10 Lokasi Offroad Paling Menegangkan Juga Mengasyikkan di Indonesia


sisil angelin  August 17, 2019  0 Comment

Kepenatan rutinitas yang anda jalani setiap hari tentu membuat jenuh dan membutuhkan suasana fresh. Kegiatan yang dapat memenuhi kebutuhan fresh anda tentu dapat terpenuhi dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang anda gandrungi. Bagi anda yang gemar sesuatu yang menantang seperti Lokasi offroad terbaik di Indonesia baik motor atau armada mobil maka hal ini sudah tepat sebagai jawaban. Terlebih jika dilakukan bersama teman dalam tim yang solid. Karena diketahui off road armada mobil membutuhkan kerjasama tim dan kekompakan dalam menempuh rute yang menantang. 

Namun ketahuilah, hobi offroad yang anda lakukan perlu persiapan matang. Agar nantinya hobi tersebut benar-benar dapat menjadi kepuasan akan kegemaran anda akan suatu yang menantang. Berikut kiranya persiapan yang dapat anda persiapkan :

Persiapan Offroad

Ketahui kondisi medan dengan melakukan survey

Sebelum offroad dilakukan maka survey lokasi perlu dilakukan. Semakin mendalam survey yang anda lakukan maka semakin matang persiapan yang dapat anda lakukan. Jika memang diperlukan anda dapat mengambil foto lokasi guna mempelajari medan terjal. Ketahui dengan jelas apakah iklim dan cuaca akan kondusif serta jarak yang dekat pemukiman atau terlalu jauh dari keramaian. Bicarakan dengan tim anda akan hasil survey lokasi tersebut agar persiapan menyeluruh dapat dilakukan bersama.

Persiapkan kondisi kendaraan/armada tim

Salah satu hal penting lain adalah persiapkan kendaraan yang akan digunakan. Pastikan dalam keadaan siap pakai dengan kondisi medan yang akan dilalui. Jangan menganggap remeh masalah pada kendaraan yang anda anggap aman selama ini, namun pengecekan menyeluruh tetap perlu dilakukan. Hal ini tentu saja karena medan off road anda pastinya perbukitan yang memakan waktu dan merepotkan jika sampai kendaraan anda mengalami masalah. Hingga kegiatan off road akan terganggu yang tidak hanya mengecewakan anda namun juga akan mengusik tim lain yang pastinya tak ingin membiarkan anda berkutat memperbaiki kendaraan anda. Kecuali off road mobil yang menyediakan armada montir di lokasi off road.

Baca juga :  12 Situs Warisan UNESCO di Indonesia Yang Wajib Kamu Ketahui

Obat-obatan yang memadai

Off road dan camping adalah sesuatu yang tak dapat dipisah. Pengalaman yang diperoleh akan menjadi luar biasa anda dapatkan bersama tim anda yang solid. Bawa serta obat-obatan yang memadai seperti obat flu, masuk angin, ataupun sakit kepala. Lokasi off road yang pastinya jauh dari pemukiman dan fasilitas kesehatan akan menyulitkan anda dan tim jika ada yang sakit. Untuk penyakit-penyakit yang terkadang anda alami seperti masuk angin maka anda dapat melakukan antisipasi seperti konsumsi madu atau lainnya. Jaga kesehatan anda selama di lokasi off road dengan konsumsi cukup vitamin atau air hangat.

Perlengkapan ibadah dan kompas

Bagi anda yang beragama Islam, tentunya anda sangat memerlukan kompas sebagai arah kiblat anda di lokasi off road. Terkadang off road dilakukan dengan menginap beberapa hari di lokasi karena dilakukan dengan cara camping dan adventure. Perlengkapan sholat yang dibutuhkan dirasa perlu untuk dipersiapkan. Bahkan akan semakin seru jika anda dapat melakukan sholat berjamaah bersama tim ditengah medan off road yang natural. Kekompakan bersama tim akan membuat anda bergidik mengagumi akan rahmat sang pencipta atas anda dan tim yang menjalin kekompakan dalam kondisi apapun.

Perlengkapan camping

Ini dia persiapan yang juga fatal jika terlewatkan. Makanan instan seperti mie instan atau bubur instan juga minuman hangat seperti wedang jahe dan lainnya. Perlengkapan tidur seperlunya juga dibutuhkan. Tak lupa persiapkan dongkrak dan tali temali. Setelah semua persiapan matang, yuk kita lihat beberapa rute menantang bagi off road dengan motor trail maupun mobil Jeep dsb.

Lokasi Terbaik Offroad di Indonesia

1. Rute Dieng, Jawa Tengah

Rute Dieng
image credit : https://merahputih.com

Lokasi Offroad terbaik di Indonesia yang pertama dengan alam dikelilingi pepohonan dengan medan yang berlumpur serta diselingi jalan bebatuan memang merupakan rute off road yang seru dengan menggunakan jeep. Jalur disini terbilang ekstrim. Namun pemandangan Dieng akan menepis semua kelelahan setelah menempuh waktu tak kurang dari 4 jam tersebut. 

Baca juga :  5 Wisata Bahari di Gorontalo Bikin Enggan Pulang
Gotravelly

Offroad Seru Dan Mengedukasi Di Merapi Lava Tour

Nyobain Lezatnya Kuliner Di Kedai Pak Sis Lobster, Enak Parah!

 2. Rute kawah sikidang

Rute kawah sikidang
image credit : http://diengcool.com

Lokasi off road terbaik salah satunya dapat anda jumpai masih di Dieng yang dimulai dari Kawah sikidang. Anda akan merasakan sensasi medan yang benar-benar ekstrim disini. Hal ini dikarenakan rute ini melewati lumpur dan bebatuan, sebuah rute impian yang dicari para pecinta off road. 

3.  Rute Telaga sedringo

Rute Telaga sedringo
image credit : http://reward7533.falseortruerdr56.life

Setelah melewati kawah Sikidang maka anda akan melewati rute medan yang benar-benar rusak parah. Hanya dapat dilewati oleh armada jeep 4×4. Maka persiapkan segala sesuatu untuk ketangguhan mobil anda.

4.  Kawah Candradimuka

Kawah Candradimuka
image credit : https://twitter.com

Kawah Candradimuka juga merupakan kawah yang indah yang dapat anda saksikan di Dieng. Bau belerang akan sangat tercium dari tempat ini. Suasana ekstrim akan kawah bercampur rasa penasaran akan rute off road anda dan team selanjutnya.

5. Sumur Jalatunda

Sumur Jalatunda
image credit : https://ksmtour.com

Di Dieng anda juga akan menyaksikan sumur raksasa dengan diameter 150 meter dan kedalamannya hingga 200 meter. 

 6. Kawah Sileri

Kawah Sileri
image credit : https://sportourism.id

Rute kawah Sileri merupakan rute menantang selanjutnya. Ini adalah kawah terbesar dan masih aktif di Dieng. 

7.  Telaga Merdada

Telaga Merdada
image credit : https://www.merdeka.com

Telaga Merdada merupakan telaga terluas yang ada di Dieng. Medan yang akan dilalui tergolong terjal namun menyaksikan air telaga yang bening dan selalu melimpah dan tak pernah surut akan mengobati penat anda. Warga sekitar benar-benar memanfaatkan airnya untuk kehidupan mereka sehari-hari.

8. Lembang, Bandung

Lembang
image credit : https://sky-adventure.com

Rute yang akan dilalui pada medan Sukawana – Cikole di Lembang ini tergolong ekstrim. Dimulai dari medan yang berlumpur, bebatuan hingga dimana jeep anda yang lebih rendah dari posisi tanah sekitar karena kondisi mobil yang sedikit tenggelam. 

Baca juga :  8 Gelato di Bali Rasanya Segar Dan Creamy

9. Gunung / Danau Batur, Bali

Danau Batur
image credit : https://otomotif.kompas.com

Pasir vulkanis dan jalan berbatu adalah suguhan akan Lokasi off road terbaik lainnya bagi anda pecinta off road dengan rute yang menantang. Motor trail juga banyak melewati rute ini. Anda akan terpana tak hanya dengan rute nya yang membutuhkan konsentrasi namun juga pemandangan alam luar biasa yang akan menggugah siapa pun yang menyaksikannya. Anda dan tim dapat berkemah di area ini karena anda akan menemukan tanah yang lapang untuk mendirikan tenda. Jalur ini tergolong sepi yang melintasi maka disarankan anda mempersiapkan cukup air minum. 

10. Kasepuhan Ciptagelar, Sukabumi

Kasepuhan Ciptagelar
image credit : https://www.superadventure.co.id

Melewati kampung Pangguyangan anda akan melewati rute awal yang merupakan pemukiman warga.  Disini terdapat rute yang menantang anda dan team karena rute ini hanya dapat dilewati oleh armada   4 x 4 saja. Anda akan melewati medan yang penuh bebatuan serta suasana hutan rindang menuju Taman nasional Gunung Halimun  – Salak. Sambil melewati rute yang mendaki maka jika beruntung anda akan menjumpai satwa lokal seperti macan tutul atau Elang Jawa. Persiapkan cukup air karena di beberapa titik anda tak akan menjumpai tempat yang menyediakan air putih. Jalur off road di wilayah ini tergolong menantang dengan rute mendakinya dan berbatu vulkanis. Namun semua itu akan terobati dengan pemandangan alamnya serta penampakan satwa asli setempat yang jarang ditemui.

Semoga ulasan Lokasi offroad terbaik di Indonesia yang menantang ini dapat memuaskan rasa penasaran anda dalam mencoba rute off road yang sebelumnya. 

Tags: Offroad, Bali, Kasepuhan Ciptagelar, Lembang, Telaga Merdada, Kawah Sileri, Sumur Jala Tunda, Tawah Sikedang, Rute Dieng. 



Leave a Reply