.com

Hutan kota memang hanya hutan buatan yang memang dibangun oleh pemerintah agar dapat menjadi salah satu sumber oksigen bagi warga kota Tangerang, namun hutan kota yang satu ini dapat menjadi tujuan wisata alam di Tangerang bagi kamu yang ingin merasakan sejuknya pepohonan atau nuansa hutan namun tidak ingin jauh-jauh keluar kota.

Jika tempat wisata biasanya hanya ramai di hari libur, Hutan Kota BSD ini tidak demikian. Meskipun di hari kerja, pengunjung cukup banyak, entah memang untuk berlibur atau sekedar mampir sebentar untuk menikmati sejuknya rerimbunan pohon. Berlokasi di ds. Lengkong Gudang Timur Kec. Serpong Tangerang, Wisata alam Tangerang ini memiliki beberapa fasilitas seperti hutan kota pada umumnya, mulai dari area olahraga atau jogging , kamarmandi, kursi taman, dan lain sebagainya. Untuk kamu yang memang warga Tangerang, rasanya tidak komplit jika belum pernah berwisata kesini.

10. Taman Wisata Pulau Situ Gintung

taman wisata pulau situ gintung
travelspromo.com

Jika biasanya wisata danau berada di pinggiran atau daerah pedesaan, tidak dengan danau yang satu ini. Danau Pulau Situ Gintung ini merupakan danau buatan, sehingga berlokasi di tengah kota. Setelah Hutan Kota BSD sebelumnya, Taman Wisata Pulau Situ Gintung ini juga dapat menjadi pilihan melepas penat dengan sekejap karena lokasi yang berada di tengah kota.

Selain menikmati wisata alam berupa danau buatannya, kamu juga bisa mencoba wahana waterpark yang tersedia di lokasi Wisata alam Tangerang yang satu ini. Meskipun untuk masuk ke dalam area waterparknya membutuhkan tiket masuk sendiri, namun  tidak ada salahnya untuk mencoba bukan?

Nah, itulah 10 wisata alam di Tangerang versi Gotravelly, jangan lupa untuk mengunjunginya satu persatu yah. Sampai ketemu di rekomendasi selanjutnya.



Leave a Reply