Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

10 Wisata Alam di Norwegia Cakepnya Kebangetan


prita  March 27, 2020  0 Comment

Norwegia merupakan salah satu negara di benua Eropa yang cukup menyedot perhatian banyak wisatawan dari berbagai negara. Norwegia adalah sebuah negara monarki konstitusional yang berada di Semenanjung Skandinavia dimana di bagian timurnya berbatasan langsung dengan Swedia. Sedangkan di bagian barat berbatasan langsung dengan Laut Barents, Finlandia dan Rusia di sebelah utara dan bagian selatan berbatasan dengan Selat Skagerrak. Negara yang beribukota di Oslo ini memiliki luas wilayah sebesar sekitar 385,532 km persegi dengan populasi sekitar 4,9 juta penduduk. Dengan wilayah yang sangat istimewa itu membuat Norwegia memiliki segudang wisata yang menarik, khususnya wisata alam. Nah, berikut ini adalah 10 wisata alam di Norwegia yang wajib Anda kunjungi.

1. Kepulauan Lofoten

kepulauan lofoten
lifegate.com

Wisata alam di Norwegia yang patut Anda kunjungi yang pertama adalah Kepulauan Lofoten. Kepulauan ini merupakan satu lokasi wisata yang cukup terkenal di Norwegia pasalnya wisata ini menyuguhkan panorama alam yang sangat memukau. Kepulauan ini terdiri atas beberapa kelompok pulau yang berada di sebelah utara, seperti Austvågøy, Vestvågøy , Moskenesøy, flakstadøy, vaerøy dan juga Røst.

Berada di kutub utara membuat iklim di kepulauan ini relative ringan karena adanya peredaran gulf stream. Karena pemandangannya yang sangat indah membuat Kepulauan Lofoten ini kerap dijadikan sebagai tempat syuting fil atau setting dalam video game.

2. Trolltunga

trolltunga
timetravelturtle.com

Wisata alam di Norwegia berikutnya adalah yang paling disukai oleh para wisatawan yaitu Trolltunga. Wisata alam ini menyedot banyak wisatawan karena sangat unik. Disini Anda akan menemukan sebuah batu yang bentuknya mirip seperti lidah. Untuk itulah wisata ini diberi nama Trolltunga atau lidah troll.

Wisata alam mini berada diatas Skjeggedal yang berada di Odda. Jika ingin mengunjungi tempat ini, Anda harus mendaki tangga dan jalan khusus yang panjangnya sekitar 950 meter kemudian dilanjutkan dengan perjalanan yang sedikit terjal. Wisata alam mini cocok sekali bagi Anda yang menyukai objek wisata yang memacu adrenalin.

3. Geirangerfjord

geirangerfjord
visitnorway.com

Geirangerfjord atau Geirangerfjorden merupakan sebuah wisata alam di Norwegia yang sangat cantik. Wisata ini berada di wilayah More og Romsdal di bagian barat dari Norwegia. Disini Anda akan dimanjakan dengan sebuah keajaiban alam yang terbentang lebih dari 15 km.

Anda akan melihat indahnya air biru yang dikelilingi oleh tebing megah dan pegunungan hijau yang subur. Keindahan alam disini juga dipercantik dengan adanya air terjun lengkap dengan sebuah desa yang subur dan peternakan yang menyenangkan. Tak heran jika di tahun 2005, kawasan wisata alam ini masuk dalam UNESCO World Heritage Site.

4. Kjeragbolten

kejragbolten
worlderingaround.com

Wisata alam di Norwegia yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki jiwa petualangan.  Kejragbolten adalah sebuah batu yang memiliki ukuran sangat besar dan terjebak diantara dua bukit. Anda yang memiliki keberanian bisa mencoba untuk berdiri diatas batu yang menggantung tersebut. Batu ini melayang dan berada di ketinggian sekitar 987 meter diatas permukaan tanah.

Kjeragbolten menjadi objek wisata yang cukup terkenal di kalangan pendaki dunia karena medannya yang cukup sulit sehingga membuat mereka penasaran sekaligus merasa tertantang untuk menaklukannya. Meskipun medannya cukup sulit, namun pemandangan dari atas puncaknya sungguh menawan.

5. Jotunheimen National Park

jotunheimen national park
easyvoyage.co.uk

Wisata alam di Norwegia selanjutnya adalah sebuah taman nasional utama milik Norwegia, yaitu Jotunheimen National Park. Taman nasional yang berada di Norwegia bagian selatan ini sering juga disebut sebagai Home of the Giant.

Berkunjung ke taman nasional ini tentu mampu membuat Anda bisa menikmati indahnya Vettisfossen, yaitu sebuah air terjun dengan ketinggian sekitar 235 meter. Tak hanya itu, taman nasional ini juga cukup dekat dengan gletser sehingga Anda bisa mendaki gunung hingga bermain ski.

6. Svalbard

wisata alam norwegia
lifeinnorway.net

Svalbard merupakan salah satu wisata alam di Norwegia yang berbentuk kepulauan. Pulau-pulau ini berada diantara Samudera Arktik, Laut Greenland, Laut Barents dan Laut Norwegia. Pulau ini menjadi wilayah kekuasaan Norwegia sejak tahun 1920.

Wisatawan berkunjung kesini biasanya untuk menikmati keindahan alam Arktik lengkap dengan pulau-pulau gletser dan rangkaian gunung. Berlibur di pulau ini juga akan membuat Anda lebih mudah bertemu dengan hewan-hewan khas kutub, seperti rubah kutub, beruang kutub, walrus, paus anjiing laut dan karibu rusa. Tak hanya itu, disini Anda juga bisa menikmati sebuah fenomena alam paling menakjubkan yaitu Aurora Borealis.

7. Flåm

flam norwegia
celebritycruises.co.uk

Flåm adalah salah satu wisata alam di Norwegia yang dianugrahi keindahan alam yang luar biasa. Flåm merupakan sebuah desa yang cantik yang berada di bagian barat Norwegia, tepatnya di lembah Flåmsdalen dan diujung Aurlandsfjorden.

Disini Anda bisa menumpang kereta yang menghubungkan ke Desa Myrdal yang tak kalah cantik. Sepanjang perjalanan Anda akan disuguhkan oleh lembah Flåmsdale, Myrdai, sungai Flåmselvi dan air terjun Kjosfoss.

8. Preikestolen

wisata alam di norwegia
lifeinnorway.net

Preikestolen merupakan salah satu wisata alam di Norwegia yang paling terkenal. Wisata ini menyuguhkan sebuah landmark fjord dengan tebing dan air terjun disekitarnya. Pemandangan yang ditawarkan dari puncak tebing ini cukup beragam, mulai dari gunung bersalju, air terjun yang mengalir hingga kehidupan tanaman yang asri.

Preikestolen berada di Ryfylke dan merupakan sebuah kawasan landau di pinggiran tebing curam di tepi kompleks fjord Norwegia. Wisata alam ini mendatangkan banyak sekali wisatawan dari dalam dan luar negeri karena dianggap sebagai tempat yang cocok untuk menikmati keindahan alam dan spot fotografi.

9. Hemsedal

wisata norwegia
booking.com

Hemsedal menjadi wisata alam di Norwegia yang mampu memanjakan wisatawan penggemar olahraga ski. Disini ada sebuah rute yang disebut dengan Black Slopes dan dikenal cukup menantang dan dianggap pas untuk penggemar ski.

Hemsedal tak hanya memanjakan para penggemar ski saja karena saat musim dingin telah berakhir dan salju mulai mencair, tempat ini berubah menjadi tempat yang pas untuk melakukan olahraga bersepeda gunung, trekking hingga panjang tebing.

10. Jomfruland

wisata norwegia
booking.com

Terakhir, wisata alam di Norwegia yang patut untuk Anda kunjungi adalah Jomfruland. Jomfruland merupakan sebuah pulau yang dikaruniai pemandangan alam yang sangat indah. Pulau ini dibingkai oleh pantai yang cantik dan juga tebing yang unik. Menariknya lagi, di pulau ini Anda tidak akan menemukan kendaraan bermotor. Jadi, untuk menikmati pemandangan indah disini, Anda hanya bisa dengan berjalan kaki atau mengendarai sepeda.

Tak hanya bisa menikmati pemandangan, Anda yang menyukai satwa bisa berkunjung ke Hovedgaard yang berada di sisi utara pulau ini. Anda bisa trekking di hutan oak sambil melihat bermacam burung cantik. Kawasan ini memang menjadi titik transit bagi sekitar 300 spesies burung. Jika Anda ingin melihat secara langsung burung-burung cantik ini, Anda bisa datang saat musim migrasi , diantara musim semi dan musim gugur.

Demikianlah daftar dari 10 wisata alam di Norwegia yang patut untuk Anda kunjungi. Jika Anda berencana berlibur ke Eropa, mengunjungi Norwegia adalah sebuah pilihan yang tepat. Happy traveling.



Leave a Reply