Yuk! Kunjungi Megahnya 10 Patung Budha Terbesar dan Terkenal di Dunia


sisil angelin  May 18, 2019  0 Comment

Patung Budha Terbesar di Dunia dibangun untuk menghormati sang Buddha, yang terkenal akan sifat welas asihnya. Umat Budha membuat patung sebagai salah satu ungkapan terima kasih atas jasa-jasa yang diberikan oleh Sidharta, dalam memberikan petunjuk menuju jalan yang lebih terang. Sekaligus lambang semangat hidup, bagi para umat Buddha sebagai ikhtiar yang tidak kenal lelah, untuk menjadi seseorang yang lebih baik. Adapun ukuran patung yang dibuat cukup beragam, ada yang berukuran kecil, ada yang ukurannya sangat besar, Inilah patung Budha terkenal di dunia yang berukuran besar antara lain :

Patung Budha Terbesar

1. Ushiku Amida Buddha

Ushiku Amida Buddha

Wikipedia.com

Ushiku Daibutsu ini adalah patung perunggu Budha yang berada di Ushiku, prefektur Ibaraki. Patung yang dibangun pada tahun 1993 silam, untuk memperingati kelahiran Shinran, atau pendiri sekte tanah suci Buddhisme Jepang ini mempunyai tinggi sekitar 120 m. Ini adalah patung Buddha terbesar di dunia, dan tahun 1995, patung ini tercantum pada Guiness World Book of Record.

Di bagian dalam, patung Budha terkenal di dunia ini terbagi menjadi 5 tingkat, disini Anda akan melihat dan belajar tentang kitab sutra dan juga khotbah Buddha. Terdapat lift khusus yang akan membawa pengunjung ke ketinggian 85 meter, yang ada di bagian dada, untuk melakukan observasi. Jika cuaca sedang cerah, Anda dapat melihat sky tree atau juga Gunung Fuji.

review wisata

Menengok Wat Phra Singh, Kuil Tertua Di Chiang Mai Yang Menakjubkan

Mengunjungi Wat Suan Dok, Salah Satu Kuil Penting Di Chiang Mai

2. The Spring Buddha Temple

 The Spring Buddha Temple

travelchina.gov.cn

Di kota Zhaocun, kab Lushan, Henan – China ini terdapat sebuah patung kolosal yang menggambarkan Buddha Vairocana. Patung yang dibangun sejak tahun 1997 hingga 2008 ini, memiliki tinggi sekitar 128 m, termasuk bunga teratai yang tingginya 25 meter, jadi totalnya 153 meter. Namun pada bulan Oktober 2008 silam, patung ini mengalami perombakan, dengan menambah tinggi bagian atas sekitar 15 m. Jadi total total monumen tersebut sekitar 208 m.

Baca juga :  7 Vihara Tertua di Indonesia Menarik Untuk Dikunjungi

Selain patung Budha terkenal di dunia, di lokasi ini juga terdapat sebuah biara Buddha. Adapun nama patung ini diambil dari sumber air panas Tianrui.  

3. Monywa Buddha

Monywa Buddha

Wikipedia

Monywa sendiri adalah sebuah kota yang berada di tengah Myanmar, tepatnya di pinggiran sungai Chindwin. Mengunjungi lokasi ini, Anda akan melihat 2 buah patung Budha terbesar dan terkenal di dunia sekaligus. 1 yang sedang berbaring dengan panjang 90 m, sedangkan yang satu lagi posisinya berdiri dengan tinggi sekitar 116 m, termasuk bagian alas. Khusus untuk patung Buddha berdiri dibuat menggunakan jubah berbahan emas. Tepat di bagian tangga terdapat 2 buah Chinthes putih yang berukuran besar. Ini adalah makhluk mitologis yang berbentuk singa. Dibuat pada tahun 1991 silam, dan selesai pada tahun 2008 silam.

4. Leshan Giant Buddha

Leshan Giant Buddha
chinadiscovery.com

Adapun patung Budha terbesar di dunia sekaligus berukuran paling besar adalah Leshan Giant Buddha, atau Budha Raksasa Leshan. Patung Budha duduk yang berlokasi di timur kota Leshan, Prov Sichuan – China ini, berada di pinggir sebuah bukit. Tepatnya berada pertemuan 3 sungai, yaitu sungai Min, Qingyi dan sungai Dadu. Pahatan patung Budha berukuran 71 m untuk tinggi ini memang dibuat sangat detail. Anda dapat melihat dari 1.021 sanggul yang ada di rambut sang Buddha. Untuk membuat patung ini tetap kering, dibuatlah sistem pembuangan air yang tersebar di bagian tangan, kepala, belakang telinga dan juga pakaian. Sejak tahun 1996 silam kawasan wisata yang terletak di pegunungan Emei ini, dijadikan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO.    

5. Buddha Tian Tan

Buddha Tian Tan
travelcaffeine.com

Patung Budha terbesar di dunia yang juga dikenal dengan sebutan “Buddha Besar’ ini adalah patung perunggu Buddha Sakyamuni. Lokasi patung yang selesai tahun 1991 silam ini adalah di Ngong Ping, pulau Lantau – Hong Kong. Persis dekat dengan Biara Po Lin, patung ini melambangkan hubungan yang harmonis antara manusia dan juga alam.

Baca juga :  10 Klenteng Tertua di Indonesia Destinasi Wisata Religi Tenangkan Hati

Tingginya sekitar 34 m dengan bobot sekitar 250 ton metrik, dengan menggunakan 202 perunggu. Untuk mencapai lokasi tersebut para pengunjung harus mendaki anak tangga sekitar 268 buah. Yang menarik dari patung Buddha yang satu ini adalah posisinya yang menghadap ke Utara, karena sebagian besar patung menghadap ke selatan.  

6. Hussain Sagar Buddha Statue

Hussain Sagar Buddha Statue

Wikipedia.com

Patung Hussain Sagar Buddha ini berlokasi di tengah sebuah danau buatan di kota Hyderabad – India. Mempunyai tinggi sekitar 17 meter, dengan berat sekitar 320 ton ini. Adalah patung monolitik terbesar di India. Dibuat oleh para seniman India, dengan hanya menggunakan sebuah bongkahan batu berukuran besar.

Namun pada saat proses pemasangan patung, yaitu tahun 1992 terjadi sebuah kecelakaan, dimana patung jatuh ke dalam danau. Hal ini menyebabkan kematian 8 orang pekerja. Kemudian pemerintah memperbaiki kerusakan yang ada, dan kini menjadi salah satu daya tarik wisata menarik di kota Hyderabad.  

7. Sleeping Budha Wat Pho

Sleeping Budha Wat Pho
oddviser.com

Wat Phra Chetuphon Wimon Mangkhlaram Ratchaworamahawihan atau dikenal dengan nama Wat Pho ini adalah  sebuah nama kuil tua yang ada di kota Bangkok. Ada yang unik dari patung Budha terkenal di dunia yang ada di lokasi ini, yaitu patung Buddha berbaring dengan menggunakan bahan emas, dengan tinggi sekitar 15 meter, dan panjang 46 meter. Didesain arah ke samping, dengan tangan kanan menopang bagian kepala. Selain itu ada juga 2 bantal yang juga berlapis emas, dan bertahtakan mosaik kaca.

Selain patung berbaring yang berukuran besar, ada juga 108 patung Buddha lainnya yang menampilkan simbol keberuntungan seperti bunga, menari, harimau dan yang lainnya.

8. Buddha Kamakura

 Buddha Kamakura
japan-guide.com

The Great Buddha of Kamakura atau dikenal juga dengan sebutan Kamakura Daibutsu ini adalah sebuah patung Amida Buddha raksasa. Dibuat pada tahun 1252, dengan tinggi sekitar 13,35 m dan berat 83 ton ini, adalah patung kedua terbesar di Jepang setelah Daibutsu yang ada di Kuil Todaiji.

Baca juga :  8 Tempat Hunting Foto Malam di Bandung, Panoramanya Epik!

Pada awalnya patung Budha terbesar di dunia ini berada di dalam ruangan utama Kuil Kotokuin. Namun pada abad ke 15, terjadi topan dan juga gelombang pasang di kawasan Kamakura. Hal ini yang kemudian merusak bangunan kuil Kotokuin. Akhirnya sejak tahun 1945 hingga sekarang patung ini berada di ruangan terbuka, tepat berada di atas reruntuhan kuil sebelumnya.

9. Gal Viharaya

Gal Viharaya
commons.wikimedia.org

Gal Viharaya ini, berada di Sri Lanka, Polonnaruwa, ini adalah sebuah situs patung Buddha terbesar yang cukup terkenal di Dunia. Patung tersebut terdapat sebuah Vihara batu, yang dibuat oleh Parakramabahu Agung pada abad ke 12 masehi.

Tepat di tengah-tengah Vihara, terdapat 4 buah patung Buddha yang berukuran cukup besar. Diantara patung-patung tersebut, terdapat sebuah patung Buddha berbaring dengan tinggi sekitar 14 meter, dan sebuah patung berdiri dengan tinggi sekitar 7 meter.

10. Kuil Buddha Zamrud

Buddha Zamrud

Medium.com

Buddha Zamrud atau nama resminya Phra Phuttha Maha Mani Ratana Patimakorn ini adalah sebuah archa Buddha, peninggalan sejarah agama Buddha di kerajaan Thai. Walaupun namanya adalah Buddha Zamrud, namun patung ini bukan terbuat dari Zamrud melainkan dari Giok Hijau. Pada bagian pakaian menggunakan warna emas, ukuran patung ini sekitar 45 cm.

Yang menarik adalah archa bersejarah ini disimpan dalam kuil yang merupakan bagian dari Istana Raja Bangkok. Patung ini sendiri dibuat di India pada 43 SM, tepatnya di kota Pataliputra, selama 300 tahun. Pada abad ke-4 patung ini dibawa ke Sri Lanka, agar terhindar dari perang. Hingga akhirnya dibawa ke Thailand pada tahun 1779.

Demikianlah beberapa patung Buddha terbesar, dan cukup terkenal di mata masyarakat. Selain yang telah disebutkan diatas, masih ada beberapa patung Buddha lainya, namun ukurannya tidak terlalu besar.  



Leave a Reply